Reksadana Pasar Uang
06 Jul 2022

Apa Saja yang Mempengaruhi Nilai Reksadana Pasar Uang?

Banyak investor yang menggunakan Reksadana Pasar Uang sebagai pilihan investasi. Bagi Anda yang memiliki tujuan investasi untuk jangka waktu menengah juga sangat cocok menggunakan produk Reksadana yang berpotensi memberikan keuntungan ini.

Namun sebelum membahas tentang hal-hal yang mempengaruhi nilai atau harga Reksadana Pasar Uang terbaik, Anda perlu mengetahui pentingnya investasi Reksadana untuk masa depan.

Manfaat Investasi di Reksadana

Berikut ini beberapa manfaat penting investasi menggunakan Reksadana.

  • Meminimalisir Risiko Utang

    Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi menggunakan instrumen investasi Reksadana yaitu dapat meminimalisir risiko utang. Hal tersebut terjadi karena Anda bisa menggunakan keuntungan dari berinvestasi sebagai dana darurat. Jadi ketika Anda memerlukan uang untuk kebutuhan tertentu secara mendadak, Anda masih mempunyai simpanan dalam bentuk investasi yang bisa Anda cairkan kapan saja, dan tak perlu mencari dana pinjaman.

  • Dapat Membangun Masa Depan Sesuai Aspirasi

    Selanjutnya, Anda juga bisa mendapatkan manfaat investasi lainnya agar dapat membangun masa depan yang sesuai aspirasi. Anda bisa menggunakan keuntungan dari berinvestasi untuk dana pendidikan dan kesehatan sesuai dengan kebutuhan.

  • Menghindari Kebiasaan Gaya Hidup Konsumtif 

    Selain itu, Anda juga bisa menggunakan instrumen investasi untuk menghindari kebiasaan gaya hidup yang konsumtif. Gaya hidup konsumtif akan membuat Anda memiliki pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. Sedangkan jika Anda berinvestasi, mindset Anda bisa berubah dan lebih memilih untuk mengalokasikan uang dari penghasilan Anda untuk berinvestasi.

Keuntungan Investasi dengan Reksadana

Sebelum membahas tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi investasi Reksadana Pasar Uang, Anda juga perlu mengetahui apa saja keuntungan investasi Reksadana. Beberapa keuntungan tersebut dimulai dari kemudahan dalam berinvestasi sampai dengan sistem diversifikasi menggunakan Reksadana.

  • Praktis

    Keuntungan pertama dengan menggunakan investasi Reksadana Pasar Uang yaitu tergolong sebagai instrumen investasi yang praktis. Reksadana tergolong praktis karena Anda bisa melakukan transaksi jual beli kapan pun dan di mana pun. Bahkan, pencairan dana investasi Reksadana juga lebih mudah.

  • Mudah

    Keuntungan kedua dari investasi Reksadana yaitu tergolong sebagai instrumen investasi yang mudah. Kemudahan tersebut karena investasi ini tidak membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang mendalam.

    Reksadana akan dikelola oleh pihak Manajer Investasi yang profesional. Bahkan, investasi ini juga terkenal sebagai investasi yang aman karena memiliki lisensi serta terdaftar dan di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

  • Modal Fleksibel

    Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Reksadana karena tergolong sebagai instrumen investasi dengan modal fleksibel.  Anda bisa bebas menentukan berapa modal yang akan disisihkan untuk memiliki unit Reksadana yang berpotensi menguntungkan.

  • Bebas Pajak

    Kemudian, Anda juga bisa menggunakan Reksadana karena tergolong sebagai instrumen investasi yang bebas pajak. Sehingga keuntungan dan imbal hasil yang Anda dapatkan tidak perlu dipotong biaya pajak lagi.

  • Diversifikasi Aset

    Terakhir, Anda bisa menggunakan instrumen investasi Reksadana untuk meminimalisir risiko kerugian karena dapat menerapkan sistem diversifikasi. Hal tersebut karena portofolio investasi suatu produk Reksadana terbagi langsung dalam sejumlah aset berbeda.

Hal-hal yang Memengaruhi Harga Reksadana Pasar Uang

Setelah mengetahui beberapa keuntungan dari investasi Reksadana, Anda juga perlu mengetahui apa saja hal yang mempengaruhi harga Reksadana Pasar Uang. Simak ulasan berikut ini secara lengkap mengenai hal-hal yang dapat mempengaruhi harga Reksadana.

  1. Cash Flow

    Faktor pertama yang dapat mempengaruhi Reksadana yaitu Cash Flow. Hal tersebut terjadi karena naik turunnya kinerja Reksadana dipengaruhi oleh minat investor. Jika minat investor terhadap suatu unit Reksadana sangat tinggi, maka Manajer Investasi akan mengelola unit tersebut secara agresif.

    Begitu juga sebaliknya, jika sebuah Reksadana memiliki sedikit peminat dari investor. Maka pengelolaan dana investasi Reksadana tersebut menjadi terbatas dan Manajer Investasi tidak agresif.

  2. Pembayaran Bunga/Kupon

    Pembayaran bunga/kupon juga salah satu yang mempengaruhi naik turunnya harga Reksadana Pasar Uang. Pasalnya, Reksadana Pasar Uang adalah menempatkan dana untuk investasi pada instrumen utang jangka pendek, atau Obligasi yang memiliki jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

    Hasil dari pembayaran bunga yang dilakukan oleh Obligasi dan Deposito merupakan hal positif sebab dapat memberikan peningkatan harga Reksadana Pasar Uang.

  3. Tingkat Suku Bunga

    Kemudian, hal yang dapat mempengaruhi harga Reksadana Pasar Uang yaitu tingkat suku bunga. Hal tersebut terjadi karena kenaikan suku bunga bank juga mempengaruhi Deposito dan pasar uang.

    Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan naik turunnya Reksadana saham. Jika suku bunga bank mengalami penurunan, harga saham cenderung mengalami kenaikan.

  4. Biaya dan Keahlian Manajer Investasi

    Hal lain yang juga mempengaruhi harga Reksadana Pasar Uang yaitu biaya dan keahlian Manajer Investasi. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menggunakan jasa dan layanan oleh Manajer Investasi digunakan untuk biaya pelayanan Manajer Investasi, biaya marketing, biaya back office, dan lain sebagainya.

    Selain itu, keahlian dan kepiawaian Manajer Investasi juga bisa mempengaruhi kesuksesan investasi Reksadana. Hal tersebut terjadi karena keahlian Manajer Investasi dalam memilih efek yang menguntungkan sebagai bagian dari portofolio investasi akan menentukan kesuksesan dalam investasi Reksadana.

    Tidak hanya itu, keahlian Manajer Investasi juga dibutuhkan untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi. Seperti halnya menentukan waktu yang tepat untuk melakukan penjualan ataupun pembelian efek yang memiliki potensi keuntungan.

  5. Kinerja Sektor Terkait

    Terakhir, Anda juga perlu mengetahui bahwa kinerja sektor terkait dapat mempengaruhi harga Reksadana. Jika Anda memilih sektor minyak dan gas bumi sebagai sektor investasi Reksadana, maka naik turunnya harga Reksadana akan dipengaruhi oleh naik turunnya harga minyak dan gas bumi.

Strategi Agar Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang Maksimal

Ada beberapa strategi yang bisa Anda gunakan agar keuntungan investasi Reksadana Pasar Uang bisa maksimal. Berikut ini 3 strategi tepat saat menjalankan investasi Reksadana Pasar Uang terbaik.

  1. Strategi Market Timing

    Strategi pertama yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan yaitu dengan menerapkan strategi market timing. Penggunaan strategi ini akan membuat investor memiliki acuan dalam melakukan transaksi jual beli Reksadana.

    Seperti halnya membeli aset investasi saat harga aset tersebut mengalami penurunan. Begitu pun sebaliknya, investor akan melakukan transaksi penjualan saat harga aset mengalami kenaikan.

  2. Strategi Buy and Hold

    Selanjutnya, Anda juga bisa menerapkan strategi buy and hold. Strategi ini merupakan strategi yang paling mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan cara membeli sejumlah aset investasi kemudian menahannya dalam jangka waktu tertentu hingga mencapai keuntungan yang diinginkan.

  3. Strategi Dollar Cost Averaging (DCA)

    Terakhir, Anda juga bisa menerapkan strategi dollar cost averaging. Anda bisa menerapkan strategi ini dengan cara membeli aset investasi secara berkala dan rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun, Anda juga perlu mengimbangi transaksi pembelian yaitu dengan membeli aset dalam jumlah banyak saat harga aset menurun.

Kelebihan Investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

Setelah mengetahui strategi investasi Reksadana Pasar Uang yang baik dan benar, Anda juga perlu mengetahui kelebihan berinvestasi Reksadana di DBS Treasures. Berikut ini 4 kelebihan investasi Reksadana di perbankan prioritas DBS Treasures.

  1. Investasi Dikelola oleh Profesional

    Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi Reksadana di DBS Treasures yaitu karena dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. DBS Treasures bermitra dengan Manajer Investasi yang telah berpengalaman untuk mengoptimalkan kinerja produk.

  2. Bisa Mendapatkan Wawasan dalam Berinvestasi

    Kelebihan lainnya dalam berinvestasi Reksadana di DBS Treasures yaitu bisa mendapatkan wawasan dalam berinvestasi dari tim ahli finansial. Tim ahli finansial di DBS Treasures merupakan pihak yang andal dan proaktif dalam mengkomunikasikan informasi terkait analisa pasar serta peluang investasi terkini yang telah disesuaikan dengan Anda, sehingga dapat yakin mengambil keputusan.

  3. Bisa Menerapkan Sistem Diversifikasi

    Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sistem diversifikasi untuk meminimalisir risiko dari investasi Reksadana. Diversifikasi merupakan penyebaran dana atau modal yang dimiliki pada berbagai jenis aset investasi yang tersedia.

  4. Dapat Memproses Transaksi Investasi dengan Mudah

    Terakhir, Anda juga bisa dengan mudah melakukan proses transaksi jual beli investasi Reksadana pada Aplikasi digibank by DBS. Selain lebih mudah melakukan transaksi jual beli, Anda juga bisa melakukan switching.

    Kemudahan melakukan analisa Reksadana yang telah didukung oleh data Infovesta sebelum melakukan transaksi bahkan bisa dilakukan di satu aplikasi. Bagi investor baru juga bisa membuat dan melakukan registrasi Single Investor Identification (SID) di Aplikasi digibank by DBS.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi pada ulasan di atas yang bisa Anda gunakan untuk menghindari risiko dari investasi Reksadana? Demikian ulasan singkat mengenai hal-hal yang mempengaruhi harga Reksadana Pasar Uang, semoga bermanfaat.

Mari Diskusi

Hubungi kami Relationship Manager kami akan menghubungi Anda.

Lokasi Kami Kunjungi cabang terdekat kami di kota Anda.