Reksadana Pasar Uang
07 Oct 2022

Inilah Cara Investasi Reksadana Pasar Uang Paling Aman

Reksadana menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang dianggap menguntungkan saat ini. Ada beberapa jenis Reksadana yang bisa Anda jadikan pilihan investasi dan salah satunya adalah Reksadana Pasar Uang atau Reksadana Pasar Uang. Tipe Reksadana satu ini menggunakan aset pasar uang.

Konsep Reksadana sendiri merupakan investasi dimana dana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman. Khusus untuk Reksadana jenis pasar uang ini, dana akan diinvestasikan ke aset pasar uang. Mulai dari Deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), serta Obligasi. Mari simak lebih jauh apa saja keuntungan dari investasi di instrumen ini dan bagaimana strateginya. 

Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang

Tentu saja setiap bentuk instrumen investasi memiliki keuntungan masing-masing. Ini menjadi hal yang memang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum investor menyetorkan uangnya ke instrumen investasi tertentu. Berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh instrumen investasi Reksadana di bidang pasar uang:

  • Risiko Relatif Lebih Rendah

Instrumen Reksadana memang dikenal dengan risikonya yang relatif lebih rendah. Dari semua jenis Reksadana, pasar uang ini merupakan pilihan yang paling rendah risikonya. Meskipun memang masih ada risiko gagal bayar namun relatif jauh lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh Manajer Investasi mengalokasikan dana investasi pada Deposito dan surat utang yang jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Inilah yang membuat Reksadana Pasar Uang banyak dijadikan pilihan untuk investasi jangka pendek. Cocok pula bagi investor yang lebih suka menerapkan konsep investasi konservatif. Apalagi ada dukungan dari Manajer Investasi yang akan mengoptimalkan profit tanpa perlu keahlian khusus dari investornya.

  • Likuiditas Tinggi

Keuntungan berikutnya dari investasi Reksadana Pasar Uang adalah punya likuiditas yang tinggi. Reksadana ini bisa dicairkan kapan saja saat dana memang sedang dibutuhkan. Tidak ada batasan jatuh tempo untuk pencairan dana seperti yang diberlakukan pada Deposito. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para investor apalagi yang memang butuh aset dengan likuiditas tinggi.

Reksadana Pasar Uang ini memang diletakkan di beberapa jenis aset pasar uang dan salah satunya adalah Deposito. Namun jauh berbeda dari investasi dalam bentuk Deposito secara langsung. Reksadana Pasar Uang tidak akan memberlakukan biaya denda saat investor mencairkan dana sewaktu-waktu.

  • Tidak Ada Pajak

Penting untuk diketahui bahwa Reksadana ini tidak memberlakukan pajak apapun. Jika Anda sudah paham tentang apa itu Reksadana Pasar Uang maka bisa dipahami dengan jelas bahwa ini merupakan instrumen investasi yang tidak dianggap sebagai objek pajak. Jadi ini sangat menguntungkan bagi investor karena aset yang dimiliki tidak akan dipotong atau dikurangi untuk pembayaran pajak.

Lain halnya dengan bunga Deposito yang masih dikenai pajak. Secara logika, jika profit investasi dikenai pajak maka jumlah total yang akan diterima oleh investor jadi semakin kecil. Hal ini tentu akan merugikan investor karena hasil investasi yang diterima tidak optimal.

  • Profit Relatif Lebih Besar dari Deposito

Kembali dibandingkan dengan Deposito, imbal hasil yang diberikan dari Reksadana Pasar Uang ini relatif lebih besar. Profit yang ditawarkan lebih tinggi karena Manajer Investasi yang membuka Deposito di bank akan memperoleh bunga lebih besar dibandingkan nasabah individu yang melakukannya. Hal ini disebabkan oleh jumlah dana yang diDepositokan juga jauh lebih besar.

Jelas bahwa Reksadana Pasar Uang akan memberi profit relatif lebih besar karena sumbernya bukan hanya dari Deposito melainkan dari aset pasar uang lainnya seperti surat utang. Manajer Investasi akan menginvestasikan aset investor dalam bentuk surat utang dengan tenor kurang dari 1 tahun. Imbal hasilnya relatif lebih tinggi daripada bunga yang ditawarkan Deposito bank.

  • Jangka Waktu Investasinya Fleksibel

Keuntungan lain yang ditawarkan dari instrumen investasi ini adalah jangka waktunya sangat fleksibel. Anda bebas berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang. Hanya saja Reksadana Pasar Uang ini memang direkomendasikan dan jauh lebih cocok untuk investasi jangka pendek. Jauh lebih menguntungkan dan bisa ditarik kapan saja sesuai keinginan.

Meskipun memang tidak sedikit yang menjadikan Reksadana Pasar Uang sebagai investasi jangka panjang. Singkatnya, semakin panjang durasi waktu investasi maka akan semakin besar juga prospek profit yang diperoleh. Tinggal disesuaikan saja tujuan investasinya, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Cara Aman Investasi Reksadana Pasar Uang

Semakin tertarik dengan instrumen investasi yang satu ini? Reksadana Pasar Uang memang jadi pilihan instrumen tepat untuk investasi di zaman sekarang. Demi mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko investasi, pastikan untuk selalu berhati-hati. Berikut ini beberapa cara aman investasi Reksadana Pasar Uang yang bisa Anda terapkan:

  • Pahami Tujuan Investasi

Pertama-tama, Anda harus paham dulu apa sebenarnya tujuan dari investasi yang dilakukan ini. Tujuan investasi akan berpengaruh pada langkah dan strategi yang akan diambil ke depannya. Jika Anda tidak punya tujuan yang jelas maka arah investasi ini juga pasti tidak akan mudah untuk diidentifikasi.

Tujuan investasi juga akan menentukan durasi investasi yang akan dilakukan. Jika Anda paham betul apa tujuannya maka akan lebih mudah menentukan apakah ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau panjang. Tentu ini sangat dipengaruhi oleh berapa besar profit yang ingin diperoleh agar tujuan investasi bisa tercapai.

Setiap bentuk investasi sebaiknya memang punya tujuan yang spesifik. Ini membantu Anda untuk lebih mudah mengelola setiap aset atau instrumen investasi yang dimiliki. Selain itu, hasil profit yang didapatkan juga bisa langsung dialokasikan sesuai tujuan sehingga rencana finansial Anda akan lebih jelas tertata dengan rapi.

  • Kenali Profil Risiko

Berikutnya pastikan Anda mengenali profil risiko dengan sebaik mungkin. Sebelum melakukan investasi, pastikan untuk mengenali profil risiko masing-masing. Ini sangat penting karena bagaimanapun juga setiap instrumen investasi punya risiko yang berbeda-beda. Harus disesuaikan risikonya dengan kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing investor.

Banyak sekali investor yang pada akhirnya tidak bisa mendapatkan profit sesuai harapan. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena tidak memperhatikan profil risiko sebelum memilih instrumen dan menerapkan strategi investasi. Biasanya mereka yang tidak paham profil risiko juga akan lebih mudah untuk ikut-ikut langkah investasi orang lain.

Prinsip seperti ini tentu salah jika diterapkan dalam dunia investasi. Strategi dan langkah investasi hanya bisa dilakukan sesuai pilihan investor itu sendiri. Jadi memang penting sekali untuk memahami profil risiko pribadi dan paham apa saja langkah investasi yang akan diambil.

  • Pilih Manajer Investasi yang Tepat

Berikutnya, pilihlah Manajer Investasi yang tepat. Ini juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam investasi Reksadana. Sudah diketahui bahwa Reksadana merupakan jenis investasi dimana dana investor akan dikelola oleh Manajer Investasi berpengalaman. Oleh sebab itu pastikan untuk memilih Manajer Investasi yang tepat dan memang sudah terbukti bisa diandalkan.

Pemilihan Manajer Investasi ini jelas bukan hal yang mudah. Anda harus lebih teliti lagi melihat profil dan track record dari masing-masing Manajer Investasi. Pastikan bahwa Manajer Investasi yang dipilih memang bisa mendukung Anda untuk mengoptimalkan kinerja aset yang diinvestasikan.

  • Setorkan Dana secara Rutin

Besar kecilnya profit yang didapatkan dari investasi Reksadana sangat dipengaruhi oleh konsistensi Anda dalam menyetorkan dana. Jadi, pastikan untuk konsisten menyetorkan uang secara rutin kepada Manajer Investasi. Ini merupakan salah satu prinsip sederhana dalam berinvestasi, sama halnya seperti prinsip menabung dimana Anda harus selalu konsisten.

Cobalah untuk menggunakan fitur pembelian Reksadana berkala. Ini merupakan fitur yang memungkinkan dana Anda ditarik secara otomatis untuk dialokasikan ke Reksadana setiap bulan. Jadi tidak perlu lagi menyetorkan uang secara manual. Cara ini sangat direkomendasikan karena dijamin akan membuat Anda lebih konsisten dan tidak akan melewatkan setoran Reksadana.

Apakah besar dana yang disetorkan harus sama? Tentu saja tidak. Anda bebas menentukan berapa besar dana yang akan digunakan untuk membeli Reksadana. Pastikan untuk membuat perhitungan sesuai dengan tujuan investasi yang sudah ditentukan tadi. Jumlah dana yang disetorkan secara konsisten ini harus bisa memenuhi tujuan investasi sesuai target waktu yang sudah ditentukan.

  • Lakukan Diversifikasi

Cara aman investasi Reksadana Pasar Uang berikutnya adalah melakukan diversifikasi. Tidak hanya untuk Reksadana Pasar Uang, ini juga menjadi salah satu cara aman investasi di instrumen apapun. Diversifikasi merupakan upaya untuk meletakkan uang yang dimiliki ke instrumen investasi yang berbeda-beda. Jadi selain Reksadana Pasar Uang, Anda bisa menyetorkan dana ke instrumen lain seperti Reksadana Saham, campuran, dan pendapatan tetap.

Mengapa diversifikasi ini sangat penting untuk dilakukan? Ingat, setiap jenis investasi punya risiko untung dan rugi. Ada masa dimana satu instrumen mengalami penurunan. Jika hal ini terjadi maka Anda punya aset lain untuk bergantung sehingga jumlah total kerugian bisa diminimalkan.

Diversifikasi juga akan membantu Anda mendapatkan profit yang jauh lebih besar. Mudah saja, semakin banyak sumber pemasukan maka akan semakin banyak juga uang yang Anda miliki bukan? Semakin banyak jenis investasi yang dilakukan maka akan semakin banyak juga sumber profit yang bisa diandalkan.

Investasi Reksadana Pasar Uang Mudah dan Aman Bersama DBS Treasures

Tidak perlu bingung jika ingin memiliki investasi di instrumen satu ini. Lakukan investasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures yang terbukti terpercaya dan bisa diandalkan. Sebagai perbankan prioritas, DBS Treasures akan mendukung Anda untuk mengelola dana sebaik mungkin dengan hasil profit yang optimal.

Di sini, Anda akan dihubungkan dengan mitra Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Berbagai jenis pilihan investasi akan dikelola Manajer Investasi profesional sehingga profitnya bisa lebih dioptimalkan. Anda juga akan mendapat dukungan dari tim ahli finansial yang siap memberikan wawasan luas terkait investasi Reksadana juga update tentang analisis pasar yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan aspirasi Anda.

Diversifikasi investasi melalui DBS Treasures akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Transaksi Reksadana juga jauh lebih mudah karena ada dukungan dari Aplikasi digibank by DBS. Aktivitas jual, beli, maupun switching Reksadana jauh lebih mudah setelah melakukan registrasi Single Investor Identification (SID). Anda juga bisa terhubung dengan banyak pilihan produk Reksadana baik dari Manajer Investasi maupun kategorinya.

Tunggu apa lagi? Informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses link berikut ini: https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-Reksadana-dan-saham.

Investasikan dana Anda sekarang juga di instrumen Reksadana Pasar Uang dengan yakin bersama DBS Treasures. Semakin dini memulai maka akan semakin besar peluang profit yang bisa diperoleh.