kta
30 May 2024

Akan Mengajukan KTA? Ini 7 Tips agar Pinjamanmu Disetujui

Akan Mengajukan KTA? Ini 7 Tips agar Pinjamanmu Disetujui

Persyaratan Mengajukan KTA

Tips agar Pinjaman KTA Disetujui

Mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau KTA sering kali dijadikan sebagai sebuah solusi bagi orang-orang yang sedang membutuhkan dana tambahan. Jenis pinjaman bunga rendah ini digemari karena menawarkan banyak kemudahan dan sangat fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Meskipun demikian, agar berhasil mengajukan pinjaman KTA dan memanfaatkan dananya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal supaya bisa disetujui. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mempertimbangkan dengan bijak terkait keputusan ini dan memastikan kamu memilih produk pinjaman yang tepat.

Apabila kamu berencana mengajukan KTA, artikel ini akan mencoba membahas tentang macam-macam persyaratan dan tips-tips yang bisa dilakukan agar pengajuan pinjamanmu bisa disetujui.

Persyaratan Mengajukan KTA

Sebelum membahas lebih lanjut terkait tips-tips agar pinjaman KTA disetujui, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu secara mendalam terkait macam-macam persyaratannya.

Umumnya, masing-masing bank atau jenis lembaga lain yang menawarkan pinjaman, menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para nasabahnya untuk bisa mengajukan pinjaman.

Meskipun bisa saja berbeda, berikut ini akan diberikan beberapa contoh persyaratan umum yang sekiranya perlu diketahui oleh para nasabah yang berniat untuk mengajukan pinjaman. Persyaratan-persyaratan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

●       Dokumen

Ketika hendak mengajukan pinjaman di bank, umumnya kamu akan dimintai dokumen terkait identitas diri, seperti KTP.

Untuk kamu yang enggan repot, saat ini bahkan ada produk pinjaman KTA bank yang memberikan persyaratan tanpa harus mengumpulkan dokumen fisik, sebagai contoh, yaitu produk pinjaman bunga rendah digibank KTA.

Dengan diberikannya kemudahan ini, tentu akan sangat menguntungkan dan mempercepat proses pengajuan.

●       Usia

Oleh karena persyaratan sebelumnya berkaitan dengan KTP, maka hal ini menjelaskan bahwa nasabah yang hendak mengajukan pinjaman harus sudah berada di usia legal.

Meskipun demikian, tidak semua orang yang sudah berusia legal langsung bisa mengajukan pinjaman. Biasanya, masing-masing bank memiliki batas usia nasabah untuk boleh mengajukan proposal pinjaman dana, namun umumnya batas tersebut berada di rentang usia 21-55 tahun.

●       Domisili

Beberapa bank ada yang menjadikan domisili sebagai persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu melakukan riset terhadap produk-produk tersebut agar bisa menemukan produk pinjaman yang tepat dan sesuai dengan domisili yang kamu miliki.

●       Penghasilan

Persyaratan lainnya yang juga perlu dipenuhi oleh seorang nasabah yang ingin mengajukan pinjaman, yaitu berkaitan dengan penghasilan yang dimilikinya.

Seorang nasabah setidaknya harus memiliki penghasilan minimal yang ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman agar bisa membayar angsuran dan melunasi pinjamannya dengan lancar.

Sebagai contoh, pada produk pinjaman bunga rendah digibank KTA, persyaratan penghasilan kotor minimal yang perlu dimiliki oleh nasabah yaitu sebesar Rp5.000.000.

Baca juga: 9 Kursus dengan Prospek Menjanjikan!

Tips agar Pinjaman KTA Disetujui

Setelah mengetahui beberapa persyaratan harus dipenuhi, agar pengajuan pinjamanmu bisa disetujui, kamu perlu memperhatikan beberapa hal.

Berikut ini ada tips-tips yang bisa kamu aplikasikan agar proses pengajuan pinjaman yang dilakukan berhasil dan kamu bisa mendapatkan pinjaman dana yang dibutuhkan.

●       Memilih Produk KTA yang Sesuai Penghasilan

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan supaya proposal pinjamanmu berhasil disetujui, yaitu kamu harus memilih produk pinjaman yang sesuai dengan penghasilan yang kamu miliki.

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, masing-masing bank memiliki batas minimal pendapatan yang harus dimiliki oleh nasabahnya jika ingin meminjam dana. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan produk pinjaman dana tunai yang dipilih dengan pendapatan kotor yang dimiliki olehmu dalam rentang satu bulan.

●       Melengkapi Persyaratan yang Diminta

Tentu supaya proposal pinjamanmu bisa disetujui, kamu harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh bank tempat kamu mengajukan pinjaman.

Pada poin pembahasan sebelumnya, telah diberikan gambaran terkait persyaratan umum yang biasanya harus dipenuhi oleh seorang nasabah. Untuk itu, pastikan kamu memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut, ya!

●       Melunasi Hutang

Apabila sebelumnya kamu memiliki hutang di bank yang belum dibayarkan, maka jika kamu berencana mengajukan pinjaman, pastikan kamu melunasi hutang-hutang tersebut terlebih dahulu.

Hal ini dinilai penting untuk dilakukan karena bank akan melakukan pemeriksaan BI checking. Jika semua hutangmu sebelumnya telah dilunasi, maka hal ini akan meyakinkan bank untuk menyetujui pinjaman yang kamu ajukan.

Sementara itu, menumpuk hutang akan membuat bank tidak akan mempercayaimu karena cenderung berisiko.

●       Menjawab dengan Jujur saat Proses Verifikasi

Ketika semua persyaratan telah dilengkapi dan akurat, bukan berarti kamu bisa langsung menerima dana pinjaman. Umumnya, bank akan melakukan proses verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kamu tidak memberikan data palsu.

Untuk itu, penting bagimu untuk memastikan seluruh data yang diberikan kepada pihak bank merupakan data yang sebenarnya. Dengan begitu, kamu bisa menjawab pertanyaan saat proses verifikasi dengan mudah dan tentunya sesuai.

Sementara itu, apabila jawabanmu tidak selaras dengan dengan data pada persyaratan, biasanya akan ada proses verifikasi secara langsung. Proses tambahan ini tidak hanya akan membuatmu repot, tetapi juga membuat proses pengajuan pinjaman memakan waktu lebih lama atau bahkan ditolak.

●       Memastikan Riwayat Kredit Baik

Pihak bank sudah pasti akan melakukan pemeriksaan terhadap nasabah yang mengajukan pinjaman terkait riwayat kredit yang dimilikinya. Apabila kamu memiliki riwayat kredit yang baik, hal ini akan menjadi nilai plus yang bisa menjadi pertimbangan pengajuan pinjamanmu akan disetujui.

●       Menyesuaikan Cicilan dengan Penghasilan

Tips berikutnya yang juga harus kamu perhatikan agar pengajuan pinjaman bisa disetujui, yaitu kamu perlu menyesuaikan besaran cicilan yang nantinya akan dibayarkan dengan penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Pasalnya, apabila kamu mengajukan pinjaman bunga rendah dengan nominal yang besar namun penghasilannya pas-pasan, hal ini cenderung berisiko dan kamu sendiri pun akan kesulitan untuk melunasi cicilan pinjaman ini nantinya.

●       Memiliki dan Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tips lainnya agar pinjaman KTA bisa disetujui ialah kamu harus memiliki kartu kredit dan memastikan bahwa kamu menggunakan alat transaksi tersebut dengan bijak.

Dengan memiliki kartu kredit, pihak bank akan lebih mudah menilai terkait bagaimana caramu dalam membayarkan cicilan yang dimiliki. Untuk itu, pastikan kamu memanfaatkan kartu kredit dengan baik.

Ketika ingin mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan, selain perlu melengkapi persyaratannya, kamu juga perlu memperhatikan banyak hal lain agar proses pengajuan tersebut bisa disetujui.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk bisa mendapatkan dana pinjaman, yaitu mulai dari memilih produk pinjaman yang tepat, melengkapi seluruh persyaratan, melunasi hutang dan memastikan riwayat kredit baik, menjawab dengan jujur saat verifikasi, serta menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Bagi kamu yang berencana untuk mengajukan pinjaman, salah satu produk yang bisa kamu pertimbangkan ialah digibank KTA. Produk pinjaman ini memiliki segudang keunggulan.

Kamu dapat apply pinjaman dana tunai tanpa melampirkan dokumen fisik. Selain itu, kamu bisa mencairkan dana hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Soal cicilan, kamu tidak perlu pusing karena pinjaman KTA ini bisa kamu angsur sampai 36 bulan.

Bagimana? Tertatik untuk apply digibank KTA? Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut terkait digibank KTA, informasi selengkapnya terkait produk pinjaman bunga rendah ini bisa didapatkan dengan klik di sini.

Baca juga:

Negara dengan Pemandangan Alam Terindah di Dunia

7 Tips Mendekorasi Ruang Tamu dengan Konsep Rustic

8 Tips Wujudkan Hunian Nyaman Bergaya Bohemian