Produk Reksadana
11 Jun 2024

Membangun Rumah Tumbuh bersama Pasangan setelah Menikah

 

Investasi Reksadana memungkinkan Anda untuk mempersiapkan kebutuhan finansial secara optimal. Salah satunya adalah persiapan dana untuk membangun rumah tumbuh bersama pasangan setelah menikah.

Pembangunan rumah seperti ini bisa terasa ringan karena prosesnya bertahap dan pengeluaran dana juga tidak dalam satu waktu. Mari simak lebih lanjut tentang rumah tumbuh dan tips membangunnya!

Apa Itu Rumah Tumbuh?

Sebelum mulai membangun, mari kenali dulu apa sebenarnya yang dimaksud sebagai rumah tumbuh. Rumah tumbuh itu sendiri merupakan rumah yang dibangun secara bertahap.

Proses pembangunan rumah tidak langsung selesai dalam satu waktu. Proses pembangunan akan dilakukan bertahap, mulai dari bagian yang dianggap utama terlebih dahulu.

Setelah tahap pembangunan pertama selesai, maka rumah tersebut bisa digunakan dulu oleh si pemilik. Di waktu yang sudah ditentukan, akan dilakukan tahap pembangunan berikutnya dengan fokus yang berbeda.

Sistem pembangunan rumah tumbuh ini dianggap sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki rumah impian. Prosesnya dilakukan bertahap dan pengeluaran dana juga tidak dilakukan dalam satu waktu.

Dari segi biaya, proses membangun rumah tumbuh bisa jadi terasa lebih ringan dan efisien. Apalagi jika Anda berencana membangun rumah lewat keuntungan investasi di beragam produk Reksadana.

Anda bisa melakukan investasi sambil menunggu proses pembangunan di tahap berikutnya. Jadi, pengeluaran untuk membangun rumah tidak terlalu berat dan bisa direncanakan jauh-jauh hari.

 

Tips Membangun Rumah Tumbuh

Jika Anda tertarik membangun rumah tumbuh bersama pasangan setelah menikah nanti, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Persiapan yang matang sangatlah penting dalam hal ini agar pembangunan berjalan lancar.

Jika direncanakan dengan baik, pembangunan rumah tumbuh tersebut bisa berjalan sesuai rencana dan pemakaian dana juga lebih efektif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat ingin membangun rumah tumbuh.

  • Tentukan Konsep Rumah

Pertama-tama, tentukan dulu konsep rumah seperti apa yang Anda inginkan. Carilah banyak referensi mengenai konsep rumah yang sesuai dengan karakter Anda maupun pasangan.

Namun dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa konsep rumah tersebut bisa diwujudkan melalui proses pembangunan bertahap. Jadi, dapat sesuai dengan proses pembangunan rumah tumbuh yang sudah Anda rencanakan tadi.

Sebagian besar orang yang membangun rumah tumbuh akan memilih konsep rumah minimalis. Konsep minimalis tidak membutuhkan terlalu banyak aksen. Selain itu, konsep ini lebih fleksibel bagi Anda untuk membangun rumah secara bertahap.

Pastikan bahwa pilihan konsep ini sudah tepat sehingga proses pembangunan akan mengikuti konsep tersebut. Nantinya, konsep ini akan menjadi acuan bagi para pekerja yang akan membangun rumah tumbuh Anda.

Baca juga: Upgrade Rumah, Ini 7 Tren Desain Interior di Tahun 2024

  • Hitung Kebutuhan Ruang

Selanjutnya, hitung kebutuhan ruang yang akan Anda gunakan di rumah tersebut. Hal ini sangat penting untuk diperhitungkan sejak awal karena proses pembangunan akan dilakukan bertahap dan butuh perkiraan luas area yang tepat.

Misalnya saja Anda ingin membangun lantai satu terlebih dahulu. Dalam hal ini, Anda perlu memperhitungkan luas area untuk lantai satu dan ruang apa saja yang mungkin dibangun di sana terlebih dahulu.

Pastikan untuk membangun ruang-ruang yang paling penting terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa memperhitungkan kebutuhan ruang untuk lantai dua dan area-area lain di tahap pembangunan berikutnya.

  • Pertimbangkan Struktur Bangunan

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah mempertimbangkan baik-baik struktur bangunan rumah. Rumah tumbuh harus memiliki struktur bangunan yang baik demi mempermudah proses pembangunan di tahap-tahap berikutnya.

Dalam hal ini, tentu Anda perlu berdiskusi dengan arsitek maupun vendor yang bekerja sama dalam proses pembangunan. Pastikan strukturnya mendukung untuk proses pembangunan rumah tumbuh sesuai keinginan.

Itulah mengapa penting sekali untuk membuat desain akhir rumah terlebih dahulu. Meskipun rumah akan dibangun secara bertahap, namun desain akhirnya sudah harus ada sehingga perencanaan struktur bangunannya bisa tepat.

  • Perhatikan Estetika Hunian

Tentunya, Anda juga harus memperhatikan estetika bangunan agar bisa lebih nyaman berada di dalam rumah. Diskusikan dengan pasangan Anda seperti apa suasana rumah yang diinginkan dan bagaimana desain interiornya.

Meskipun ini adalah rumah tumbuh dan pembangunannya bertahap, namun pastikan rumah tetap estetik setelah tahap pertama selesai. Tujuannya agar Anda dan pasangan bisa menempati rumah tersebut sebelum tahap pembangunan berikutnya dimulai.

Faktor estetika hunian ini juga sebenarnya bisa Anda diskusikan dengan arsitek yang bekerja sama. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan desainer interior untuk memastikan rumah tumbuh tersebut nyaman ditempati.

  • Konsultasikan dengan Ahlinya

Penting sekali untuk berkonsultasi dengan mereka yang ahli dan profesional dalam bidang ini. Pembangunan rumah tumbuh mungkin terdengar mudah, namun tentu saja butuh persiapan dan eksekusi yang tepat.

Cobalah untuk berdiskusi dengan semua vendor dan arsitek yang terlibat. Pastikan bahwa mereka tahu rumah ini merupakan rumah tumbuh yang artinya butuh beberapa tahap pembangunan.

Konsultasi dengan orang-orang profesional akan sangat membantu Anda menyelesaikan proses pembangunan. Selain itu, konsultasi juga bisa meminimalkan kesalahan dan membuat pengeluaran dana jadi lebih efisien sampai rumah selesai dibangun.

  • Persiapkan Biaya dengan Matang

Tips berikutnya adalah persiapkan biaya dengan matang karena pasti ada banyak dana yang harus dikeluarkan untuk mewujudkan rumah tersebut. Meskipun bertahap, namun persiapan dana tetap harus dilakukan sebaik mungkin.

Perhitungkan dulu dana untuk pembangunan tahap pertama. Selanjutnya, Anda bisa segera mempersiapkan pembangunan tahap berikutnya sedini mungkin. Persiapan dana ini bisa disesuaikan dengan bagian mana yang ingin dibangun.

Bisa saja, dana yang dibutuhkan pada pembangunan pertama berbeda dengan pembangunan kedua. Hal ini disebabkan oleh proses pembangunan yang berbeda dan bagiannya juga tidak sama.

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Anda perlu berkonsultasi dengan para ahli. Lewat konsultasi tersebut, Anda juga bisa mendapat perhitungan dana yang tepat. Jadi, persiapan dananya lebih efisien dan proses pembangunan berjalan lancar.

Membangun rumah tumbuh membutuhkan persiapan dana yang matang. Melalui investasi Reksadana, Anda bisa mengusahakan pembangunan rumah tumbuh sesuai keinginan. Melalui perbankan prioritas DBS Treasures, investasi ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Tidak perlu ragu untuk berinvestasi Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures, karena pengelolaan investasi dilakukan Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk bisa semakin optimal.

Tidak hanya itu, tersedia diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. Kemudian, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang peluang terkini.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Investasi Reksadana melalui DBS Treasures akan menjadi sebuah pilihan tepat jika Anda berencana membangun rumah tumbuh. Informasi lebih lanjut tentang investasi, klik di sini!

Baca juga:

13 Destinasi Wisata Populer di Osaka yang Wajib Dikunjungi

Wujudkan Pembuatan Jacuzzi di Rumah dengan Reksadana Saham

Ingin Modifikasi Mobil SUV Anda? Perhatikan Tips Ini!

 

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.