Apa yang terjadi dengan pinjaman Saya?

Pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS setelah Tanggal Transfer. Sedapat mungkin, kami akan mempertahankan ketentuan dan manfaat yang Anda terima dari ANZ

Produk Apakah yang akan Saya dapatkan?

ANZ Personal Loan Anda akan dialihkan menjadi Dana Bantuan Sahabat.

  • Nomor pinjaman, bunga, biaya-biaya dan tanggal jatuh tempo sama dengan ANZ Personal Loan Anda.
  • Nomor tujuan pembayaran Personal Loan Anda adalah Nomor Pinjaman, menggantikan Nomor Rekening.
  • ANZ dan DBS akan mengingatkan Anda Nomor Pinjaman Anda setelah tanggal pengalihan melalui SMS atau surat ke alamat korespondensi Anda yang terdaftar pada system.

Nikmati fitur Dana Bantuan Sabahat (untuk pengajuan baru), sebagai berikut

  • Suku bunga ringan mulai dari 0.95%
  • Pilihan jangka waktu cicilan : 12, 24 dan 36 bulan
  • Pinjaman mulai dari Rp 5 – 200 juta

Detail Syarat dan Ketentuan Dana Bantuan Sahabat dapat Anda baca di sini.

Untuk lebih detail mengenai Dana Bantuan Sahabat silahkan lihat link berikut.

ANZ Moneyline Anda akan dialihkan menjadi digibank Cashline.

  • Tidak ada perubahan antara fitur ANZ Moneyline dan digibank Cashline
  • Kartu ANZ Moneyline Anda dapat tetap digunakan hingga Anda menerima Kartu digibank Cashline baru dari DBS.
  • ANZ dan DBS akan mengingatkan Anda Nomor Pinjaman Anda setelah tanggal pengalihan melalui SMS atau surat ke alamat korespondensi Anda yang terdaftar pada system.

Fitur Produk

  • Dana Tunai untuk berbagai kesempatan
  • Gratis biaya administrasi
  • Pilihan Bunga yang Flexibel

Untuk lebih detail mengenai digibank Cashline silakan lihat link berikut.

FAQ mengenai Personal Loan

Dana Bantuan Sahabat
  • Apa yang akan terjadi pada ANZ Personal Loan yang Saya miliki?

    ANZ Personal Loan Anda akan dialihkan ke produk Dana Bantuan Sahabat dengan suku bunga, angsuran bulanan yang sama

    DBS akan menerima sisa pinjaman, bunga dan biaya-biaya (bila ada) dari ANZ Personal Loan Anda untuk Anda dapat melanjutkan angsuran bulanan Anda.

  • Setelah Pengalihan, apakah saya bisa terus melakukan pembayaran ke Akun Layanan Pinjaman ANZ saya?

    Tidak, Akun Layanan Pinjaman ANZ Anda yang sudah ada tidak akan dialihkan. DBS akan memberitahukan Nomor Pinjaman DBS Anda supaya Anda dapat melakukan pembayaran.

  • Bagaimana saya mengetahui Nomor Pinjaman DBS saya?

    Anda akan menerima SMS dan surat dari DBS yang memberitahukan Nomor Pinjaman DBS Anda.

  • Apakah pembayaran Personal Loan akan tetap menggunakan kode transfer ANZ? Kalau tidak, apakah ada kode bank baru untuk DBS?

    Setelah tanggal pengalihan, nasabah harus mulai menggunakan kode bank DBS untuk melakukan pembayaran. Kode bank DBS untuk pinjaman pribadi/KTA adalah 046.

  • Apa yang terjadi dengan nomor rekening pembayaran (Loan Servicing Account) Saya?

    DBS tidak akan menyediakan rekening pembayaran (Loan Servicing Account) bagi Anda. Anda diharapkan untuk membayar langsung ke nomor rekening pinjaman Anda.

  • Apa yang akan terjadi dengan sisa dana pinjaman Saya?

    Sisa dana pinjaman Anda akan dialihkan ke akun Dana Bantuan Sahabat dan DBS akan membukukan sisa pinjaman berapapun yang diinformasikan oleh ANZ kepada DBS atas ANZ Personal Loan Anda.

  • Apakah akan ada perubahan pada syarat dan ketentuan Personal Loan ANZ saya?

    Tidak, syarat dan ketentuan akan tetap sama. Silakan klik di sini untuk membaca Syarat dan Ketentuan.

  • Bagaimana saya membayar Personal Loan ANZ saya?

    Silakan klik di sini untuk panduan pembayaran pinjaman Dana Bantuan Sahabat.

digibank Cashline
  • Apa yang akan terjadi pada ANZ Moneyline yang Saya miliki?

    ANZ Moneyline Anda akan dialihkan ke produk digibank Cashline dengan suku bunga, biaya-biaya, angsuran bulanan (bila ada) yang sama

    DBS akan menerima sisa pinjaman, bunga dan biaya-biaya (bila ada) dari ANZ Moneyline Anda untuk Anda dapat melanjutkannya.

  • Apakah nomor Kartu ANZ Moneyline Saya akan berubah?

    Tidak, nomor Kartu ANZ Moneyline Anda tidak berubah.

  • Apakah Saya dapat melanjutkan penggunaan Kartu ANZ Moneyline sebelum saya mendapat Kartu Digibank Cashline?

    Ya, Anda dapat menggunakan Kartu ANZ Moneyline yang Anda miliki hingga Anda mendapat Kartu digibank Cashline,

  • Sampai kapan Saya dapat menggunakan kartu ANZ Moneyline?

    Anda dapat menggunakan kartu ANZ Moneyline sampai Anda menerima Kartu digibank Cashline dan/atau 12 bulan dari tanggal peralihan (manapun yang lebih dahulu tercapai).

  • Apa yang akan terjadi dengan plafon kredit di ANZ Moneyline?

    Plafon kredit Anda di ANZ Moneyline akan dialihkan ke digibank Cashline, Anda akan memiliki plafon kredit digibank Cashline yang sama dengan plafon kredit ANZ Moneyline.

  • Apakah Syarat dan Ketentuan Dana Bantuan Sahabat dan ANZ Moneyline akan sama?

    Anda akan mengikuti Syarat dan Ketentuan digibank Cashline. Silahkan klik di sini untuk membaca Syarat dan Ketentuan.

  • Bagaimana cara untuk melakukan pembayaran ANZ Moneyline Saya?

    Anda dapat membaca detail panduan pembayaran di sini untuk membayar digibank Cashline.

  • Bagaimanakah cara untuk melihat Saldo yang Belum Dibayar (Outstanding Balance) dari ANZ Moneyline Saya?

    Anda dapat melihat Saldo yang Belum di Bayar dengan mengakses digibank atau melalui Lembar Tagihan yang akan Anda terima dari DBS kemudian. Untuk kelancaran pengiriman surat dan pemberian informasi kepada Anda, sangatlah penting bagi Anda untuk selalu melaporkan setiap perubahan data Anda kepada DBS.

Layanan digibank
  • Saya sudah memiliki akun di ANZ Mobile Banking atau Internet Banking untuk melihat detail Moneyline saya, apakah saya secara otomatis mendapatkan akses ke digibank?

    Akun ANZ Mobile Banking maupun Internet Banking Anda tidak akan dipindahkan ke DBS. Sehingga, untuk mengakses digibank, pastikan Anda telah melakukan registrasi dengan berhasil pada Aplikasi Mobile Banking digibank menggunakan Kartu Moneyline ANZ Anda. Username dan Password yang didaftarkan juga dapat digunakan untuk login pada digibank Internet Banking.

  • Bagaimana saya dapat mengakses digibank?

    Aplikasi Mobile Banking digibank dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store. Sedangkan, untuk digibank Internet Banking dapat diakses setelah tanggal 12 Februari 2018 pukul 09.00 WIB.

  • Bagaimana jika saya sudah terdaftar di digibank dan sudah memiliki Kartu Moneyline ANZ sebelum pengalihan bisnis ANZ ke DBS?

    Anda tidak perlu melakukan pendaftaran kembali di Aplikasi Mobile Banking digibank. Kartu Moneyline ANZ Anda akan muncul secara otomatis di beranda digibank.

  • Apakah saya dapat langsung melihat detail Kartu Moneyline saya segera setelah terdaftar di digibank?

    Ya, Anda dapat melangsung melihat detail Kartu Moneyline setelah terdaftar di digibank.

  • Di ANZ Internet/Mobile Banking, jika saya register menggunakan nomor Moneyline saya, saat saya login maka semua Kartu Kredit/MoneyLine yang saya miliki akan muncul otomatis, apakah digibank berlaku hal yang sama?

    Ya. digibank akan menampilkan seluruh produk perbankan (Tabungan, Giro, Deposito, Investasi, Kartu Kredit dan digibank Cashline) DBS yang Anda miliki.

Apa yang akan terjadi dengan Fasilitas Cerukan saya?

Fasilitas Cerukan (Cash Secured Overdraft) Anda yang masih berjalan di ANZ akan dialihkan menjadi DBS Assetline (Overdraft) pada Tanggal Pengalihan. Perlu diketahui tidak ada biaya yang dibebankan kepada nasabah terkait dengan proses pengalihan ini.

Fasilitas Cerukan Anda akan dialihkan ke DBS berdasarkan jangka waktu, tanggal penempatan dan jatuh tempo yang sama, serta suku bunga yang sama dengan kontrak Fasilitas Cerukan Anda di ANZ.

Apa yang terjadi ketika Fasilitas Cerukan saya jatuh tempo?

DBS Assetline Anda akan memiliki jangka waktu, tanggal penempatan dan jatuh tempo yang sama, serta suku bunga yang sama dengan kontrak Fasilitas Cerukan Anda di ANZ.

Anda dapat memilih untuk memperpanjang atau menutup Fasilitas Cerukan Anda pada saat jatuh tempo.

Hal yang perlu diperhatikan:

Perhitungan Suku Bunga

Perhitungan suku bunga DBS Assetline berdasarkan 360 hari kalender atau 361 hari kalender pada tahun kabisat untuk seluruh mata uang yang tersedia. DBS Assetline tersedia dalam pilihan mata uang Rupiah (IDR) dan US Dollar (USD).

FAQ mengenai Fasilitas Cerukan

Overdraft (DBS Assetline)/Cerukan (DBS Assetline)
  • Apa yang akan terjadi terhadap Fasilitas Cerukan (Cash Secured Overdraft) ANZ saya?

    Fasilitas Cerukan (Cash Secured Overdraft) Anda yang masih berjalan di ANZ akan dialihkan menjadi DBS Assetline (Overdraft) DBS pada tanggal pengalihan.

    Fasilitas Cerukan Anda akan dialihkan ke DBS berdasarkan jangka waktu, tanggal penempatan dan jatuh tempo yang sama, serta suku bunga yang sama dengan kontrak Fasilitas Cerukan Anda di ANZ sebelumnya.

  • Fasilitas Cerukan apa yang akan saya dapatkan?

    Setelah tanggal pengalihan, Anda akan mendapatkan Fasilitas Cerukan DBS Assetline sebagai pengganti rekening overdraft ANZ Anda sebelumnya.

  • Saya memiliki Fasilitas Cerukan dengan jangka waktu 12 bulan, di mana telah berjalan selama 8 bulan di ANZ. Apakah sisa tenor 4 bulan tetap dapat dipergunakan?

    Fasilitas Cerukan Anda akan ditransfer ke DBS berdasarkan jangka waktu, tanggal penempatan dan jatuh tempo yang sama, serta suku bunga yang sama dengan kontrak fasilitas cerukan Anda di ANZ, sehingga sisa tenor 4 bulan tetap dapat Anda dipergunakan.

  • Bagaimana cara saya memastikan bahwa seluruh Fasilitas Cerukan saya telah ditransfer ke DBS?

    Seluruh rincian cerukan Anda dapat dilihat pada laporan keuangan gabungan bulanan Anda.

  • Selain memiliki Fasilitas Cerukan di ANZ, saya juga telah memiliki Fasilitas Cerukan di DBS. Apa yang akan terjadi dengan seluruh rekening Fasilitas Cerukan saya?

    Fasilitas cerukan (Cash Secured Overdraft) Anda yang masih berjalan di ANZ akan dialihkan menjadi DBS Assetline (Overdraft) pada tanggal pengalihan.

    Fasilitas Cerukan Anda akan ditransfer ke DBS berdasarkan jangka waktu, tanggal penempatan dan jatuh tempo yang sama, serta suku bunga yang sama dengan kontrak Fasilitas Cerukan Anda di ANZ sebelumnya.

    Sementara seluruh rekening Fasilitas Cerukan Anda di DBS tidak akan mengalami perubahan apapun terkait dengan hal ini.

Apa yang akan terjadi pada fasilitas pinjaman saya?

Pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS setelah Tanggal Transfer. Sedapat mungkin, kami akan mempertahankan ketentuan dan manfaat yang Anda terima dari ANZ.

Produk pinjaman properti apa yang akan saya dapatkan?

Produk Anda akan menjadi DBS Home Loan

Rekening pendebitan untuk fasilitas pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS untuk pendebitan cicilan bulanan berikutnya sebagai berikut:

  • ANZ Saving Account Regular => DBS Saving Account Regular
  • ANZ Infinite => DBS Saving Account Plus
  • ANZ Super Saving Account => DBS Super Saving Account

Produk Anda akan menjadi DBS Saving Account Regular
Kami akan melanjutkan suku bunga tetap tersebut hingga masa/periode tersebut berakhir.

Bila pinjaman Anda berada pada masa/periode suku bunga tidak tetap di ANZ
Cara perhitungan bunga pada masa/periode bunga tidak tetap akan mengikuti ketentuan yang telah Anda sepakati bersama dengan ANZ

Pembayaran bulanan
Rekening pendebitan untuk pembayaran fasilitas pinjaman Anda di ANZ akan dihentikan setelah Tanggal Transfer. Pastikan kecukupan dana pada rekening baru Anda di DBS untuk menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran pinjaman

Biaya-biaya
Tidak ada perubahan atas ketentuan Biaya Tahunan dan Biaya Keterlambatan. Ketentuan dan pinalti atas pelunasan fasilitas pinjaman sebelum berakhirnya periode pinjaman tidak berubah.

Asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit
Perlindungan asuransi yang telah Anda bayarkan di ANZ akan tetap berlaku sehingga Anda tetap mendapat perlindungan hingga jangka waktu kredit berakhir.

Informasi pinjaman
Setelah Tanggal Transfer, informasi jumlah sisa pinjaman dapat Anda ketahui melalui laporan produk gabungan (combined statement) yang akan dikirim setiap awal bulan atau dengan menghubungi DBSI Customer Centre.

Lokasi penyimpanan/pengambilan dokumen jaminan
Setelah pinjaman lunas, maka Anda dapat mengambil dokumen jaminan Anda pada alamat dibawah ini dengan membuat janji temu terlebih dahulu:

Lokasi Jaminan Lokasi Jaminan Pengambilan Dokumen Mulai 2 April 2018
Jakarta ANZ Tower - Lantai 12
Jend Sudirman Kav. 33A,
Jakarta Pusat, 10250
DBS Tower - Lantai 35
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5,
Jakarta Selatan, 12940
Surabaya DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216
DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan :

  • Untuk memastikan kelancaran proses transfer antara ANZ dan DBS bulan Februari 2018, seluruh permohonan pelunasan awal fasilitas pinjaman (seluruhnya atau sebagian) di DBS hanya dapat dilakukan setelah tanggal 16 Februari 2018.
  • Setelah Tanggal Transfer, notaris yang bekerjasama dengan ANZ dan DBS akan melaksanakan proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan ke setiap Badan Pertanahan Nasional sehubungan dengan pengalihan pembebanan hak tanggungan atas obyek jaminan dari ANZ kepada DBS.
  • Selama proses ini berlangsung, bila Anda bermaksud untuk melakukan pelunasan lebih awal, maka Anda dapat melakukan pengurusan perubahan nama pemegang hak tanggungan secara swadaya. Biaya tambahan yang mungkin timbul dari proses ini akan menjadi tanggung jawab DBS, diluar biaya standar yang Anda tanggung. Dalam hal ini, pengambilan sertifikat dapat dilakukan 5 (lima) hari kerja setelah pelunasan awal dilakukan.
  • Jika Anda bersedia menunggu proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan sampai dengan selesai diproses selama +/- 1 (satu) bulan, maka Anda tidak akan dikenakan biaya yang berkaitan dengan proses ini.
  • Anda dapat menghubungi DBSI Customer Centre untuk mengetahui bila proses perubahan nama pemegang jaminan telah selesai.

Untuk keterangan lebih lanjut produk Anda, silahkan lihat dibawah ini:

Produk Anda akan menjadi DBS Home Maxi

Rekening pendebitan untuk fasilitas pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS untuk pendebitan cicilan bulanan berikutnya sebagai berikut:

  • ANZ Saving Account Regular => DBS Saving Account Regular
  • ANZ Infinite => DBS Saving Account Plus
  • ANZ Super Saving Account => DBS Super Saving Account

Produk Anda akan menjadi DBS Saving Account Regular
Kami akan melanjutkan suku bunga tetap tersebut hingga masa/periode tersebut berakhir.

Bila pinjaman Anda berada pada masa/periode suku bunga tidak tetap di ANZ
Cara perhitungan bunga pada masa/periode bunga tidak tetap akan mengikuti ketentuan yang telah Anda sepakati bersama dengan ANZ

Pembayaran bulanan
Rekening pendebitan untuk pembayaran fasilitas pinjaman Anda di ANZ akan dihentikan setelah Tanggal Transfer. Pastikan kecukupan dana pada rekening baru Anda di DBS untuk menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran pinjaman

Biaya-biaya
Tidak ada perubahan atas ketentuan Biaya Tahunan dan Biaya Keterlambatan. Ketentuan dan pinalti atas pelunasan fasilitas pinjaman sebelum berakhirnya periode pinjaman tidak berubah.

Asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit
Perlindungan asuransi yang telah Anda bayarkan di ANZ akan tetap berlaku sehingga Anda tetap mendapat perlindungan hingga jangka waktu kredit berakhir.

Informasi pinjaman
Setelah Tanggal Transfer, informasi jumlah sisa pinjaman dapat Anda ketahui melalui laporan produk gabungan (combined statement) yang akan dikirim setiap awal bulan atau dengan menghubungi DBSI Customer Centre.

Lokasi penyimpanan/pengambilan dokumen jaminan
Setelah pinjaman lunas, maka Anda dapat mengambil dokumen jaminan Anda pada alamat dibawah ini dengan membuat janji temu terlebih dahulu:

Lokasi Jaminan Lokasi Jaminan Pengambilan Dokumen Mulai 2 April 2018
Jakarta ANZ Tower - Lantai 12
Jend Sudirman Kav. 33A,
Jakarta Pusat, 10250
DBS Tower - Lantai 35
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5,
Jakarta Selatan, 12940
Surabaya DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216
DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan :

  • Untuk memastikan kelancaran proses transfer antara ANZ dan DBS bulan Februari 2018, seluruh permohonan pelunasan awal fasilitas pinjaman (seluruhnya atau sebagian) di DBS hanya dapat dilakukan setelah tanggal 16 Februari 2018.
  • Setelah Tanggal Transfer, notaris yang bekerjasama dengan ANZ dan DBS akan melaksanakan proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan ke setiap Badan Pertanahan Nasional sehubungan dengan pengalihan pembebanan hak tanggungan atas obyek jaminan dari ANZ kepada DBS.
  • Selama proses ini berlangsung, bila Anda bermaksud untuk melakukan pelunasan lebih awal, maka Anda dapat melakukan pengurusan perubahan nama pemegang hak tanggungan secara swadaya. Biaya tambahan yang mungkin timbul dari proses ini akan menjadi tanggung jawab DBS, diluar biaya standar yang Anda tanggung. Dalam hal ini, pengambilan sertifikat dapat dilakukan 5 (lima) hari kerja setelah pelunasan awal dilakukan.
  • Jika Anda bersedia menunggu proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan sampai dengan selesai diproses selama +/- 1 (satu) bulan, maka Anda tidak akan dikenakan biaya yang berkaitan dengan proses ini.
  • Anda dapat menghubungi DBSI Customer Centre untuk mengetahui bila proses perubahan nama pemegang jaminan telah selesai.

Untuk keterangan lebih lanjut produk Anda, silahkan lihat dibawah ini:

Produk Anda akan menjadi DBS Loan Offset

Rekening pendebitan untuk fasilitas pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS untuk pendebitan cicilan bulanan berikutnya sebagai berikut:

  • ANZ Saving Offset => DBS Savings Offset

Produk Anda akan menjadi DBS Saving Account Regular
Kami akan melanjutkan suku bunga tetap tersebut hingga masa/periode tersebut berakhir.

Bila pinjaman Anda berada pada masa/periode suku bunga tidak tetap di ANZ
Cara perhitungan bunga pada masa/periode bunga tidak tetap akan mengikuti ketentuan yang telah Anda sepakati bersama dengan ANZ

Pembayaran bulanan
Rekening pendebitan untuk pembayaran fasilitas pinjaman Anda di ANZ akan dihentikan setelah Tanggal Transfer. Pastikan kecukupan dana pada rekening baru Anda di DBS untuk menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran pinjaman

Biaya-biaya
Tidak ada perubahan atas ketentuan Biaya Tahunan dan Biaya Keterlambatan. Ketentuan dan pinalti atas pelunasan fasilitas pinjaman sebelum berakhirnya periode pinjaman tidak berubah.

Asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit
Perlindungan asuransi yang telah Anda bayarkan di ANZ akan tetap berlaku sehingga Anda tetap mendapat perlindungan hingga jangka waktu kredit berakhir.

Informasi pinjaman
Setelah Tanggal Transfer, informasi jumlah sisa pinjaman dapat Anda ketahui melalui laporan produk gabungan (combined statement) yang akan dikirim setiap awal bulan atau dengan menghubungi DBSI Customer Centre.

Lokasi penyimpanan/pengambilan dokumen jaminan
Setelah pinjaman lunas, maka Anda dapat mengambil dokumen jaminan Anda pada alamat dibawah ini dengan membuat janji temu terlebih dahulu:

Lokasi Jaminan Lokasi Jaminan Pengambilan Dokumen Mulai 2 April 2018
Jakarta ANZ Tower - Lantai 12
Jend Sudirman Kav. 33A,
Jakarta Pusat, 10250
DBS Tower - Lantai 35
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5,
Jakarta Selatan, 12940
Surabaya DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216
DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan :

  • Untuk memastikan kelancaran proses transfer antara ANZ dan DBS bulan Februari 2018, seluruh permohonan pelunasan awal fasilitas pinjaman (seluruhnya atau sebagian) di DBS hanya dapat dilakukan setelah tanggal 16 Februari 2018.
  • Setelah Tanggal Transfer, notaris yang bekerjasama dengan ANZ dan DBS akan melaksanakan proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan ke setiap Badan Pertanahan Nasional sehubungan dengan pengalihan pembebanan hak tanggungan atas obyek jaminan dari ANZ kepada DBS.
  • Selama proses ini berlangsung, bila Anda bermaksud untuk melakukan pelunasan lebih awal, maka Anda dapat melakukan pengurusan perubahan nama pemegang hak tanggungan secara swadaya. Biaya tambahan yang mungkin timbul dari proses ini akan menjadi tanggung jawab DBS, diluar biaya standar yang Anda tanggung. Dalam hal ini, pengambilan sertifikat dapat dilakukan 5 (lima) hari kerja setelah pelunasan awal dilakukan.
  • Jika Anda bersedia menunggu proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan sampai dengan selesai diproses selama +/- 1 (satu) bulan, maka Anda tidak akan dikenakan biaya yang berkaitan dengan proses ini.
  • Anda dapat menghubungi DBSI Customer Centre untuk mengetahui bila proses perubahan nama pemegang jaminan telah selesai.

Untuk keterangan lebih lanjut produk Anda, silahkan lihat dibawah ini:

Produk Anda akan menjadi DBS Home Maxi Offset

Rekening pendebitan untuk fasilitas pinjaman Anda akan dipindahkan ke DBS untuk pendebitan cicilan bulanan berikutnya sebagai berikut:

  • ANZ Saving Offset => DBS Savings Offset

Produk Anda akan menjadi DBS Saving Account Regular
Kami akan melanjutkan suku bunga tetap tersebut hingga masa/periode tersebut berakhir.

Bila pinjaman Anda berada pada masa/periode suku bunga tidak tetap di ANZ
Cara perhitungan bunga pada masa/periode bunga tidak tetap akan mengikuti ketentuan yang telah Anda sepakati bersama dengan ANZ

Pembayaran bulanan
Rekening pendebitan untuk pembayaran fasilitas pinjaman Anda di ANZ akan dihentikan setelah Tanggal Transfer. Pastikan kecukupan dana pada rekening baru Anda di DBS untuk menghindari terjadinya keterlambatan pembayaran pinjaman

Biaya-biaya
Tidak ada perubahan atas ketentuan Biaya Tahunan dan Biaya Keterlambatan. Ketentuan dan pinalti atas pelunasan fasilitas pinjaman sebelum berakhirnya periode pinjaman tidak berubah.

Asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit
Perlindungan asuransi yang telah Anda bayarkan di ANZ akan tetap berlaku sehingga Anda tetap mendapat perlindungan hingga jangka waktu kredit berakhir.

Informasi pinjaman
Setelah Tanggal Transfer, informasi jumlah sisa pinjaman dapat Anda ketahui melalui laporan produk gabungan (combined statement) yang akan dikirim setiap awal bulan atau dengan menghubungi DBSI Customer Centre.

Lokasi penyimpanan/pengambilan dokumen jaminan
Setelah pinjaman lunas, maka Anda dapat mengambil dokumen jaminan Anda pada alamat dibawah ini dengan membuat janji temu terlebih dahulu:

Lokasi Jaminan Lokasi Jaminan Pengambilan Dokumen Mulai 2 April 2018
Jakarta ANZ Tower - Lantai 12
Jend Sudirman Kav. 33A,
Jakarta Pusat, 10250
DBS Tower - Lantai 35
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5,
Jakarta Selatan, 12940
Surabaya DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216
DBS Surabaya (ex ANZ Bukit Darmo):
Bukit Darmo Boulevard
Blok B No. 22-23,
Surabaya 60216

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan :

  • Untuk memastikan kelancaran proses transfer antara ANZ dan DBS bulan Februari 2018, seluruh permohonan pelunasan awal fasilitas pinjaman (seluruhnya atau sebagian) di DBS hanya dapat dilakukan setelah tanggal 16 Februari 2018.
  • Setelah Tanggal Transfer, notaris yang bekerjasama dengan ANZ dan DBS akan melaksanakan proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan ke setiap Badan Pertanahan Nasional sehubungan dengan pengalihan pembebanan hak tanggungan atas obyek jaminan dari ANZ kepada DBS.
  • Selama proses ini berlangsung, bila Anda bermaksud untuk melakukan pelunasan lebih awal, maka Anda dapat melakukan pengurusan perubahan nama pemegang hak tanggungan secara swadaya. Biaya tambahan yang mungkin timbul dari proses ini akan menjadi tanggung jawab DBS, diluar biaya standar yang Anda tanggung. Dalam hal ini, pengambilan sertifikat dapat dilakukan 5 (lima) hari kerja setelah pelunasan awal dilakukan.
  • Jika Anda bersedia menunggu proses pencatatan perubahan nama pemegang jaminan sampai dengan selesai diproses selama +/- 1 (satu) bulan, maka Anda tidak akan dikenakan biaya yang berkaitan dengan proses ini.
  • Anda dapat menghubungi DBSI Customer Centre untuk mengetahui bila proses perubahan nama pemegang jaminan telah selesai.

Untuk keterangan lebih lanjut produk Anda, silahkan lihat dibawah ini:

FAQ mengenai Home Loan

ANZ Home Loan & ANZ Multipurpose Loan
  • Apa yang akan terjadi dengan pinjaman saya yang berada di ANZ?

    Pinjaman ANZ Home Loan dan ANZ Multi Purpose Loan Anda di ANZ akan dialihkan kepada DBS serta dikonversi menjadi sebagai berikut:

      ANZ
    • ANZ Home Loan
    • ANZ Multi Purpose Loan

      DBS
    • DBS Home Loan
    • DBS Home Maxi

    Fitur dan manfaat produk akan tetap mengikuti yang telah Anda terima dari ANZ.

  • Apa yang akan terjadi dengan saldo dan sisa tenor pinjaman saya

    Sisa saldo pinjaman Anda akan dialihkan kepada DBS sehingga Anda wajib melanjutkan kewajiban pembayaran Anda. Lebih lanjut, setelah pinjaman Anda dialihkan kepada DBS, Anda akan melanjutkan sisa tenor pinjaman sampai dengan selesai.

  • Sisa saldo pinjaman Anda akan dialihkan kepada DBS sehingga Anda wajib melanjutkan kewajiban pembayaran Anda. Lebih lanjut, setelah pinjaman Anda dialihkan kepada DBS, Anda akan melanjutkan sisa tenor pinjaman sampai dengan selesai.

    Dalam hal pelunasan lebih awal (sebagian atau seluruhnya), biaya dan ketentuan yang berlaku akan mengikuti biaya dan ketentuan yang Anda sepakati dengan ANZ sebagaimana dituangkan dalam Perjanjian Kredit.

  • Kapan saya harus membayar angsuran bulanan saya?

    Angsuran Anda akan jatuh tempo pada tanggal yang sama dengan tanggal jatuh tempo yang berlaku dengan ANZ. Jika jatuh tempo jatuh pada hari Minggu atau hari libur, diharapkan agar Anda telah menyiapkan dana yang mencukupi untuk pendebitan angsuran di rekening pendebitan bulanan, dalam waktu paling lambat 1 (satu) hari kerja sebelumnya.

  • Bagaimana cara membayar angsuran bulanan saya?

    Kami akan mendebit cicilan bulanan Anda dari rekening pendebitan bulanan di DBS yang baru. Setelah proses Transfer, saldo Anda dari rekening pendebitan bulanan ANZ akan dialihkan ke rekening pendebitan bulanan DBS Anda yang baru.

  • Apa yang akan terjadi jika saya lupa melakukan pembayaran cicilan?

    Bunga keterlambatan akan dikenakan pada jumlah tagihan yang belum dibayar. Besarnya bunga yang dikenakan sesuai dengan kesepakatan Anda sebelumnya dengan ANZ, sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Kredit

  • Apa yang akan terjadi pada polis asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit untuk produk pinjaman properti yang saya miliki?

    Polis asuransi kebakaran dan asuransi jiwa kredit Anda akan tetap efektif hingga jangka waktu kredit Anda berakhir, dan Banker’s Clause yang ada akan dialihkan kepada DBS.

  • Di mana saya bisa mempelajari lebih detil tentang istilah / fitur produk?

    Untuk detail lebih lanjut tentang persyaratan dan fitur Produk, silakan klik di sini.

  • Di mana saya bisa memperoleh informasi nomor rekening pembayaran cicilan saya yang baru apabila saya belum menerima?

    Untuk informasi mengenai nomor rekening pembayaran cicilan yang baru, Anda dapat menghubungi DBSI Customer Centre kami di nomor 1 500 327 atau 69 327 (melalui ponsel)

ANZ Home Loan Offset dan ANZ Multi Purpose Loan Offset
  • Apakah yang akan terjadi dengan ANZ Home Loan Offset dan/atau ANZ Multi Purpose Loan Offset yang saya miliki?

    Pinjaman ANZ Home Loan Offset dan ANZ Multi Purpose Loan Offset Anda di ANZ akan dialihkan kepada DBS serta dikonversi menjadi sebagai berikut:

      ANZ
    • ANZ Home Loan Offset
    • ANZ Multi Purpose Loan Offset

      DBS
    • DBS Home Loan Offset
    • DBS Home Maxi Offset

    Fitur dan manfaat produk akan tetap mengikuti yang telah Anda terima dari ANZ.

  • Apakah saya harus memindahkan rekening tabungan Offset saya?

    Rekening tabungan Offset Anda (Offset Saving Account) akan otomatis dialihkan ke DBS setelah Anda memberikan persetujuan kepada DBS untuk memindahkan produk tabungan dan deposito Anda ke DBS.