reksa dana
24 Jul 2024

Panduan Awal Investasi Reksa Dana

Poin Penting:

  • Portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan baik bisa membantumu menghadapi gejolak pasar.
  • Reksa dana cocok untuk kamu yang mencari diversifikasi dengan modal yang relatif terjangkau.
  • Selain itu, reksa dana biasanya termasuk dalam portofolio yang dikelola secara profesional yang menawarkan fleksibilitas.

Tertarik untuk memulai investasi reksa dana dengan strategi yang tepat?

 

Kita sering mendengar bahwa portofolio investasi yang terdiversifikasi dengan baik bisa membantu investor menghadapi gejolak pasar. Namun, membangun portofolio investasi dari nol dengan sekuritas seperti saham dan obligasi bisa sangat melelahkan bagi investor individu. Hal ini sering membutuhkan penelitian yang memakan waktu dan pemilihan saham yang rumit, yang bisa merepotkan dan tidak cocok untuk investor pemula atau kamu yang memiliki jadwal sibuk.

Saat ini, ada banyak instrumen investasi yang mengumpulkan dana dari investor untuk diinvestasikan dalam portofolio yang terdiversifikasi, termasuk dengan modal kecil sambil menawarkan fleksibilitas. Nah, produk investasi kolektif seperti reksadana menjadi populer di kalangan investor karena alasan ini.

Apa itu Reksa Dana?

Reksa dana adalah dana investasi yang dikelola secara profesional yang mengumpulkan uang dari banyak investor individu maupun perusahaan. Dana yang terkumpul kemudian diinvestasikan dalam sekuritas yang sesuai dengan mandat investasi tertentu. Mandat tersebut bisa dilihat sebagai petunjuk bagi fund manager untuk mencakup pasar geografis, industri, jenis aset, atau kombinasi dari semuanya untuk diinvestasikan.

Investor yang berinvestasi dalam reksa dana disebut pemegang unit, dan mereka memiliki hak atas aset dana tersebut.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Secara umum, ada empat jenis utama reksa dana, dan dapat dilihat dari perspektif risiko dan pengembaliannya. Mari kita bahas satu per satu:

 

 

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa Dana Campuran

Reksa Dana Saham

Apa isinya?

Investasi dalam sekuritas jangka pendek, berkualitas tinggi, dan berisiko rendah yang diterbitkan oleh pemerintah, perusahaan, dan lembaga keuangan.

Investasi terutama dalam obligasi atau instrumen pendapatan tetap.

Juga dikenal sebagai dana multi-aset, mereka berisi saham dan obligasi.

Investasi utama dalam saham.

Apa Keuntungannya?

Aman bagi investor untuk menginvestasikan dana sambil mendapatkan pengembalian yang sederhana.

Jumlah investasi awal lebih rendah dibandingkan membeli obligasi tunggal

Memberikan kombinasi keamanan, penghasilan, dan pertumbuhan investasi yang stabil.

Lebih efisien bagi investor yang ingin membeli berbagai saham.

Apa Risikonya?

Umumnya berisiko rendah.

Risiko lebih rendah dibanding jenis reksa dana lainnya.

Risiko lebih tinggi dibandin reksadana pendapatan tetap.

Lebih berisiko dibanding jenis reksa dana lainnya.

Seperti apa pengembalian keuntungannya?

Biasanya sederhana dan lebih rendah dibandingkan investasi yang lebih berisiko seperti saham atau obligasi jangka panjang.

Potensi pengembalian lebih rendah dibanding jenis reksa dana lainnya.

Potensi pengembalian lebih tinggi dibanding reksadana pendapatan tetap.

Potensi pengembalian lebih tinggi dibanding dana pendapatan tetap dan dana campuran.

 

Keuntungan Berinvestasi di Reksa Dana

Sebelum kamu membeli, berikut adalah 6 poin tentang reksa dana yang perlu kamu ketahui agar bisa membuat keputusan investasi yang tepat:

  1. Diversifikasi

Dengan reksa dana, kamu bisa mencapai diversifikasi lebih mudah dibanding membeli sekuritas individu. Ini seperti membeli keranjang buah berisi berbagai jenis buah dibanding hanya membeli satu jenis buah saja. Banyak reksa dana memiliki lebih dari 100 saham berbeda, memberikan kamu portofolio yang lebih aman dan beragam.

  1. Banyak Opsi

Reksa dana biasanya fokus pada tema investasi tertentu atau wilayah geografis tertentu. Misalnya, ada dana yang berinvestasi di ekuitas global atau Asia, sektor teknologi, barang konsumen, obligasi, komoditas seperti emas, atau bahkan forex. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan preferensimu.

  1. Dikelola Secara Profesional

Reksa dana dikelola oleh manajer investasi profesional. Ini seperti menyerahkan pengelolaan kebun buahmu kepada tukang kebun berpengalaman yang tahu kapan harus menanam, merawat, dan memanen buah. Manajer dana akan melakukan penelitian, seleksi, dan penyesuaian portofolio untukmu.

  1. Likuiditas

Reksa dana sering diperdagangkan di pasar pribadi dan dijual melalui distributor seperti bank. Ini membuat mereka sedikit kurang likuid dibanding produk investasi lain yang diperdagangkan di bursa seperti ETF. Namun, kamu masih bisa menarik dana dengan cukup cepat, biasanya pada akhir hari perdagangan atau minggu.

  1. Fleksibilitas

Reksa dana memberikan fleksibilitas karena tidak ada periode penguncian. Ini berarti kamu bisa mencairkan dana kapan saja jika ingin mengalihkan dana ke peluang investasi lain. Selain itu, reksa dana dapat diakses oleh investor dengan berbagai tingkat kemampuan finansial, dari investasi lump sum hingga investasi bulanan melalui rencana tabungan rutin.

  1. Biaya

Karena reksa dana tidak terdaftar di bursa, kamu tidak dikenakan komisi, biaya kliring, dan biaya perdagangan seperti ketika berinvestasi dalam sekuritas lain (saham dan ETF). Namun, saat membeli reksa dana, kamu harus siap dikenakan biaya lain seperti biaya front-load, biaya masuk, serta biaya distribusi.

 

Nah, sekarang dengan kamu sudah lebih mengenal reksa dana, saatnya mulai berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS, dengan lebih dari 60 pilihan produk reksa dana yang sudah dibantu dikategorikan dan dikurasi oleh Infovesta. Mulai investasi dari hanya Rp100,000 per bulan dan atur perencanaan investasimu dengan Reksa Dana Berkala, di mana dana kamu akan didebit otomatis setiap bulan, membuat konsisten dalam berinvestasi menjadi mudah.

Baik buat kamu yang baru memulai atau mencari diversifikasi portofolio dengan reksa dana, para ahli kami siap mendukungmu di setiap langkah. Berinvestasi dengan Aplikasi digibank by DBS berarti kamu semakin ceppat mengamankan masa depan di mana kamu bisa lebih percaya diri, siap untuk meraih dan menaklukkan setiap tantangan keuangan. Ayo mulai sekarang!