Aplikasi investasi
03 Mar 2023

5 Tips Merencanakan Biaya Pendidikan Anak Kembar

Adanya aplikasi investasi yang bisa diakses secara online saat ini memberi kemudahan bagi siapa saja untuk berinvestasi. Bicara soal investasi, ternyata langkah ini dianggap sangat efektif bagi orang tua yang sedang mempersiapkan biaya pendidikan. Apalagi bagi orang tua dengan anak kembar dimana kebutuhan biaya pendidikan pasti jadi lebih mahal.

Memiliki anak kembar memang tidak mudah apalagi jika dilihat dari segi finansial. Biaya yang harus dikeluarkan untuk anak kembar jauh lebih besar daripada anak tunggal. Apalagi untuk urusan biaya pendidikan, Anda benar-benar harus mempersiapkannya dengan matang.

Tips Perencanaan Biaya Pendidikan Anak Kembar

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya pendidikan saat ini semakin mahal. Apalagi jika Anda punya anak kembar, artinya biaya yang harus dipersiapkan ada dua kali lipat. Penting sekali untuk melakukan perencanaan yang matang agar Anda tidak kerepotan. Berikut adalah beberapa tips perencanaan biaya pendidikan anak kembar yang bisa Anda lakukan:

●  Buat Rencana Tempat Sekolah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat rencana pilihan tempat sekolah. Ini sangat penting dan akan mempermudah Anda untuk mempersiapkan dana pendidikan secara matang. Beda tempat sekolah tentunya beda juga biaya yang harus dikeluarkan. Jika ingin persiapan biayanya lebih matang maka harus ditentukan dulu pilihan sekolah secara spesifik.

Selain rencana tempat sekolah, Anda juga bisa membuat pilihan metode belajar. Misalnya, apakah anak Anda akan disekolahkan di sekolah konvensional atau homeschool. Pertimbangan semacam ini juga pasti akan berpengaruh pada besar biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.

Dalam hal ini tentu saja Anda tidak bisa mengambil keputusan tanpa pertimbangan. Pikirkan baik-baik supaya pilihan tempat sekolah dan metode pembelajarannya tepat bagi anak Anda. Jangan sampai salah pilih sekolah dan pada akhirnya malah membuat anak Anda kesulitan untuk belajar.

●  Kumpulkan Informasi Biaya

Selanjutnya Anda bisa kumpulkan dulu informasi biaya sekolah sesuai dengan pilihan yang sudah Anda ambil sebelumnya. Tidak masalah jika Anda belum menentukan satu sekolah sebagai pilihan, gunakan saja beberapa alternatif dan dapatkan informasi dari semua sekolah tersebut. Poin pentingnya adalah Anda bisa mendapatkan gambaran biaya yang harus dipersiapkan.

Jika sudah mendapatkan informasi lengkap tentang biaya pendidikan saat ini, maka Anda bisa lebih mudah melakukan persiapan. Jangan lupa, semua kebutuhan biaya tadi perlu dikali dua karena Anda memiliki anak kembar. Namun bisa saja kebutuhan anak satu dengan anak lainnya berbeda.

Bagaimana bisa berbeda? Anak kembar tidak harus selalu masuk ke sekolah yang sama. Bisa saja kedua anak ini memiliki karakter yang berbeda sehingga tidak bisa dimasukkan ke satu sekolah. Jika memang keduanya tidak bisa masuk ke sekolah yang sama maka Anda perlu mengumpulkan informasi biaya di masing-masing sekolah.

●  Lakukan Evaluasi Finansial

Hal berikutnya yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengevaluasi kondisi finansial. Jika ingin mempersiapkan dana pendidikan anak secara matang, maka pahami dulu kondisi finansial Anda saat ini. Lihat berapa banyak uang yang Anda miliki, berapa pemasukan stabil Anda, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan keuangan.

Evaluasi finansial ini dilakukan untuk menilai sampai mana kesiapan dan kemampuan Anda dalam membiayai sekolah anak kembar. Di sini Anda juga bisa tahu berapa banyak pemasukan yang bisa diperoleh dan apakah cukup untuk menyekolahkan anak kembar. Jika tidak, maka Anda masih punya kesempatan untuk menambah nilai pemasukan.

Selain itu, evaluasi finansial juga penting untuk dilakukan agar Anda tahu seperti apa pengeluaran saat ini. Pengeluaran adalah aspek penting yang akan berpengaruh dalam stabilitas keuangan Anda. Pastikan pengeluaran yang Anda lakukan cukup stabil dan normal, tidak melebihi kapasitas atau nilai pemasukan.

●  Tentukan Alokasi Dana Pendidikan

Tips berikutnya adalah tentukan alokasi dana pendidikan untuk anak Anda. Di sini Anda bisa menentukan berapa jumlah uang yang harus dialokasikan untuk persiapan dana pendidikan anak kembar. Nominal dana yang harus dialokasikan bisa ditentukan setelah Anda tahu mana sekolah tujuannya, berapa besar biayanya, dan lain-lain.

Semua ini akan membantu anda menentukan berapa besar dana yang harus dialokasikan agar kebutuhan dana pendidikan bisa terpenuhi. Nominal ini juga harus disesuaikan dengan pemasukan yang Anda miliki. Itulah mengapa Anda perlu melakukan evaluasi finansial terlebih dahulu sehingga tahu seperti apa kondisi keuangan terbaru.

Semakin besar nominal yang bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan dana pendidikan maka akan semakin bagus. Namun, hal ini tidaklah mudah karena berarti pemasukan Anda juga harus cukup besar. Jika memungkinkan, Anda bisa mulai mencari cara untuk memperbesar pendapatan sehingga nominal dana yang bisa dialokasikan untuk pendidikan jadi lebih banyak.

●  Lakukan Investasi Sedini Mungkin

Cobalah untuk melakukan investasi sedini mungkin agar kebutuhan dana pendidikan anak kembar bisa terpenuhi dengan baik. Investasi bisa menjadi langkah efektif bagi para orang tua yang punya anak kembar dan harus mempersiapkan biaya pendidikan. Apalagi jika investasi dilakukan sejak dini, pasti kedepannya akan terasa jauh lebih ringan.

Pilihlah instrumen investasi yang tepat sehingga bisa memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak Anda. Setelah melakukan investasi di satu instrumen, Anda bisa mulai merencanakan diversifikasi. Letakkan dana Anda ke beberapa instrumen sehingga keuntungannya bisa lebih optimal dan risiko kerugian bisa diminimalkan.

Sebenarnya saat Anda mengetahui bahwa akan memiliki anak kembar, investasi bisa langsung dilakukan. Semakin awal berinvestasi maka akan semakin cepat targetnya terpenuhi. Lebih disarankan untuk melakukan investasi sebelum ada kebutuhannya. Jadi sebelum anak lahir memang lebih direkomendasikan untuk langsung memulai investasi.

Tentunya keputusan berinvestasi ini harus diiringi dengan komitmen. Anda harus memiliki komitmen sehingga nanti bisa konsisten melakukan investasi. Pilih instrumen yang tepat sesuai profil risiko lalu gunakan aplikasi investasi terpercaya yang bisa membantu investasi berjalan lebih mudah.

Kelola Biaya Pendidikan Anak Bersama digibank by

Pemakaian layanan digital banking akan sangat membantu Anda dalam mengelola dan mempersiapkan biaya pendidikan anak. Pakailah aplikasi investasi dan digital banking dari digibank by DBS yang memiliki banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan:

  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Tersedia asuransi dan lebih dari 150 produk investasi
  • Ada penawaran produk pinjaman dan kartu kredit dengan approval 60 detik

Layanan ini menjadi salah satu aplikasi investasi terpercaya yang juga bisa memberi kemudahan transaksi bagi Anda. Dalam satu aplikasi Anda bisa mendapatkan banyak fitur yang bermanfaat untuk mengelola finansial secara optimal. Jika digunakan dengan baik, aplikasi ini akan membantu Anda mempersiapkan biaya pendidikan anak kembar secara efektif.

Aplikasi investasi dan digital banking dari Aplikasi digibank by DBS akan membantu Anda mencapai tujuan finansial sesuai harapan. Salah satunya adalah tujuan finansial persiapan dana pendidikan anak kembar yang memang sebaiknya dikelola secara optimal. Silakan klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap mengenai layanan tersebut.