Mengajukan KTA
30 May 2024

8 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengajukan KTA

8 Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengajukan KTA

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengajukan Pinjaman Bunga Rendah KTA

Bagaimana Cara agar Pengajuan KTA Disetujui?

Pinjaman bunga rendah seperti KTA (Kredit Tanpa Agunan) memang mudah dan cenderung cepat prosesnya. Tapi, bukan berarti kamu bisa sembarangan dalam melakukan proses pengajuannya. Ada beberapa hal penting dan vital yang wajib diperhatikan sebelum melakukan pengajuan pinjaman KTA.

Kenapa perlu memperhatikan hal-hal tertentu ketika mengajukan pinjaman KTA? Hal ini dikarenakan peminjam dana, yaitu bank, perlu diyakinkan jika pihak yang meminjam akan konsisten dalam mengembalikan dananya dalam bentuk cicilan. Lalu, apa saja hal-hal yang wajib diperhatikan? Simak jawabannya di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Mengajukan Pinjaman Bunga Rendah KTA

Beberapa hal perlu kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman, agar kamu dapat dengan bijak dan sadar dalam proses pengajuan. Mengambil keputusan untuk mengajukan kredit memang membutuhkan persiapan. Jadi, pastikan kamu mengetahui hal berikut ini.

●       Bunga Pinjaman

Hal pertama adalah mengenai bunga pinjaman KTA yang akan kamu ajukan. Beberapa orang memang tergiur dengan kredit tanpa jaminan yang memiliki promo atau diskon bunga, seperti bunga pinjaman hanya 0,99%. Lebih baik, kamu tidak tergiur dengan promo bunga cicilan tersebut.

Selain itu, bunga pinjaman ini sebaiknya kamu cari tahu informasinya sebanyak mungkin agar tidak terjebak bunga yang besar. Misalnya, kamu dapat melakukan simulasi perhitungan KTA terlebih dahulu agar memiliki gambaran jelas tentang proses pinjaman KTA.

●       Perhitungan Denda

Perhitungan denda menjadi hal kedua yang wajib kamu ketahui sedini mungkin sebelum mengajukan pinjaman KTA. Denda yang diberlakukan oleh masing-masing bank tentu berbeda, namun biasanya sekitar 2% hingga 5%.

Seperti yang kamu ketahui bahwa denda adalah besaran uang yang wajib dibayar ketika kamu terlambat membayar cicilan. Maka, untuk mengetahui besaran denda yang diterapkan oleh suatu bank, kamu wajib membaca secara teliti surat perjanjian yang ada ketika proses pengajuan berlangsung.

●       Sistem Penagihan Bank

Ketiga, sebelum kamu memperoleh pinjaman dana KTA, maka ketahui juga tentang sistem penagihan bank. Misalnya, ada saatnya kamu terlambat membayar cicilan karena suatu hal, lalu muncul debt collector yang akan menagih cicilan kamu.

Ada beberapa tahapan debitur akan menghubungi peminjam ketika telat melakukan pembayaran. Umumnya yang pertama adalah menghubungi peminjam melalui telepon atau email. Kedua, mendatangi langsung rumah peminjam.

●       Limit Pinjaman

Hal yang wajib diperhatikan olehmu ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman KTA adalah menentukan limit pinjaman. Penentuan limit pinjaman ini biasanya berdasarkan skor kredit yang kamu miliki, kemampuan membayar cicilan, dan penghasilan tetap yang kamu miliki.

Memang, ada beberapa bank yang dalam pengajuan limit pinjaman diserahkan kepada peminjam. Namun, hal ini juga tergantung dari aspek yang disebutkan tadi. Misalnya, kamu memiliki penghasilan di atas Rp5 juta, tentu kamu akan mendapatkan limit pinjaman yang lebih besar dari bank.

Baca juga: Yuk, Berkunjung ke Alhambra Palace! Jejak Islam di Spanyol!

●       Kredibilitas Bank

Memilih bank yang kredibel dan memiliki reputasi bagus adalah hal yang wajib kamu perhatikan juga. Sebaiknya, jangan asal dalam memilih bank untuk mengajukan pinjaman bunga rendah KTA. Kamu juga jangan mudah terhasut iming-iming dari bank yang tidak punya kredibilitas dan reputasi bagus.

Ketika memilih bank yang kredibel, kamu dapat mencari apakah bank tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, kamu juga dapat melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman pada bank tertentu. Jangan sampai kamu terjerumus oleh bank abal-abal yang nanti akan merepotkan kamu di masa depan.

●       Jangka Waktu Pinjaman

Sama seperti limit pinjaman, kamu juga wajib mengetahui dan memperhatikan jangka waktu pinjaman. Bank peminjam akan memberi kamu keleluasaan untuk menentukan jangka waktu cicilan. Kamu dapat menentukan jangka waktu (tenor) cicilan sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

Misalnya, terdapat pilihan jangka waktu pinjaman dari 12 bulan hingga 36 bulan. Semuanya disesuaikan dengan kemampuan cicilan kamu. Pastikan untuk memilih tenor cicilan yang tidak membebani cash flow kamu!

●       Syarat Pengajuan KTA

Syarat pengajuan pinjaman dana KTA menjadi hal yang wajib kamu perhatikan berikutnya. Persyaratan inilah yang nantinya dapat menentukan apakah pengajuan kamu diterima atau ditolak bank.

Perhatikan persyaratan dalam pengajuan KTA karena masing-masing bank memiliki persyaratan dan kebijakan tersendiri. Tapi, umumnya persyaratan pengajuan KTA adalah memiliki kartu identitas, berpenghasilan tetap, serta memiliki NPWP dan kartu kredit.

●       Pinjam sesuai Keperluan

Pinjamlah uang sesuai keperluan dan kemampuanmu! Itulah hal yang wajib kamu perhatikan berikutnya. Walaupun pinjaman KTA terasa menggiurkan, kamu wajib mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hal ini agar kamu tidak menjadi individu yang boros dan banyak hutang menumpuk. Tetap bijak dalam meminjam uang dengan pinjaman KTA adalah cara jitu agar hidup kamu lebih tenang walaupun memiliki cicilan.

Bagaimana Cara agar Pengajuan KTA Disetujui?

Jika kamu sudah mengetahui hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum mengajukan KTA. Lalu, bagaimana cara yang dapat kamu lakukan agar pengajuan KTA kamu disetujui? Yuk, simak caranya di bawah ini.

●       Gunakan Identitas Asli

Pertama-tama, gunakan identitas asli ketika mengajukan pinjaman KTA. Identitas asli akan memudahkan bank untuk verifikasi data peminjam. Kamu dapat melengkapi identitas dengan KTP, email, nomor telepon, alamat domisili atau alamat perusahaan.

Semakin lengkap identitas yang kamu serahkan kepada bank, maka semakin mudah bank untuk menyetujui proposal pinjaman kamu. Jangan mencoba untuk memalsukan data ketika kamu mengajukan pinjaman!

●       Tingkatkan Skor Kredit

Biasanya, sebelum kamu mengajukan pinjaman KTA, kamu sudah memiliki kartu kredit terlebih dahulu.

Nah, hal ini dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan skor kredit, yang mana merupakan ‘nilai’ kelancaran kamu dalam melunasi cicilan kartu kredit. Semakin tinggi skor kredit, maka semakin mudah mendapatkan pinjaman KTA.

●       Bayar Cicilan Pinjaman Tepat Waktu

Last but not least, bayarlah cicilan tepat waktu! Hal ini penting untuk kelancaran proses pinjaman kamu ke bank. Jika kamu memiliki reputasi baik dalam membayar cicilan, maka kesempatan pengajuan pinjaman KTA di bank lain disetujui akan semakin besar.

Mengajukan pinjaman KTA tidak boleh sembarangan, walaupun kesannya pinjaman jenis ini mudah didapat. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum proses pengajuan dilakukan. Hal ini bertujuan agar di masa depan tidak membebani kedua belah pihak, yaitu bank dan peminjam.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa kredibilitas bank adalah salah satu hal yang wajib kamu perhatikan. Sejalan dengan hal ini, kamu bisa memilih digibank by DBS, bagian dari Bank DBS Indonesia.

Bank satu ini memiliki produk pinjaman bunga rendah yang patut dipertimbangkan, yaitu digibank KTA. Ini meurpakan produk pinjaman yang mempunyai segudang keunggulan. Kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik. Dana berlimit Rp200 juta bisa cair dengan approval 60 detik. Selain itu, kamu bisa melakukan cicilan sampai 36 bulan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba gunakan pinjaman bunga rendah digibank KTA? Yuk, apply sekarang juga! Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus cashback dan bonus menarik lainnya. Mengenai cara pengajuan dan detail informasi lainnya, kamu bisa klik di sini!

Baca juga:

7 Tips Mendekorasi Ruang Tamu dengan Konsep Rustic

8 Tips Wujudkan Hunian Nyaman Bergaya Bohemian

11 Villa dengan Pemandangan Terbaik di Portugal