Melihat Peluang Menarik Reksadana Saham di Tahun 2024
09 Jan 2024

Melihat Peluang Menarik Reksadana Saham di Tahun 2024

Reksadana Saham mengutip dari laman OJK merupakan jenis investasi Reksadana yang memiliki kebijakan untuk berinvestasi minimal sebanyak 80% pada instrumen saham. Layaknya instrumen lain, agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu menyusun rencana investasi yang matang.

Tidak hanya itu, sebelum mulai melakukan investasi di tahun 2024, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu juga terkait manfaat dan risikonya. Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi Reksadana jenis saham, maka mulailah cari tahu informasi tentang peluang dari investasi tersebut.

Berikut akan dibahas tentang peluang Reksadana jenis saham beserta tips investasi yang dapat Anda aplikasikan agar hasilnya bisa optimal. Ikuti pembahasan lengkap berikut!

 

Peluang Menarik Reksadana Saham di Tahun 2024

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun di mana aktivitas ekonomi membaik. Hal ini disebabkan karena akan terdapatnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu). Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi, Anda bisa mencobanya di tahun 2024 ini.

Bagi Anda yang sedang bimbang memilih instrumen untuk berinvestasi, Reksadana dengan portofolio saham bisa dijadikan pilihan yang tepat di tahun ini. Dikatakan demikian karena instrumen investasi satu ini dinilai akan memiliki peluang yang menarik.

Tentunya agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda perlu memilah dengan teliti portofolio sahamnya. Beberapa jenis saham yang dinilai memiliki peluang baik pada tahun 2024 ini yaitu saham di sektor perbankan maupun saham properti.

Namun agar hasil investasi yang didapatkan bisa sesuai dengan harapan, selain perlu pintar memilih jenis instrumen investasi, Anda juga perlu membuat rencana investasi dengan sebaik mungkin. Pada poin selanjutnya akan dibahas tentang tips agar investasi Reksadana yang dilakukan bisa menghasilkan keuntungan yang optimal.

 

Tips Investasi Reksa Dana Saham agar Hasilnya Optimal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tahun 2024 bisa menjadi tahun yang tepat untuk melakukan investasi Reksadana jenis saham. Agar bisa mencapai tujuan berinvestasi Anda, penting untuk mencoba menerapkan tips-tips dalam berinvestasi Reksadana.

Beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan agar selama berinvestasi Reksadana jenis saham dapat menghasilkan keuntungan yang optimal antara lain:

●       Memahami Terlebih Dahulu tentang Reksadana

Supaya investasi yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar, maka Anda perlu memahami betul-betul tentang jenis instrumen itu sendiri terlebih dahulu.

Sebagai contoh apabila Anda ingin mencoba berinvestasi dengan instrumen Reksadana jenis saham, maka Anda perlu mempelajari tentang apa itu Reksadana Saham dan cara kerja dari instrumen ini. Sesuai dengan namanya, Reksadana ini akan mengalokasikan sebagian besar asetnya dengan minimum alokasi 80% ke instrumen saham.

Biasanya, instrumen Reksadana ini lebih cocok dipilih untuk Anda yang berinvestasi dalam jangka waktu panjang, bisa dalam jangka waktu 5 tahun atau bahkan lebih lama lagi.

●       Memilih Mitra Berinvestasi yang Tepercaya

Apabila pemahaman terhadap instrumen Reksadana sudah dimiliki, maka tips selanjutnya yang perlu Anda terapkan apabila ingin mendapatkan hasil investasi yang menguntungkan, yaitu Anda perlu memilih mitra berinvestasi yang tepercaya.

Dengan memilih mitra berinvestasi yang terkenal memiliki reputasi baik, maka Anda dapat merasa lebih aman selama berinvestasi dengan mitra tersebut. Agar bisa mengetahui mitra berinvestasi yang tepat, Anda bisa mencoba melakukan riset untuk mencari tahu rekam jejak dari mitra tersebut.

●       Mempelajari tentang Profil Risiko

Tips penting lainnya agar keuntungan yang didapatkan dari investasi ini bisa maksimal, yaitu Anda perlu mempelajari tentang profil risiko dan mengetahui Anda termasuk tipe investor yang seperti apa. Pilihlah jenis instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda agar investasi yang dilakukan berhasil dan berjalan dengan lancar.

Singkatnya, ada beberapa jenis profil risiko dalam berinvestasi. Jenis profil risiko yang dimaksud yaitu mulai dari tipe konservatif, tipe moderat, tipe agresif, hingga tipe sangat konservatif.

Apabila Anda tergolong sebagai tipe investor dengan profil risiko agresif, maka jenis instrumen investasi yang cocok untuk Anda adalah Reksadana jenis Saham.

●       Mengetahui Tentang Prospektus Reksadana

Mendapatkan keuntungan maksimal dari berinvestasi bisa Anda usahakan dengan mengetahui tentang prospektus dari jenis Reksadana yang dipilih sebagai instrumen investasi Anda. Prospektus di sini maksudnya adalah dokumen yang berisikan informasi tentang produk Reksadana secara mendetail.

Dengan Anda mengetahui prospektus dari produk Reksadana yang dipilih, Anda dapat memahami macam-macam informasi mulai dari kebijakan investasi hingga portofolio investasi.

●       Mencermati Legalitas Produk

Ketika berinvestasi Reksadana, penting juga bagi Anda untuk mencermati legalitas dari produk yang dipilih. Sebagai investor, Anda perlu mengetahui status legalitas produk Reksadana karena hal ini memiliki pengaruh terhadap performa produk.

Pastikan bahwa produk Reksadana yang Anda pilih berstatus legal dan sudah mendapatkan izin dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal dan terhindar dari investasi bodong, sebelum mulai berinvestasi, usahakan untuk memastikan legalitas produk terlebih dahulu.

●       Membuat Rencana Berinvestasi

Agar bisa mendapatkan keuntungan optimal, Anda juga perlu mempertimbangkan membuat rencana berinvestasi. Dengan memiliki rencana investasi, Anda memiliki panduan agar tidak salah mengambil langkah.

Untuk membuat rencana investasi yang baik, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Pertama-tama Anda perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi finansial, kemudian menentukan tujuan berinvestasi, menentukan kemungkinan risiko yang sanggup dihadapi, dilanjutkan dengan memutuskan instrumen investasi yang dipilih beserta jangka waktunya.

Meski nantinya selama proses berinvestasi Reksadana Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi, namun tidak ada salahnya untuk turut mempelajari rencana strategi investasi agar Anda mengerti apa yang sebenarnya terjadi saat proses investasi berlangsung.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tahun 2024 merupakan tahun yang tepat untuk Anda mencoba berinvestasi Reksadana jenis saham. Agar bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

Tips-tips yang dimaksud yaitu mulai dari mempelajari terlebih dahulu tentang produk Reksadana, membuat perencanaan berinvestasi yang matang, maupun memilih mitra berinvestasi yang tepercaya.

Membahas tentang mitra tepercaya untuk berinvestasi Reksadana jenis saham, perbankan prioritas DBS Treasures bisa menjadi opsi yang tepat. Anda akan dipandu agar bisa mencapai tujuan berinvestasi yang sudah ditentukan apabila berinvestasi mengandalkan mitra ini.

Tidak hanya itu, Anda juga akan memperoleh dukungan selama berinvestasi karena pengelolaan dana dilakukan secara profesional oleh Manajer Investasi terkemuka. Tersedia pula Aplikasi digibank by DBS yang mempermudah transaksi jual, beli, maupun switching aset investasi.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang berinvestasi Reksadana Saham bersama DBS Treasures, Anda bisa klik di sini.

 

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.