Pinjaman bank
19 Aug 2024

9 Cara Mendesain Kamar Anak yang Kreatif

Cara Mendesain Kamar Anak Kreatif dengan Pinjaman Bank

Kamar bisa didesain sekreatif mungkin agar anak semakin betah saat berada di sana. Selain itu, kamar yang kreatif juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan kualitas tidur anak. Jika ingin melakukannya, pinjaman bank bisa dimanfaatkan.

Lantas, bagaimana cara mendesain kamar anak yang kreatif? Ikuti ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Cara Mendesain Kamar Anak Kreatif dengan Pinjaman Bank

Ada beberapa langkah yang dapat dipertimbangkan untuk mendesain kamar anak yang kreatif. Berikut langkah-langkah tersebut:

●       Tentukan Tema

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema terlebih dahulu. Tema bisa menjadi acuan bagaimana kamu harus mendesain kamar anak. Jadi, desain bisa lebih terarah dan tidak berantakan.

Ada beragam tema yang bisa kamu gunakan untuk desain kamar anak kreatif. Misalnya adalah tema hutan. Nantinya, kamu bisa menggunakan cat, furnitur, hingga dekorasi yang berbahan kayu layaknya hutan.

Selain itu, tema-tema lain juga dapat dipertimbangkan. Kamu bisa memperoleh referensi tema tersebut di internet dan menyesuaikannya dengan kamar anak yang akan didesain.

●      Gunakan Dinding sebagai Kanvas

Biasanya, dinding kamar dicat polos. Terkadang, ada juga dinding yang diberi wallpaper agar terlihat semakin menarik. Namun untuk mendesain kamar anak kali ini, cobalah untuk menggunakan dinding sebagai kanvas.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat gambar menarik bagi anak di dinding tersebut. Kamu bisa menggunakan jasa pelukis mural untuk hal tersebut. Selain itu, ada juga cetakan gambar yang bisa Kamu warna dengan cat semprot secara mudah di dinding.

Langkah lainnya adalah dengan menempelkan tangan berlumur cat ke dinding. Kamu bisa melakukan hal ini bersama dengan anak. Jadi, dinding akan terlihat lebih menarik. Selain itu, dinding tersebut juga akan menjadi kenanganmu bersama anak.

●      Bagi menjadi Beberapa Zona

Cara lain yang bisa digunakan untuk mendesain kamar anak yang kreatif dengan pinjaman bank adalah membaginya menjadi beberapa zona. Tak hanya membuat kamar menjadi lebih menarik, namun juga dapat membuat anak memaksimalkan kegiatannya di kamar.

Zona ini bisa dibagi berdasarkan kebutuhan dan keinginan anak. Selain itu, hal tersebut juga dapat disesuaikan dengan ukuran kamar. Misalnya, kamu membagi zona untuk tidur, belajar, dan tempat anak melakukan hobinya.

Setelah membagi zona tersebut, usahakan untuk meletakkan barang-barang terkait pada satu zona saja. Misalnya, letakkan buku, meja belajar, dan keperluan anak lainnya di zona belajar. Jangan pisahkan barang-barang tersebut agar pembagian zona menjadi lebih efektif.

●      Gunakan Warna yang Tepat

Banyak pendapat menyatakan bahwa warna berpengaruh terhadap psikologis dan suasana hati anak. Dengan demikian, anak bisa semakin nyaman saat berada di dalam kamar.

Sebagai contoh, kamu bisa memilih warna putih agar kamar terlihat lebih luas. Ada juga warna hijau yang dapat menurunkan tingkat kecemasan sehingga anak bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami dampak warna terhadap psikologis terlebih dahulu sebelum memilihnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat referensinya di internet agar memudahkanmu dalam memilih warna yang tepat.

●      Atur Pencahayaan

Jangan lupa mengatur pencahayaan saat mendesain kamar anak yang kreatif dengan pinjaman bank. Pencahayaan ini tak hanya berkaitan dengan yang alami, namun juga buatan.

Pertama, jendela dan ventilasi harus diatur sedemikian rupa agar cahaya alami dapat masuk ke dalam kamar dengan maksimal. Jadi, anak tak perlu menggunakan lampu saat pagi atau siang hari. Gunakan tirai sebagai penutup agar bisa menghalangi cahaya alami bila diperlukan.

Kedua, gunakan lampu yang sesuai. Usahakan lampu utama kamar cukup terang namun tidak berlebihan sehingga nyaman bagi mata. Selain itu, kamu bisa memberikan lampu tidur untuk memberikan ketenangan bagi anak di malam hari. Lampu belajar juga bisa diberikan agar anak bisa belajar dengan maksimal.

Pengaturan pencahayaan sering kali dilupakan, padahal ini adalah aspek penting yang bukan hanya sebagai dekorasi, melainkan juga demi kenyamanan dan kesehatan mata.

Baca juga: 9 Kampus dengan Jurusan Data Science untuk Dukung Karier!

●      Gunakan Furnitur Ramah Anak

Bila ingin mendesain kamar untuk anak, maka usahakan untuk menggunakan furnitur yang ramah baginya pula. Dengan kata lain, pastikan furniture tersebut aman jika digunakan oleh anak.

Sebagai contoh, gunakan furnitur dengan sudut tumpul. Furnitur seperti ini dapat mengurangi peluang anak terluka bila terbentur. Jadi, anak bisa bermain dan beraktivitas di dalam kamar dengan lebih nyaman.

Selain itu, pastikan juga bahwa furnitur tersebut telah halus sehingga tak ada serpihan bahan yang mencuat. Pastikan juga bahwa tidak ada bahan-bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam furnitur tersebut.

●      Gunakan Dekorasi yang Menumbuhkan Imajinasi

Ada banyak jenis dekorasi yang bisa digunakan saat mendesain kamar anak. Usahakan untuk memilih dekorasi yang mampu menumbuhkan imajinasinya. Hal ini dapat mendukung perkembangan otak anak sekaligus meningkatkan kebahagiaannya.

Dekorasi yang bisa digunakan antara lain adalah lukisan, foto, hingga barang dengan bentuk lucu seperti tempat baju dikaitkan. Perhatikan agar tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi karena dapat membuat kamar anak terlihat penuh.

Selain itu, pemilihan dekorasi harus disesuaikan dengan konsep dan warna dinding kamar anak. Jadi, dekorasi-dekorasi yang dipasang tidak saling menabrak antara satu dengan lainnya.

●       Jangan Lupa Sirkulasi Udara

Bagaimanapun juga, kamar tetap memerlukan sirkulasi yang tepat agar udara segar bisa keluar dan masuk dengan lancar, sehingga tidak membuat tidak pengap. Selain itu, udara yang segar juga dapat meminimalisir penggunaan AC sehingga hemat listrik.

Agar sirkulasi udara bisa lancar, kamu perlu memperhatikan ventilasi kamar. Pastikan ventilasi tersebut cukup banyak sehingga udara bisa masuk. Selain itu, usahakan agar ventilasi ini menghadap bagian luar rumah agar udara bebas bisa didapatkan

Lalu, pastikan juga bahwa jendela kamar anak memadai sehingga udara bisa keluar masuk dengan baik. Kamu bisa menggunakan jendela dengan bukaan atas yang cocok dengan rumah di kawasan tropis.

●      Pertimbangkan Keinginan Anak

Keinginan anak adalah hal paling penting untuk mendesain kamar secara kreatif dengan memanfaatkan pinjaman KTA bank. Oleh sebab itu sebelum mulai mendesain, tanyalah anak terlebih dahulu terkait apa yang diinginkan.

Tak hanya itu, ajak anak untuk terlibat dalam pembangunan kamarnya. Dengan demikian, anak akan merasa lebih senang dan dapat melatih tanggung jawab terhadap keputusan dan kamar yang diinginkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendesain kamar anak sekreatif mungkin. Supaya cara-cara tersebut bisa terlaksana dengan baik, kamu memerlukan dana yang cukup. Berbagai sumber dana bisa kamu pertimbangkan, seperti DBS KTA.

Dengan DBS KTA, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 300 juta. Pinjaman yang didapatkan bisa dicicil sampai 36 bulan. Bunganya pun flat mulai dari 0,88% saja.

Hal-hal yang memudahkanmu dalam mendesain kamar ini hanya bisa diperoleh jika kamu mengajukan pinjaman bank DBS KTA. Oleh sebab itu, segera ajukan pinjamanmu dengan cara klik di sini!

Baca juga:

Harus Tau! Cara Mengelola Dana Pinjaman Bank dengan Bijak

Destinasi Bulan Madu Mewah Dunia, Wajib Dikunjungi!

Liburan bersama Keluarga? Terapkan 8 Tips ini agar Lancar