Reksadana pasar uang
14 May 2023

Bagaimana Strategi Investasi Rutin di Reksadana Pasar Uang?

Reksadana Pasar Uang merupakan salah satu pilihan instrumen investasi yang bisa diandalkan. Reksadana itu sendiri memang dianggap sebagai instrumen yang cukup aman apalagi bagi para investor pemula. Ditambah lagi untuk instrumen pasar uang yang risikonya memang terbilang rendah dibandingkan jenis Reksadana lainnya.  

Perlu diketahui bahwa investasi bukanlah sebuah cara cepat atau instan untuk meraih keuntungan dan kekayaan. Apalagi jika Anda memilih investasi Reksadana, perlu dilakukan secara rutin dan konsisten. Hanya saja hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan dan butuh konsistensi sehingga investasi rutin bisa terwujud.  

Tentang Reksadana Pasar Uang 

Reksadana merupakan sebuah wadah yang menghimpun dana dari para investor untuk kemudian dialokasikan ke aset-aset tertentu. Tujuannya tentu saja agar modal tadi bisa berkembang lebih besar dan memberi keuntungan optimal. Manajer investasi merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam proses alokasi dana ke aset-aset yang potensial.  

Reksadana dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan alokasi dananya. Kali ini kita akan membahas instrumen Reksadana yang mengalokasikan dana ke instrumen pasar uang. Misalnya saja seperti SBI atau Sertifikat Bank Indonesia, depotiso, maupun obligasi dengan masa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.  

Perlu diketahui bahwa ada beberapa keuntungan Reksadana Pasar Uang yang membuatnya jadi pilihan instrumen terbaik bagi para investor. Pertama, instrumen ini memiliki tingkat risiko yang sangat rendah karena semua dana akan dialokasikan ke instrumen pasar uang yang fluktuasinya terbilang rendah.  

Selain itu Reksadana ini juga memiliki return yang terhitung stabil. Tingkat return investasi ini dikatakan stabil karena memang nilai instrumen pasar uang tidak terlalu fluktuatif. Ditambah lagi modal investasinya juga terhitung ringan bahkan saat ini bisa dimulai dengan modal Rp100 ribuan.  

Ada banyak poin menarik lainnya yang ditawarkan oleh instrumen Reksadana Pasar Uang. Salah satunya adalah tingkat likuiditas yang terbilang tinggi. Jadi Anda bisa melakukan pencairan dana kapan saja saat dibutuhkan. Selain itu jangka waktu investasinya juga sangat fleksibel bisa dalam jangka pendek kurang dari 1 tahun maupun jangka panjang lebih dari 5 tahun.  

Anda juga harus tahu kalau investasi ini bebas pajak. Jadi imbal hasil yang Anda peroleh nanti memiliki jumlah utuh, tidak ada potongan pajak. Aturan ini membuat Anda sebagai investor bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.  

Strategi Investasi Rutin Reksadana Pasar Uang 

Apabila Anda memang ingin mendapatkan keuntungan Reksadana Pasar Uang secara optimal, maka pastikan untuk selalu konsisten. Investasi ini perlu dilakukan secara rutin agar tujuan finansial Anda bisa tercapai. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan sehingga bisa berinvestasi Reksadana secara rutin: 

1. Buatlah Tujuan Investasi yang Jelas 

Pertama-tama, Anda harus membuat tujuan investasi terlebih dahulu. Ini merupakan poin penting yang bisa mendorong seseorang untuk berinvestasi secara konsisten dan rutin. Jika tidak ada tujuan investasi yang jelas, maka seseorang bisa saja merasa malas dan tidak melanjutkan langkah investasinya.  

Sebelum memulai investasi, cari tahu apa sebenarnya tujuan yang ingin dicapai dari investasi tersebut. Ini juga bisa membantu Anda menilai apakah memang Reksadana dalam bentuk instrumen pasar uang ini cocok untuk mencapai tujuan finansial tadi atau tidak. Jika memang cocok dan jangka waktunya juga sesuai maka Anda bisa segera mulai berinvestasi.  

Tujuan investasi juga akan menjadi motivasi bagi Anda untuk melakukan setoran rutin. Saat Anda mulai malas berinvestasi, Anda bisa melihat kembali tujuan apa yang sebenarnya ingin dicapai. Tujuan tadi bisa menjadi sebuah pengingat bahwa Anda belum mencapai target dan harus tetap konsisten berusaha lewat setoran investasi rutin.  

Tulislah tujuan investasi ini di tempat yang mudah untuk dilihat. Nantinya ini akan menjadi reminder sehingga Anda terus semangat menyusun strategi investasi. Saat tujuan tersebut tercapai, Anda pasti akan merasa sangat puas dan bangga dengan usaha yang sudah dilakukan dalam kurun waktu tersebut.  

2. Alokasikan Dana Khusus untuk Investasi 

Jangan berinvestasi dengan uang sisa yang tidak Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak orang berinvestasi jika ada uang sisa pemasukan yang tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Lalu, bagaimana jika uangnya habis dan tidak bersisa? Ya berarti tidak perlu berinvestasi karena sudah tidak ada dana yang bisa dialokasikan ke sana.  

Sistem investasi semacam ini sebaiknya Anda akhiri sekarang juga. Lakukan investasi dengan uang yang memang ingin Anda investasikan. Jadi jangan berinvestasi kalau ada uang sisa melainkan siapkan dana khusus agar bisa berinvestasi secara rutin. Setiap kali menerima pemasukan atau gaji, langsung buat alokasi dana untuk memenuhi kebutuhan termasuk investasi.  

Cara seperti ini jauh lebih efektif membantu Anda konsisten dalam berinvestasi. Jadi selalu pastikan bahwa investasi ini juga merupakan salah satu bagian prioritas dalam manajemen keuangan Anda. Selama dananya selalu ada maka Anda juga pasti akan lebih mudah untuk melakukan setoran investasi. Pada akhirnya Anda sendiri yang akan merasa diuntungkan berkat kebiasaan tersebut.  

Berapa banyak alokasi dana untuk investasi? Tentunya tidak ada aturan pasti mengenai nominal dana investasi. Anda bisa melakukan investasi sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Tidak semua orang punya kemampuan finansial yang sama sehingga dana investasi yang disetorkan bisa saja berbeda.  

Intinya, penuhi dulu kebutuhan utama Anda sebelum masuk ke kebutuhan investasi. Jika semua kewajiban seperti tagihan rutin dan utang sudah terpenuhi, maka beralihlah ke kebutuhan utama baru kemudian masuk ke investasi. Nominalnya tinggal menyesuaikan dengan jumlah pemasukan yang Anda terima setiap bulan.  

3. Aktifkan Fitur Setoran Otomatis 

Mungkin Anda kesulitan melakukan investasi Reksadana secara rutin karena lupa menyetorkan dana. Jika ini masalah yang Anda alami maka lebih baik aktifkan fitur setoran otomatis. Di zaman yang canggih seperti sekarang, fitur setoran otomatis bisa Anda gunakan dan mempermudah diri sendiri untuk berinvestasi secara rutin.  

Saat ini sebagian besar aplikasi investasi maupun layanan perbankan digital sudah menyediakan kemudahan setoran otomatis tersebut. Jadi Anda tinggal mengatur berapa banyak uang yang harus disetorkan dan kapan waktu pembayarannya. Setiap bulannya, dana tersebut akan ditarik secara otomatis sesuai dengan instruksi yang sudah Anda masukkan tadi.  

Ini menjadi strategi yang sangat efektif khususnya bagi Anda yang sering lupa. Sistem akan menarik uang Anda secara rutin sehingga Anda tidak perlu mengingatnya kembali. Tanpa disadari, ternyata Anda sudah melakukan investasi secara rutin dan suatu hari nanti Anda akan mendapati dana yang terkumpul sudah cukup banyak.  

4. Lakukan Setoran secara Fleksibel 

Banyak investor yang memilih untuk berhenti menyetorkan dana karena merasa keberatan. Tidak jarang orang sudah mulai berinvestasi namun pada akhirnya tidak melanjutkan pembelian tersebut. Alasannya sederhana yaitu karena merasa keberatan dengan jumlah dana yang harus disetorkan dan masih harus memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lain.  

Lebih baik Anda lakukan penyetoran dana secara fleksibel. Pilihlah aplikasi investasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian Reksadana rutin dengan nominal yang berbeda-beda. Jadi Anda bisa menyetorkan dana dengan nominal berbeda-beda tergantung kemampuan pada bulan tersebut.  

Jumlah uang yang disetorkan ke investasi Reksadana memang tidak harus selalu sama. Jadi bisa saja berbeda tergantung kemampuan masing-masing. Misalnya, bulan ini Anda tidak bisa menyetorkan dana sebanyak bulan lalu karena sedang banyak kebutuhan. Tidak masalah, buat saja setoran yang lebih fleksibel menyesuaikan kemampuan pada saat itu.  

Itulah mengapa sangat penting untuk memilih aplikasi investasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut. Jadi jumlah setoran rutinnya tidak harus selalu sama. Bisa fleksibel jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan di bulan tersebut. Daripada melewatkan setoran investasi, lebih baik tetap membeli dengan nominal yang lebih rendah dari bulan sebelumnya.  

5. Gunakan Aplikasi Investasi yang Aman dan Praktis 

Ini dia salah satu faktor yang akan mempengaruhi konsistensi Anda dalam berinvestasi. Aplikasi investasi yang Anda pakai akan memberikan pengaruh besar. Jika aplikasinya bagus, fiturnya lengkap, dan mudah untuk digunakan maka Anda pasti akan lebih bersemangat untuk membayar setoran secara rutin.  

Banyak orang yang tidak konsisten berinvestasi dengan alasan tidak mau ribet. Mereka tidak memakai aplikasi investasi yang praktis sehingga merasa kesulitan saat harus melakukan pembelian rutin. Padahal di zaman canggih seperti sekarang ini sudah ada banyak aplikasi investasi yang menawarkan fitur lengkap dan tentunya kemudahan dalam membeli produk investasi secara rutin.  

Oleh sebab itu pastikan Anda lebih teliti lagi dalam memilih aplikasi investasi yang akan dipakai. Jangan sembarang memilih sampai akhirnya malah terjebak dengan aplikasi investasi yang benar-benar ribet dan tidak menguntungkan. Pilihlah aplikasi investasi yang aman dan memang bisa memberikan banyak kemudahan bagi Anda sebagai investor.  

Pilihan aplikasi investasi yang tepat akan membuat Anda bisa melakukan investasi rutin dengan cara yang menyenangkan. Apalagi jika aplikasi tersebut mudah diakses dan fleksibel dijangkau dari mana saja. Jadi Anda bisa melakukan setoran investasi bahkan saat sibuk bekerja maupun beraktivitas dan menikmati keuntungan Reksadana Pasar Uang lebih cepat.
 
 

Mulai Investasi Rutin di Reksadana Pasar Uang 

Anda bisa mendapatkan keuntungan Reksadana Pasar Uang secara optimal dengan memilih aplikasi investasi yang tepat. Tentu saja Anda bisa memilih berinvestasi bersama digibank by DBS karena ada beragam kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi investasi tersebut: 

  • Investasi bisa dimulai dengan modal terjangkau yaitu Rp100 ribu.  
  • Tersedia lebih dari 50 produk Reksadana yang dapat dibeli.  
  • Pembelian Reksadana berkala bisa lebih fleksibel.  
  • Ada 3 pilihan kategori Reksadana yaitu Reksadana terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik.  
  • Bisa daftar SID (Single Investor Identification) dan jual, beli, maupun switch Reksadana pakai satu aplikasi saja. 

Bersama digibank by DBS, Anda bisa mengoptimalkan keuntungan Reksadana Pasar Uang. Aplikasi ini mendukung investasi jadi lebih mudah dan praktis. Anda juga bisa melakukan investasi secara konsisten dan menyelesaikan pembelian berkala tanpa perlu ribet. Benar-benar efektif untuk membantu Anda mencapai target investasi yang diharapkan.  

Semakin dini memulai maka akan semakin cepat tujuan investasi Anda bisa tercapai. Langsung saja mulai langkah investasi Reksadana Pasar Uang bersama digibank by DBS. Sangat mudah dan aman untuk diakses melalui satu aplikasi mobile. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.