Rumah joglo
27 Feb 2023

Ciptakan Suasana Etnik dengan Desain Rumah Tema Jawa Modern

Perpaduan konsep tradisional dan modern adalah salah satu tren desain rumah yang menarik dan bisa Anda coba. Misalnya menggabungkan gaya etnik Jawa dan modern. Biaya renovasi rumah bisa Anda dapatkan dari pinjaman bunga rendah. Pastikan Anda memilih bank terpercaya untuk mendapatkan pinjaman.

Rumah tradisional suku Jawa yang disebut rumah joglo, memiliki desain khas yang unik. Anda dapat langsung mengenali rumah joglo dari atapnya yang berbentuk limas, fasad rumah dan tiang penyangga dari kayu.  Serta penggunaan kayu yang dominan dengan ornamen ukiran yang detail.

Anda bisa menambahkan desain bergaya modern untuk menambahkan kesan kekinian pada bangunan rumah. Dengan begitu Anda bisa memiliki rumah dengan suasana etnik namun tetap modern. 

Inspirasi Desain Rumah Etnik Jawa Modern

Membangun rumah dengan desain tradisional mampu membangkitkan kenangan masa kecil. Hal ini juga menjadi cara untuk selalu merasa dekat dengan kampung halaman. Meski dibuat tradisional bukan berarti rumah Anda akan berubah jadi kuno. 

Anda dapat menambahkan unsur-unsur etnik dari budaya Jawa dan membuat rumah tetap terlihat modern. Berikut ini inspirasi desain rumah bergaya etnik Jawa modern, yang bisa Anda coba:

● Atap Rumah Joglo

Ciri khas dari rumah adat Jawa adalah atap rumah joglo. Anda bisa mengubah atap rumah berbentuk limas dan menggunakan material genteng tanah liat yang khas. Bentuk atap limas sudah memberikan kesan etnik jawa yang kuat pada rumah Anda.

Atap dibuat seperti rumah joglo, namun bangunan rumah bisa dibentuk dengan gaya modern. Dengan menerapkan konsep tersebut, kesan etnik Jawa tetap terlihat.

● Teras yang Luas

Karakteristik lainnya dari rumah Jawa yaitu memiliki teras yang luas. Dengan tiang-tiang penyangga yang terbuat dari kayu. Teras berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu. Bisa juga dipakai untuk aktivitas penghuni rumah di pagi dan menjelang sore hari.

Anda bisa menambahkan teras dengan lantai semen, keramik atau kayu. Pilihan jenis lantai ini juga dapat diterapkan di seluruh ruang rumah. Tambahkan taman di bagian depan rumah untuk menambah keasrian

Jika masih tersedia lahan yang luas, Anda juga dapat membangun taman dengan tambahan pendopo beratap joglo. Pendopo bisa digunakan untuk menerima tamu atau bersantai bersama keluarga. Pendopo juga termasuk ciri khas dari hunian masyarakat Jawa tempo dulu.

● Pintu Ukir

Kesan etnik jawa yang kental bisa terlihat dari tampilan pintu depan rumah. Meskipun bangunan bergaya modern, jika Anda memasang pintu kayu yang diukir kesan tradisional akan terasa kuat.

Pintu kayu ukir dapat memberikan tampilan tradisional namun tidak akan membuat hunian Anda kuno. Justru pintu kayu ukir dapat menambah kesan mewah dan berkelas.

Material pintu yang terbuat dari kayu jati membuatnya dapat tahan lama hingga puluhan tahun. Anda dapat memesan pintu kayu ukir secara custom ke pengrajin kayu.

● Ruangan Rumah yang Luas

Apabila Anda ingin mengubah interior rumah dengan gaya Jawa maka jangan terlalu banyak menaruh furniture berukuran besar. Serta tidak perlu menggunakan partisi yang membuat ruang rumah jadi terbagi-bagi. Karena rumah joglo identik dengan ruangan yang luas. 

Jadi sebaiknya Anda mendesain interior ruangan dengan gaya minimalis. Cukup tempatkan furniture yang fungsional. Anda bisa menggunakan mebel atau perabotan berbahan kayu untuk sentuhan etnik.

Membuat ruang terbuka dan luas juga merupakan bagian dari konsep bangunan modern. Tujuannya agar penghuni rumah bisa merasa nyaman dan tenang. Serta agar sirkulasi udara di dalam rumah berjalan dengan baik.

Berkaitan dengan sirkulasi udara, masyarakat tradisional Jawa juga memiliki kebiasaan  membuka pintu dan jendela rumah joglo. Untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dan udara mengalir ke luar dan ke dalam ruangan dengan lancar

● Pilihan Warna dan Pencahayaan

Warna yang digunakan untuk rumah bergaya Jawa modern adalah warna-warna yang natural dan kalem seperti coklat dan putih. Warna pastel yang lembut juga bisa dipadankan dengan desain rumah jawa.

Kemudian pada pencahayaannya Anda bisa menggunakan lampu berwarna kuning untuk memberi nuansa hangat. Pada bagian depan rumah Anda bisa memasang lampu di lantai untuk menyoroti fasad rumah atau pintu kayu ukir. Untuk menampilkan kesan mewah dari rumah Anda saat malam hari.

● Pertahankan Desain Minimalis

Kunci untuk membuat rumah bergaya etnik tetap terasa modern adalah pertahankan desain yang minimalis. Less is more. Terlalu banyak ornamen, dekorasi, furniture, dan perabotan bukan bagian dari konsep modern.

Selain itu, gaya desain modern erat dengan prinsip fungsional. Baik dari desain dan bentuk bangunan, maupun interior di dalam rumah. Pastikan setiap sudut rumah dan furnitur yang ditempatkan memiliki fungsi dan maksud tersendiri.

Anda juga dapat mengekspos material sehingga terlihat lebih natural dan apa adanya.  Seperti tembok yang hanya dilapisi semen tanpa dicat. Menampilkan batu bata merah pada dinding rumah dan elemen kayu pada bangunan yang tidak dipoles.

Ide desain rumah Jawa modern ini bisa diterapkan semua atau hanya sebagian. Anda bisa menonjolkan nuansa etnik Jawa pada atap saja atau hanya pada penggunaan pintu kayu ukir di depan rumah

Anda juga bisa menghadirkan kesan budaya Jawa pada interior rumah dan teras depan, sedangkan bangunan dibuat lebih ke arah modern. Semuanya bisa dilakukan, tergantung preferensi Anda sebagai pemilik rumah.

Mengubah tampilan eksterior dan interior rumah pastinya membutuhkan dana yang cukup besar. Apalagi jika Anda memesan furniture secara custom.

Anda bisa mengajukan pinjaman uang di bank untuk biaya renovasi rumah. Ajukan pinjaman di bank terpercaya yang menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan dan bunga yang rendah.

Furnitur Bergaya Etnik Jawa dan Modern

Selain mengubah tampilan eksterior dan interior rumah, furniture juga memainkan peran penting untuk mengubah nuansa rumah. Anda dapat menambahkan furnitur tradisional untuk membuat nuansa etnik semakin terasa. Atau menempatkan furnitur modern pada rumah yang sudah bergaya tradisional, untuk memberikan kesan segar pada hunian.

Memilih furniture untuk rumah bergaya etnik jawa modern tidak boleh sembarangan. Anda harus menyesuaikan dengan desain bangunan yang dibuat. Pilih furniture yang minimalis dan utamakan sisi fungsionalitas dari perabotan rumah.

Berikut ini jenis-jenis furniture yang bisa Anda gunakan untuk mengubah rumah jadi bergaya etnik Jawa, namun tetap terasa modern:

● Meja dan Kursi Kayu

Gunakan meja dan kursi berbahan kayu. Anda juga bisa menggunakan kursi dari bahan rotan dengan tambahan bantalan atau material fabric. Meja dan kursi yang terbuat dari kayu bisa menambahkan kesan tradisional. Namun tetap pilih yang desainnya minimalis, tidak perlu terlalu rumit.

Meja dan kayu yang terlalu penuh ukiran, dengan tambahan warna  yang terlalu mencolok, akan menabrak konsep desain modern pada rumah Anda. Meja dan kursi kayu ini bisa Anda tempatkan di ruang tengah, ruang tamu, di teras depan, ataupun balkon untuk rumah 2 lantai.  

● Pintu Gebyok

Cara memberi kesan budaya Jawa yang kental adalah dengan memasang pintu gebyok di bagian depan rumah. Pintu gebyok adalah penyekat bisa juga disebut dinding kayu yang biasa ditemukan di rumah adat Jawa. Pintu gebyok memiliki ornamen ukiran yang beragam di bagian pinggir pintu.

Pintu kayu yang diukir ini akan menjadi sorotan utama rumah Anda. Selain menampilkan desain tradisional, pintu gebyok juga memberikan kesan mewah.

Supaya terlihat lebih megah Anda bisa memasang lampu lantai yang redup dekat pintu. Pada malam hari, pintu gebyok akan terlihat cantik dan menjadi pemanis rumah Anda.

Anda juga dapat menempatkan pintu gebyok di dalam rumah sesuai fungsi awal gebyok yaitu sebagai pemisah ruangan. Furniture seperti meja dan kursi untuk tamu bisa diletakkan di bagian tengah ruangan, tepat di depan gebyok. Atau Anda letakkan  meja dan kursi kecil masing-masing di sisi kanan dan kiri gebyok.

● Lampu Gantung

Pemilihan desain lampu gantung juga perlu dipertimbangkan. Karena fungsi lampu gantung tidak hanya untuk penerangan tapi juga dipakai sebagai hiasan yang dapat mempercantik ruangan. Setiap gaya interior menggunakan model lampu gantung yang berbeda. Anda harus menyesuaikannya dengan tema desain ruangan.

Untuk rumah bergaya jawa modern Anda bisa menggunakan lampu gantung tradisional yang memiliki banyak ukiran. Bisa juga menggunakan lampu gantung berbahan rotan. Sedangkan untuk pencahayaanya, lebih baik gunakan warna kuning untuk memberi nuansa hangat.

Tempatkan lampu gantung pada lokasi yang strategis. Anda bisa memasangnya di ruang tengah atau di teras rumah dengan meja dan kursi tamu di bawahnya. Pastikan ketinggiannya cukup tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

● Barang Antik

Anda dapat menambahkan barang antik untuk menjadi hiasan di dalam rumah. Atau menggunakan furnitur lawas yang direstorasi kembali. Kesan tradisionalnya akan sangat terasa dan cocok ditempatkan dalam bangungan dengan desain modern.

Anda dapat menggunakan kembali furnitur lama milik orang tua atau membelinya di pasar antik. Kemudian perabotan tersebut diperbaiki dan dicat ulang. Jenis-jenis furniture lawas yang bisa digunakan lagi misalnya laci, meja, kursi, lemari, dipan, dan lain sebagainya.

Ubah Rumah Jadi Bergaya Jawa Modern dengan Pinjaman

Merenovasi rumah dengan gaya desain yang baru bisa membuat Anda semakin nyaman berada di rumah. Karena nuansa rumah jadi terasa berbeda dan lebih segar. Namun merenovasi rumah baik eksterior maupun interior menghabiskan dana yang cukup besar. Anda dapat mengajukan pinjaman di DBS KTA untuk mulai merenovasi.

DBS KTA menawarkan pinjaman dengan segudang keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulannya:

  • Dana pinjaman cair hingga Rp300 juta
  • Atur tenor cicilan sampai 36 bulan
  • Bunga rendah dan flat mulai dari 0,88% per bulan
  • Tidak perlu menyiapkan dokumen fisik
  • Approval dalam 3-5 hari kerja

Hal yang perlu Anda siapkan adalah e-KTP dan NPWP  untuk persyaratan pengajuan pinjaman. Pastikan juga Anda saat ini berdomisili di Jabodetabek, memiliki penghasilan Rp5 juta per bulan. Serta mempunyai limit kredit di bank lain dengan minimal Rp10 juta.

Ajukan pinjaman bunga rendah untuk renovasi rumah Anda sekarang. Tahapan pengajuan pinjaman dan informasi selengkapnya bisa Anda cek di https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Rencana renovasi rumah jadi bergaya Jawa dan modern jadi lebih mudah dengan adanya pinjaman dari DBS KTA.

 

Apply DBS KTA