bisnis kecantikan
29 Mar 2024

Pasti Untung! 5 Peluang Bisnis Kecantikan yang Menjanjikan

Ingin buka bisnis kecantikan tapi belum ada modal? KTA online solusinya, kamu bisa memperoleh pinjaman modal usaha dalam jumlah besar dengan persyaratan yang mudah. Zaman sekarang, produk kecantikan sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Bahkan peluang bisnis kecantikan dan kuliner memiliki kedudukan yang hampir sama, karena semakin banyaknya orang yang sadar akan pentingnya merawat diri. Pada dasarnya, bisnis kecantikan tidak hanya mencakup perawatan wajah, tapi juga seluruh bagian tubuh, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Usaha Apa Saja yang Termasuk dalam Bisnis Kecantikan?

Di era sekarang, bisnis kecantikan tidak hanya mencakup perawatan untuk perempuan, tapi juga laki-laki. Peluang bisnis kecantikan cukup menjanjikan di pasar Indonesia karena banyak orang berlomba-lomba ingin tampil sempurna. Ada banyak lini usaha yang masuk dalam kategori bisnis kecantikan, berikut beberapa di antaranya.

  • Produk Kecantikan

Sebagian besar bisnis kecantikan didominasi oleh sektor industri skincare dan makeup. Lini bisnis ini memiliki peluang yang lebih tinggi karena peminatnya berasal dari berbagai kalangan.

  • Jasa Kecantikan

Bila dibandingkan dengan produk kecantikan, lini bisnis ini memiliki peluang yang sedikit lebih rendah. Karena tidak semua kalangan mampu menjangkau layanan ini.

Usaha jasa kecantikan adalah bisnis yang menawarkan layanan perawatan tubuh contohnya klinik kecantikan, salon & spa, nail art & eyelash, dan semacamnya.

  • Media Kecantikan

Selain dua lini usaha tadi, media yang menyiarkan informasi seputar kecantikan juga termasuk dalam bisnis kecantikan.

Meskipun tidak terlibat langsung dalam bidang kecantikan, bisnis ini memiliki pengaruh yang kuat dalam mempengaruhi minat konsumen pada suatu produk. Melalui media kecantikan, masyarakat dapat mencari informasi seputar tips kecantikan, rekomendasi produk, review produk, dan tren kecantikan terkini.

Bisnis yang masuk dalam media kecantikan di antaranya adalah beauty vlogger, beauty blogger, website kecantikan, beauty influencer, dan semacamnya.

5 Peluang Bisnis Kecantikan yang Menjanjikan di Indonesia

Hampir semua jenis bisnis kecantikan memiliki prospek yang bagus hingga beberapa tahun ke depan. Dari hari ke hari, kebutuhan masyarakat akan produk/jasa kecantikan terus mengalami peningkatan.

Hal tersebut terbukti dengan tingginya angka penjualan produk skincare dan makeup, sehingga membuat banyak brand baru bermunculan. Jika masih bingung memilih bisnis apa, berikut beberapa rekomendasinya. 

  • Klinik Kecantikan

Proses perizinan bisnis klinik kecantikan cukup ketat dan membutuhkan persyaratan-persyaratan khusus, sehingga untuk terjun langsung kamu harus memiliki pengalaman sebagai dokter estetika.

Jika tidak punya pengalaman tersebut, kamu bisa bekerja sama dengan brand klinik kecantikan yang menawarkan program kemitraan (franchise). Menjalankan klinik kecantikan dengan sistem kemitraan sebenarnya lebih mudah dibandingkan membuat klinik sendiri.

Tapi sayangnya, kamu tidak bisa menikmati semua keuntungannya karena harus dibagi dengan pihak franchisor. Modal yang dibutuhkan sangat bervariasi tergantung brand klinik kecantikan yang kamu pilih, biasanya mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta.

Semakin besar namanya, maka semakin tinggi pula modal yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan KTA online untuk memulai bisnis ini. Sebelum menandatangani kontrak kerja sama, pastikan franchise tersebut sudah memiliki izin resmi dan terbukti aman.

Baca Juga: 5 Treatment Kecantikan Termahal Di Dunia, Tertarik Mencoba?

  • Salon dan Spa

Keuntungan bisnis klinik kecantikan (franchise) memang tergolong besar, tapi risikonya juga cukup tinggi, karena kamu tidak memiliki hak sepenuhnya dalam mengelola sistem di dalam klinik tersebut.

Apabila belum siap dengan risikonya, kamu bisa mencoba bisnis kecantikan lain contohnya salon dan spa. Meski keuntungan tak sebesar klinik kecantikan, prospek bisnis ini masih tergolong bagus dan modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Dengan dana Rp100 - Rp200 juta kamu sudah bisa membuka salon dan spa kelas atas dengan fasilitas lengkap. Proses perizinan bisnis salon dan spa juga tidak serumit klinik kecantikan, sehingga lebih mudah dijalankan secara mandiri.

  • Nail Art dan Eyelash

Jika belum siap membuka salon dan spa, kamu bisa belajar berbisnis dengan membuka tempat nail art dan eyelash. Selain modalnya lebih ringan, bisnis ini juga lebih mudah dijalankan karena hanya menawarkan dua jenis layanan.

Jika berhasil menjalankan bisnis ini, kamu bisa menaikkan levelnya menjadi salon kecantikan yang menawarkan lebih banyak jasa. Untuk mengubahnya menjadi salon, tentu harus menyiapkan modal. Bila memang diperlukan, kamu bisa menggunakan KTA online untuk mendapatkannya.

  • Produsen Skincare dan Make Up

Bisnis di industri skincare dan make up bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Banyak pengusaha skincare dan make up yang berhasil meraih kesuksesan hanya dalam beberapa tahun.

Membuat brand skincare atau make up sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan tanpa perlu membangun pabrik sendiri. Kamu bisa bekerja sama dengan penyedia jasa pembuatan produk untuk membuat brand sendiri.

Modal yang dibutuhkan cukup terjangkau, karena kamu tidak perlu membeli mesin produksi dan membangun pabrik. Kisaran modal yang dibutuhkan antara puluhan hingga ratusan juta, tergantung bahan baku dan jumlah produk yang dipesan.

  • Beauty Influencer

Bisnis kecantikan yang terakhir ini bisa dimulai oleh siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Bahkan belakangan ini, banyak bermunculan beauty influencer dari kalangan laki-laki yang membahas tentang dunia kecantikan.

Bisnis ini memang tidak bisa memberikan keuntungan besar di awal. Tapi jika dijalankan dengan konsisten, tentu akan membuahkan hasil yang memuaskan. Untuk memulainya, kamu perlu belajar membuat konten yang menarik agar disukai banyak orang.

Jika ingin cepat dikenal banyak orang, kamu harus memiliki ciri khas dan keunikan yang membuatmu berbeda dengan beauty influencer lain. Untuk menekuni bisnis ini, kamu perlu peralatan fotografi dan tim kreatif untuk membuat konten-konten informatif yang berkualitas.

Dari rekomendasi bisnis kecantikan di atas, bisnis apa yang paling cocok untukmu? Sebelum menjalankan bisnis tersebut, pertimbangkan dulu untung dan ruginya. Dengan begitu, kamu bisa bersiap saat dihadapkan pada risiko terburuk.

Sebesar apa pun peluang bisnis yang kamu pilih, hasilnya tidak akan maksimal jika tidak didukung dengan modal yang memadai. Itu sebabnya, modal harus dipersiapkan secara matang sebelum bisnis dimulai.

Ingin segera memulai bisnis kecantikan tapi terkendala modal? Tenang, ada digibank KTA menawarkan solusi bagi kamu yang mengalami kesulitan modal dalam berbisnis! Produk KTA ini menawarkan segudang kemudahan dan keuntungan untukmu!

Keuntungan KTA online yang ditawarkan yakni mulai dari apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik, pencairan dana berlimit hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik, dan cicilan bisa dilakukan sampai 36 bulan.

Segera miliki bisnis kecantikan beromzet puluhan juta! Dukung pengembangannya dengan KTA online paling tepat, digibank KTA! Jika kamu ingin mengetahui persyaratan dan detail lainnya, maka cukup akses informasinya dengan klik di sini!

Baca Juga:

Apa Saja Biaya Pinjaman KTA yang Harus Dipenuhi?

Cek Berapa Limit Kredit Tanpa Agunan yang Bisa Didapatkan

5 Alasan Mengapa Kredit Tanpa Agunan Cepat Cair