Pinjaman bunga rendah
13 Jul 2024

9 Kiat Mempersiapkan Pernikahan agar Sesuai Rencana

Kiat Merencanakan Pernikahan dengan Pinjaman Bunga Rendah

Pernikahan adalah momen bahagia yang umumnya hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Oleh sebab itu, pernikahan perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar sesuai rencana dengan memanfaatkan pinjaman bunga rendah.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pernikahan digelar? Simak kiat-kiatnya dalam ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Kiat Merencanakan Pernikahan dengan Pinjaman Bunga Rendah

Berbagai kiat perlu dipertimbangkan untuk merencanakan pernikahan agar sesuai dengan rencana, berikut di antaranya.

●       Menentukan Konsep

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dalam merencanakan pernikahan adalah menentukan konsepnya terlebih dahulu. Konsep dasar perlu dipilih dulu, seperti apakah kamu ingin mengadakan pernikahan di dalam atau di luar ruangan.

Jika sudah memilih area pernikahan yang diinginkan, kamu bisa menentukan detail konsep lainnya yang tepat. Misalnya kalau di dalam ruangan, apakah kamu ingin konsep penuh bunga atau dominan warna putih.

Lalu kalau di luar ruangan, kamu bisa menggunakan konsep-konsep menyenangkan yang dapat memanjakan mata. Misalnya adalah menggelar pernikahan dengan pemandangan laut, hutan, atau kota dari ketinggian.

●      Memilih Tempat Pernikahan

Setelah menentukan konsep, kamu bisa mulai mencari tempat pernikahan yang sesuai dengannya. Tempat ini tak harus di kota domisilimu. Bahkan, kamu bisa memilih tempat impian di luar negeri.

Selain itu, tentukan juga apakah kamu ingin menggelar pernikahan di satu tempat atau lebih. Pernikahan bahkan perlu dilakukan dua kali bagi sebagian masyarakat agar mempelai perempuan dan laki-laki bisa bergantian menjadi tuan rumah.

Saat memilih tempat pernikahan, jangan lupa untuk memperhatikan banyaknya jumlah tamu yang akan diundang. Pastikan semua tamu bisa menikmati tanpa harus berdesak-desakan di area pernikahan.

●      Menentukan MUA

Kiat selanjutnya yang bisa kamu perhatikan saat merencanakan pernikahan dengan pinjaman bunga rendah adalah menentukan MUA atau make up artist. MUA penting agar kamu dan pasangan terlihat menarik di hari bahagia.

Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat menentukan MUA. Salah satunya adalah reputasi MUA tersebut. Pastikan MUA ini cukup kredibel dan mempunyai ulasan yang bagus agar hasilnya memuaskan.

Selain itu, pastikan juga MUA tersebut bisa menangani pengantin yang sesuai dengan konsep pernikahanmu agar tidak bertabrakan. Dengan demikian, kamu bisa tampil lebih maksimal saat acara pernikahan diselenggarakan.

●      Menentukan Dekorasi

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dekorasi. Dekorasi dalam pernikahan itu penting agar suasana terlihat semakin cantik dan meriah. Supaya terlihat selaras, dekorasi bisa disesuaikan dengan konsep yang telah ditentukan sebelumnya.

Ada banyak pihak yang menyediakan jasa dekorasi pernikahan. Namun, pastikan kamu memilih jasa yang mempunyai reputasi baik. Dengan demikian, dekorasi yang dibuat di pernikahanmu terlihat indah dan tak mengecewakan.

Sebelum menentukan dekorasi yang akan dipilih, kamu bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa tersebut. Melalui konsultasi ini, kamu bisa mempertimbangkan dekorasi apa yang cocok sesuai konsep dan rencanamu.

●      Memilih Katering

Setelah dekorasi, kamu bisa langsung memilih katering untuk merencanakan pernikahan impianmu. Sama seperti saat memilih jasa-jasa sebelumnya, pastikan katering yang kamu gunakan bereputasi baik dan berkualitas.

Supaya tidak salah dalam memilihnya, kamu bisa meminta pendapat orang lain yang telah menyelenggarakan pernikahan. Biasanya, orang tersebut mempunyai referensi katering yang berkualitas sehingga bisa membantumu untuk menentukannya.

Selain itu, lihat dulu makanan-makanan yang disediakan. Sesuaikan makanan-makanan tersebut dengan konsep pernikahanmu. Selain itu, pastikan juga makanan yang kamu pesan sesuai dengan jumlah tamu undangan.

●      Memilih Tamu

Sebelum menyelenggarakan pernikahan dengan memanfaatkan pinjaman KTA bank, kamu bisa memilih tamu undangan terlebih dahulu. Artinya, tak semua orang perlu kamu undang. Terlebih lagi bila kamu tak terlalu mengenalnya.

Pemilihan tamu undangan ini akan mempengaruhi suasana pernikahanmu. Semakin banyak tamu undangan akan membuat pernikahanmu meriah. Di sisi lain, kalau kamu hanya mengundang orang-orang terdekat, maka pernikahanmu akan terasa lebih hangat dan intim.

Pemilihan tamu undangan ini akan mempengaruhi banyaknya orang yang datang ke pernikahanmu. Artinya, jumlah katering yang dipesan hingga tempat duduk ikut terpengaruh.

Baca juga: Wujudkan Rumah Impian Bergaya Scandinavian dengan 8 Tips Ini

●      Menyiapkan Baju Pengantin

Konsep pernikahan seperti apa yang kamu pilih? Apakah tradisional atau modern? Lalu, apakah diselenggarakan di luar atau dalam ruangan? Konsep seperti ini akan mempengaruhi baju pengantin yang akan kamu kenakan dengan pasangan.

Maka dari itu, pastikan konsep yang kamu buat sudah detail sehingga dapat memudahkan pemilihan baju pengantin. Jika pemilihan tersebut dapat dilakukan dengan tepat, kamu dan pasangan akan terlihat lebih menarik.

Selain itu, tentukan juga bahan dari baju pengantin tersebut. Kalau kamu menyelenggarakan pernikahan di dalam ruangan dengan AC dingin, bahan yang sedikit tebal tak akan menjadi masalah. Namun, kalau kamu mengadakan pernikahan di luar ruangan, carilah bahan yang lebih tipis dan ringan agar tidak kepanasan.

●      Menyusun Anggaran Dana

Hal yang tak kalah penting dalam mempersiapkan pernikahan adalah menyusun anggaran dana. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pernikahan impianmu sehingga kamu bisa menyiapkannya sebaik mungkin.

Selain itu, anggaran dana juga bisa membantumu untuk menentukan sumber dana. Kalau tabunganmu sudah cukup, maka kamu bisa menggunakannya. Namun bila masih belum cukup, sumber dana lain bisa dimanfaatkan.

Salah satu sumber dana yang bisa digunakan adalah pinjaman bunga rendah. Dengan pinjaman ini, kamu bisa mencicilnya setiap bulan tanpa perlu khawatir akan tingkat bunga yang tinggi. Jadi, kamu bisa menyelenggarakan pernikahan dengan lebih tenang bersama pasangan.

●      Menyiapkan Mental

Hal terakhir yang paling penting dalam mempersiapkan pernikahan adalah mental. Pernikahan tak hanya tentang satu atau dua hari resepsi, tetapi kehidupan baru untuk dijalani dengan pasangan seumur hidup. Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan mental untuk menjalaninya.

Pernikahan tak selamanya terasa menyenangkan, karena terkadang ada masalah yang harus dihadapi. Mental yang baik diperlukan saat hal seperti ini terjadi sehingga rumah tangga tak mudah goyah.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti bimbingan sebelum pernikahan yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga agama. Bimbingan ini akan mengajarimu hal-hal yang perlu diketahui tentang pernikahan dan bagaimana cara menjaganya agar tetap utuh.

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar pernikahan dapat berjalan sesuai rencana. Hal-hal tersebut dapat dipertimbangkan bersama pasangan. Dengan demikian, kamu dan pasangan akan sama-sama merasa puas dan bahagia dengan pernikahan ini.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana cukup seperti yang telah disebutkan pada poin kedelapan. Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan DBS KTA. Dengan DBS KTA, kamu bisa memperoleh pinjaman sampai 300 juta dengan cicilan hingga 36 bulan. Bunganya pun flat, yaitu mulai dari 0,88%.

Kemudahan di atas hanya bisa kamu peroleh dengan mengajukan pinjaman bunga rendah DBS KTA. Oleh sebab itu, segera ajukan dengan klik di sini dan rencanakan pernikahan impianmu!

Baca juga:

7 Tips Memilih Produk Pinjaman yang Tepat

Ikuti 5 Tips Jitu Ini agar Bayar Cicilan KTA Lancar

4 Tips Memanfaatkan Pinjaman KTA dengan Bijak