investasi
30 Jan 2023

Tabungan vs Investasi, Mana yang Lebih Penting?

Menabung dan investasi menjadi dua hal penting yang harus dilakukan demi manajemen finansial efektif. Apalagi sekarang sudah ada layanan online banking yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Fasilitas ini benar-benar mempermudah Anda untuk mengontrol keuangan dengan sebaik mungkin.

Hanya saja masih ada banyak orang yang mungkin belum paham apa sebenarnya perbedaan antara tabungan dan investasi. Bahkan banyak yang menganggap keduanya adalah hal yang sama. Padahal investasi dan tabungan ini adalah dua hal yang sangat berbeda.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Apa sebenarnya perbedaan dari menabung dan investasi? Keduanya adalah strategi yang biasa digunakan untuk mencapai sebuah tujuan finansial. Namun tekniknya berbeda dan cara untuk melakukannya juga tidak sama. Berikut adalah beberapa poin yang menjadi perbedaan antara tabungan dan investasi:

  1. Fungsi Menabung dan Investasi

    Perbedaan utama antara menabung dan investasi terletak pada fungsinya. Menabung digunakan sebagai alokasi dana cadangan. Menabung juga dipakai untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dalam jangka waktu tertentu. Biasanya uang tabungan tersebut akan disimpan di instrumen yang mudah sekali untuk diakses sehingga mudah digunakan setiap saat oleh si pemilik.

    Sementara itu investasi merupakan kegiatan penanaman modal. Aktivitas ini dilakukan oleh berbagai jenis instrumen tertentu dalam jangka waktu tertentu. Fungsi utama dari investasi adalah demi mendapatkan keuntungan sampai masa waktu yang sudah ditentukan.

    Biasanya tabungan dipakai untuk membeli atau mendapatkan suatu hal yang nilainya cukup besar. Demi meraih suatu hal dengan nilai yang mahal, maka perlu mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Sementara itu investasi biasanya dipakai untuk target finansial yang lebih besar. Tidak hanya untuk membeli barang tapi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar lagi seperti dana pensiun misalnya.

  2. Jenis Produk untuk Menabung dan Investasi

    Perbedaan lain antara menabung dan investasi terletak pada jenis produknya. Menabung biasanya menggunakan produk tabungan yang ditawarkan oleh bank. Bisa juga dilakukan secara konvensional atau manual dengan menabung di rumah. Ada juga produk deposito atau tabungan berjangka yang juga dapat diandalkan.

    Sementara itu investasi punya pilihan produk yang jauh lebih beragam. Instrumen investasi yang bisa digunakan saat ini begitu bervariasi. Mulai dari logam mulia, Reksadana, saham, obligasi, dan lain sebagainya. Tentu saja setiap produk investasi ini punya spesifikasi yang berbeda-beda dan potensi keuntungannya juga tidak sama.

  3. Akses Tabungan dan Investasi

    Mari lihat seperti apa kemudahan akses antara tabungan dan investasi. Menabung dan investasi juga berbeda jika dilihat dari kemudahan aksesnya. Hasil tabungan lebih mudah untuk diakses daripada investasi. Apalagi jika Anda menabung di rumah atau menabung secara konvensional, pasti bisa lebih mudah untuk diakses kapan saja uang tersebut dibutuhkan.

    Sementara itu investasi lebih sulit untuk diakses dibandingkan tabungan. Penarikan uang hasil investasi lebih sulit dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama. Namun hal ini sangat bergantung pada jenis instrumen investasi yang digunakan. Biasanya akan ditentukan oleh periode waktu investasi yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

  4. Risiko yang Ditanggung

    Baik menabung maupun investasi sama-sama memiliki risiko. Namun risiko keduanya memang berbeda dimana investasi punya risiko yang jauh lebih besar dibandingkan menabung. Apalagi jika Anda melakukan investasi di instrumen yang memang risiko tinggi seperti saham.

    Sementara itu menabung juga punya risiko namun risikonya jauh lebih rendah daripada investasi. Apalagi jika Anda menabung secara konvensional dimana nilai tabungan tidak berkurang karena biaya admin dari bank. Hanya saja, aktivitas menabung ini bisa terpengaruh oleh inflasi.

  5. Bunga atau Profit yang Diberikan

    Perlu diketahui bahwa semakin tinggi risikonya maka akan semakin besar hasil yang bisa Anda dapatkan. Hal ini juga berlaku dalam aktivitas menabung dan investasi. Jika risikonya besar maka hasil atau bunganya juga lebih besar. Itulah mengapa investasi banyak dijadikan pilihan meskipun risikonya besar. Bunga atau profit dari investasi punya nilai yang menjanjikan.

    Sementara itu aktivitas menabung tidak memberikan profit yang terlalu besar. Seiring dengan risikonya yang rendah, profit atau bunga dari menabung juga terbilang rendah. Bahkan nilai uang yang Anda miliki tidak bertambah, melainkan tetap sesuai dengan jumlah uang yang Anda tabung. Kalaupun ada nilai bunga dari bank, deposito misalnya, nilai bunga tidak akan begitu signifikan.

Dari semua poin-poin tadi bisa diketahui bahwa menabung dan investasi memang punya konsep yang sangat berbeda. Secara garis besar, menabung dilakukan untuk menjaga nilai dari uang yang Anda miliki. Sementara itu investasi digunakan untuk meningkatkan nilai uang tersebut. Investasi mendatangkan profit sehingga uang yang Anda miliki akan terus bertambah jumlahnya.

Mana yang Lebih Penting?

Setelah mengetahui apa perbedaan antara menabung dan berinvestasi, lalu kira-kira mana yang jauh lebih penting? Sebenarnya jika ditanya mana yang lebih penting tentu saja keduanya sama-sama penting. Kondisi setiap orang berbeda-beda dan pilihan menabung atau investasi dipengaruhi oleh hal tersebut.

Anda mungkin masih bingung, ingin meletakkan uang dalam bentuk tabungan atau investasi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar Anda bisa menentukan untuk investasi atau menabung:

  1. Kondisi Finansial

    Pertama-tama, pertimbangkan kondisi finansial Anda karena semua orang punya kondisinya masing-masing. Tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang yang lain. Misalnya saja investasi bagus untuk kondisi finansial Anda lalu menyarankan orang lain dengan kondisi finansial yang berbeda untuk berinvestasi juga.

    Pilihan investasi dan menabung sebenarnya sangat bersifat individual. Setiap orang berhak memilih sesuai kondisi finansial masing-masing karena hanya mereka yang tahu. Hanya mereka yang paham seperti apa kondisi finansialnya, apakah cocok untuk menabung atau berinvestasi atau bahkan keduanya.

  2. Profil Risiko

    Selanjutnya faktor profil risiko juga sangat penting untuk diperhatikan. Menabung  memiliki risiko yang terbilang rendah jadi cocok bagi Anda yang punya profil risiko rendah dan bersifat konservatif. Jika memang tidak siap mengambil risiko yang besar maka jangan berinvestasi. Investasi punya banyak risiko apalagi jika instrumen yang dipilih memang cukup ekstrem.

    Masalah profil risiko ini juga sangat individual. Setiap orang punya profil risiko yang berbeda-beda. Jika memang Anda punya profil risiko tinggi maka investasi bisa dianggap jauh lebih penting daripada menabung. Sebaliknya, saat profil risiko Anda rendah maka menabung jadi jauh lebih penting untuk menjaga nilai aset Anda.

  3. Pengetahuan yang Dimiliki

    Hal berikutnya yang juga ikut berpengaruh pada keputusan penting tidaknya investasi dan menabung adalah pengetahuan yang dimiliki. Menabung tidak membutuhkan pengetahuan yang cukup kompleks karena memang relatif mudah. Tidak dibutuhkan strategi dan teknik khusus dalam aktivitas ini. Anda hanya perlu memilih media atau wadah menabung yang tepat baik itu di bank atau konvensional.

    Lain halnya dengan investasi yang butuh strategi khusus. Jika ingin berinvestasi maka perlu punya modal yang memadai. Modal pengetahuan sangat dibutuhkan apalagi jika Anda ingin mendapatkan profit investasi yang optimal. Jadi apabila Anda tidak punya modal pengetahuan, anggaplah bahwa menabung itu hal yang lebih diutamakan terlebih dahulu.

  4. Tujuan Finansial

    Menabung dan investasi adalah dua hal yang digunakan untuk mencapai tujuan finansial. Jadi jelas kalau tujuan finansial akan sangat berpengaruh pada pengambilan keputusan tersebut. Misalnya, Anda ingin mencapai tujuan finansial jarak dekat dengan nominal yang tidak begitu besar maka menabung bisa jadi pilihan.

    Lain halnya dengan investasi yang biasanya lebih direkomendasikan untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang dengan nominal yang besar. Investasi dianggap efektif untuk mencapai tujuan finansial seperti ini karena memang menghasilkan profit atau keuntungan. Tidak seperti tabungan yang tidak mendatangkan profit besar melainkan hanya menjaga nilai uang yang Anda miliki.

  5. Fasilitas yang Tersedia

    Coba lihat kembali fasilitas apa yang bisa Anda jangkau untuk menabung dan berinvestasi. Ini juga tidak kalah penting karena baik menabung dan berinvestasi sama-sama butuh fasilitas yang cukup. Jika tidak ada fasilitasnya maka Anda pasti kesulitan untuk menabung dan berinvestasi.

    Jika Anda memiliki rekening tabungan yang terpercaya, mudah diakses, dan aman maka menabung bisa jadi pilihan tepat. Namun jika Anda bisa mengakses fasilitas investasi dengan mudah dan fleksibel maka langkah ini bisa jadi pilihan. Jadi silakan dilihat lagi kemampuan masing-masing dalam menjangkau fasilitas tersebut sehingga bisa diambil pilihan mana yang lebih penting dan memang cocok untuk diambil.

Tips Investasi dan Menabung

Bagaimana jika melakukan keduanya? Bagaimana jika Anda memutuskan untuk menabung dan berinvestasi dalam waktu yang sama? Tentu saja ini akan menjadi sebuah keputusan yang sangat menguntungkan. Penyimpanan uang memang tidak bisa dilakukan di satu tempat saja. Anda harus menyimpan uang di beberapa tempat yang aman.

Jika memungkinkan, menabung dan investasi biasa dilakukan dalam waktu bersamaan. Jadi Anda bisa mengalokasikan sebagian dana untuk ditabung lalu sebagiannya lagi untuk berinvestasi. Pilihlah media menabung yang tepat dan aman lalu investasikan uang ke instrumen yang profitable.

Anda bisa mendapatkan keuntungan optimal jika kedua aktivitas tersebut bisa berjalan dengan lancar. Pastikan keduanya berjalan dengan seimbang dan untuk mencapainya maka Anda butuh fasilitas yang tepat. Online banking adalah jenis layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menabung maupun berinvestasi. Pilih platform yang tepat sehingga kedua aktivitas tersebut bisa berjalan optimal.

Buka Rekening Online untuk Menabung dan Berinvestasi

Pada dasarnya menabung dan investasi sama-sama penting untuk dilakukan demi mencapai tujuan finansial. Anda bisa melakukan keduanya dengan mudah lewat layanan online banking dari digibank by DBS. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati:

  • Transaksi lengkap, mudah dan aman.

  • Lebih praktis dalam melakukan investasi dan asuransi.

  • Tersedia produk kartu kredit dan pinjaman yang bisa dimanfaatkan.

Menabung dan berinvestasi memang jadi lebih mudah jika bisa diakses atau dikontrol secara online. Online banking adalah salah satu fasilitas yang bisa memberi Anda kemudahan untuk menabung dan investasi. Tujuan investasi bisa lebih mudah tercapai apalagi aksesnya mudah dan praktis dilakukan kapan saja melalui aplikasi mobile.

Pilihlah layanan perbankan online yang benar-benar aman dan bisa dipercaya. Aplikasi digibank by DBS bisa menjadi pilihan tepat dengan beragam keuntungan yang ditawarkan. Langsung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.