Kenali Istilah Net Asset Value dalam Investasi Reksadana
05 Feb 2024

Kenali Istilah Net Asset Value dalam Investasi Reksadana

Daftar Isi

Kenali Istilah Net Asset Value dalam Investasi Reksadana             1

Definisi, Fungsi dan Cara Menghitung Net Asset Value                 1

Inilah 3 Peran Penting Net Asset Value dalam Berinvestasi           3

Kesimpulan                                                                                      4

 

Di dalam berinvestasi, khususnya investasi Reksadana, tentu Anda akan menemukan berbagai macam istilah yang patut diketahui. Salah satunya adalah istilah Net Asset Value (NAV), yang banyak dikenal dengan istilah Nilai Aktiva Bersih (NAB).

Bagi seorang investor yang ingin wawasan tentang investasi semakin berkembang, mengetahui dan memahami istilah NAV sangat penting. Hal ini akan bermanfaat di kemudian hari ketika Anda akan mengambil keputusan jual-beli instrumen investasi milik Anda.

Istilah NAV penting untuk dipahami karena ada hubungannya dengan keuntungan investasi Anda. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini tentang definisi  NAV beserta fungsi, cara menghitung, dan peran penting adanya istilah ini pada investasi Anda!

Definisi, Fungsi dan Cara Menghitung  NAV

Istilah NAV wajib dipahami berdasarkan definisinya terlebih dahulu. NAV adalah harga bersih investasi Reksadana yang sedang diperjualbelikan pada pasar uang saat ini. NAV memiliki tiga komponen yaitu kupon, dividen, dan surat berharga, yang mana ketiganya telah dikurangi biaya operasional.

Selain itu, NAV juga digunakan sebagai alat indikator peluang dan kinerja instrumen investasi ini sehingga dapat menjadi tolok ukur untuk menghitung harga per unitnya. Maka dari itu, biasanya waktu yang paling tepat menghitung NAV adalah ketika akhir periode jual beli investasi atau ketika berlaku penutupan periode investasi.

Peran NAV ini sangat penting untuk mengoptimalkan keuntungan investasi Anda. Maka, selain memahami definisi istilahnya, Anda juga wajib memahami fungsi dan cara menghitung NAV. Berikut ini ulasan lengkapnya:

●       Fungsi NAV

NAV menjadi aspek yang memengaruhi keputusan seorang investor ketika memilih instrumen investasi Reksadana ini. Alasannya adalah karena fungsi penting NAV itu sendiri, salah satunya yaitu menjadi tolok ukur total kekayaan aset investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI). Kedua, NAV berfungsi sebagai penentu harga investasi.

Fungsi lainnya adalah memperkirakan total keuntungan yang didapat oleh investor ketika menjual dan mencairkan aset. NAV juga berfungsi untuk memberikan informasi yang lebih detail dan berkaitan dengan produk investasi.

Terakhir, NAV juga berfungsi untuk informasi kepada investor ketika mencari harga unit suatu instrumen investasi. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa semakin rendah harga per unit sebuah investasi, maka belum tentu nilai investasinya lebih baik.

NAV bukan penentu kinerja investasi, jadi Anda tidak dapat menentukan nilai investasi Anda tinggi atau rendah hanya dengan menghitung NAV.

●       Rumus dan Cara Menghitung NAV

Memahami NAV tidak lengkap jika tidak menunjukkan cara menghitungnya. Rumus NAV adalah NAV = (Aset – Total Kewajiban) : (NAV/UP), yang mana jumlah NAV/UP (Unit Penyertaan) biasanya telah ditetapkan oleh OJK yaitu sebesar Rp1.000 dan disesuaikan oleh dinamika pasar.

Jika rumus tersebut diaplikasikan, maka contoh perhitungannya adalah Anda berinvestasi sebesar Rp50 juta dengan NAV per unit Rp1.000 dan biaya Manajer Investasi sebesar 0,1%, maka perhitungannya adalah:

NAV = (Aset – Total Kewajiban) : (NAV/UP)

NAV = (Rp50 juta – (0,1% x Rp50 juta) : (Rp1.000)

NAV = (Rp50 juta – Rp50.000) : (Rp1.000)

NAV = (Rp49.950.000) : (Rp1.000)

NAV = Rp49.950 / unit

Baca Juga: Investor Pemula? Pilih Saja Investasi Reksadana Pasar Uang

Inilah 3 Peran Penting NAV dalam Berinvestasi

Pembahasan mengenai definisi, fungsi, dan cara menghitung NAV secara detail sudah dijelaskan di atas, yang mana selanjutnya Anda mengetahui peran penting NAV. Memahami peran NAV sebenarnya sama seperti memahami fungsinya dalam instrumen investasi Reksadana.

 

Namun, beberapa aspek yang perlu digarisbawahi adalah peran penting keberadaan NAV terhadap aktivitas berinvestasi, yang mana tentunya bertujuan untuk mencapai keuntungan yang optimal. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak peran NAV berikut ini:

●       Tolok Ukur Harga Dasar

Peran adanya NAV pada investasi adalah sebagai tolok ukur harga per unit. Biasanya, setelah total keseluruhan dana investasi dikurangi dengan biaya operasional, maka akan ada harga bersih investasi yang biasanya diumumkan pada pasar uang atau media agar masyarakat umum mengetahuinya.

Cara kerja NAV pada dasarnya cukup sederhana, yang mana investor hanya perlu melihat unit penjualan produk investasi ini dan membelinya. Namun, sekali lagi harus dipahami bahwa harga tersebut tidak menentukan nilai investasi yang Anda dapatkan nantinya.

●       Dapat Memperkirakan Keuntungan

Memperkirakan keuntungan ketika berinvestasi dapat ditentukan dari memahami cara kerja NAV. Hal ini berkaitan dengan perhitungan NAV yang diperoleh berdasarkan dana investasi yang dikurangi oleh biaya operasional selama berinvestasi.

Anda perlu dengan teliti menganalisis dan memperhitungkan berbagai aspek dalam berinvestasi dengan menggunakan NAV. Sehingga, kemungkinan Anda mendapatkan gambaran tentang potensi keuntungan yang didapat akan semakin tinggi.

●       Memberikan Informasi Total Kekayaan

Walaupun pada dasarnya ketika Anda menghitung NAV bukan penentu nilai investasi Anda, namun NAV dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi total kekayaan investasi Anda. Memang, NAV hanya menunjukkan perhitungan aset dasar investasi dan tidak mempengaruhi pilihan instrumen investasi Anda.

Tetapi, NAV dapat membantu Anda untuk mengetahui produk investasi yang dapat memberikan kekayaan atau imbal hasil yang sesuai untuk Anda. Peran NAV sebagai acuan informasi harga per unit produk investasi ini dapat membantu investor untuk memprediksi kekayaan yang akan didapat, khususnya pada investasi jangka sedang dan panjang.

Kesimpulannya adalah bahwa istilah  NAV penting untuk diketahui bagi Anda yang berkutat dengan instrumen investasi Reksadana. Definisi NAV adalah harga bersih investasi yang sedang diperjualbelikan pada pasar uang, memiliki peran dan fungsi yang signifikan pada aktivitas investasi Anda.

Salah satu fungsi NAV adalah agar Anda memilih produk atau instrumen investasi terbaik, dan melakukannya bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Berbagai keunggulannya tidak hanya menguntungkan Anda, tetapi juga meningkatkan kinerja investasi Anda agar mencapai potensi yang maksimal.

DBS Treasures menawarkan beragam kemudahan dan keuntungan. Tersedia diversifikasi yang dapat mengurangi risiko, serta berbagi wawasan tentang investasi yang dapat mendukung investor lebih tepat menentukan aktivitas investasinya. Ada pula Manajer Investasi (MI) yang profesional dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mengelola aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

 

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang berbagai informasi penting dalam investasi Reksadana, maka segera klik di sini!

 

Baca Juga:

Contoh Strategi Diversifikasi Dalam Investasi Reksadana

Tips Untung Maksimal saat Investasi Reksadana

Tips Memilih Reksadana Pendapatan Tetap untuk Diversifikasi

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.