Membangun Perpustakaan
30 Jul 2024

7 Kiat Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah

7 Kiat Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah

Kiat Membangun Perpustakaan Pribadi dengan Memanfaatkan Hasil Reksadana Pendapatan Tetap

 

Memiliki perpustakaan pribadi di rumah dengan memanfaatkan hasil Reksadana Pendapatan Tetap dapat membawa berbagai manfaat bagi anggota keluarga. Salah satunya adalah dapat meningkatkan minat baca. Namun, perpustakaan harus dibangun secara tepat agar semakin nyaman.

Lantas, bagaimana kiat membangun perpustakaan pribadi agar nyaman dan tak kalah dengan perpustakaan umum? Simak ulasannya berikut ini!

 

Kiat Membangun Perpustakaan Pribadi dengan Memanfaatkan Hasil Reksadana Pendapatan Tetap

Ada beragam kiat yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membangun perpustakaan pribadi, berikut uraiannya.

●      Menentukan Tujuan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat ingin membangun perpustakaan pribadi adalah tujuannya. Misalnya, apakah Anda ingin membangun perpustakaan yang ramah anak atau berisi koleksi buku jenis tertentu. Selain itu, pastikan juga apakah ruang perpustakaan ini hanya untuk bersantai atau sekaligus ruang belajar.

Hal-hal ini akan memengaruhi langkah-langkah yang diperlukan untuk membangun perpustakaan. Sebagai contoh, tentu desain perpustakaan anak akan berbeda dengan perpustakaan berisi koleksi buku orang dewasa saja. Tata letak dan pemilihan perabotannya pun juga berbeda.

Selain itu, tujuan perpustakaan ini juga akan memengaruhi hal-hal apa yang dapat dilakukan di dalamnya. Dengan demikian, fungsi dari perpustakaan tersebut akan semakin maksimal.

●      Memilih atau Membangun Ruangan

Setelah menentukan tujuan, Anda bisa mulai memilih ruangan mana yang cocok sebagai perpustakaan pribadi. Sesuaikan pemilihan ruangan ini dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika tidak ada ruangan yang cocok, Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun ruangan baru dengan memanfaatkan hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap. Rancang dan tentukan ukuran ruangan baru tersebut agar dapat mengakomodir kebutuhan dan keinginan Anda terhadap perpustakaan ini.

Lalu, jangan lupa untuk mendesain ruangan. Pertimbangkan untuk memilih warna netral dan menenangkan seperti putih dan cokelat kayu. Namun, bila perpustakaan ini untuk anak-anak, pilihlah warna ceria dan lembut.

●      Mencari Rak yang Tepat

Setiap perpustakaan pasti mempunyai rak untuk menyimpan buku-bukunya agar tertata rapi dan bisa diambil dengan mudah. Anda pun perlu menyiapkan rak yang tepat untuk perpustakaan pribadi di rumah.

Pertimbangkan untuk memilih rak dari bahan yang kuat seperti kayu jati. Dengan demikian, rak buku Anda tidak mudah lapuk dan bisa tahan lama. Pilihlah dari merek ternama yang kualitasnya sudah terjamin. Bila tidak ada yang cocok, Anda bisa memesan rak custom dari pengrajin profesional.

Jangan lupa perhatikan tinggi dari rak tersebut. Usahakan tingginya bisa dijangkau oleh anggota keluarga di rumah. Bila Anda harus memiliki rak tinggi yang bagian atasnya sulit dijangkau, sediakan alat untuk dinaiki anggota keluarga agar bisa mengambil buku dengan aman.

Baca juga: 8 Langkah Merintis Bisnis Nail Salon

●      Mencari Perabotan yang Nyaman

Tentunya, Anda perlu melengkapi perpustakaan pribadi dengan perabot lain bersama hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap. Misalnya adalah tempat duduk dan meja.

Carilah tempat duduk yang sesuai dengan tujuan perpustakaan Anda. Bila Anda ingin perpustakaan untuk ruangan bersantai, carilah sofa yang nyaman. Namun, bila Anda ingin perpustakaan sekaligus ruang belajar yang dilengkapi komputer, Anda bisa mencari kursi ergonomis.

Pemilihan meja bisa disesuaikan dengan tempat duduk. Bila Anda membeli sofa, tentu Anda akan memerlukan meja dengan kaki pendek yang bisa dijangkau dengan mudah. Namun bila memilih kursi ergonomis, Anda bisa mencari meja dengan tinggi yang sesuai.

Tak menutup kemungkinan Anda bisa memiliki sofa sekaligus kursi ergonomis di perpustakaan. Hal ini bisa disesuaikan dengan tujuan serta ukuran dari perpustakaan tersebut.

Selain itu, Anda bisa melengkapi perpustakaan dengan perabot lain jika dibutuhkan. Contohnya adalah AC, terutama bila Anda tinggal di daerah yang cukup panas. Dengan demikian, Anda dan anggota keluarga bisa membaca di perpustakaan dengan lebih nyaman.

●      Mencari Koleksi Buku

Koleksi buku adalah hal lain yang perlu Anda lengkapi untuk perpustakaan. Hal ini tetap perlu Anda lakukan sekalipun sudah mempunyai koleksi buku sendiri sebelumnya. Dengan demikian, perpustakaan Anda mempunyai lebih banyak buku yang bisa dipilih dan dibaca oleh anggota keluarga.

Carilah buku sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun sebisa mungkin, carilah buku yang bisa menambah wawasan. Dengan demikian, ilmu pengetahuan Anda bisa bertambah meskipun hanya berada di rumah.

Buku ini tak harus memuat bacaan-bacaan berat, namun juga bisa berbentuk cerita bergambar yang menyenangkan.

●      Lakukan Inventarisasi Digital

Inventarisasi adalah aktivitas yang penting untuk mengetahui buku apa saja di perpustakaan Anda beserta letaknya. Supaya lebih mudah dan tak ketinggalan zaman dengan perpustakaan umum, Anda bisa melakukannya secara digital.

Saat ini ada banyak aplikasi inventaris buku digital yang bisa dipilih. Aplikasi tersebut akan memudahkan Anda untuk mendaftarkan buku beserta identitasnya. Nantinya, informasi tentang buku bisa keluar dengan hanya mencarinya di aplikasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda untuk mencari buku. Hal ini disebabkan aplikasi tersebut mencatat informasi mengenai nomor buku. Hanya dengan memasukkan judul buku ke aplikasi, Anda bisa memperoleh informasi tersebut.

Lantas, dari mana datangnya nomor buku ini? Nomor tersebut bisa Anda buat berdasarkan jenis buku. Lalu, tata buku-buku sesuai nomor ini di raknya.

●       Beri Hiasan

Supaya perpustakaan terkesan lebih menarik, Anda bisa memanfaatkan hasil jenis Reksadana ini untuk membeli hiasan. Misalnya lukisan, tanaman, patung, dan lain sebagainya.

Hiasan tersebut bisa Anda letakkan di berbagai penjuru perpustakaan. Namun, perhatikan agar perpustakaan tak terlihat penuh. Jika terlalu penuh dengan hiasan, maka kenyamanan di perpustakaan akan menurun.

Ada banyak kiat yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangun perpustakaan. Kiat-kiat ini bisa Anda diskusikan dengan anggota keluarga agar semua orang di rumah senang dengan hasilnya.

Pembangunan perpustakaan ini tentu membutuhkan dana. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan hasil investasi Reksadana berjenis Pendapatan Tetap. Perbankan prioritas DBS Treasures pun siap menjadi mitra Anda untuk investasi tersebut.

Bersamas DBS Treasures, dana Anda akan disebar ke berbagai jenis aset untuk meminimalisir risiko investasi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan terkait analisis pasar sampai peluang terkini untuk memaksimalkan investasi. Investasi Anda pun akan dikelola oleh Manajer Investasi ternama sehingga hasilnya bisa lebih optimal.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, dan bahkan proses registrasi SID. Bisa juga berinvestasi ke beragam pilihan Reksadana, baik dari Fund House atau Manajer Investasi atau berdasarkan kategori produk.

Hal-hal di atas bisa Anda dapatkan jika menjadikan DBS Treasures sebagai mitra untuk berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap. Bila membutuhkan info lebih lanjut, silahkan klik di sini.

Baca juga:

Ini 5 Disneyland di Dunia yang Wajib Anda Kunjungi

Membangun Rumah Tumbuh bersama Pasangan setelah Menikah

Menarik! Tips Ubah Rumah menjadi Smart Home

Hubungi Kami Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.

Investasi Sekarang Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS