syarat kta
30 May 2024

Mengenal KTA: Manfaat, Jenis, dan Syarat Mengajukannya

Mengenal KTA: Manfaat, Jenis, dan Syarat Mengajukannya

Mengenal Pinjaman Bunga Rendah KTA

Manfaat KTA

Keuntungan KTA

Syarat Pengajuan KTA

Saat ini, berbagai macam jenis pinjaman semakin bervariasi dan semakin diminati. Salah satunya adalah pinjaman bunga rendah KTA (Kredit Tanpa Agunan). Kamu mungkin sudah familiar dengan jenis pinjaman yang dapat membantu kondisi finansial yang mendesak ini.

KTA menjadi salah satu opsi pinjaman yang dapat diandalkan. Terlebih lagi, jika kamu membutuhkannya untuk kebutuhan tiba-tiba, seperti biaya kesehatan, pendidikan dan sejenisnya. Yuk, ketahui dan kenali lebih dalam lagi tentang KTA. Simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Pinjaman Bunga Rendah KTA

Seperti yang secara singkat sudah dibahas sebelumnya, bahwa KTA merupakan singkatan dari salah satu jenis produk pinjaman bank, yakni Kredit Tanpa Agunan. Artinya, kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau agunan apapun.

KTA berbeda dengan jenis pinjaman konvensional yang biasanya membutuhkan jaminan, seperti sertifikat tanah atau rumah. Kelebihan produk pinjaman bank ini yakni proses pencairan yang cepat dan hal ini sesuai apabila kamu punya kebutuhan mendesak.

Ada dua jenis dana pinjaman KTA yang dapat kamu ketahui, yaitu KTA Reguler dan KTA Payroll. KTA Reguler adalah produk KTA yang dibuka untuk umum, alias semua masyarakat dapat mengajukan limit KTA sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Selanjutnya, KTA Payroll adalah salah satu jenis KTA yang dapat diajukan oleh karyawan sebuah perusahaan dengan pembayaran sistem payroll.

Manfaat KTA

Keberadaan produk pinjaman KTA banyak dipilih oleh masyarakat karena kemudahan pengajuan dan tanpa jaminan apapun. Tapi, kamu juga perlu mengetahui berbagai manfaat KTA lainnya, berikut ini ulasannya.

●       KTA sebagai Modal Usaha

Pinjaman bunga rendah seperti pinjaman KTA memiliki manfaat sebagai modal usaha. Dahulu, mungkin kamu akan sedikit kesulitan ketika meminjam modal ke bank karena persyaratan yang rumit dan proses pengajuan serta persetujuan yang tidak cepat.

Hal ini terkadang membuat para pebisnis kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Maka dengan adanya pinjaman KTA sekarang ini, jadi memudahkan para pebisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya.

●       KTA sebagai Biaya Kesehatan dan Pendidikan

Manfaat KTA berikutnya adalah dapat digunakan sebagai biaya kesehatan dan pendidikan. Tentu ada masanya ketika kita kehabisan uang, tetapi bisa saja itu terjadi ketika ada kebutuhan mendadak, seperti membutuhkan biaya perawatan untuk keluarga yang sakit. Nah, di sini manfaat pinjaman KTA yang dapat kamu nikmati.

KTA dapat dimanfaatkan sebagai sumber biaya kesehatan dan juga pendidikan. Hal ini tentu dapat memudahkan kamu ketika terdapat tagihan-tagihan mendadak dan kamu sedang tidak ada uang. Pencairan KTA yang relatif cepat juga sangat cocok digunakan pada masa-masa genting.

●       KTA sebagai Dana Darurat

Memiliki dana darurat menjadi hal penting yang patut kamu siapkan jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan kondisi tak terduga dapat terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi. Misalnya, terjadi kecelakaan, musibah, dan sebagainya yang tentu membutuhkan uang untuk dapat mengatasinya.

Pinjaman KTA bermanfaat dan cocok untuk digunakan sebagai dana darurat karena berbagai keunggulannya. Jika begini, tentu kamu tidak pusing lagi apabila terdapat hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak direncanakan terjadi.

●       KTA sebagai Kebutuhan Rumah Tangga

Manfaat terakhir dari dana pinjaman KTA adalah dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga kamu. Semua orang tentunya pernah mengalami kehabisan uang tetapi harus memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti renovasi rumah yang bocor atau rusak. Adanya pinjaman jenis KTA menjadi penyelamat hal ini!

KTA dapat membantu meringankan hal-hal yang menjadi kebutuhan rumah tangga. Pencairan yang cepat dan tentu cicilan yang tidak memberatkan cocok untuk kamu yang ingin membeli kebutuhan rumah tangga seperti alat perabotan rumah.

Baca juga: 7 Tips Renovasi Kantor dengan Konsep Open Space

Keuntungan KTA

Jika kamu sudah mengetahui berbagai manfaat dari produk pinjaman KTA, maka selanjutnya kamu dapat mengetahui berbagai keuntungan produk pinjaman popular ini. Keuntungan-keuntungan produk KTA dapat mempermudah kebutuhan sehari-hari kamu, simak keuntungannya berikut.

●       Syarat Pengajuan Relatif Mudah

Keuntungan pertama adalah persyaratan pengajuan yang relatif mudah. Seperti yang kamu ketahui bahwa banyak masyarakat yang enggan mengajukan pinjaman ke bank karena alasan persyaratan yang membingungkan dan ribet.

Tenang saja! Produk pinjaman KTA memiliki persyaratan yang mudah dan siapa saja dapat memenuhinya. Terlebih lagi, kamu tidak perlu pergi ke bank langsung untuk mengajukan persyaratan, karena saat ini sudah tersedia pengajuan KTA secara online dengan aplikasi.

●       Tidak Perlu Jaminan

Pinjaman KTA tidak perlu jaminan untuk diserahkan kepada bank. Maka dari itu, nama produk pinjaman tersebut adalah Kredit Tanpa Agunan atau jaminan. Jika kamu tidak punya aset yang dapat diajukan, tidak perlu khawatir! Pengajuan KTA tidak memerlukan jaminan yang memberatkan kamu.

●       Waktu Pencairan Kredit Lebih Cepat

Ketiga, waktu pencairan kredit yang lebih cepat dan sesuai kebutuhan. Karena pinjaman KTA bersifat tanpa agunan atau jaminan, maka proses pencairan dana lebih cepat. Kamu tidak perlu menunggu hingga berhari-hari, karena sekarang sudah ada pinjaman KTA yang pencairan dananya hanya dalam hitungan jam bahkan menit.

Syarat Pengajuan KTA

Walaupun pinjaman KTA merupakan pinjaman yang mudah proses dan pencairan dananya, tentu masih terdapat persyaratan yang wajib kamu penuhi. Berikut ini beberapa persyaratan umum untuk pengajuan KTA.

●       Kartu Identitas Pemohon

Syarat pertama tentu identitas pemohon, yang mana wajib termasuk ke dalam Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ada beberapa bank yang meminta persyaratan pemohon untuk memiliki NPWP. Jadi, siapkan saja dua syarat tersebut ketika mengajukan KTA!

●       Berpenghasilan Tetap

Kedua, berpenghasilan tetap minimal Rp5 juta per bulannya. Nah, jika kamu WNI berusia minimal 21 tahun dan berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulannya berarti sudah dapat mengajukan pinjaman KTA.

Syarat berpenghasilan tetap juga menjadi tolok ukur kredit yang kamu dapatkan. Biasanya, semakin besar gaji yang kamu miliki, maka semakin besar pula kredit yang diberikan oleh bank. Berpenghasilan tetap juga menjadi pertimbangkan bank perihal kemampuan cicilan yang dimiliki pemohon.

●       Memiliki Kartu Kredit

Ada beberapa syarat khusus pengajuan KTA, seperti memiliki kartu kredit. Hal ini diperlukan karena berkaitan dengan skor kredit yang dimiliki pemohon. Jika skor kredit bagus, maka kesempatan untuk mendapatkan pinjaman akan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

Berbagai informasi tentang manfaat, keuntungan, dan syarat KTA sudah kamu ketahui. Selanjutnya adalah menemukan satu produk pinjaman bunga rendah terbaik, yaitu digibank KTA. Produk pinjaman ini memiliki hampir semua keunggulan yang disebutkan di atas.

Limit dana yang bisa dicairkan mencapai Rp200 juta dengan approval 60 detik. Apply bisa dilakukan tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Selain itu, cicilan dapat kamu lakukan sampai 36 bulan.

Itulah informasi penting tentang pinjaman bunga rendah yang wajib kamu ketahui! Apply sekarang juga dan rasakan kemudahan pinjaman KTA yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan keinginanmu. Mengenai cara pengajuan pinjaman digibank KTA dan informasi detail lainnya, kamu bisa dapatkan di sini.

Baca juga:

6 Kampus Kedokteran Terbaik di Asia, Investasi Masa Depan!

7 Ide Renovasi Salon dengan Konsep Minimalis Elegan

8 Ide Kamar Gaming yang Asyik!