Tabungan Hari Tua
30 Sep 2024

Intip 5 Investasi yang Cocok untuk Tabungan Hari Tua

Mengapa Tabungan Hari Tua Penting?

  1. Menjamin Kemandirian Finansial
  2. Mempertahankan Gaya Hidup
  3. Mengatasi Inflasi
  4. Menghadapi keadaan darurat
  5. Mewujudkan Mimpi

Mengapa Investasi Cocok Jadi Tabungan Hari Tua?

  1. Potensi Keuntungan Lebih Tinggi
  2. Melawan Inflasi
  3. Diversifikasi Risiko
  4. Pilihan yang Fleksibel

Jenis Investasi Untuk Tabungan Hari Tua

  1. Obligasi
  2. Deposito
  3. Reksadana

 

Poin Penting:

  • Tabungan hari tua penting karena: menjamin kemandirian finansial, dapat mempertahankan gaya hidup, mengatasi inflasi, menghadapi keadaan darurat dan mencapai mimpi yang diinginkan.
  • Investasi cocok untuk tabungan hari tua karena: potensi keuntungan lebih tinggi, melawan inflasi, diversifikasi risiko dan merupakan pilihan yang fleksibel.
  • Jenis investasi yang cocok untuk persiapan hari tua: obligasi, deposito, reksadana, properti dan emas.

Mau memulai perjalanan investasimu dengan lebih percaya diri?

 

Usia produktif semua orang terbatas, namun kebutuhan hidup tidak pernah habis sampai seseorang tutup usia. Karena itu, selama masih mampu bekerja harus menyiapkan biaya hidup di masa pensiun dengan memiliki instrumen keuangan yang cuan seperti investasi deposito sehingga bisa memberikan passive income

Deposito adalah produk keuangan yang aman karena dikeluarkan dan dikelola oleh bank. Pendapatan dari instrumen ini juga cukup tinggi dengan resiko rendah sehingga bisa menjadi pilihan semua orang, termasuk investor pemula. Apalagi Sahabat digibank dapat memilikinya dengan modal terbatas.

Mengapa Tabungan Hari Tua Penting?

Tidak sedikit orang yang di waktu muda hidup sejahtera karena dapat menghasilkan banyak uang namun hidup sengsara di saat sudah tua. Salah satu penyebabnya karena kesalahan dalam mengelola penghasilan Agar tidak sampai merasakan hal tersebut, maka perlu mempersiapkan keuangan dari sekarang. Kenapa tabungan hari tua penting?

1.      Menjamin Kemandirian Finansial

Semua orang pasti tidak mau menjadi beban siapa pun, termasuk anak-anaknya karena mereka juga mempunyai kebutuhan yang harus terpenuhi.

Kamu perlu menyiapkan diri menghadapi masa pensiun agar di waktu tersebut mempunyai kemandirian finansial, artinya kamu tetap dapat mencukupi keperluan tanpa harus mengandalkan bantuan dari siapa saja.

2.      Mempertahankan Gaya Hidup

Tidak sedikit yang terpaksa merubah gaya hidup karena tidak lagi mempunyai penghasilan. Berbeda jika kamu sudah mengkalkulasi semua kebutuhan saat usia produktif dan mempersiapkan dananya.

Ketika datang masa pensiun, kamu bisa menikmati hari-hari dengan bersantai dan tanpa harus mengalami masalah finansial.

3.      Mengatasi Inflasi

Perkembangan ekonomi setiap waktu tidak bisa diprediksi. Kamu bisa mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan tabungan yang cukup untuk kebutuhan selama hari tua. Dengan demikian meski harga barang melambung karena inflasi, kamu tetap bisa membelinya.

4.      Menghadapi keadaan darurat

Musibah bisa jadi mengharuskan kamu mengeluarkan banyak uang. Jika hal ini terjadi saat tidak produktif lagi, bisa jadi kamu terpaksa harus melepas aset untuk menutup kebutuhan tersebut, seperti harus menjual rumah. Kondisi darurat ini dapat membuat hidup kamu menjadi sengsara, karena itu harus diantisipasi dari sekarang.

Baca Juga: Karakteristik Obligasi yang Perlu Diketahui Investor

5.      Mewujudkan Mimpi

Apakah kamu tidak ingin menikmati pensiun dengan bersantai dan meraih banyak mimpi, seperti liburan ke tempat yang sudah lama ingin dikunjungi, menikmati berbagai fasilitas dan lainnya?

Jika ingin mewujudkan semua itu, tentu harus menyiapkan dananya dari sekarang. Karena itu tidak ada alasan untuk menunda berinvestasi agar semasa tua tetap sejahtera.

Mengapa Investasi Cocok Jadi Tabungan Hari Tua?

Sebenarnya banyak produk keuangan yang bisa menjadi pilihan untuk persiapan menghadapi masa pensiun. Namun jika dapat memilih produk yang tepat, Sahabat digibank bisa merasakan manfaat yang lebih maksimal. Investasi merupakan produk yang cocok untuk tabungan hari tua, karena:

1.      Potensi Keuntungan Lebih Tinggi

Investasi tidak hanya mengamankan aset yang dimiliki saat ini agar tidak habis dan dapat digunakan di masa mendatang, namun juga mengembangkannya. Dari produk investasi kamu bisa mendapatkan profit dalam jumlah cukup lumayan.

Pendapatan ini dapat diinvestasikan lagi agar hasilnya jauh lebih besar atau digunakan untuk mencukupi kebutuhan selama pensiun.

2.      Melawan Inflasi

Tidak sedikit orang yang menyesal karena salah dalam mengelola keuangan sehingga asetnya tergerus oleh inflasi. Investasi merupakan produk yang cuan dan dapat mengimbangi laju inflasi, bahkan dapat lebih cuan.

3.      Diversifikasi Risiko

Dengan memilih beberapa instrumen investasi yang tepat, kamu sudah melakukan diversifikasi risiko keuangan sehingga secara ekonomi tetap aman. Jika ada satu instrumen yang kurang cuan, akan tertutup oleh keuntungan dari produk yang lain.

4.      Pilihan yang Fleksibel

Fleksibilitas dari produk investasi menjadikan kamu semakin leluasa mengelola keuangan sesuai kebutuhan. Apalagi dengan banyaknya produk investasi yang bisa menjadi pilihan. Kamu dapat mengelola keuangan sekaligus mengembangkannya dengan mudah sehingga dapat menikmati masa pensiun tanpa beban finansial.

Jenis Investasi Untuk Tabungan Hari Tua

Ketepatan dalam memilih jenis investasi dapat meningkatkan potensi cuan yang bisa diperoleh. Kamu bisa mencari referensi untuk mendapatkan gambaran sebagai pertimbangan sebelum memilih investasi yang cuan sebagai tabungan untuk hari tua.

1.      Obligasi

Obligasi dikenal dengan surat berharga yang diperjualbelikan dengan ketentuan tertentu. Pembeli obligasi bisa mendapatkan keuntungan dari yield atau bunga yang angkanya sudah ditentukan dan dari capital gain atau selisih harga jual dan beli di pasar sekunder.

2.      Deposito

Produk deposito sesuai untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi aman dan cuan. Pendapatan investor sudah ditentukan sejak awal dengan jumlah tertentu dan dana modal tersebut dikelola oleh bank. Besarnya pendapatan atau bunga deposito tergantung jumlah modal dan jangka waktu deposito tersebut.

3.      Reksadana

Ada beberapa jenis reksadana dengan karakteristik berbeda yang dapat disesuaikan dengan karakter investor. Produk ini cocok untuk investor profesional maupun pemula karena tidak harus mempunyai keahlian sebab modal dikelola oleh manajer investasi yang akan mengatur penempatannya dan melaporkan perkembangannya secara berkala.

Dengan mengetahui berbagai jenis produk investasi, kamu bisa menentukan mana yang pas untuk menyiapkan dana pensiun. Tidak perlu repot sebab kamu bisa memulai merencanakan keuangan, seperti membeli investasi deposito di Aplikasi digibank by DBS.

Deposito adalah produk yang cuan dan aman sehingga bisa menjadi pilihan untuk semua kalangan. Kamu bisa lebih cerdik menavigasi masa depan dan menjalani hidup yang lebih baik dengan berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

Menariknya, kamu juga dapat menikmati berbagai keunggulan seperti mendapatkan alert notifikasi pada setiap portofolio dan disesuaikan dengan kondisi pasar terbaru yang dapat diakses melalui aplikasi atau email. 

Aplikasi digibank by DBS menyediakan digibank Advisor yang akan menjadi partner investasimu untuk membantu kamu sebagai teman diskusi sekaligus memberikan rekomendasi strategi terbaik dalam berinvestasi, termasuk ketika ingin memilih instrumen yang cocok dengan risiko dan tujuan keuanganmu. 

Kamu juga bisa memperdalam pengetahuan seputar dunia investasi melalui Wealth 101 yang berisi berbagai tips awal berinvestasi, edukasi investasi yang baik, serta pemaparan pandangan ekonomi dari pakar DBS. 

digibank juga menyediakan kelas-kelas investasi bersama pakar melalui digibank Live & Learn yang terbuka untuk semua nasabah serta calon nasabah dan berisi informasi detail mengenai edukasi finansial atau investasi terbaru.

Terakhir, tersedia lebih dari 150 pilihan produk yang terjangkau, seperti Reksadana yang harganya mulai dari Rp100 ribu atau Obligasi mulai dari Rp1 juta. Setiap nasabah bisa membeli, menjual atau mengalihkan produk investasi pilihanmu bisa menggunakan 1 aplikasi saja. Jadi benar-benar simple dan mudah. Ada juga pilihan investasi deposito yang menguntungkan.

Nah, tidak perlu bingung menyiapkan dana untuk pensiun sebab digibank by DBS bisa menjadi partner yang menyediakan semua kebutuhan kamu agar dapat mengelola keuangan dengan baik.  Cek informasi lengkapnya langsung di sini!

Baca Juga:

Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Money Management dalam Investasi Reksadana

Diversifikasi Portofolio agar Investasimu Lancar