7 Tanda Keuangan Kamu Sudah Sehat
01 May 2024

7 Tanda Keuangan Kamu Sudah Sehat

 

Yuk, Cari Tahu Tanda-tanda Keuangan Kamu Sehat

  1. Pendapatan lebih besar dari pengeluaran
  2. Rasio utang rendah
  3. Memiliki investasi dan asuransi kesehatan
  4. Memiliki dana darurat
  5. Investasi yang cerdas
  6. Menetapkan Standar Kesuksesan
  7. Jumlah kekayaan meningkat

Memiliki kondisi keuangannya sehat sangat penting karena dapat menjauhkan berbagai persoalan, seperti rasa was-was, kemungkinan terjebak dalam hutang dan lainnya. Dengan keuangan yang sehat kamu juga lebih menikmati hidup dan leluasa untuk membuat berbagai rencana untuk masa mendatang.

Salah satu cara untuk mencapai keuangan sehat adalah dengan mempunyai tabungan yang cukup dan terus bertambah. Saldo di rekening tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencukupi berbagai kebutuhan sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan keuangan.

Yuk, Cari Tahu Tanda-tanda Keuangan Kamu Sehat

Untuk mempunyai keuangan yang sehat perlu kerja keras, namun bukan berarti Sahabat digibank tidak bisa mencapainya. Saat ini cukup banyak yang sudah menata keuangan pribadinya hingga mencapai kesehatan dan kebebasan finansial. Kamu pun mempunyai kesempatan untuk mencapai kondisi tersebut.

Salah satu trik agar bisa mempunyai kesehatan finansial adalah dengan buka tabungan dan mulai mengisinya secara rutin. Untuk membiasakan diri agar bisa menabung juga mudah selama kamu mempunyai komitmen yang tinggi. Ciri bahwa Sahabat digibank sudah mencapai kondisi keuangan yang sehat diantaranya:

1. Pendapatan lebih besar dari pengeluaran

Tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa penghasilanya selalu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan, padahal jika dilihat dari jumlahnya sudah cukup besar. Penyebab masalahnya kemungkinan bukan karena gaji atau pemasukan bulanan yang rendah, tetapi pengelolaannya yang kurang tepat sehingga selalu merasa kurang.

Seseorang akan mencapai kesehatan finansial jika jumlah pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Namun yang perlu digaris bawahi dalam hal ini bukan masalah jumlah pendapatan, tetapi pengelolaan dan penggunaannya sehingga cukup untuk kebutuhan hidup.

Artinya berapapun pendapatan kamu selama masih ada sisa setelah digunakan untuk kebutuhan, bisa mencapai kondisi keuangan yang sehat. Keterampilan dalam mengelola pendapatan sangat diperlukan agar kamu bisa memiliki kesehatan finansial.

2. Rasio utang rendah

Utang sering dijadikan jalan dalam mencakup berbagai kebutuhan dan keinginan. Namun tidak sedikit orang yang kurang pandai dalam menggunakan utang. Karena kesalahan dalam memanfaatkan fasilitas utang, Sahabat digibank akan kesulitan untuk mempunyai tabungan.

Jika ingin mempunyai keuangan yang sehat, Sahabat digibank harus memperhatikan rasio utang. Idealnya jumlah cicilan utang maksimal 30% dari pendapatan. Dengan demikian kamu masih bisa memenuhi kebutuhan dan menabung.

Namun tidak sedikit orang yang memanfaatkan fasilitas utang tersebut tanpa berpikir panjang. ini yang menyebabkan kondisi keuangan bermasalah karena terlalu banyak beban untuk membayar cicilan utang.

Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa mengecek rasio utang dan pastikan besar cicilan yang harus kamu bayar setiap bulan tidak lebih dari 30% penghasilan.

Baca Juga: Cerdik Menabung Pasangan Muda untuk Wujudkan Hunian Impian

3. Memiliki investasi dan asuransi kesehatan

Mahalnya biaya kesehatan bisa menjadi salah satu beban keuangan. Kamu dapat mengantisipasi kemungkinan ini dengan membeli asuransi kesehatan sesuai kebutuhan. Dengan demikian saat sakit dan perlu biaya untuk berobat ada pihak yang akan menanggungnya sehingga tidak terlalu mengganggu kondisi keuangan.

Selain asuransi kesehatan, produk keuangan yang sebaiknya kamu miliki adalah investasi. Dengan berinvestasi kamu tidak hanya bisa menyimpan sebagian penghasilan, tetapi juga mengembangkannya sehingga bisa mempunyai pendapatan pasif atau passive income.

Passive income cukup lumayan untuk mencukupi kebutuhan dan menambah saldo tabungan. Memiliki banyak passive income bisa menjadi salah satu cara agar keuangan kamu tetap aman.

4. Memiliki dana darurat

Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dengan mendadak dan jumlahnya pun bisa jadi tidak sedikit. Jika kamu tidak mempunyai cadangan dana, bisa mengganggu keuangan yang ada sehingga kamu tidak dapat memenuhi kebutuhan rutin bulanan.

Agar tidak sampai mengalami hal ini, kamu perlu mempunyai dana darurat. Seperti namanya, dana darurat merupakan dana yang hanya bisa digunakan dalam kondisi terpaksa. Besarnya dana darurat untuk masing-masing orang atau keluarga berbeda. Kamu bisa menyiapkan dana darurat antara 3 sampai 6 kali dari pengeluaran bulanan.

Bagi orang yang yang kondisi keuangannya kurang sehat sedikit kemungkinan bisa mempunyai dana darurat. Penyebabnya karena semua pendapatan akan fokus digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan membayar cicilan utang. Bahkan bisa jadi orang tersebut juga tidak bisa menabung.

5. Investasi yang cerdas

Investasi adalah parameter penting dalam kondisi finansial karena mencerminkan kemampuan dalam mengelola dan mengatur keuangan.

Seseorang dengan keuangan kurang sehat biasanya kurang selektif dan rasional dalam memilih investasi. Akibatnya, mereka bisa mengalami kerugian yang dapat menimbulkan masalah finansial jangka panjang maupun pendek.

Investasi memiliki potensi keuntungan, tetapi juga risiko kerugian. Orang dengan kesehatan finansial yang baik tidak mudah tergiur iming-iming profit dan selalu mempertimbangkan kemungkinan kerugian yang bisa terjadi.

6. Menetapkan Standar Kesuksesan

Standar kesuksesan setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa sukses setelah memiliki rumah, kendaraan, dan properti lain. Ada juga yang merasa sukses jika karirnya stabil atau terus meningkat.

Seseorang yang mengalami masalah finansial tidak bisa menentukan standar kesuksesan karena fokusnya terarah pada mengatasi masalah tersebut. Bahkan, dia mungkin merasa tidak yakin bisa keluar dari masalah yang dihadapi.

Berbeda dengan orang yang kondisi keuangannya lebih baik. Karena semua kebutuhannya sudah terpenuhi, mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk merencanakan keuangan dan mencapai standar sukses yang telah ditentukan. Jika belum tercapai, mereka akan semangat melakukan evaluasi dan perbaikan agar impiannya bisa terwujud.

7. Jumlah kekayaan meningkat

Meningkatkan kekayaan bagi orang yang secara finansial sudah lebih sehat, tentu saja akan lebih mudah. Karena terbiasa mengelola keuangan dengan baik, mereka bisa memanfaatkan uangnya secara efektif untuk menambah kekayaan.

Misalnya, mereka dapat menambah saldo rekening dengan mengalokasikan sebagian dari penghasilan atau keuntungan investasi ke dalam tabungan. Selain itu, mereka bisa membuka rekening baru untuk tujuan khusus, seperti dana darurat atau tabungan pendidikan, dan rutin menyetorkannya. Dengan strategi ini, mereka tidak hanya menyimpan uang tetapi juga mengoptimalkan keuntungannya melalui bunga atau investasi yang tepat.

Kemampuan mereka dalam mengatur keuangan dengan bijak juga memungkinkan mereka untuk mengambil peluang investasi yang lebih menguntungkan, seperti saham, properti, atau bisnis, yang dapat meningkatkan kekayaan mereka secara signifikan.

Bagaimana, dari point-point di atas apakah Sahabat digibank sudah mencapai kesehatan finansial?

Sebagai langkah awal, kamu bisa membuka tabungan dan berinvestasi di 1 Aplikasi digibank by DBS untuk memulai membangun keuanganmu. Tersedia Tabungan Maxi dengan bunga tabungan tinggi per tahun yang bisa dimanfaatkan untuk merencanakan keuangan sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan 20 Dompet Maxi yang bisa dipersonalisasi agar alokasi dana kamu lebih baik dan rapi. Untuk menambah pendapatan, kamu juga bisa berinvestasi di 60 lebih pilihan produk, mulai dari Reksa Dana hingga Obligasi.

Yuk, miliki buka tabungan dan berinvetasi digibank by DBS sekarang juga. Untuk kepoin produk digibank by DBS lainnya, selengkapnya bisa pelajari di sini.