Reksadana Pendapatan Tetap
11 Jun 2024

Jaga Bumi, Ini 8 Ide Usaha Ramah Lingkungan

Jaga Bumi, Ini 8 Ide Usaha Ramah Lingkungan

Usaha Ramah Lingkungan untuk Dibangun dengan Hasil Reksadana Pendapatan Tetap

Memiliki usaha memang menjadi impian bagi banyak orang. Impian tersebut pun bisa diwujudkan sembari menjaga bumi. Caranya dengan membangun usaha ramah lingkungan menggunakan hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap.

Lantas, usaha ramah lingkungan apa saja yang bisa dibangun untuk menjaga bumi sekaligus menambah pendapatan? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Usaha Ramah Lingkungan untuk Dibangun dengan Hasil Reksadana Pendapatan Tetap

Pemanasan global adalah masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dunia saat ini. Oleh sebab itu, masyarakat melakukan beragam cara untuk mengatasinya. Dengan demikian, bumi tetap terjaga dan generasi masa depan bisa menikmatinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membangun usaha ramah lingkungan. Berikut beberapa idenya yang bisa Anda pertimbangkan:

●       Pertanian Organik

Usaha pertama yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjaga lingkungan adalah pertanian organik. Dalam menjalankan usaha ini, Anda tak memakai pupuk atau bahan-bahan lain yang mengandung zat kimia. Jadi, semuanya dilakukan secara alami.

Dengan cara ini, pertanian organik dapat menjaga lingkungan dengan lebih baik. Selain itu, konsumen juga terhindar dari zat-zat kimia yang membahayakan saat mengonsumsinya sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Kedua alasan di atas membuat banyak konsumen yang mengincar hasil pertanian organik. Bahkan, jumlahnya pun kian meningkat dari waktu ke waktu. Itulah mengapa pertanian organik menjadi salah satu usaha dengan prospek menarik.

●      Produksi Pupuk Kompos

Usaha lain yang bisa Anda bangun dengan memanfaatkan hasil dari investasi Reksadana Pendapatan Tetap adalah produksi pupuk kompos. Pupuk kompos sendiri adalah pupuk organik yang dibuat dari sisa tanaman atau hewan. Cara pembuatannya dengan memanfaatkan organisme hidup.

Dengan memproduksi pupuk kompos, Anda bisa mendaur ulang sisa tanaman atau hewan agar tak terbuang begitu saja sehingga menjadi lebih bermanfaat. Selain itu, pupuk kompos dinilai lebih aman bagi lingkungan dan tanaman karena tak mengandung bahan kimia.

Tak hanya itu saja, permintaan pasar akan pupuk kompos juga semakin meningkat. Hal ini terjadi seiring semakin banyaknya para pengusaha yang membangun pertanian organik demi menjaga lingkungan dan kesehatan.

●      Peralatan Makan Ramah Lingkungan

Peralatan makanan adalah sesuatu yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap orang. Menariknya, saat ini banyak orang yang memilih peralatan makanan ramah lingkungan. Hal ini membuat permintaannya menjadi cukup tinggi di pasaran.

Selain dibeli untuk kebutuhan sehari-hari, peralatan makan ramah lingkungan juga kerap menjadi suvenir yang cantik untuk berbagai acara seperti resepsi pernikahan. Hal ini turut meningkatkan permintaan pasar.

Peralatan jenis ini tidak dibuat dari logam seperti pada umumnya, tetapi dari serat bambu. Itulah mengapa peralatan makan tersebut lebih ramah lingkungan termasuk ketika telah tidak terpakai.

●      Katering Sehat

Banyak orang yang ingin makan makanan sehat demi menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan. Sayangnya, tak semua orang mempunyai waktu untuk memasak makanannya sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, usaha katering sehat dibutuhkan.

Usaha ini bisa dibangun dengan memanfaatkan hasil dari Reksadana Pendapatan Tetap. Dalam menjalankannya, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan-bahan sehat tanpa zat kimia yang dapat mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan. Gunakan juga kemasan selain plastik dan sterofoam sehingga lebih ramah lingkungan.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan usaha ini adalah membuat daftar menu yang berbeda setiap harinya. Dengan demikian, konsumen tidak bosan dengan makanan dari usaha Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta masukan dari konsumen terkait menu apa yang diinginkan.

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Populer di Osaka yang Wajib Dikunjungi

●      Toko Sepeda

Saat ini, ada banyak orang yang semakin sadar akan bahaya emisi kendaraan bermotor bagi lingkungan. Hal ini membuat orang-orang tersebut berusaha untuk menguranginya. Salah satunya adalah dengan menggunakan sepeda.

Tak hanya itu saja, banyak orang tua juga membelikan anaknya sepeda sebagai alat transportasi. Pembelian sepeda bisa terus berlanjut sesuai pertumbuhan anak. Kedua alasan inilah yang membuat permintaan akan sepeda menjadi cukup tinggi.

Itulah mengapa toko sepeda menjadi usaha ramah lingkungan yang menjanjikan sehingga patut Anda pertimbangkan. Jangan lupa untuk menyediakan sepeda berkualitas agar konsumen puas dengan produk yang dibeli.

●      Toko Bahan Makanan Organik

Kemajuan zaman membuat masyarakat bisa memperoleh informasi dengan cepat. Begitu pula informasi tentang pentingnya makanan organik bagi kesehatan tubuh dan lingkungan. Maka dari itu, banyak orang yang beralih ke makanan organik sebagai konsumsinya di kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun toko bahan makanan organik. Toko ini bisa Anda bangun di tempat-tempat strategis, seperti pusat kota dan dekat pemukiman.

Dalam menjalankan usaha ini, pastikan Anda menjual bahan-bahan makanan organik saja. Dengan demikian, Anda harus mengeceknya ke distributor terkait asal usul makanan tersebut. Jadi Anda bisa menjamin ke konsumen bahwa bahan-bahan tersebut memang organik dan berkualitas.

●      Pengolahan Limbah

Setiap harinya, manusia menghasilkan limbah dari aktivitas di kehidupan sehari-hari. Sayangnya, limbah bisa merusak lingkungan bila tidak diolah dengan maksimal. Di sisi lain, banyak orang yang masih kesulitan dalam mengolahnya.

Untuk mengatasi masalah-masalah ini, Anda bisa membangun usaha pengolahan limbah. Misalnya adalah pembuatan kerajinan dari kemasan plastik. Jadi tak hanya mengatasi limbah saja, Anda juga bisameraih pemasukan dari limbah yang sudah diolah.

●       Barang Preloved Branded

Barang preloved branded adalah usaha yang banyak dilirik oleh masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan masyarakat dapat memperoleh barang bermerek dan mewah dengan harga lebih terjangkau melalui usaha ini.

Menariknya, usaha ini bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga lingkungan. Hal ini disebabkan usaha tersebut dapat mencegah barang preloved yang masih bagus terbuang begitu saja dan mengotori lingkungan. Itulah mengapa usaha ini patut Anda pertimbangkan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada banyak ide usaha ramah lingkungan yang bisa Anda gunakan. Ide tersebut bisa Anda pilih sesuai keinginan dan target pasar yang ingin dicapai.

Supaya usaha Anda berjalan dengan lancar, Anda dapat mendukung modalnya dengan keuntungan investasi Reksadana. Jika Anda belum pernah berinvestasi dengan instrumen satu ini, maka segera lakukan dengan mitra yang tepat yaitu perbankan prioritas DBS Treasures.

Mitra satu ini menyediakan beragam jenis Reksadana. Mulai dari Saham, Pasar Uang, hingga Pendapatan Tetap. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan untuk investor.

Tersedia Manajer Investasi terkemuka yang senantiasa mengelola investasi Anda, sehingga performanya semakin optimal. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang analisis pasar serta peluang terkini. Anda pun bisa mengurangi risiko melalui diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching,bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera investasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures dan bangunlah usaha ramah lingkungan! Untuk mengakses informasi detail tentang investasi, klik di sini!

Baca juga:

Miliki Bioskop Pribadi Impian dengan 6 Tips Ini!

13 Destinasi Wisata Populer di Osaka yang Wajib Dikunjungi

Wujudkan Pembuatan Jacuzzi di Rumah dengan Reksadana Saham


Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.