generasi sandwich
30 Sep 2024

8 Alasan SBN Cocok untuk Investasi Generasi Sandwich

Inilah 8 Alasan SBN Cocok untuk Investasi Generasi Sandwich

  1. Aman dan Terjamin
  2. Imbal Hasil Kompetitif
  3. Variasi Produk
  4. Terjangkau
  5. Mudah
  6. Bebas Pajak Penghasilan
  7. Perencanaan Keuangan Jangka Panjang
  8. Transparansi dan Regulasi oleh OJK

Strategi Investasi SBN untuk Generasi Sandwich

  1. Petakan Tujuan Keuangan (Jangka pendek atau jangka Panjang)
  2. Diversifikasi Portofolio
  3. Investasi berkala
  4. Konsultasikan dengan ahli
  5. Gunakan cara 30, 50, 20

 

Poin Penting:

  • Generasi sandwich bertanggung jawab atas keuangan dan kebutuhan keluarga sendiri dan orang tua.
  • Agar bisa mengelola keuangan dengan maksimal, generasi sandwich harus mempertimbangkan untuk memulai investasi SBN sebab investasi ini aman dan terjamin, imbal hasil kompetitif, produk bervariasi, terjangkau, mudah, bebas pajak penghasilan, sebagai perencanaan keuangan jangka panjang, transparansi dan terdaftar di OJK
  • Adapun strategi investasi SBN yang bisa diterapkan antara lain: memetakan tujuan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang, diversifikasi portofolio, investasi secara berkala, konsultasi dengan para ahli, gunakan metode 30, 50, 20 serta memilih Aplikasi digibank by DBS untuk memulai investasi SBN.

Mau memulai perjalanan investasimu dengan lebih percaya diri?

 

Menjadi bagian dari generasi sandwich artinya harus memikirkan keuangan dengan sangat hati-hati. Selain harus memenuhi kebutuhan keluarga sendiri, kamu juga bertanggung jawab atas orang tua yang mulai menua. Dalam kondisi ini, mencari instrumen investasi yang aman, menguntungkan, dan mudah diakses menjadi prioritas. Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah investasi obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN). Mengapa harus SBN dan apa alasannya?

Inilah 8 Alasan SBN Cocok untuk Investasi Generasi Sandwich

Pernahkah kamu mendengar tentang Surat Berharga Negara (SBN)? Jika belum, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengenal lebih jauh. Terutama buat kamu yang termasuk dalam generasi sandwich yang mungkin sudah memiliki berbagai tanggungan, seperti keluarga dan orang tua. SBN bisa jadi pilihan investasi yang menarik. Yuk, simak 8 alasan kenapa investasi obligasi satu ini cocok banget buat kamu!

1.      Aman dan Terjamin

Salah satu alasan utama kenapa SBN menarik adalah karena keamanannya. SBN adalah instrumen yang diterbitkan langsung oleh pemerintah, jadi kamu bisa tidur nyenyak karena investasi kamu dijamin oleh negara. Risiko default sangat rendah, sehingga kamu bisa merasa aman dalam menanamkan modal.

2.     Imbal Hasil Kompetitif

SBN menawarkan imbal hasil yang cukup kompetitif dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Ada dua cara kamu bisa mendapatkan keuntungan obligasi ini:

  • Kupon Berkala

Kamu akan menerima pembayaran kupon secara berkala, misalnya setiap tiga bulan atau enam bulan. Ini seperti mendapatkan gaji tambahan dari investasi kamu!

  • Potensi capital gain

Selain kupon, ada juga potensi capital gain jika kamu menjual SBN di pasar sekunder pada harga yang lebih tinggi dari harga beli. Ini bisa menjadi peluang keuntungan tambahan yang menarik.

3.     Variasi Produk

SBN hadir dalam berbagai jenis, seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Negara Ritel (SR), dan lainnya. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi kamu. Dengan variasi tersebut, kamu bisa menyesuaikan investasi dengan preferensi dan profil risikomu.

4.     Terjangkau

Investasi di SBN tidak memerlukan modal besar. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan jumlah yang relatif kecil, sehingga cocok untuk kamu yang baru memulai atau yang memiliki budget terbatas. Sangat mungkin untuk kamu berinvestasi tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Baca Juga: Siapkan Dana Pensiun dengan Investasi Obligasi

5.     Mudah

Membeli SBN sangat mudah. Kamu bisa melakukannya melalui agen penjual yang telah ditunjuk oleh pemerintah atau bahkan secara online misalnya melalui Aplikasi digibank by DBS. Prosesnya cepat dan tidak rumit, membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk investasi kamu.

6.     Bebas Pajak Penghasilan

Keuntungan dari SBN, khususnya kupon yang kamu terima, bebas dari pajak penghasilan. Artinya, seluruh hasil investasi yang kamu dapatkan tidak akan dikenakan pajak tambahan, sehingga keuntungan obligasi yang kamu terima menjadi lebih maksimal.

7.     Perencanaan Keuangan Jangka Panjang

SBN cocok untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Dengan jangka waktu investasi yang bervariasi, kamu bisa memilih sesuai dengan rencana keuanganmu. Kamu bisa terbantu dalam merencanakan tujuan keuangan di masa depan, seperti pendidikan anak atau pensiun.

8.     Transparansi dan Regulasi oleh OJK

Karena berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang menjamin transparansi dan regulasi yang ketat otomatis memberikan kepastian bahwa investasi kamu dikelola dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kamu bisa merasa lebih tenang karena ada lembaga yang memastikan kepatuhan dan transparansi.

Nah Sahabat digibank, inilah delapan alasan kenapa SBN cocok banget untuk kamu yang berada dalam posisi generasi sandwich. Dengan keamanan, imbal hasil kompetitif, variasi produk, dan berbagai keuntungan lainnya, SBN bisa jadi pilihan investasi yang tepat untuk masa depan finansial kamu.

Strategi Investasi SBN untuk Generasi Sandwich

Berdasarkan 8 alasan di atas, berikut adalah strategi investasi SBN bagi generasi sandwich yang secara konkret dapat membantu memaksimalkan keuntungan, yakni:   

1.     Petakan Tujuan Keuangan (Jangka pendek atau jangka Panjang)

Sebelum memulai investasi di SBN, penting untuk menentukan tujuan keuangan kamu. Apakah kamu fokus pada kebutuhan jangka pendek, seperti membeli gadget baru atau liburan? Atau kamu lebih memikirkan tujuan jangka panjang, seperti dana pendidikan anak atau pensiun? Menetapkan tujuan ini akan membantumu memilih produk SBN yang sesuai dengan waktu dan tujuan investasi.

2.     Diversifikasi Portofolio

Jangan hanya fokus pada satu jenis investasi. Diversifikasi portofolio adalah strategi penting untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan. Selain investasi obligasi, pertimbangkan untuk menambahkan instrumen investasi lain. Dengan diversifikasi, risiko kerugian dari satu jenis investasi bisa diimbangi oleh keuntungan dari jenis investasi lainnya. Ini membantu menjaga keseimbangan portofolio kamu dan memaksimalkan potensi keuntungan.

3.     Investasi berkala

Untuk mengelola risiko dan memanfaatkan fluktuasi pasar, cobalah strategi investasi berkala. Artinya, kamu menyisihkan sejumlah uang secara rutin, misalnya setiap bulan, untuk membeli SBN. Dengan cara ini, kamu membeli SBN pada berbagai titik harga, sehingga bisa mengurangi dampak fluktuasi pasar dan membangun portofolio secara konsisten. Selain itu, investasi berkala juga membantu kamu untuk tetap disiplin dalam menabung dan berinvestasi.

4.     Konsultasikan dengan ahli

Walaupun SBN relatif mudah dipahami, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau perencana investasi. Mereka dapat memberikan panduan lebih lanjut tentang cara memilih produk SBN yang sesuai dengan tujuan dan profil risikomu. Melalui bantuan ahli, kamu bisa membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan memastikan bahwa strategi investasimu efektif.

5.     Gunakan cara 30, 50, 20

Metode anggaran 30, 50, 20 adalah cara yang efektif untuk mengelola keuangan pribadi. Alokasikan 30% dari pendapatan untuk kebutuhan pokok, 50% untuk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, dan 20% untuk investasi. Dari 20% ini, sisihkan sebagian untuk membeli SBN. Cara ini akan memastikan bahwa kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari sambil berinvestasi untuk masa depan.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, peranmu sebagai generasi sandwich tak akan terasa menyulitkan sebab kamu bisa mengelola keuangan dengan cerdik. Mengelola keuangan dengan cerdik sejatinya adalah kunci untuk mencapai tujuan finansial, dan SBN bisa jadi strategi investasi yang tepat dan efektif. Apalagi jika kamu memilih SBN atau investasi obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang dapat mempermudah perjalanan investasi kamu. Dengan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa mengatur notifikasi untuk setiap portofolio investasimu agar selalu up-to-date dengan kondisi pasar terbaru, baik melalui aplikasi ataupun email. Ini memungkinkan kamu untuk membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan tepat waktu.

Lebih dari itu, Aplikasi digibank by DBS pun menyediakan layanan digibank Advisor yang siap membantu kamu dalam berdiskusi dan merekomendasikan strategi investasi terbaik sesuai dengan risiko dan tujuan keuangan kamu. Jadi, jika kamu merasa bingung dalam memilih instrumen investasi atau merencanakan strategi, kamu bisa mendapatkan bimbingan dari para ahli untuk memastikan keputusan yang tepat.

Selain itu, ada pula Wealth 101, sebuah sumber informasi yang akan memperdalam pengetahuan kamu tentang investasi. Di sini, kamu bisa mendapatkan tips awal berinvestasi, edukasi investasi yang baik, serta pandangan ekonomi dari pakar DBS. Ini tentu sangat berguna untuk memahami lebih dalam tentang investasi yang kamu lakukan.

Bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut, digibank Live & Learn menawarkan kelas investasi Bersama Pakar yang terbuka untuk semua nasabah dan calon nasabah. Kelas ini memberikan informasi detail mengenai edukasi finansial dan investasi terbaru, sehingga kamu bisa memperluas pengetahuan dan keterampilan investasi kamu.

Tak kalah penting, Aplikasi digibank by DBS menawarkan 150+ produk investasi yang terjangkau. Kamu bisa memilih berbagai instrumen reksadana yang harganya mulai dari 100 ribu atau obligasi mulai dari 1 juta. Semua transaksi mulai dari membeli, menjual, hingga mengalihkan produk investasi bisa dilakukan melalui satu aplikasi, menjadikannya sangat praktis dan mudah digunakan.

Intinya, dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa lebih Cerdik Menavigasi Masa Depan dan Menjalani Hidup dengan lebih baik. Well, tunggu apa lagi, yuk segera jadikan digibank by DBS sebagai partner investasimu. Informasi lebih lengkap mengenai investasi dan keuntungan obligasi di digibank by DBS, sila langsung cek di sini.

Baca Juga:

Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Diversifikasi Portofolio agar Investasimu Lancar

Tips Memilih Bank untuk Investasi Deposito yang Aman