Reksadana Pasar Uang
07 Jun 2023

Siapkan Dana Darurat untuk Bisnis Pakai RDPU, Bisa?

Reksadana Pasar Uang (RDPU) bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menyimpan dana darurat untuk kepentingan bisnis. Sebenarnya dana darurat tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Bisnis juga perlu memilikinya untuk meminimalisir hal-hal yang merugikan.

Baik perusahaan besar maupun rintisan harus menyiapkan dana darurat untuk mempertahankan kelangsungan bisnis. Jika Anda masih ragu tentang pentingnya dana darurat, sebaiknya simak penjelasan berikut.

Seberapa Penting Dana Darurat untuk Bisnis?

Pengusaha yang sudah berpengalaman biasanya menyiapkan dana darurat dalam bentuk aset investasi. Mengapa harus berbentuk aset investasi? Supaya memberi nilai pertumbuhan untuk menyokong keuangan dan eksistensi bisnis.

Jika belum menyiapkan dana darurat untuk bisnis, mungkin Anda belum tahu manfaatnya. Berikut beberapa fungsi dana darurat untuk keberlangsungan bisnis.

●     Mewujudkan Peluang Bisnis Baru

Setiap pengusaha pasti ingin memperbesar skala bisnisnya. Salah satu caranya yaitu dengan membuat sub-bisnis baru berdasarkan peluang yang berkembang di masyarakat.

Peluang tersebut akan sia-sia jika Anda tidak memiliki dana untuk mewujudkannya. Namun, lain halnya jika Anda memiliki dana darurat, tentu peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memperbesar bisnis.

●     Menjaga Cash Flow Tetap Aman

Sebagai pengusaha Anda harus siap menghadapi segala kondisi pasar yang tidak menentu. Contohnya seperti pandemi Covid-19 pada beberapa waktu lalu, banyak pengusaha yang gulung tikar karena tidak bisa menjaga arus kasnya.

Dengan menyiapkan dana darurat, Anda bisa mengantisipasi masalah tersebut. Cash flow akan tetap aman meskipun kondisi pasar sedang mengalami penurunan drastis karena ada dana cadangan.

●     Mencegah Utang

Menggunakan pinjaman untuk kebutuhan mendesak memang bukan hal yang salah. Tapi jika bisnis sedang terpuruk dan kondisi pasar tidak bagus, maka pinjaman bukan solusi yang tepat karena hanya akan menambah beban Anda.

Ketika bisnis memiliki dana darurat, Anda bisa mengatasi masalah tersebut tanpa perlu mencari pinjaman. Dengan demikian, bisnis Anda tidak akan ketergantungan dengan utang dan bisa berdiri secara mandiri.

●     Membantu Mempertahankan Bisnis

Setiap langkah bisnis yang Anda ambil pasti memiliki risiko di belakangnya. Tentu Anda tidak boleh menyepelekan risiko tersebut karena terlalu yakin dengan proses yang telah dilalui.

Untuk meminimalisir risiko yang kemungkinan terjadi, Anda harus menyiapkan rencana cadangan dan dana darurat. Dengan persiapan yang matang, bisnis tersebut akan tetap bertahan walaupun mengalami masalah yang cukup fatal.

Salah satu instrumen yang tepat untuk menyiapkan dana darurat adalah Reksadana Pasar Uang. Mengapa harus RDPU? Karena jenis Reksadana ini sangat sesuai untuk kebutuhan penyimpanan dana darurat bagi bisnis maupun pribadi.

●     Meminimalisir Kerugian Materi

Hampir semua bisnis pasti pernah mengalami kerugian bahkan dalam jumlah yang lumayan besar. Hal tersebut tidak bisa dihindari karena sudah menjadi bagian dari risiko seorang pengusaha.

Sebenarnya kerugian yang dialami bisnis tidak hanya terkait dengan materi tapi juga bisa dari segi non-materi. Namun, setidaknya dengan menyediakan dana darurat Anda bisa mengantisipasi kerugian materi yang kemungkinan terjadi di masa mendatang.

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat dana darurat untuk bisnis, apakah Anda tertarik menyiapkannya? Sebaiknya simpan dana darurat dalam bentuk aset investasi agar Anda mendapat nilai pertumbuhan.

Tepatkah Reksadana Pasar Uang untuk Investasi Bisnis?

Mungkin masih banyak orang yang bingung mengapa RDPU menjadi instrumen investasi yang tepat untuk menyimpan dana darurat. Sebenarnya karena jenis Reksadana ini lebih rendah risiko bila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Jika Anda ragu menggunakan RDPU untuk menyimpan dana darurat, mungkin Anda masih belum tahu kelebihannya. Supaya yakin coba simak keuntungan menyimpan dana di RDPU berikut ini.

●     Rendah Risiko

Aset investasi yang tepat untuk menyimpan dana darurat bisnis adalah instrumen yang memiliki risiko rendah. RDPU adalah jenis Reksadana yang menawarkan risiko paling kecil di antara jenis Reksadana lain.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir menghadapi naik turunnya harga RDPU yang terlalu signifikan.

Kelebihan ini terjadi karena Manajer Investasi yang mengelola dana investor mengembangkan dana kelolaannya ke investasi Pasar Uang. Pasar Uang termasuk investasi yang memiliki tingkat kestabilan yang baik.

●     Tingkat Likuiditasnya Tinggi

Memiliki tingkat likuiditas yang tinggi merupakan alasan selanjutnya kenapa RDPU menjadi instrumen investasi yang tepat untuk menyimpan dana darurat. Itu artinya, Anda bisa menjual RDPU kapan pun ketika bisnis membutuhkan suntikan dana.

Jadi Anda tidak perlu khawatir saat bisnis tiba-tiba membutuhkan dana untuk suatu hal yang mendesak. Karena investasi ini mudah dicairkan bahkan dalam hitungan waktu yang cukup cepat. 

●     Keuntungan Relatif Stabil

Alasan selanjutnya mengapa RDPU menjadi instrumen investasi yang tepat untuk menyimpan dana darurat, yaitu karena menawarkan potensi keuntungan yang cenderung stabil. Bila dibandingkan Reksadana Campuran dan Reksadana Saham, RDPU relatif lebih aman karena tingkat fluktuasi harganya relatif rendah.

●     Jangka Waktu Fleksibel

Ketika menyimpan dana darurat Anda harus memilih investasi yang memiliki jangka waktu fleksibel. Mengapa harus demikian? Supaya Anda lebih mudah saat melakukan proses pencairan.

Dengan jangka waktu yang fleksibel Anda tidak perlu membayar denda ketika sewaktu-waktu mencairkannya. Lainnya hal jika menggunakan Deposito, tentu Anda akan dikenakan denda saat mencairkannya sebelum tanggal jatuh tempo.

●     Tidak Termasuk Objek Pajak

Berbeda dengan investasi lain, Reksadana termasuk RDPU tidak termasuk objek pajak. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai jumlah keuntungannya karena tidak akan terpotong biaya pajak.

Tentu kelebihan ini cukup menguntungkan karena hasil keuntungannya bisa didapatkan secara penuh. Namun, beberapa RDPU ada yang memberlakukan biaya atau fee redeem saat melakukan pencairan tapi jumlahnya masih tergolong wajar.

Siapkan Dana Darurat Bisnis Melalui DBS Treasures

DBS Treasures akan mendukung Anda mempersiapkan dana darurat bisnis melalui investasi RDPU. Selain menawarkan cara investasi Reksadana Pasar Uang yang mudah, Anda juga akan dipandu untuk mengambil keputusan investasi yang akurat di saat yang tepat.

Masih ragu menyiapkan dana darurat bisnis melalui investasi RDPU? Berikut kemudahan yang akan Anda dapatkan ketika bermitra dengan perbankan prioritas DBS Treasures:

●       Dikelola Profesional

Dana investasi Anda di RDPU akan dikelola oleh Manajer Investasi andal yang sudah berpengalaman.

●       Sajian Informasi Terkait Investasi

Dengan sajian hasil analisis pasar dan peluang investasi terbaru, Anda bisa mengambil langkah investasi dengan tepat dan akurat.

●       Diversifikasi Investasi

Kurangi risiko investasi dengan melakukan penyebaran dana ke beberapa instrumen yang dihadirkan DBS Treasures.

●       Mudah dan Praktis

Dapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi investasi, mulai dari pendaftaran, beli, jual, hingga switching melalui Aplikasi digibank by DBS.

Melalui informasi dari tim ahli finansial, Anda bisa mengetahui hasil analisis pasar dan peluang terbaru yang sudah disesuaikan berdasarkan portofolio dan profil risiko Anda. Tampilan informasi tersebut dibuat secara khusus untuk Anda melalui teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Di dalamnya sudah dilengkapi solusi terkait investasi (grow) dan asuransi (protect). Supaya Anda bisa yakin melangkah lebih cepat mengambil peluang melalui media sesuai preferensi. Ingin tahu lebih lanjut tentang investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures? Anda bisa melihat informasi selengkapnya di sini.