Pinjaman bank
14 Aug 2024

Raup Untung, Ini Tips Kembangkan Bisnis Clothing Line!

4 Cara Kembangkan Bisnis Clothing Line dengan Pinjaman Bank

4 Tips & Strategi Pemasaran Bisnis Clothing Line agar Sukses

Kalau kamu anak muda, kayaknya bakal makin keren kalo kamu bisa kembangkan bisnis clothing line sendiri! Melihat potensi bisnis tersebut saat ini yang berkembang sangat pesat, sudah waktunya kamu coba untuk menekuni bisnis ini. Tentunya, dengan modal pinjaman bank KTA yang tepat.

Mengembangkan bisnis clothing line tidak hanya mengikuti tren fashion, ada banyak cara dan tips yang harus kamu persiapkan. Apa saja itu? Simak ulasannya sampai tuntas di bawah ini, ya!

4 Cara Kembangkan Bisnis Clothing Line dengan Pinjaman Bank

Bisnis pakaian tidak akan pernah ada habisnya, karena komoditas ini penting banget untuk keseharian masyarakat. Nah, ini bisa jadi peluang buat kamu untuk memberikan “nuansa segar” dalam bisnis pakaian Indonesia.

Tujuannya agar kamu bisa lebih kompetitif dan bisnis tetap sustain di tengah pesaing-pesaing bisnis pakaian lainnya. Ikuti cara ini agar bisnis clothing line kamu sukses dan mendapat omset tinggi.

●       Buat Rincian Modal & Anggaran

Hal penting pertama yang perlu kamu siapkan adalah membuat rincian anggaran dan modal untuk kembangkan bisnis clothing line. Kamu bisa memanfaatkan modal dari pinjaman dana terbaik berbunga rendah atau menggandeng teman kamu untuk jadi investor.

Cara-cara tersebut bisa kamu lakukan sebagai langkah awal kembangkan bisnis clothing line. Karena ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan, mulai dari biaya produksi, biaya operasional dan sebagainya.

Pada tahapan ini, kamu wajib fokus dan mulai identifikasi masalah di masa depan lalu menemukan solusi. Siapkan business plan dari A-Z adalah penting! Karena tujuan kamu mengembangkan bisnis clothing line adalah untuk sukses.

●       Buat Konsep Merek yang Menarik

Konsep merek yang menarik adalah kunci bisnis clothing line kamu dapat berkembang pesat. Kalau kamu membuat konsep yang tepat, target pasar yang kamu bidik juga berpeluang tepat.

Buatlah konsep clothing line yang merepresentasikan visi dan misi kamu sebagai pebisnis. Konsep ini berkaitan dengan brand image atau identitas bisnis yang kamu bangun. Misalnya, kamu membuat nama yang unik untuk clothing line yang kamu kembangkan.

Lalu, kamu bisa menggunakan logo yang mudah diingat dan kreatif. Atau, kamu bisa memiliki konsep collaboration dengan artis, penyanyi atau band. Cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian pelanggan.

●       Update Desain Baju Terkini

Cara ketiga adalah up to date dengan desain baju terkini. Karena memiliki bisnis clothing line berarti kamu memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh produk baju di mall atau butik. Semakin unik desain baju yang kamu miliki, semakin tinggi minat pelanggan.

Kamu mulai sekarang bisa lakukan riset, guna mencari referensi desain untuk jadi sumber inspirasi. Lebih menguntungkan lagi kalau kamu bisa mendesain baju sendiri atau kamu lulusan sekolah fashion.

●       Lakukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah melakukan strategi pemasaran yang tepat dan matang. Strategi pemasaran yang menjadi kunci utama suksesnya sebuah bisnis harus kamu kuasai. Apalagi di dalam bisnis clothing line yang kompetitornya tidak sedikit.

Kamu bisa membuat strategi yang matang, mulai dari memperkenalkan merek clothing line kamu, cara promosi, strategi yang membuat bisnis kamu sustain, dan sebagainya. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang strategi pemasaran, simak di bawah ini, ya!

Baca juga: 5 Alasan KTA Jadi Pinjaman Tepat untuk Kembangkan Hobi

 

Pexels

 

4 Tips & Strategi Pemasaran Bisnis Clothing Line agar Sukses

Merencanakan strategi pemasaran yang matang dapat memberikan peluang tinggi untuk bisnis sukses dan sustain. Nah, maka dari itu, biasanya pada tahap ini banyak pebisnis yang gagal dan tidak tepat.

Beberapa pakar menyimpulkan dalam menjalankan strategi pemasaran ada teknik 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Keempat aspek ini yang wajib kamu kuasai dan eksekusi secara matang. Lalu, bagaimana menerapkan strategi pemasaran yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini.

●       Buat Produk Niche

Pertama-tama, kamu bisa membuat produk niche dan khas, yang mana target pasar yang dituju juga lebih segmented. Hal ini bisa memberikan kamu peluang untuk lebih fokus untuk memasarkan bisnis clothing line kamu. Selain itu, kamu juga bisa tahu tren baju apa yang sedang hits di area target pasar kamu.

Misalnya, kamu menargetkan pasar untuk ibu-ibu hamil berhijab, atau anak muda yang hobi menonton gigs bang favorit. Maka, mulai dari situ kamu bisa memikirkan konsep produk yang niche dan sesuai target pasar.

Jangan lupa untuk menggaet vendor pakaian dengan bahan material terbaik. Semakin bagus vendor pakaian yang kamu ajak berkolaborasi, maka bisnis clothing line kamu akan semakin lancar. Tentu dalam mengajak vendor kolaborasi harus ada budget yang digunakan, kamu bisa manfaatkan modal dari pinjaman bank.

●       Harga Kompetitif

Tips menerapkan strategi pemasaran yang tepat tidak jauh dari price atau harga. Buatlah bisnis clothing line yang harganya kompetitif. Jika kamu menciptakan produk yang berkualitas, tapi dengan harga yang kompetitif dibandingkan pesaing, maka pelanggan akan lebih tertarik.

Maka dari itu, hitunglah semua aspek-aspek operasional bisnis, mulai dari biaya produksi, promosi dan sebagainya. Membuat perhitungan biaya operasional yang tepat dan cermat bisa menguntungkan bagi bisnis clothing line kamu.

●       Tentukan Tempat Penjualan

Untuk aspek place atau tempat, mengembangkan bisnis clothing line bisa kamu lakukan secara offline dan online. Jika kamu ingin membuka store offline untuk bisnis kamu, maka hal yang harus dipikirkan adalah mencari lokasi penjualan yang strategis dan ramai.

Namun, jika kamu memutuskan untuk membuka bisnis clothing line online, maka pastikan untuk memilih marketplace yang tepat. Selain itu, kamu juga wajib aktif untuk online dan menjawab chat dari pelanggan.

Atau, kamu bisa membuka di dua tempat yaitu offline dan online, yang mana peluang untuk meningkatkan penjualan semakin tinggi. Jadi, kamu bisa tentukan sekarang, ya!

●       Promosi Iklan Media Sosial

Social media is a key! Sekarang ini, semua serba media sosial! Mulai dari promosi bisnis, membaca berita dan sebagainya. Maka dari itu, manfaatkan media sosial secara tepat untuk melakukan promosi bisnis clothing line kamu.

Misalnya, kamu bisa lakukan collaboration dengan penyanyi, band, public figure dan sebagainya. Kamu bisa dapat exposure yang lebih dan tentu peningkatan penjualan yang meningkat.

Dari penjelasan di atas, dapat kamu simpulkan bahwa nggak ada yang mustahil untuk mengembangkan bisnis clothing line jika ada modal dan perencanaan yang tepat. Untuk modal sendiri, sudah disarankan untuk menggunakan pinjaman dana terbaik seperti KTA.

Kamu bisa memilih produk KTA yang tepat seperti DBS KTA. Beberapa keunggulan produk DBS KTA adalah limit pinjaman hingga Rp300 juta dengan tenor cicilan maksimal 36 bulan. Bunga flat pun tidak memberatkan, yaitu mulai dari 0,88%, serta proses pengajuannya yang tidak ribet dan membingungkan.

Ayo, wujudkan bisnis clothing line kamu dan jadilah pebisnis andal dengan memanfaatkan pinjaman bank DBS KTA. Untuk informasi lebih lengkap dan cara pengajuan pinjamannya, klik di sini!

Baca juga:

9 Alasan KTA Diminati untuk Renovasi Rumah

Resort Unik di Tengah Hutan, Liburan sambil Menikmati Alam!

9 Kampus dengan Jurusan Data Science untuk Dukung Karier!