Cara investasi Reksadana
17 Apr 2023

Piramida Keuangan dan Cara Investasi Reksadana yang Cuan!

Investasi menjadi pilihan bijak untuk mengelola finansial agar lebih mapan di masa depan. Apalagi saat ini cara investasi Reksadana semakin mudah dan praktis melalui aplikasi yang bisa diakses kapan saja secara mobile. Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam melakukan investasi dan mengelola semua dana yang dimiliki.

Salah satu cara efektif untuk mengatur keuangan adalah dengan menyusun rencana. Perencanaan finansial ini bisa dibuat dalam bentuk financial pyramid atau piramida keuangan. Mari cari tahu apa sebenarnya piramida keuangan itu dan seperti apa cara memanfaatkannya.

Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Saat Anda memutuskan untuk mengelola keuangan dengan sebaik mungkin maka investasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain menyusun rencana anggaran dan menyisihkan dana darurat, Anda juga harus mengalokasikan dana untuk berinvestasi.

Perlu diketahui bahwa investasi juga masuk dalam bagian piramida keuangan yang akan dibahas lebih lengkap nantinya. Itulah mengapa Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan pilihan investasi dari sekarang. Reksadana bisa menjadi salah satu bentuk investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Manfaat investasi Reksadana begitu banyak dan yang paling utama adalah untuk mencapai target keuangan.

Banyak orang memilih investasi Reksadana sebagai salah satu upaya untuk mengelola keuangan mereka. Instrumen investasi ini memang memberi keuntungan dengan risiko yang bervariasi sesuai jenis atau produk Reksadana yang dipilih. Selain itu Reksadana juga memiliki likuiditas yang cukup tinggi dan ada dukungan manajer investasi yang berpengalaman.

Jika memang tertarik berinvestasi di sini maka Anda harus paham cara investasi Reksadana yang tepat. Pertama-tama Anda bisa pelajari dulu jenis-jenis Reksadana mulai dari Reksadana saham, pasar uang, pendapatan tetap, hingga campuran. Cari tahu risiko masing-masing Reksadana tadi kemudian pilih mana yang paling sesuai dengan profil risiko Anda.

Selanjutnya Anda bisa memilih aplikasi investasi yang aman dan terpercaya. Dari aplikasi investasi tersebut Anda bisa menemukan banyak pilihan produk Reksadana yang potensial. Pastikan untuk melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membeli produk Reksadana apapun. Perhitungkan baik-baik agar investasi tersebut bisa menguntungkan.

Apa Itu Piramida Keuangan?

Tadi sudah disebutkan bahwa investasi Reksadana bisa menjadi salah satu bagian dari piramida keuangan. Piramida ini akan menjadi acuan bagi Anda dalam mengelola finansial sehingga semua kebutuhan terpenuhi dan target tercapai. Piramida keuangan itu sendiri merupakan dasar perencanaan keuangan yang disusun berdasarkan skala prioritas tiap individu.

Anda tentu sudah tahu seperti apa bentuk piramida itu. Bagian dasar merupakan alokasi dana untuk kebutuhan utama yang nilainya paling besar lalu semakin ke atas akan semakin mengerucut. Berikut ini beberapa bagian yang termasuk ke dalam piramida keuangan:

  1. Keamanan Keuangan

Pada intinya, piramida keuangan hanya dibagi menjadi 3 bagian atau kelompok. Bagian yang pertama adalah keamanan keuangan. Ini merupakan prioritas utama dalam manajemen finansial Anda. Keamanan keuangan bisa juga disebut sebagai kebutuhan pokok dimana Anda bisa dikatakan aman jika finansial bisa mencukupi kebutuhan tersebut.

Ada tiga jenis kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam hal ini yaitu kebutuhan jangka pendek, dana darurat, dan utang. Kebutuhan jangka pendek ini bisa diartikan sebagai kebutuhan hidup sehari-hari seperti makanan, pakaian, dan lain-lain. Sementara itu dana darurat sudah pasti wajib harus dipersiapkan untuk menjaga keamanan finansial Anda.

Lalu bagaimana dengan utang? Utang merupakan kewajiban yang sifatnya harus dibayarkan. Oleh sebab itu utang masuk ke dalam bagian piramida dasar. Jika Anda tidak memiliki beban utang apapun maka bisa dihilangkan saja dari rencana keuangan dan fokus pada kebutuhan jangka pendek serta dana darurat.

Fokus Anda yang pertama adalah memenuhi kebutuhan yang terletak di dasar piramida ini. Buatlah anggaran keuangan rutin sesuai dengan semua kebutuhan pokok tadi. Jangan lupa untuk mencatat semua bentuk pengeluaran dan pemasukan. Khusus untuk dana darurat, Anda bisa langsung mengalokasikan dana dengan nominal tertentu.

  1. Kenyamanan Keuangan

Setelah finansial Anda dalam kondisi aman maka naik ke tahap berikutnya yaitu kenyamanan keuangan. Prinsipnya sederhana, jika semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi dan dijamin aman maka Anda bisa mencari hal-hal lain yang membuat nyaman. Anda bisa naik ke fase ini jika kebutuhan jangka menengah dan jangka panjang juga sudah terpenuhi.

Kenyamanan keuangan merupakan kondisi dimana Anda bisa memenuhi kebutuhan hiburan seperti berlibur, dana pendidikan, hobi, pensiun, dan lain-lain. Disebut sebagai kenyamanan keuangan karena orang yang tidak sampai ke tahap ini biasanya akan struggle dengan kondisi finansialnya. Mereka cenderung tertekan memenuhi kebutuhan pokok dan tidak merasa bahagia.

Supaya bisa sampai ke tahap piramida yang satu ini maka Anda harus membuat perencanaan anggaran yang bagus. Tentukan tujuan keuangan Anda dan tuliskan hal-hal apa saja yang ingin dilakukan. Jangan lupa pastikan juga untuk menyisihkan dana pensiun karena ini sering diabaikan padahal sangatlah penting.

Di tahap ini Anda bisa mulai berinvestasi. Secara logika, jika Anda sudah mampu memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar maka Anda bisa masuk ke tahap mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Jadi tidak ada salahnya untuk memulai investasi.

Untuk apa investasi dilakukan? Investasi dilakukan agar Anda bisa mencapai kenyamanan keuangan yang optimal. Selain itu investasi juga dipersiapkan agar bisa diwariskan ke anak cucu di masa depan.

  1. Distribusi Kekayaan

Fase terakhir dari piramida keuangan adalah distribusi kekayaan. Setelah memenuhi kebutuhan pokok dan mendapatkan kenyamanan keuangan maka Anda bisa mulai mendistribusikan harta kekayaan. Di fase ini Anda bisa membuat perencanaan yang tepat kemana saja harta akan disalurkan.

Tentu butuh waktu yang tidak singkat sampai bisa ke fase puncak dari piramida keuangan. Anda harus bekerja keras agar bisa mencapai 2 fase lebih awal yaitu keamanan dan kenyamanan keuangan. Pastikan Anda benar-benar mengatur finansial dengan baik sehingga nantinya bisa melakukan distribusi keuangan secara adil dan menyasar orang-orang yang tepat.

Bagaimana agar Reksadana Untung Maksimal?

Mari kembali lagi pada investasi yang menjadi bagian dari fase 2 piramida keuangan. Disebutkan bahwa investasi bisa membantu Anda mencapai kenyamanan finansial. Jika dilakukan dengan tepat, investasi juga membantu Anda melakukan distribusi kekayaan secara optimal.

Investasi Reksadana akan menjadi pilihan terbaik apalagi jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu pendek dan panjang. Supaya hasil keuntungan investasi ini bisa optimal, silakan gunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Lakukan Diversifikasi Reksadana

Sebenarnya cara paling sederhana agar bisa mendapatkan untung maksimal dari investasi adalah dengan diversifikasi. Diversifikasi artinya Anda meletakkan modal dana ke beberapa jenis instrumen. Jadi Anda tidak hanya bergantung pada keuntungan dari satu jenis instrumen investasi dalam hal ini Reksadana.

Ada 4 jenis Reksadana yang bisa Anda jadikan pilihan. Demi mendapatkan keuntungan yang maksimal, gunakan saja ke-4 jenis Reksadana tersebut. Lakukan investasi dengan jangka waktu yang sesuai untuk masing-masing jenis Reksadana. Keputusan ini membuat Anda tidak perlu bergantung pada satu jenis Reksadana saja.

Diversifikasi Reksadana tentu harus dilakukan dengan bijak. Pastikan untuk tidak mengambil pilihan dengan gegabah. Pahami dulu manfaat investasi Reksadana untuk masing-masing jenisnya. Lalu jangan lupa untuk melakukan pembelian secara konsisten supaya target investasi bisa tercapai.

  1. Pilih sesuai Profil Risiko

Pastikan Anda memilih produk atau jenis Reksadana sesuai profil risiko. Misalnya untuk Reksadana Pasar Uang bisa dipilih jika Anda memiliki profil risiko rendah. Lalu ada Reksadana Saham yang bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang siap dengan profil risiko tinggi. Hal ini penting untuk diperhatikan agar nantinya Anda lebih siap menghadapi risiko investasi.

Salah satu cara investasi Reksadana paling efektif adalah dengan mempertimbangkan kondisi diri sendiri. Jangan mengikuti pilihan investor lain melainkan pilih sesuai profil risiko sendiri. Hal ini akan membantu Anda lebih mudah mencapai target investasi.

  1. Putar Kembali Profit yang Sudah Diperoleh

Dari investasi Reksadana, Anda akan mendapatkan keuntungan. Salah satu manfaat investasi Reksadana memang untuk memperoleh keuntungan atau profit. Pastikan Anda menggunakan hasil keuntungan tersebut dengan bijak. Sangat disarankan untuk memutar kembali hasil profit untuk berinvestasi demi profit yang lebih besar.

Misalnya, Anda berinvestasi di Reksadana Saham lalu mendapatkan profit yang lumayan besar. Profit ini bisa ditarik terlebih dahulu kemudian digunakan untuk membeli produk investasi yang lain. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan modal investasi dari dana pribadi karena bisa memakai hasil profit sebelumnya.

Jika Anda bisa menerapkan strategi ini maka manfaat investasi Reksadana yang akan Anda rasakan jauh lebih besar. Bahkan Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dan ada lebih banyak instrumen investasi yang Anda miliki. Hal ini akan memberi pengaruh bagus bagi piramida keuangan Anda tadi.

Bayangkan saja, jika Anda punya investasi yang besar maka kenyamanan keuangan jadi tambah stabil. Selanjutnya distribusi keuangan juga bisa berjalan lebih mudah karena ada banyak aset yang bisa didistribusikan. Selama belum ada kebutuhan mendesak, maka profit investasi masih bisa diputar kembali untuk menghasilkan lebih banyak cuan.

Investasi Reksadana Mudah dan Aman

Ada banyak manfaat investasi Reksadana dan tentunya Anda juga bisa mendapat keuntungan yang optimal. Apalagi jika Anda memilih untuk berinvestasi Reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan beragam kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati:

  • Investasi bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu.
  • Ada 3 kelompok Reksadana yang ditawarkan yaitu Reksadana terbaik, terpopuler, dan Reksadana scoring
  • Pembelian Reksadana berkala bisa dilakukan secara fleksibel.
  • Tersedia penawaran lebih dari 50 produk Reksadana.
  • Melalui satu aplikasi saja Anda bisa mendaftar SID (Single Investor Identification), menjual, membeli, dan switch Reksadana dengan mudah.

Ada beragam manfaat investasi Reksadana yang bisa Anda rasakan secara langsung jika tidak menunda untuk berinvestasi. Transaksi investasi Reksadana dan akses informasi benar-benar praktis lewat satu aplikasi saja. Ini akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengelola finansial sebaik mungkin demi masa depan yang mapan.

Cara investasi Reksadana lewat Aplikasi digibank by DBS sangat mudah. Jadi tidak perlu menunggu lama, langsung siapkan tujuan keuangan Anda dan susun strategi investasi yang efektif. Klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap agar Anda tidak perlu lagi menunda langkah investasi.

Unduh digibank digibank untuk membuka rekening online