TK
31 Aug 2024

8 Tips Memilih TK yang Terbaik untuk Anak

8 Tips Memilih TK yang Terbaik untuk Anak

Tips Memilih TK dengan Memanfaatkan Reksadana Pendapatan Tetap

 

Memilih pendidikan untuk anak tak bisa dilakukan secara sembarangan. Begitu pula dengan pendidikan dasar seperti TK, karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak nantinya. Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua perlu bijak dalam memilih TK dengan memanfaatkan hasil Reksadana Pendapatan Tetap.

Jika Anda masih bingung cara untuk memilih TK yang terbaik untuk anak, tips dalam ulasan di bawah ini bisa menjadi panduan.

 

Tips Memilih TK dengan Memanfaatkan Reksadana Pendapatan Tetap

Ada banyak tips yang bisa diperhatikan untuk memilih TK yang terbaik untuk anak. Berikut beberapa yang dapat diperhatikan.

●      Perhatikan Kurikulum

Ada banyak kurikulum yang digunakan oleh TK saat ini. Penggunaan kurikulum tersebut perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi proses pembelajaran di kelas dan ilmu apa yang diterima oleh anak.

Pemilihan kurikulum ini juga perlu disesuaikan dengan karakter anak. Jadi, anak bisa belajar dengan nyaman dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan pendapat pasangan terkait pemilihan kurikulum ini.

Salah satu kurikulum yang bisa Anda pertimbangkan adalah kurikulum internasional. Kurikulum seperti ini dapat ditemukan di beragam sekolah internasional. Dengan kurikulum ini, anak bisa belajar dan mendapatkan ilmu layaknya siswa-siswa sekolah unggulan di luar negeri.

●      Perhatikan Kualitas

Hal lain yang patut diperhatikan adalah kualitas dari sekolah itu sendiri. Sebagus apapun kurikulum yang diterapkan, hal tersebut akan sia-sia jika kualitas sekolahnya kurang baik.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kualitas sekolah tersebut. Cara pertama adalah dengan bertanya kepada orang terdekat yang sedang atau pernah menyekolahkan anaknya di sana. Anda juga bisa melihat ulasan di internet.

Selain itu, banyak sekolah yang mengadakan open house. Di kegiatan ini, orang tua calon siswa bisa masuk ke sekolah dan melihat proses pembelajaran di sana secara langsung. Kegiatan ini bisa Anda ikuti untuk mengetahui kualitas TK sebelum memilihnya.

Baca juga: 8 Peralatan untuk Kuliah Online yang Perlu Dimiliki

●      Pertimbangkan Jarak Rumah ke TK

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jarak rumah ke TK. Bila jarak rumah terlalu jauh, maka anak perlu waktu lebih pagi lagi untuk bersiap sekolah. Selain itu, anak juga harus melewati perjalanan yang panjang dulu setelah pulang sekolah. Terlebih lagi jika jalanan macet.

Oleh sebab itu, pilihlah sekolah yang cukup dekat dengan rumah sehingga anak membutuhkan waktu lebih sedikit untuk pergi dan pulang ke sekolah. Efeknya, anak akan mempunyai lebih banyak waktu di luar sekolah.

Bila anak mempunyai lebih banyak waktu, beragam hal bermanfaat lainnya bisa dilakukan. Misalnya adalah istirahat, bermain, atau mengikuti kursus yang baik untuk tumbuh kembangnya.

●      Pertimbangkan Lingkungannya

Lingkungan adalah aspek lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih TK terbaik untuk anak dengan memanfaatkan hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap. Hal ini disebabkan lingkunganlah yang akan membentuk moral dan aspek sosial anak.

Lingkungan pertama yang perlu dipertimbangkan adalah guru dan karyawan. Anda bisa memperhatikan bagaimana para guru dan karyawan bertutur kata pada siswa. Bila perlu, perhatikan juga bagaimana mereka bereaksi atau mengatasi masalah yang berkaitan dengan siswa.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana siswa bergaul di sana beserta tutur katanya. Pastikan pergaulan di sana cukup sehat sehingga anak bisa nyaman untuk belajar dan bersosialisasi.

●      Pastikan Fasilitasnya

Fasilitas merupakan aspek penting dalam mendukung proses pembelajaran. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin besar pula peluang proses pembelajaran

Oleh sebab itu, pastikan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh TK sebelum Anda memilihnya. Perhatikan juga apakah fasilitas-fasilitas tersebut aman bagi anak atau tidak. Terlebih lagi, jika Anda mempunyai anak yang aktif dan mudah penasaran dengan barang baru.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan apakah fasilitas di sana terawat atau tidak. Lengkapnya fasilitas tak akan bermakna bila dalam keadaan rusak dan tidak bisa digunakan.

●      Pastikan Kegiatan Ekstrakurikulernya

Saat ini, ada banyak TK yang mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya untuk mengembangkan minat dan bakat siswa sesuai usianya. Dengan demikian, minat dan bakat siswa menjadi tak sia-sia.

Maka dari itu, Anda bisa memastikan ekstrakurikuler apa yang dimiliki sekolah tersebut. Lalu, pertimbangkan apakah ada yang sesuai dengan minat bakat anak Anda atau tidak. Tentu Anda perlu mendiskusikannya lagi dengan anak terkait ekstrakurikuler ini.

Selain itu, perhatikan juga bagaimana jadwal ekstrakurikuler tersebut, kegiatan yang dilakukan, hingga pelatihnya. Hal-hal seperti ini sama pentingnya dengan proses pembelajaran di kelas agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan semestinya.

●      Pastikan Jam Sekolahnya

Jam sekolah juga perlu dipastikan. Hal ini berkaitan dengan kapan anak harus bangun untuk bersiap sekolah, lamanya proses pembelajaran, hingga waktu pulang. Dengan demikian, dapat ditentukan apakah sekolah tersebut cocok dengan kebutuhan Anda dan anak atau tidak.

Bila Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak, maka pilih jam sekolah yang singkat. Namun, bila ingin mencari sekolah yang bisa menjaga anak hingga Anda pulang kantor, ada full day school yang bisa dipertimbangkan. Jika memilih sekolah seperti ini, perhatikan kegiatannya agar anak tidak kelelahan.

●      Ketahui Biayanya

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah biayanya. Biaya ini mencakup banyak aspek, seperti SPP, seragam, hingga kegiatan ekstrakurikuler. Anda bisa meminta rinciannya terlebih dahulu sebelum mendaftarkan anak agar bisa merencanakan biaya sekolah dengan lebih baik.

Untuk mendukung Anda dalam pembiayaan sekolah anak, Reksadana Pendapatan Tetap bisa dimanfaatkan. Nantinya, hasil dari investasi tersebut dapat digunakan untuk sekolah anak dan biaya lain yang berkaitan. Dengan demikian, Anda tak perlu repot-repot lagi untuk mengalokasikan dana sekolah.

Dari ulasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih TK. Salah satunya adalah biaya. Hal ini bisa didukung oleh salah satu jenis Reksadana, yaitu Pendapatan Tetap.

Perbankan prioritas DBS Treasures bisa menjadi mitra yang tepat untuk berinvestasi instrumen ini. Dengan DBS Treasures, Anda akan memperoleh pengetahuan tentang analisis pasar dan peluang terbaru. Selain itu, dana akan dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka. Risikonya pun akan dikurangi dengan diversifikasi.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda bisa memakai Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi, seperti jual, beli, switching, dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Berbagai kelebihan ini hanya Anda dapatkan bila berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap dengan DBS Treasures. Tertarik? Klik di sini untuk info selengkapnya.

Baca juga:

7 Rekomendasi Tempat Photoshoot Keluarga di Korea Selatan

Perbedaan Investasi Sukuk Negara Ritel dengan Sukuk Tabungan

Penting! Hindari Kesalahan Ini saat Investasi Reksadana

 

 

 

Hubungi Kami Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.

Investasi Sekarang Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS