Investasi
30 Jul 2024

Perbedaan Investasi Sukuk Negara Ritel dengan Sukuk Tabungan

Perbedaan Investasi Sukuk Negara Ritel dengan Sukuk Tabungan                                                                                              

Apa Itu Sukuk Negara Ritel?                                                            

Kelebihan Sukuk Negara Ritel                                                         

Perbedaan dengan Sukuk Tabungan                                                 

 

Sukuk Negara Ritel atau Sukuk Ritel menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang banyak diminati. Instrumen ini merupakan salah satu produk Obligasi Pemerintah syariah yang memiliki banyak keunggulan.

Bagi Anda yang saat ini ingin menambah investasi atau mungkin melakukan diversifikasi, Sukuk Ritel bisa jadi pilihan tepat. Mari kenali lebih jauh lagi apa sebenarnya Sukuk Negara Ritel itu dan apa saja kelebihan yang dimiliki.

Apa Itu Sukuk Negara Ritel?

Sukuk Negara Ritel merupakan sebuah produk investasi syariah yang bisa jadi instrumen investasi tepercaya saat ini. Produk ini ditawarkan oleh pemerintah kepada semua warga negara Indonesia.

Instrumen ini dikenal aman, mudah, dan cukup terjangkau. Lebih dari itu, Sukuk Negara Ritel juga menawarkan potensi imbal hasil yang menguntungkan.

Semua pengelolaan investasi Sukuk Negara Ritel akan dijalankan sesuai prinsip syariah. Imbalannya akan dibayarkan setiap bulan dan dapat diperdagangkan lewat pasar sekunder antara investor domestik.

Kelebihan Sukuk Negara Ritel

Sebelum berinvestasi melalui instrumen tertentu, pastikan Anda mengetahui apa saja kelebihan yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa kelebihan Sukuk Negara Ritel yang perlu Anda ketahui.

  • Potensi Keuntungan Kompetitif

Kelebihan yang pertama, Sukuk Negara Ritel bisa memberikan potensi keuntungan yang nilainya kompetitif. Lebih dari itu, potensi keuntungan dari instrumen ini juga dinilai menarik.

Imbal hasil akan diberikan per bulan kepada Anda sebagai investor sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Pemberian imbal hasil ini juga langsung oleh negara, jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap adanya risiko gagal bayar.

Adanya jaminan dari Undang-undang juga membuat Sukuk Negara Ritel jadi dinilai jauh lebih aman. Anda bisa mendapatkan potensi keuntungan yang menarik dengan risiko minimal.

  • Modal Awal Tidak Besar

Saat ini investasi memang semakin mudah untuk dilakukan, salah satunya jika dilihat dari segi modal. Seperti investasi Sukuk Negara Ritel yang bisa Anda lakukan dengan modal awal tidak begitu besar.

Anda hanya membutuhkan modal awal mulai dari Rp1 juta untuk bisa berinvestasi lewat instrumen ini. Jika dibandingkan dengan keuntungannya yang kompetitif, tentu nilai modal ini terhitung cukup ringan.

Ringannya modal awal ini tentu membuka peluang investasi lebih besar bagi banyak investor. Anda juga tidak perlu menunda lebih lama lagi untuk mulai berinvestasi karena nilai modal yang tidak begitu besar.

  • Sesuai Prinsip Syariah

Sukuk Negara Ritel memang memiliki perbedaan yang cukup mencolok jika dibandingkan instrumen lain. Instrumen ini sering dikenal sebagai Obligasi Pemerintah syariah dan menerapkan prinsip-prinsip syariah yang tentunya selaras dengan kepercayaan umat muslim.

Mengapa disebut sesuai dengan prinsip syariah? Pengelolaan instrumen investasi ini terbebas dari praktik riba yang bertentangan dengan ajaran Islam. Tidak heran jika instrumen ini cukup banyak direkomendasikan bagi investor yang menghindari riba.

Di zaman sekarang ini cukup sulit menemukan instrumen investasi yang bisa terbebas dari riba dan sesuai prinsip syariah. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi lewat Sukuk Negara Ritel.

  • Mendukung Pembangunan Nasional

Perlu diketahui bahwa hasil investasi dari Sukuk Negara Ritel ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur nasional. Jadi dengan berinvestasi melalui instrumen ini, Anda telah ikut mendukung pembangunan nasional.

Inilah mengapa investasi Sukuk Negara Ritel memiliki manfaat yang bervariasi. Tidak hanya bagi investor namun juga bagi negara yang butuh dana agar pembangunan infrastruktur berjalan lancar.

Lebih dari itu, jika pembangunan nasional berjalan dengan baik, maka investor sendiri juga bisa menikmati keuntungannya. Fasilitas infrastruktur jadi semakin lengkap dan memberi kenyamanan tersendiri bagi investor sebagai warga negara.

Baca juga: Membangun Rumah Tumbuh bersama Pasangan setelah Menikah

Perbedaan dengan Sukuk Tabungan

Selain Sukuk Negara Ritel, Anda mungkin juga akan menjumpai adanya instrumen Sukuk Tabungan. Sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Berikut adalah beberapa perbedaan Sukuk Negara Ritel dan Sukuk Tabungan.

  • Tenor Investasi

Perbedaan pertama terletak pada tenor investasinya. Khusus untuk Sukuk Negara Ritel, Anda bisa memilih tenor investasi tiga atau lima tahun.

Penawarannya cukup berbeda untuk Sukuk Tabungan. Jika Anda berinvestasi di Sukuk Tabungan maka Anda akan mendapatkan pilihan tenor dua tahun dan empat tahun, lebih singkat dari Sukuk Negara Ritel.

  • Fleksibilitas Jual Beli

Perbedaan berikutnya terletak pada fleksibilitas jual dan beli. Salah satu karakteristik dari Sukuk Negara Ritel adalah tradable yang artinya bisa diperjualbelikan lewat pasar sekunder.

Hal ini menjadi perbedaan yang cukup mencolok dengan Sukuk Tabungan. Sukuk Tabungan tidak bisa diperjualbelikan, jadi jika Anda butuh instrumen yang mudah diperjualbelikan, Sukuk Negara Ritel merupakan sebuah pilihan tepat.

  • Potensi Return

Dalam melakukan investasi, Anda pastinya akan melihat seperti apa potensi return yang diberikan oleh sebuah instrumen. Sukuk Negara Ritel itu sendiri memiliki potensi return yang lebih besar dari Sukuk Tabungan.

Melalui Sukuk Negara Ritel, Anda sebagai investor bisa mendapatkan keuntungan dari capital gain. Keuntungan ini bisa Anda dapatkan jika berhasil menjual sukuk lewat pasar sekunder.

Lain halnya dengan pemegang Sukuk Tabungan. Sukuk ini tidak bisa diperjualbelikan sehingga Anda tidak akan mendapatkan potensi keuntungan dari penjualan sukuk tersebut.

  • Karakteristik Kupon

Perbedaan lain antara Sukuk Negara Ritel dan Sukuk Tabungan terletak pada karakteristik kuponnya. Kupon atau imbalan yang akan diperoleh setiap bulan oleh investor di dua jenis instrumen ini juga berbeda.

Sukuk Negara Ritel memiliki kupon yang sifatnya tetap. Artinya Anda akan mendapatkan imbalan yang sama setiap bulannya sesuai dengan kesepakatan yang sudah diketahui bersama.

Sementara itu Sukuk Tabungan tidak memiliki nilai tetap tersebut. Jadi imbalan dari Sukuk Tabungan ini memiliki sifat floating with floor yang artinya mengambang dengan batas minimal.

 

Anda bisa memulai langkah investasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Tersedia instrumen investasi Sukuk Ritel yang bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan optimal.

Tidak perlu ragu untuk berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Di sini Anda bisa menyusun strategi agar kinerja produk investasi berjalan baik dan keuntungan Obligasi dapat Anda raih secara optimal.

Tidak hanya itu, tersedia diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. Kemudian, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang analisis pasar serta peluang terkini.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi lewat Sukuk Ritel. Mulai dari jual, beli, dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Tak perlu menunggu lebih lama lagi, segera mulai langkah investasi Obligasi Pemerintah syariah dalam bentuk Sukuk Ritel sekarang juga bersama DBS Treasures! Informasi lebih lanjut, klik di sini!

Baca juga:

Panduan Wisata di Macau: Destinasi Wajib hingga Tips Liburan

5 Manfaat dan Prosedur Kecantikan Picoway Laser

Buat Rumah Menyenangkan, 9 Tips Membangun Kolam Renang

 

Hubungi Kami Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.

Investasi Sekarang Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS