Pinjaman
02 Aug 2024

Jelajahi Keindahan Kota Leiden di Belanda

Destinasi Wisata di Leiden

Tips Liburan di Leiden Belanda

Jalan-jalan ke Kota Leiden di Belanda bisa menjadi sebuah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburanmu. Apalagi sekarang kamu bisa memanfaatkan pinjaman dari bank sebagai modal untuk traveling.

Leiden merupakan salah satu kota dengan pemandangan yang sangat indah. Kota ini mungkin tidak memiliki wilayah yang sangat luas, namun Leiden hadir dengan pesona tersendiri.

Destinasi Wisata di Leiden

Kota Leiden cukup populer di kalangan turis internasional. Banyak turis yang memilih kota ini sebagai destinasi liburan. Selain suasana yang menyenangkan, Kota Leiden juga memiliki banyak pilihan tempat menarik untuk dikunjungi.

Leiden banyak dikenal karena salah satu kampusnya yaitu Universitas Leiden yang merupakan universitas tertua di Belanda. Selain itu, Leiden juga populer berkat beberapa destinasi wisata berikut ini.

  • Hortus Botanicus Leiden

Pertama, ada Hortus Botanicus Garden, kebun raya paling tua yang bisa kamu jumpai di Belanda. Belanda sendiri memiliki beberapa lokasi kebun raya dan ini merupakan yang paling tua sekaligus sangat populer di kalangan turis.

Lokasinya ada di bagian barat daya Kota Leiden, tepat di belakang Observatorium Universitas Leiden. Tempat ini cocok untuk kamu kunjungi jika kamu punya ketertarikan tersendiri terhadap beragam jenis tumbuhan.

Ada banyak sekali tanaman yang bisa kamu jumpai di kebun raya ini. Ada banyak pepohonan rindang di sana, ada tanaman tropis maupun subtropis, juga beragam jenis bunga yang indah.

  • Rijksmuseum van Oudheden

Selanjutnya ada Rijksmuseum van Oudheden, yaitu sebuah museum dengan banyak sekali koleksi barang antik. Ini merupakan museum barang antik nasional yang dipakai untuk menyimpan banyak benda dari zaman prasejarah.

Jika kamu hobi belajar sejarah dan ingin menambah wawasan selama berlibur, maka tempat ini jelas akan menjadi pilihan destinasi yang tepat. Di sana, ada lebih dari 18.000 koleksi yang bisa kamu nikmati.

Semua koleksi yang ada di museum ini dikelompokkan ke dalam 4 era, yaitu prasejarah, kuno klasik, Romawi, dan abad pertengahan. Tentunya, setiap benda koleksi di sana menyimpan kisah dan sejarah yang berbeda.

  • Museum Volkenkunde

Lanjut ke lokasi wisata berikutnya, ada Museum Volkenkunde. Museum ini dikenal sebagai salah satu museum etnografi tertua di dunia. Ada banyak koleksi benda bersejarah di sana, termasuk benda-benda dari Indonesia.

Jika kamu berkunjung ke Museum Volkenkunde, kamu akan menemukan beberapa benda-benda budaya dari tanah air. Contohnya adalah patung-patung dari Candi Singasari dan keris pusaka milik dokter pribadi Sultan Hamengku Buwono VI.

Tentunya, menjelajahi museum ini akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi bangunan museum ini memiliki sejarah tersendiri, di mana dulu digunakan sebagai rumah sakit, lalu kosong dan dialihfungsikan sebagai museum.

  • Molenmuseum de Valk

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk jalan-jalan ke Molenmuseum de Valk. Tempat ini merupakan sebuah pabrik yang menyimpan sebuah sejarah penting. Di sana, kamu bisa melihat langsung kincir angin yang sudah berdiri sejak abad 17.

Kincir angin di sana memang sudah tua, namun masih berdiri dengan kokoh. Menara kincir angin tersebut sudah mengalami beberapa kali renovasi sehingga ukurannya jadi lebih besar dan lebih tinggi dari semula.

Pabrik ini mulai dibuka sebagai museum sejak Juli 1966. Pada saat itu, pemerintah membuka lahan tersebut sebagai area wisata untuk menambah wahana edukasi bagi masyarakat.

Namun, perlu diketahui bahwa sekarang museum ini tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata. Sejak tahun 2000 lalu, Molen Museum de Valk kembali difungsikan sebagai pabrik penggilingan.

  • Rijksmuseum Boerhaave

Lanjut ke rekomendasi destinasi liburan selanjutnya di Leiden, yaitu Rijksmuseum Boerhaave. Tempat ini berdiri sejak tahun 1931 dan sekarang sangat populer di kalangan para turis.

Bangunan yang digunakan untuk museum ini pada awalnya merupakan sebuah bangunan biara. Setelah dilakukan rekonstruksi, bangunan tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai museum sejarah ilmu pengetahuan dan kedokteran.

Di sana, kamu bisa menemukan banyak jenis koleksi. Ada banyak barang bekas digunakan oleh ilmuwan seperti Johannes de Haas dan Heike Kamerlingh Onnes.

Baca juga: Destinasi Bulan Madu Mewah Dunia, Wajib Dikunjungi!

Tips Liburan di Leiden Belanda

Kota Leiden memang sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika kamu ingin banyak jalan-jalan di museum untuk memperluas wawasan. Lebih dari itu, Leiden juga kota dengan pemandangan yang sangat indah.

Kamu bisa mempersiapkan perjalanan ke Leiden mulai dari sekarang. Siapkan saja dulu modal dananya yang bisa kamu dapatkan dari pinjaman KTA bank. Setelah itu, terapkan beberapa tips berikut agar liburan ke Leiden semakin menyenangkan.

  • Pilih Waktu Terbaik

Tips pertama, pilihlah waktu terbaik untuk berlibur ke Leiden. Pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman sekaligus pemandangan terbaik di sana.

Banyak orang menyarankan untuk berkunjung ke Belanda, khususnya Kota Leiden, pada musim semi. Kamu bisa coba merencanakan liburan di antara bulan April sampai Mei.

Pilihan waktu ini juga bisa menyesuaikan kepentingan pribadimu. Pastikan saja kamu berangkat liburan saat luang dan lebih disarankan untuk memilih waktu saat low season agar harga tiket tidak mahal.

  • Buat Itinerary

Selanjutnya, pastikan kamu membuat itinerary sebelum berangkat. Ini sangat penting untuk dipersiapkan agar kamu bisa menghemat lebih banyak waktu selama di sana.

Susun dulu rencana tempat-tempat yang akan dikunjungi secara rinci. Begitu sampai di Leiden, kamu bisa langsung menjelajahi tempat-tempat tersebut dan tidak perlu kebingungan lagi karena cukup riset sebelum berangkat.

  • Siapkan Pakaian yang Nyaman

Pastikan kamu membawa pakaian yang cukup dan nyaman agar bisa jalan-jalan sepuasnya di Leiden. Tentunya, pilihan baju yang kamu bawa harus disesuaikan dengan kondisi cuaca di sana.

Itulah mengapa penting sekali untuk memilih waktu yang tepat sebelum berangkat. Musim semi bisa jadi pilihan tepat karena udaranya tidak terlalu dingin juga tidak begitu panas.

  • Siapkan Anggaran

Sudah pasti kamu harus mempersiapkan anggaran sebelum berangkat jalan-jalan ke Leiden. Tentunya kamu perlu membawa cukup uang agar tidak kesulitan selama berlibur di sana.

Dalam hal ini, kamu bisa mencoba melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan. Mulai dari biaya tiket pesawat, akomodasi, hingga biaya hidup selama berlibur di sana.

Persiapan biaya yang matang jelas akan membantu kamu bisa menikmati momen liburan secara optimal. Kamu bisa lebih bebas menjelajah selama ada dana yang dapat kamu gunakan.

Liburan ke Leiden bisa jadi sebuah pilihan tepat untuk mendapatkan kesan berlibur yang menyenangkan. Pastikan kamu mempersiapkan modal traveling terlebih dahulu dengan memanfaatkan penawaran pinjaman dari DBS KTA.

Ada DBS KTA yang bisa kamu gunakan dengan limit sampai Rp300 juta. Bunganya juga flat mulai dari 0,88% dan kamu bisa mendapatkan cicilan yang fleksibel sampai 36 bulan.

Tunggu apa lagi? Kamu bisa klik di sini sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lengkap mengenai penawaran pinjaman ini. Ajukan secepatnya dan nikmati beragam keuntungan yang ditawarkan!

Baca juga:

9 Arena Paralayang dengan Panorama Terindah di Dunia!

Inspirasi Desain untuk Rumah dengan Playground untuk Anak

7 Rekomendasi Negara Destinasi Belanja