Ide Renovasi Rumah
30 Jul 2024

Ide Renovasi Rumah jadi Lebih Fungsional

Ide Renovasi Rumah jadi Lebih Fungsional

Aspek Penting yang Harus Direnovasi di Rumah

 

Imbal hasil dari Obligasi Pemerintah bisa Anda gunakan untuk melakukan banyak hal, tidak terkecuali renovasi rumah. Renovasi rumah bukan hanya tentang memperbarui tampilan estetika, tetapi juga meningkatkan fungsionalitas ruangan.

Dengan perencanaan yang tepat, renovasi dapat membantu memaksimalkan ruang, meningkatkan kenyamanan, dan bahkan menambah nilai properti. Berikut adalah beberapa ide renovasi yang dapat membantu Anda membuat rumah lebih fungsional.

Aspek Penting yang Harus Direnovasi di Rumah

Mengubah rumah menjadi lebih fungsional berarti membuat setiap sudut rumah bekerja lebih baik untuk kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa ide dan aspek penting yang bisa Anda ubah supaya rumah lebih fungsional.

●     Optimalisasi Ruang Tamu

Ruang tamu adalah pusat aktivitas sosial di rumah. Untuk membuatnya lebih fungsional, pertimbangkan untuk mengoptimalkan tata letak dan memilih furnitur multifungsi.

Sofa dengan penyimpanan tambahan bisa Anda pertimbangkan untuk mengisi ruang tamu. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kenyamanannya.

Gunakan rak dinding untuk menghemat ruang lantai. Anda juga bisa menambahkan pencahayaan yang baik dengan ventilasi yang bisa dibuka dan ditutup. Hal ini untuk menciptakan suasana yang hangat dan ramah.

●     Buat Dapur yang Efisien

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling penting dalam rumah. Desain dapur yang efisien dapat membuat aktivitas memasak lebih menyenangkan dan produktif.

Anda bisa menggunakan lemari dengan penyimpanan serbaguna yang ditanam di kitchen set, seperti rak tarik atau kabinet sudut yang dapat diakses dengan mudah. Selain itu, instalasi peralatan modern yang hemat energi patut dipertimbangkan. Misalnya, rice cooker yang bisa memasak berbagai makanan.

Anda pun bisa membuat dapur dengan suasana seperti outdoor. Pastikan ventilasinya terpasang dengan baik, agar dapur tidak pengap karena asap dari kompor.

Jangan lupa untuk memilih desain tata letak yang memungkinkan Anda bergerak dengan bebas, supaya dapur Anda tidak terkesan sempit.

●     Kamar Tidur yang Nyaman

Kamar tidur harus menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Berinvestasilah ke kasur yang baik, agar tidur Anda semakin berkualitas.

Selain itu, pilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan lemari built-in untuk menghemat ruang dan memaksimalkan penyimpanan.

Gunakan palet warna yang menenangkan dan tambahkan pencahayaan yang dapat diatur untuk menciptakan suasana yang nyaman dan rileks. Misalnya saja bernuansa coklat muda, cream, atau warm tone lainnya.

Baca  juga: Kenali Sukuk Negara Ritel

●     Kamar Mandi Fungsional

Kamar mandi yang fungsional adalah kunci untuk kenyamanan sehari-hari. Renovasi kamar mandi dapat mencakup instalasi shower dengan water heater, wastafel ganda, dan penyimpanan tambahan untuk alat mandi.

Pertimbangkan juga penggunaan material yang mudah dibersihkan dan tahan lama, seperti memilih ubin keramik atau batu alam. Namun, pastikan material ini tidak licin, supaya tidak membahayakan Anda.

Anda pun bisa menambahkan ventilasi yang baik untuk menjaga kamar mandi tetap segar dan bebas dari kelembaban berlebih. Tenang saja, rencana renovasi kamar mandi ini bisa Anda lakukan dengan Obligasi Pemerintah.

●     Ruang Terbuka yang Luas

Ruang terbuka seperti halaman belakang atau teras dapat menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai atau menerima tamu. Tambahkan area duduk yang nyaman, seperti pergola atau gazebo, dan pastikan ada pencahayaan yang memadai untuk digunakan pada malam hari.

Pertimbangkan juga untuk menambahkan taman kecil atau area hijau untuk menciptakan suasana yang segar dan alami. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil. Beri area bermain untuk anak di ruang terbuka tersebut.

Anda bisa menambahkan kolam renang apabila membutuhkannya. Tidak perlu yang terlalu lebar, namun cukup untuk berolahraga dan bermain air dengan keluarga.

●     Siapkan Ruang Olahraga

Ruang olahraga di rumah dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebugaran tanpa harus pergi ke gym. Pilih ruangan yang cukup luas dan ventilasi yang baik. Instalasi cermin besar di dinding dapat membantu memantau gerakan Anda selama berolahraga.

Anda bisa menambahkan peralatan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, treadmill, sepeda statis, matras yoga, atau bahkan tiang untuk pole dance. Pastikan juga berbagai kenyamanan lainnya, supaya Anda dan keluarga tidak malas melakukan olahraga rutin.

●     Lengkapi dengan Teknologi Canggih

Teknologi canggih dapat membuat rumah Anda lebih nyaman dan efisien. Pertimbangkan untuk menggunakan sistem rumah pintar yang memungkinkan Anda mengontrol pencahayaan, suhu, dan keamanan dari ponsel atau tablet.

Sistem audio dan video terintegrasi juga dapat membantu Anda mencari hiburan sesuai keinginan. Pastikan juga untuk memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil untuk mendukung semua perangkat canggih tersebut.

●     Maksimalkan Keamanan

Keamanan adalah aspek penting dari rumah yang fungsional. Instalasi sistem keamanan yang baik, seperti kamera pengawas, alarm, dan kunci pintar, dapat memberikan ketenangan pikiran.

Pertimbangkan juga untuk memasang pintu dan jendela dengan kualitas tinggi yang tahan terhadap upaya masuk paksa. Tambahkan penerangan luar rumah yang cukup untuk meningkatkan keamanan pada malam hari di rumah Anda.

●     Buat Struktur Tahan Bencana

Memastikan rumah Anda tahan terhadap bencana adalah investasi jangka panjang yang penting. Pertimbangkan untuk memperkuat struktur bangunan agar tahan terhadap gempa bumi atau angin kencang.

Instalasi atap dan dinding yang tahan air juga penting untuk mencegah kerusakan akibat hujan deras bahkan banjir. Pastikan juga untuk memiliki sistem drainase yang baik di sekitar rumah untuk menghindari genangan air.

Renovasi struktur bangunan jelas membutuhkan biaya yang cukup banyak. Anda dapat melakukannya dengan imbal hasil dari  Obligasi Pemerintah.

Renovasi rumah bukan hanya tentang meningkatkan estetika, tetapi juga tentang mengoptimalkan kegunaan dan fungsionalitas setiap ruangan. Dengan perencanaan yang tepat dan proses yang terencana, renovasi rumah dapat menjadi investasi berharga.

Pastikan untuk mempertimbangkan semua aspek penting ini dalam proyek renovasi Anda, supaya dapat menciptakan rumah yang lebih fungsional dan menyenangkan. Untuk mendukung persiapan proyek ini, perbankan prioritas DBS Treasures bisa diandalkan untuk mendapatkan potensi keuntungan Obligasi.

Dapatkan kupon regular dan berpotensi capital gain. Selain itu, kuponnya juga kompetitif, di atas rata-rata bunga Deposito berjangka. Tidak ada biaya tambahan dan transaksi bisa Anda lakukan setiap hari selama 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS.Melalui aplikasi ini, Anda dapat membeli, menjual, bahkan proses registrasi SID.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Obligasi Pemerintah bisa Anda dapatkan melalui situs berikut ini. Segera lakukan investasi, supaya Anda dapat melakukan renovasi terhadap rumah lebih cepat!

Baca  juga:

7 Spot Terbaik untuk Menikmati Sunset di Paris

Catat! Ini Tips Melihat Aurora di Norwegia

7 Museum Unik dan Populer di Dunia

Hubungi Kami Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.

Investasi Sekarang Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS