Pinjaman bank
22 Aug 2024

8 Tips Pilih Universitas di Luar Negeri yang Tepat untuk S2

Tips Memilih Universitas dengan Pinjaman Bank

Melanjutkan studi S2 ke luar negeri adalah keinginan banyak orang termasuk masyarakat Indonesia. Kalau kamu juga menginginkannya, pinjaman bank bisa dimanfaatkan untuk mendukung studimu. Jadi, studimu akan semakin lancar.

Namun sebelum melakukannya, kamu perlu mengetahui tips memilih universitas di luar negeri yang tepat untuk S2. Apa saja tips tersebut? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Tips Memilih Universitas dengan Pinjaman Bank

Universitas sebagai tempat menimba ilmu S2 di luar negeri harus dipilih dengan baik. Jadi, kamu tak akan menyesal nantinya. Universitas ini dapat dipilih dengan memperhatikan beragam tips sebagai berikut.

●     Tentukan Program Studinya Dulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan program studinya terlebih dahulu daripada universitasnya. Jadi, kamu bisa memilih ilmu yang ingin dipelajari. Setelahnya, kamu dapat menyesuaikannya dengan universitas yang akan dipilih.

Lalu, bagaimana cara menentukan program studi? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui minat dan bakat. Kedua hal ini akan membuatmu lebih termotivasi untuk belajar. Jika perlu, kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat untuk mengetahuinya.

Selain itu, kamu perlu mengetahui program studi apa yang bisa mengembangkan karier hingga masa depan. Dengan demikian, ilmu yang kamu pelajari di universitas dapat lebih bermanfaat.

●     Cari Universitas Terbaik berdasarkan Program Studi

Setelah itu,  kamu bisa lanjut mencari universitas terbaik sebagai tempat studimu dengan memanfaatkan pinjaman bank berdasarkan program studi yang dipilih. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari universitas mana yang mempunyai program studi tersebut.

Setelahnya, kamu bisa membandingkan peringkat dan kualitas universitas serta program studi ini. Bila perlu, buatlah daftar agar kamu lebih mudah membandingkan beragam universitas. Buat juga daftar kekurangan dan kelebihannya pada masing-masing universitas.

Tentunya, kamu bisa menyesuaikan pencarian universitas ini dengan mimpimu sejak dulu. Misalnya, kalau kamu bermimpi untuk berkuliah di Ivy League atau kelompok kampus bergengsi di Amerika, maka carilah informasi tentang universitas yang tergabung di dalamnya.

●     Kenali Universitasnya

Sudah punya kandidat universitas yang ingin dituju? Kalau sudah, cobalah untuk mengenali universitas tersebut lebih jauh. Caranya pun beragam. Misalnya dengan melihat situs dan akun media sosial resminya dahulu.

Setelah itu, kamu juga bisa mencari informasi tentang universitas ini dengan cara lainnya. Sebagai contoh, perhatikan unggahan-unggahan dan berita tentang universitas tersebut.

Dalam tahap ini, carilah informasi-informasi penting mengenai universitas tersebut. Misalnya mata kuliah yang diajarkan, kehidupan kampus, paham yang dianut oleh mahasiswa dan dosen di sana, hingga berapa banyak mahasiswa internasional yang diterima. Hal-hal ini bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut sebelum memilihnya.

●     Baca Ulasan tentang Universitas

Jangan lupa untuk membaca ulasan tentang universitas yang akan kamu tuju. Dengan membaca ulasan tersebut, kamu dapat mengetahui apakah para mahasiswa dan lulusannya puas bisa belajar di sana atau tidak.

Ulasan paling mudah yang bisa ditemukan adalah di mesin pencarian seperti Google. Biasanya, banyak orang yang meninggalkan komentar di sana dan memberi rating pada universitas. Selain itu, kamu juga bisa mencari ulasan ini di situs-situs terkait lainnya.

Lalu, cobalah untuk mencari kenalan yang sudah berpengalaman kuliah di luar negeri. Akan lebih baik jika kenalan tersebut memang sedang atau pernah berkuliah di universitas yang akan kamu tuju. Jadi, kamu bisa mendapatkan pandangan lebih luas terkait universitas tersebut.

Baca juga: 9 Kampus dengan Jurusan Data Science untuk Dukung Karier!

●     Perhatikan Syarat-syaratnya

Setiap universitas memberlakukan syarat yang berbeda. Begitu pula universitas yang kamu inginkan sebagai tempat belajar dengan memanfaatkan pinjaman bank. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan syarat-syaratnya terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Umumnya, syarat yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri adalah tes bahasa Inggris dengan minimal skor tertentu. Namun, ada juga universitas yang lebih mementingkan tes bahasa setempat. Terlebih lagi bila universitas tersebut tak menyediakan kelas berbahasa Inggris.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan syarat-syarat yang diberlakukan oleh program studinya. Syarat ini biasanya lebih detail dan berkaitan dengan program studi yang kamu tempuh di jenjang sarjana.

●     Ketahui Sarana dan Prasarananya

Sarana dan prasarana penting untuk mendukung proses belajar. Selain itu, sarana dan prasarana juga dapat membuat kehidupan di universitas menjadi lebih nyaman. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang ada di sana.

Sarana dan prasarana standar yang biasanya ada di universitas adalah perpustakaan, laboratorium, hingga kafetaria. Ada juga universitas yang menyediakan sarana serta prasarana menarik lainnya, seperti sepeda, kolam renang, sampai pusat kebugaran yang bisa diakses oleh mahasiswa.

Setelah mengetahui sarana dan prasarananya, kamu juga bisa mencari informasi mengenai akses serta keamanannya. Jadi, kamu dapat mempertimbangkan apakah kedua hal tersebut cukup untuk mendukung studimu di universitas ini.

●     Kenali Lokasinya

Hal yang tak kalah penting adalah mengenali lokasi dari universitas tersebut. Pahami apakah universitas yang kamu tuju mempunyai suasana menyenangkan sehingga dapat mendukungmu belajar atau malah banyak tindak kriminal terjadi hingga membuat masyarakat tak merasa aman.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memahami negara tujuanmu. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui bahasa yang digunakan. Jika kamu belum bisa bahasanya dan banyak orang di negara tersebut tak bisa berkomunikasi dengan bahasa lain, maka mengikuti kursus bahasa setempat bisa dipertimbangkan.

Selain itu, memahami negara juga dapat membuatmu lebih mengenal kebudayaannya. Jadi, kamu bisa mengantisipasi culture shock dengan lebih baik. Selain itu, kamu juga dapat menghindari hal-hal yang tak seharusnya dilakukan saat berada di sana.

Tentu kamu juga harus mengetahui hal-hal lain seperti gaya hidup dan biaya di sana. Hal ini akan membuat persiapanmu untuk berkuliah di luar negeri menjadi lebih matang.

●     Persiapkan Dana

Dana adalah salah satu hal terpenting dalam melanjutkan studi. Tanpa adanya dana, studimu bisa terhambat atau bahkan gagal di tengah jalan. Oleh sebab itu, kamu perlu mempersiapkan dana yang diperlukan untuk berkuliah di sana.

Kamu bisa memanfaatkan banyak sumber dana untuk mendukung persiapanmu. Misalnya memilih pinjaman KTA terbaik dari pihak terpercaya dan terdaftar OJK. Jadi, kamu tak perlu khawatir akan keamanannya.

Dari beragam tips di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum berkuliah di luar negeri. Salah satunya adalah dana. Namun, kamu tak perlu khawatir karena DBS KTA siap membantumu dalam mewujudkan impian untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Ada beragam kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan DBS KTA. Di antaranya adalah limit pinjaman hingga 300 juta hingga 36 bulan. Selain itu, bunganya pun flat mulai dari 0,88%.

Masih membutuhkan informasi lebih lanjut tentang pinjaman bank yang satu ini? Kalau iya, kamu bisa klik di sini. Ayo, segera ajukan pinjamanmu untuk berkuliah di luar negeri!

Baca juga:

Liburan bersama Keluarga? Terapkan 8 Tips ini agar Lancar

4 Faktor yang Menentukan Durasi Tenor Pinjaman KTA

5 Tips Manfaatkan KTA untuk Travelling dengan Bijak