usaha tambahan
30 Sep 2024

7 Bidang Usaha yang Bisa Dibangun untuk Menambah Pendapatan

Jenis Bidang Usaha yang Bisa Dibangun dengan Hasil Obligasi Pemerintah

 

Pendapatan sehari-hari bisa ditambah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah membangun usaha dengan memanfaatkan hasil Obligasi Pemerintah. Namun sebelum membangunnya, ada berbagai hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Misalnya adalah bidang usaha.

Mengetahui beragam bidang tersebut bisa memberikan Anda gambaran terkait usaha yang dapat dibangun. Jadi, Anda bisa merencanakan bisnis dengan lebih baik. Selengkapnya dapat dilihat dalam uraian di bawah ini.

 

Jenis Bidang Usaha yang Bisa Dibangun dengan Hasil Obligasi Pemerintah

Ada banyak bidang usaha yang bisa Anda pertimbangkan untuk menambah pendapatan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Berikut diantaranya.

●        Kuliner

Kuliner adalah salah satu bidang usaha yang banyak dipilih masyarakat untuk menambah pendapatan. Terlebih lagi, saat ini ada berbagai teknologi yang memudahkan masyarakat untuk mengelola usaha di bidang ini. Misalnya adalah aplikasi layanan pesan antar daring.

Berbagai usaha bisa Anda bangun jika ingin memilih bidang ini. Misalnya adalah restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia atau barat. Selain itu, Anda juga bisa mendirikan kafe kekinian yang saat ini tengah populer di kalangan anak muda untuk bersosialisasi hingga mengerjakan tugas.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendirikan usaha katering. Usaha ini akan semakin laris jika Anda membangunnya di tempat strategis, seperti perumahan hingga kawasan industri yang menyediakan makan siang bagi para pekerjanya.

●        Pertanian

Pertanian sering dianggap sebagai bidang usaha yang kuno dan ketinggalan zaman. Namun sebenarnya, bidang usaha ini akan selalu ada dan dibutuhkan oleh masyarakat karena menghasilkan produk-produk konsumsi sehari-hari sebagai bahan pangan.

Ada banyak jenis usaha yang bisa dibangun jika memilih bidang ini. Misalnya adalah pertanian hidroponik. Usaha ini menggunakan teknik budidaya tanaman tanpa tanah. Usaha seperti ini cocok bila Anda tinggal di daerah perkotaan yang mempunyai lahan terbatas.

Selain itu, ada juga usaha pertanian organik yang tak kalah menarik. Dengan usaha ini, Anda tidak bisa memakai bahan-bahan kimia seperti pestisida, namun bahan alami saja. Usaha ini mempunyai prospek yang menarik karena banyaknya orang sadar akan pentingnya bahan makanan organik

●        Perikanan

Bidang usaha lain yang bisa Anda pilih untuk dibangun dengan hasil Obligasi Pemerintah adalah perikanan. Perikanan juga menjadi usaha yang akan selalu dibutuhkan masyarakat karena produknya yang dikonsumsi setiap hari demi memenuhi kebutuhan gizi.

Di bidang ini, Anda bisa mendirikan usaha budidaya ikan seperti lele. Beragam hal perlu diperhatikan jika Anda mendirikan usaha ini, seperti benih lele hingga perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dengan optimal dan sesuai kebutuhan pasar.

Usaha lain yang bisa Anda bangun di bidang ini adalah pemasok ikan. Usaha ini akan semakin cocok dilakukan jika Anda membangun usaha di dekat sumber ikan. Misalnya adalah pantai tempat para nelayan berlabuh setelah menangkap ikan dan tempat pelelangan ikan.

●        Perdagangan

Bidang usaha ini cukup sering dipilih untuk menambah pendapatan. Bidang ini juga akan selalu dibutuhkan karena masyarakat perlu membeli produk tertentu untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Di bidang ini, Anda bisa membangun minimarket. Supaya semakin untung, carilah lokasi yang memang belum memiliki minimarket dalam jarak dekat. Barang-barang yang dijual biasanya berupa bahan pokok hingga camilan.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi distributor produk jika memilih bidang usaha ini. Tentu Anda harus bekerja sama dengan pabrik tertentu untuk menjadi distributornya. Anda pun bisa menjadi distributor banyak produk dari pabrik yang berbeda selama mampu mendapatkan kepercayaannya.

Baca juga: 7 Kiat Membangun Perpustakaan Pribadi di Rumah

●        Peternakan

Serupa dengan perikanan dan pertanian, peternakan juga menjadi bidang usaha yang akan selalu dibutuhkan masyarakat. Terlebih lagi, kesadaran masyarakat akan gizi dalam daging hewan ternak juga semakin tinggi karena mudahnya akses informasi.

Ada banyak hewan yang bisa Anda pilih jika ingin membangun usaha di bidang ini. Misalnya adalah ayam. Anda bisa mulai dengan membeli ayam dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk belajar dan membiasakan diri merawatnya. Setelah itu, jumlah ayam bisa ditambah sesuai dengan permintaan pasar.

Hewan lain yang bisa dipilih di bidang usaha ini adalah sapi. Ada dua jenis sapi yang bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan permintaan pasar dan keinginan. Jenis pertama adalah sapi perah yang menghasilkan susu. Lalu, ada juga sapi pedaging yang sering dicari oleh restoran maupun umat muslim menjelang Idul Adha.

●        Pariwisata

Pariwisata juga menjadi bidang usaha yang patut Anda pertimbangkan untuk dibangun dengan memanfaatkan hasil Obligasi demi menambah pendapatan. Terlebih lagi bila Anda memang mempunyai wawasan luas di bidang pariwisata.

Beragam usaha dapat dibangun di bidang ini. Misalnya adalah jasa perjalanan wisata yang menyajikan paket-paket tur. Bila mempunyai usaha ini, Anda bisa memilih kota atau bahkan negara mana yang dituju. Jangan lupa untuk menetapkan harga sesuai paket yang ditawarkan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membangun usaha penginapan. Terlebih lagi bila Anda memiliki lahan di daerah wisata. Usaha penginapan ini bisa berbentuk hotel mewah hingga hotel kapsul yang kekinian.

●        Jasa

Setiap hari, masyarakat akan membutuhkan jasa orang lain untuk memudahkan pekerjaannya. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun usaha di bidang ini.

Salah satu usaha yang bisa Anda bangun adalah salon kecantikan. Terlebih lagi bila Anda mempunyai pengalaman atau ilmu khusus di bidang ini. Tak hanya untuk kaum perempuan, Anda juga bisa menyediakan layanan salon untuk pria.

Selain itu, Anda juga bisa mendirikan jasa fotografi. Jasa ini sering dicari oleh masyarakat yang ingin mengabadikan momen dengan cara menarik. Tentu Anda perlu menguasai bidang ini terlebih dahulu sebelum membuka usahanya.

Kesimpulannya, ada banyak bidang usaha yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan pasar. Supaya Anda bisa semakin lancar menjalankan usaha di bidang-bidang tersebut, hasil dari Obligasi Pemerintah bisa dimanfaatkan. Namun sebelum itu, Anda perlu memilih mitra yang tepat untuk berinvestasi seperti perbankan prioritas DBS Treasures.

Bersama DBS Treasures, Anda bisa berinvestasi Obligasi Pemerintah dengan beragam pilihan mata uang, seperti IDR, EUR, dan USD. Anda juga akan memperoleh kupon secara periodik. Tak perlu khawatir, investasi ini dijamin dalam Undang-undang karena diterbitkan pemerintah.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Project), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi, seperti jual, beli, bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Menarik, bukan? Maka dari itu, segeralah investasi Obligasi Pemerintah dengan klik di sini dan bangun usaha demi menambah pendapatan!

Baca juga:

Perbedaan Investasi Sukuk Negara Ritel dengan Sukuk Tabungan

Penting! Hindari Kesalahan Ini saat Investasi Reksadana

7 Tempat Wisata di Italia untuk Habiskan Musim Panas

 

 

Hubungi Kami Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.

Investasi Sekarang Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS