Sukuk Negara Retail
05 Jun 2024

Kenali Sukuk Negara Ritel

Berbeda dengan Obligasi, Ini Karakteristik Sukuk Negara Ritel!

Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel

Cara Mudah Berinvestasi di SR020 dan SBR013

 

Sukuk Negara Ritel adalah produk investasi yang ditawarkan pemerintah bagi individu WNI (Warga Negara Indonesia). Sukuk Negara Ritel merupakan investasi yang mudah, relatif aman, dan memiliki peluang keuntungan yang baik. Berbeda dengan Obligasi, investasi ini memberikan keuntungan dengan bagi hasil.

Sukuk Ritel diterbitkan dengan struktur akad ijarah. Investasi ini telah dijamin oleh undang-undang. Bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk diversifikasi portofolio. Investasi Sukuk Ritel bisa diterbitkan oleh lembaga seperti Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Berbeda dengan Obligasi, Ini Karakteristik Sukuk Negara Ritel!

Sukuk Negara Ritel menjadi investasi pilihan bagi banyak orang. Risiko dan keuntungan investasi ini memang dapat dipertimbangkan untuk dipilih. Seperti investasi lainnya, terdapat karakteristik yang bisa Anda ketahui. Mari pelajari selengkapnya di sini!

●     Tersedia untuk Individu WNI

Investasi ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Tujuan sukuk ritel yaitu guna mendukung APBN dan pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

●       Pengelolaan Investasi Berprinsip Syariah

Ditujukan untuk warga Indonesia, Sukuk Ritel memiliki unsur syariah. Dalam hal ini, investasi terhindar dari maysir (judi), riba, hingga gharar atau ketidakjelasan. Investasi ini juga dinyatakan sesuai oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

●       Pemesanan Mulai Rp1 Juta

Sukuk Ritel adalah investasi yang bersifat fleksibel. Anda dapat melakukan investasi dan langsung memesan mulai harga Rp1 juta. Investasi ini juga bisa menjadi opsi jangka menengah dengan waktu 3 dan 5 tahun.

Selama waktu tiga tahun tersebut, Anda dapat memiliki imbalan sesuai kesepakatan ketika memesan instrumen investasi ini. Jadi, Sukuk Ritel memang menjadi pilihan investasi aman dengan imbal hasil yang cukup stabil.

●     Tenor 3 Tahun untuk Seri SR020T3 dan 5 Tahun untuk Seri SR020T5

Sukuk Ritel seri SR020T3 memiliki tenor selama 3 tahun. Sementara itu, seri SR020T5 memiliki tenor selama 5 tahun. Seri ini memiliki tingkat imbalan kupon yang berbeda. SR020T3 memiliki imbalan sebesar 6,40% dan SR020T5 berada di angka 6,30% per tahun. Namun, masa penawaran SR020T3 dan SR020T5 telah berakhir di bulan Maret 2024.

Kini, terdapat penawaran baru dari Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR013T2 dengan tenor 3 tahun dan SBR013T4 yang juga memiliki tenor 5 tahun. Masa Penawaran ini berlangsung dari 10 Juni hingga 4 Juli 2024. SBR juga menjadi investasi yang bisa Anda jadikan pilihan.

Kedua seri ini memiliki minimum pemesanan sebesar Rp1 juta rupiah. Namun, maksimum pemesanan SBR013T2 yaitu Rp5 miliar dan SBR013T4 senilai Rp10 miliar. Pembayaran kupon akan dilakukan pada tanggal 10 setiap bulannya.

●       Bisa Diperjualbelikan di Pasar Sekunder antar Investor Domestik

Investasi ini menjadi perhatian penting untuk investor domestik. Hal ini karena Sukuk Ritel dapat diperdagangkan dengan cukup fleksibel di pasar sekunder. Pencairan di pasar sekunder juga bisa dilakukan kapan saja sehingga investasi ini cocok untuk investor konservatif hingga agresif.

Beberapa ciri di atas menjadi karakteristik yang bisa Anda ketahui sebelum berinvestasi. Sukuk Ritel memang menjadi pilihan tepat dengan imbal hasil jelas dan stabil. Investasi ini juga relatif aman dan dapat menjadi diversifikasi dengan keuntungan Obligasi.

Baca juga: Kenali Istilah Net Asset Value dalam Investasi Reksadana

Keuntungan Berinvestasi di Sukuk Ritel

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat banyak keuntungan ketika berinvestasi Sukuk Ritel. Apa saja keuntungannya? Mari ketahui informasi lengkapnya di sini!

●       Pokok dan Imbalan Dijamin oleh Negara

Investasi Sukuk Ritel memiliki keunggulan yaitu jaminan keamanan dari pemerintah. Investasi ini juga diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2008 tentang SBSN (Surat Berharga Syariah Negara).

Tidak hanya itu, investasi ini juga diatur dalam UU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan begitu, pemerintah menjamin penyerahan imbalan sukuk hingga pembayaran pokok kepada investor. Investor berhak menerima 100% modal atau nilai investasi yang telah mengalami pengurangan berdasarkan perjanjian akad.

Tingkat imbalannya kompetitif, dengan nilai lebih tinggi dibandingkan rata-rata (mean) tingkat bunga deposito.

Tingkat keuntungan yang lebih tinggi ini menjadi salah satu faktor kepopulerannya di kalangan masyarakat.

●       Tingkat Imbalan Tetap

Imbal hasil yang diberikan pada investasi Sukuk Ritel bernilai tetap. Imbal hasil yang tetap akan diterima investor hingga Sukuk Ritel jatuh tempo ataupun dijual pada pasar sekunder.

●       Imbalan Dibayar Tiap Bulan

Imbal hasil Sukuk Ritel dibayarkan setiap bulan kepada investor. Nilai imbal hasil juga tetap seperti yang telah disinggung sebelumnya. Selain itu, adanya imbal hasil rutin ini menjadikan investasi lebih stabil dan cocok untuk investor konservatif.

●       Mendukung Pembiayaan Pembangunan Nasional

Dengan berinvestasi pada instrumen ini, Anda berkesempatan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan memperkuat pasar modal Indonesia. Seperti yang telah diketahui, instrumen ini diterbitkan untuk mendukung pembangunan nasional.

Selain itu, investasi juga mendukung masyarakat untuk investment-oriented society dan tidak berpaku pada saving-oriented society.

Cara Mudah Berinvestasi di  SR020 dan SBR013

Pembelian SR020 dan SBR013 dapat dilakukan secara daring dengan melalui 4 tahap. Anda dapat melakukan registrasi guna melanjutkan pemesanan. Setelah langkah ini selesai, Anda bisa melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi kepemilikan. Pemesanan pembelian kemudian akan tersampaikan dalam sistem elektronik oleh mitra distribusi.

Sukuk Ritel dan Saving Bond Ritel (SBR) memang menjadi investasi pilihan yang perlu dipertimbangkan. Ada banyak keuntungan dan proses yang mudah sehingga investasi ini cukup digemari. Selain investasi tersebut, investasi Obligasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures juga dilirik banyak peminat karena memiliki banyak kelebihan.

Jadi, DBS Treasures menyediakan Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam undang-undang. Tidak hanya itu, Anda dapat memperoleh pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara berkala. Terdapat pula potensi capital gain dan Anda akan ditawarkan kupon yang bersifat kompetitif.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Dapatkan kemudahan investasi dalam satu genggaman! Cukup dengan mengakses Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Jadi, tunggu apalagi? Mari investasi Obligasi segera dan dapatkan keuntungannya. Informasi lengkap mengenai investasi bersama DBS Treasures bisa Anda temukan di sini!

Baca juga:

10 Wisata Menarik Irlandia yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

4 Tips Membeli Ruko dengan Return Reksadana

Menjelajahi Keindahan Machu Picchu dengan Return Reksadana