Reksadana Pendapatan Tetap
07 Sep 2023

Tips Untung Maksimal saat Investasi Reksadana

Sebagai investor, apalagi pemula, Anda berhak tahu bagaimana cara agar untung maksimal saat berinvestasi pada Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, ataupun Reksadana Saham.

Hal ini penting Anda lakukan untuk menghindari kerugian saat berinvestasi Reksadana. Meskipun Reksadana tergolong instrumen investasi berisiko rendah, akan tetapi Anda tetap perlu menerapkan beberapa strategi investasi untuk mendapatkan potensi return maksimal.

Tips Penting Agar Meraih Profit Maksimal dalam Investasi

Terdapat beberapa tips penting yang perlu Anda terapkan guna meraih untung maksimal saat berinvestasi pada Reksadana. Berikut adalah daftarnya:

●  Mempersiapkan Dana Darurat

Sebelum fokus untuk mendapatkan profit maksimal Reksadana, para investor seharusnya menyiapkan dana darurat terlebih dahulu. Para pemula dalam investasi mungkin belum sepenuhnya paham tentang apa itu Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) serta durasi investasi terbaik di dalamnya.

Pada dasarnya, berinvestasi pada RDPT termasuk investasi jangka menengah, yaitu sekitar 3-5 tahun. Oleh sebab itu selama periode tersebut, sebaiknya Anda sudah memiliki dana darurat agar tak gusar saat melihat grafik portofolio yang sedang naik turun.

Jangan sampai Anda terus menarik dana investasi dalam RDPT untuk menutupi kebutuhan harian. Jika sudah begini, maka tujuan investasi RDPT Anda pun tak akan terwujud.

Maka tak salah jika banyak investor profesional menyarankan untuk memiliki dana darurat sebelum mulai berinvestasi pada Reksadana. Kehadiran dana darurat juga ini tentu akan membuat Anda lebih aman dan nyaman untuk berinvestasi Reksadana.

●  Menetapkan Tujuan Investasi

Jika Anda sudah mempersiapkan dana darurat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah menetapkan tujuan investasi Reksadana. Tujuan yang jelas akan memaksimalkan potensi keberhasilan investasi Anda.

Sebagai contoh, jika Anda berencana membeli rumah lewat investasi Reksadana 5 tahun yang akan datang, maka mulailah berinvestasi sekarang juga. Pastikan untuk tidak menarik modal investasi Anda selama rentang waktu tersebut. Dengan begitu, keuntungan maksimal berinvestasi Reksadana pun dapat tercapai.

Kemudian, jika membutuhkan kendaraan dalam kurung waktu satu atau dua tahun lagi misalnya, maka silahkan menaruh modal pada instrumen Reksadana Pasar Uang.

Begitu halnya saat mempersiapkan dana pendidikan anak dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, maka cobalah berinvestasi pada Reksadana Saham.

Sebaliknya, tidak konsisten pada tujuan investasi malah hanya akan menghambat terwujudnya impian Anda untuk memiliki hunian idaman, kendaraan impian, dan biaya pendidikan anak.

Mengenali Profil Risiko

Umumnya, setiap jenis instrumen ataupun produk Reksadana memiliki tingkat risiko masing-masing. Mengetahui profil risiko tentu menjadi bagian yang sangat penting bagi para investor, terutama untuk investor pemula.

Secara sederhana, mengenali profil risiko akan lebih memudahkan Anda untuk mengetahui tolak ukur kemampuan dan kesanggupan Anda saat berinvestasi pada instrumen Reksadana yang dipilih.

Reksadana Saham termasuk instrumen Reksadana yang memiliki risiko kerugian paling tinggi di antara jenis Reksadana lainnya. Namun, potensi keuntungan yang didapatkan tentu lebih besar dibandingkan return dari Reksadana Pendapatan Tetap dan Reksadana Pasar Uang. 

Jadi, pastikan untuk fokus pada profil risiko yang dimiliki. Jangan langsung berinvestasi Reksadana padahal tidak mengenal dengan baik profil risiko Anda.

Jika merupakan investor tipe agresif, tentu akan berani menaruh asetnya di dalam instrumen Reksadana Saham. Sebaliknya, tipe investor konservatif dan moderat yang cenderung khawatir dan masih was-was melihat grafik yang fluktuatif lebih memilih Reksadana jenis Pasar Uang dan Reksadana jenis Pendapatan Tetap.

Mengenali profil risiko dengan baik akan membantu Anda dalam mengetahui kebutuhan dan kemampuan finansial yang dimiliki. Investasi jangka panjang tentu membutuhkan instrumen investasi yang berbeda dengan investasi jangka pendek dan juga menengah.

 

●        Memilih Manajer Investasi yang Tepat

Agar bisa meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, Anda juga perlu mempertimbangkan pilihan Manajer Investasi. Memilih Manajer Investasi yang tepat tentu akan memaksimalkan return di dalam portofolio Reksadana Anda.

Oleh sebab itu, Anda perlu lebih jeli dan teliti lagi dalam memilih Manajer Investasi. Bagaimanapun juga, semua dana yang diinvestasikan akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Mengecek legal atau tidaknya Manajer Investasi yang digunakan bisa Anda cek pada website OJK. Tak ada salahnya juga untuk mengecek pengalaman dan kinerja historis dari Manejer Investasi. Hal ini penting dilakukan demi menghindari kerugian yang bisa saja terjadi.

●  Mengecek Legalitas Lembaga Penyedia Reksadana

Tak hanya memeriksa legalitas Manajer Investasi, Anda juga perlu mengecek legalitas lembaga atau pihak yang menyediakan Reksadana sebelum berinvestasi. Umumnya, setiap penyedia Reksadana di tanah air telah mengantongi izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah diverifikasi, pihak OJK pun akan mengeluarkan surat izin kepada lembaga penyedia Reksadana yang dianggap terverifikasi. Jadi, jika Anda menemukan instansi atau badan penyedia Reksadana yang tidak terdaftar dalam situs OJK, maka dapat dipastikan jika lembaga tersebut adalah lembaga yang ilegal.

●  Selalu Belajar dan Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Reksadana

Meskipun sudah mendalami apa itu Reksadana Pendapatan Tetap dan seluk-beluk dunia investasi, Anda tetap perlu belajar lebih banyak lagi tentang dunia investasi termasuk Reksadana.

Bagaimanapun juga, informasi dunia investasi akan terus bertambah dan juga berubah seiring perkembangan zaman mengikuti arus ekonomi yang tengah berlangsung. Oleh sebab itu, Anda perlu membekali diri dengan terus belajar dan tidak cepat puas terhadap ilmu investasi yang didapatkan.

Sebagai contoh, jika Anda sudah benar-benar mengenal jenis-jenis Reksadana dan profil risiko, maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari faktor naik turunnya nilai investasi.

Dengan begitu, Anda akan selalu siap terhadap perkembangan pasar investasi di tanah air. Bukan tidak mungkin jika Anda pun bisa naik level menjadi investor Reksadana sekaligus Saham.

Investasi Reksadana Semakin Praktis bersama Tim Ahli

Jika Anda menginginkan investasi Reksadana yang lebih mudah dan praktis, maka silakan berinvestasi Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Terdapat beberapa keunggulan berinvestasi bersama DBS Treasures yang perlu Anda ketahui.

Keseluruhan dana investasi Anda akan dikelola secara profesional oleh  Manajer Investasi berpengalaman yang bermitra dengan DBS Treasures. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan Reksadana secara maksimal dengan menghindari risiko kerugian saat berinvestasi karena DBS Treasures menyediakan sistem diversifikasi di mana para investor bisa menyebar aset mereka lewat berbagai produk investasi yang disediakan.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Sudah siap untuk berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap dalam waktu dekat ini? Silakan berinvestasi lewat DBS Treasures sekarang juga. Informasi selengkapnya bisa Anda cek di sini.

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.