Reksadana Pasar Uang
24 May 2022

Apakah Reksadana Pasar Uang Aman untuk Investasi?

Investasi merupakan hal yang sangat penting terlebih di kondisi ekonomi sekarang ini. Investasi bisa menjadi salah satu cara agar harta yang Anda miliki tetap aman tak tergerus inflasi bahkan bisa Anda gunakan untuk tujuan finansial lain di masa depan, seperti biaya pendidikan anak, dana darurat, biaya pernikahan dan lain sebagainya. Jika Anda ingin berinvestasi, salah satu jenis yang sangat menarik untuk dipilih adalah Reksadana Pasar Uang.

Dengan melakukan investasi, dana Anda bukan hanya disimpan di tempat yang aman tapi bisa terus bertumbuh. Anda bisa menginvestasikan dana dengan tenang jika memilih yang instrumen investasi yang satu ini.

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya pelajari dan pahami terlebih dahulu apa itu Reksadana Pasar Uang dan kelebihannya. Pemahaman tentang investasi menjadi salah satu hal terpenting agar investasi yang dilakukan memberikan keuntungan yang maksimal.

Pengertian Investasi Reksadana Pasar Uang

Tanpa memahami apa itu investasi Reksadana Pasar Uang, tentu untuk menempatkan dana dengan jumlah yang cukup besar akan muncul keragu-raguan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mempelajari secara serius apa itu investasi Reksadana Pasar Uang.

Istilah investasi Reksadana Pasar Uang sudah sangat umum dan sering didengar oleh masyarakat. Investasi Reksadana Pasar Uang adalah sebuah mekanisme investasi pasar yang memungkinkan investor untuk melakukan investasi melalui lembaga sekuritas keuangan.

Di dalam investasi Reksadana Pasar Uang ini, Anda bisa menempatkan dana yang kemudian akan dikelola untuk investasi pada instrumen seperti Surat Berharga, Pasar Uang, Sertifikat Bank Indonesia, Deposito, dan lain sebagainya.

Investasi pada instrumen pasar uang ini sangat berbeda dengan investasi pasar modal, karena dalam investasi pasar modal nantinya akan terjadi transaksi antara investor dan emiten. Emiten merupakan badan yang membutuhkan modal sedangkan investor adalah penyedia dana yang nantinya akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan dana.

Sedangkan dalam investasi di instrumen pasar uang, nantinya akan terjadi transaksi antara peminjam dan pemilik dana. Jangka waktu untuk investasi Reksadana Pasar Uang juga cukup pendek mulai 1-3 tahun. Uang yang diinvestasikan akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi yang sudah berpengalaman.

Banyak orang atau investor yang lebih senang memilih investasi Reksadana Pasar Uang karena memang jangka waktu yang relatif pendek serta risiko yang tidak terlalu besar. Investasi ini sangat cocok untuk investor yang tidak ingin menghadapi risiko kerugian dalam berinvestasi.

Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang dan Seberapa Aman Bagi Anda?

Investasi Reksadana Pasar Uang, menjadi salah satu investasi yang banyak dipilih karena memiliki banyak keuntungan. Para investor yang memilih investasi ini akan mendapatkan keuntungan seperti:

  1. Return atau Imbal Hasil Stabil

    Dilansir dari website dbs.id, return atau imbal hasil dari investasi Reksadana Pasar Uang cenderung lebih stabil karena pergerakan nilai instrumen pasar uang yang tak fluktuatif atau berkisar 4,5% hingga 5,5% per tahun. Potensi keuntungan dari Reksadana Pasar Uang pun setara atau sedikit lebih tinggi dari bunga deposito dikarenakan imbal hasil yang akan Anda dapat tergantung dari banyaknya modal atau dana yang diinvestasikan.

    Kestabilan nilai instrumen pasar uang ini membuat investasi Reksadana Pasar Uang cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan nyaman tanpa harus memantau portofolio setiap waktu.

  1. Likuiditas Tinggi

    Investor juga bisa menikmati investasi yang nyaman dan menyenangkan karena investasi Reksadana Pasar Uang ini memiliki tingkat likuiditas tinggi. Anda tidak harus menunggu waktu terlalu lama karena bisa menanam modal dalam jangka waktu yang pendek. Dan jika sewaktu-waktu membutuhkan uang atau ingin mencairkan keuntungan, Anda bisa dengan mudah melakukannya.

  1. Fleksibel

    Keuntungan selanjutnya adalah Anda tidak harus keluar rumah apabila ingin melakukan investasi Reksadana Pasar Uang. Penanaman modal bisa dilakukan melalui aplikasi secara online.

    Di era digital seperti sekarang, Anda bisa mengelola dan melakukan investasi dengan sangat mudah secara digital dengan memanfaatkan internet dan smartphone.

  2. Investasi Reksadana Cocok dan Aman untuk Investor Konservatif

    Para investor banyak yang merasa diuntungkan dengan melakukan investasi Reksadana Pasar Uang. Jenis investasi ini rendah risiko sehingga cocok untuk Anda yang merupakan investor konservatif.

    Apa itu investor konservatif?

    Investor konservatif merupakan salah satu tipe investor yang cenderung menyukai investasi yang stabil dan aman. Investasi Reksadana ini sangat cocok untuk investor konservatif karena bisa mengurangi risiko pengurangan nilai dari modal pokok yang ditanam dalam investasi ini.

    Saat investasi di Reksadana Pasar Uang, selain risikonya yang rendah, Anda juga bisa menikmati potensi keuntungan yang terbilang stabil. Jadi, bisa diperhitungkan berapa jumlah keuntungan yang bisa didapatkan setelah menanamkan modal dalam jangka waktu tertentu.

    Meskipun setiap jenis instrumen investasi menawarkan kelebihannya masing-masing, bagi Anda yang termasuk investor konservatif akan sangat cocok jika memilih jenis investasi Reksadana Pasar Uang.

  3. Tidak Dikenai Pajak

    Keuntungan selanjutnya dari investasi Reksadana Pasar Uang adalah tidak akan terkena pajak. Hal ini karena Reksadana ini bukan objek pajak. Anda tetap bisa menikmati keuntungan secara utuh dengan memilih investasi ini.

Tips Memaksimalkan Keuntungan dari Investasi Reksadana Pasar Uang

Potensi keuntungan dari investasi Reksadana Pasar Uang memang menggiurkan. Meskipun demikian, tetap saja dibutuhkan tips dan trik agar Anda bisa memaksimalkan keuntungannya. Langsung saja ikuti beberapa tips memaksimalkan keuntungan investasi berikut ini:

  1. Investasi Pada Jangka Waktu Lebih Panjang

    Cara pertama yang penting dilakukan apabila ingin meningkatkan potensi keuntungan adalah memilih investasi dalam jangka waktu panjang. Setiap tahunnya, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan hingga 7%.

    Semakin lama jangka waktu penempatan dana pada Reksadana Pasar Uang terbaik tentu akan semakin banyak juga keuntungan yang didapatkan. Anda bisa memperhitungkan dengan mudah berapa jumlah keuntungan yang didapatkan setiap tahunnya karena investasi ini relatif stabil.

    Meskipun jumlah potensi keuntungan tidak terlalu besar karena di bawah 8%, akan tetapi dengan memilih investasi ini, Anda tidak terlalu khawatir dengan risiko kerugian yang mungkin saja terjadi.

    Asalkan Anda tidak buru-buru mencairkan uang, tentu saja keuntungan yang didapatkan akan semakin besar. Jika memang tidak terlalu membutuhkan dana darurat, Anda tetap bisa menempatkan uang untuk investasi ini.

    Memilih investasi Reksadana Pasar Uang sangat menarik karena sebenarnya Anda bisa memilih jangka waktu sesuai kebutuhan. Namun memang jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar Anda harus bersabar dan menunggu agar potential keuntungan yang didapatkan semakin berlipat.

  2. Rutin Berinvestasi

    Tips penting berikutnya adalah melakukan investasi Reksadana Pasar Uang secara rutin. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya untuk dimasukkan ke dalam Reksadana Pasar Uang.

    Dengan rutin berinvestasi setiap bulannya, hal ini juga bisa meminimalisir risiko fluktuasi nilai. Tanpa disadari, modal yang ditanamkan dalam jenis investasi ini akan semakin banyak dan potensi keuntungan yang didapatkan juga semakin besar.

    Ketika melakukan investasi ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang ada seperti auto debit. Banyak dari investor yang menggunakan strategi berinvestasi secara rutin ini sehingga tidak terlalu khawatir dengan Nilai Aktiva Bersih saat itu.

    Dengan memilih fitur auto debit, Anda bisa secara otomatis menginvestasikan penghasilan setiap bulannya untuk ditanamkan pada Reksadana Pasar Uang.

Tempat Investasi Reksadana Pasar Uang Tepat di DBS Treasures

Apabila Anda merasa bingung mengenai tempat yang tepat untuk melakukan investasi Reksadana Pasar Uang ini maka memilih perbankan prioritas DBS Treasures dari PT Bank DBS Indonesia ("DBS Treasures") adalah pilihan yang tepat. Banyak investor yang mempercayakan kebutuhan investasinya bersama dengan DBS Treasures.

DBS Treasures merupakan perbankan prioritas yang akan mendukung Anda agar yakin berinvestasi Reksadana dengan aman dan nyaman.

Keuntungan Berinvestasi di DBS Treasures

Dengan memilih DBS Treasures sebagai mitra investasi Anda, ada beberapa keuntungan menarik yang bisa didapatkan diantaranya:

  1. Dana Dikelola oleh Profesional

    Jika berinvestasi bersama dengan DBS Treasures, Anda dapat memilih produk dari Manajer Investasi yang profesional dalam pengelolaan dana. Anda tidak perlu merasa khawatir, karena dana akan benar-benar dikelola secara profesional sehingga bisa memberikan potensi keuntungan sesuai harapan.

  1. Terdapat Panduan Investasi

    Bersama dengan DBS Treasures, Anda akan mendapatkan insight panduan investasi yang sangat membantu dalam berinvestasi. Tim ahli finansial tersertifikasi dapat mengkomunikasikan informasi tentang analisa pasar yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Diversifikasi untuk Meminimalisir Risiko

    Untuk meminimalisir risiko, dana yang ditempatkan pada instrumen ini akan disebar ke beberapa instrumen investasi. Teknik ini disebut dengan diversifikasi yang artinya uang Anda akan disebar ke berbagai jenis instrumen sehingga tidak akan terkena imbas yang besar jika terjadi penurunan nilai.

    Anda bisa berinvestasi dengan mudah dengan DBS Treasures di Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi ini, Anda bisa langsung menganalisa, membeli dan bahkan menjual Reksadana tanpa harus pergi ke luar rumah.

    Anda juga bisa melakukan registrasi SID atau Single Investor Identification melalui aplikasi ini tanpa harus ganti platform. Berinvestasi bersama DBS Treasures, memberikan Anda banyak kemudahan dan keuntungan.

    Melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah untuk melakukan investasi atau mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara memilih Reksadana Pasar Uang terbaik untuk Anda. Hanya dibutuhkan waktu beberapa saat saja.

Melakukan investasi Reksadana Pasar Uang sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan tapi tidak ingin menghadapi risiko yang besar. Investasi ini sangat mudah dan bisa menjadi solusi bagi Anda yang termasuk sebagai salah satu investor konservatif.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai investasi Reksadana Pasar Uang yang akan membantu Anda untuk lebih paham dengan investasi ini. Jangan ragu untuk berinvestasi bersama dengan DBS Treasures karena akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional.

Mari Diskusi

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.