Reksadana Pendapatan Tetap adalah
10 Jun 2024

Buat Rumah Menyenangkan, 9 Tips Membangun Kolam Renang

Buat Rumah Menyenangkan, 9 Tips Membangun Kolam Renang

Tahapan Membangun Kolam Renang dengan Reksadana Pendapatan Tetap

 

Ada berbagai cara untuk membuat rumah semakin menyenangkan. Salah satunya adalah membangun kolam renang dengan memanfaatkan hasil Reksadana Pendapatan Tetap. Tak hanya menyenangkan, kolam renang juga bisa sebagai sarana olahraga bagi anggota keluarga.

Namun sebelum memulainya, Anda perlu mempelajari tahapan apa saja yang perlu dilalui untuk membangun kolam renang. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya dan buatlah kolam renang terbaik di rumah Anda!

Tahapan Membangun Kolam Renang dengan Reksadana Pendapatan Tetap

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lalu untuk membangun kolam renang, berikut uraian selengkapnya.

●      Tentukan Lokasi

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan lokasi dari pembangunan kolam renang. Umumnya, halaman belakang digunakan untuk membangun kolam renang tersebut. Namun, tak menutup kemungkinan Anda menggunakan bagian rumah lainnya, seperti halaman samping.

Tak hanya memilih, Anda juga perlu mengukur luas dari lokasi tersebut. Pengukuran luas lokasi bisa menjadi penentu ukuran dan model dari kolam renang yang dibangun nantinya.

Dalam tahap ini, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor agar mempunyai gambaran yang jelas terkait kolam renang yang akan dibangun.

●      Ukur Luas Kolam Renang

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengukur seberapa luas lahan yang akan digali untuk dibangun membangun kolam renang dengan memanfaatkan hasil investasi Reksadana Pendapatan Tetap.

Tentu saja, tidak semua lahan kosong bisa digunakan untuk membangun kolam renang, karena setidaknya Anda perlu area untuk berjalan. Selain itu, Anda juga membutuhkan area untuk masuk dan keluar kolam renang.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mulai menentukan jika membutuhkan area lain dalam tahap ini. Misalnya adalah area untuk diberi tempat bersantai.

●      Tentukan Desain

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan adalah menentukan desain dari kolam renang tersebut. Anda bisa melihat berbagai referensi di internet maupun rumah kerabat terkait desain kolam renang tersebut. Lalu, Anda bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Desain yang Anda inginkan bisa didiskusikan dengan kontraktor. Nantinya, kontraktor akan membantu untuk membuat desain dengan mempertimbangkan konstruksinya, seperti ketebalan beton yang dibutuhkan.

Jadi, desain kolam renang bukan hanya sekedar estetika, namun juga apakah bisa dibangun sesuai dengan konstruksi yang dibutuhkan. Jika memang tidak memungkinkan, kontraktor bisa menyarankan Anda untuk mengganti desain.

●      Mulai Menggali Tanah

Setelah ukuran dan desain sudah siap, maka pembangunan kolam renang dilanjutkan ke pembuatan pembatas. Tujuannya sebagai tanda bagi para pekerja, baik ukuran maupun bentuk kolam renang yang harus dibangun. Anda perlu menyetujui pembatas tersebut untuk meminimalisir kesalahan pekerjaan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada pipa air atau hal-hal lain yang ada di dalam tanah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir kerusakan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain selama pembangunan.

Jika semua sudah aman, maka penggalian tanah bisa dimulai. Biasanya, alat berat seperti ekskavator akan dibutuhkan untuk menggali tanah. Jadi, pastikan area rumah Anda bisa dimasuki alat berat tersebut.

●      Buat Bekisting dan Fondasi

Langkah selanjutnya yang bisa ditempuh adalah pembuatan bekisting. Bekisting adalah cetakan sementara yang dibuat dari besi baja.

Tujuannya untuk menahan beton selama proses pengecoran sehingga ukuran dan pola yang dibentuk dapat sesuai dengan keinginan. Bekisting ini dipasang hingga cor telah kering.

Setelah bekisting selesai, fondasi pada kolam renang dapat dibangun. Fungsinya untuk menjaga konstruksi kolam renang tersebut agar tetap kokoh dan menahan air agar tidak merembes. Oleh sebab itu, material yang kuat sesuai dengan berat kolam renang bisa digunakan.

Pembangunan fondasi biasanya bersamaan dengan dinding kolam renang. Material yang digunakan pun harus kuat dan tahan lama.

Baca juga: Wujudkan Pembuatan Jacuzzi di Rumah dengan Reksadana Saham

●      Perhatikan Sirkulasi Air dan Kelistrikan

Anda perlu memperhatikan sirkulasi agar air bisa keluar dan masuk dengan aman dan tidak bocor. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tukang pipa profesional untuk mengatasinya. Bila perlu, carilah tukang yang berlisensi agar hasil pekerjaannya dapat dipertanggungjawabkan dan berkualitas.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelistrikan kolam renang. Kelistrikan ini tak hanya digunakan untuk pencahayaan, namun juga penyaringan air. Tentu, Anda juga memerlukan tukang profesional dalam pengaturan kelistrikan ini karena bisa mengancam nyawa jika ada kesalahan.

●      Pengecoran dan Plester

Setelah sirkulasi air dan kelistrikan sudah aman, maka pengecoran bisa dilakukan. Dengan pengecoran, konstruksi kolam renang dapat menjadi semakin kuat. Selain itu, pengecoran juga bisa menahan air agar tidak roboh dan mencegah tanah maupun tepi kolam renang agar tidak roboh.

Selesai pengecoran, plastering bisa dilakukan. Tujuannya untuk melapisi bagian yang telah dicor. Biasanya, bahan yang digunakan adalah pasir halus dan semen. Agar plester semakin kuat dan tidak mudah bocor, lapisan waterproofing perlu ditambahkan di permukaannya. Dalam tahap ini, tangga kolam renang juga akan dipasang.

●      Finishing

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan saat membangun kolam renang adalah finishing. Dalam tahapan ini, keramik akan dipasang ke permukaan kolam renang agar terlihat estetik.

Selain keramik, ada bahan lain yang bisa dipilih dalam tahapan ini. Misalnya adalah batu alam, mosaik kaca, hingga batu sikat. Anda dapat memanfaatkan hasil investasi Reksadana Pendapatan Tetap sebagai dukungan dana untuk membeli material berkualitas.

●      Dekorasi

Tahap terakhir dari pembangunan kolam renang adalah dekorasi. Dalam tahapan ini, Anda bisa menambahkan berbagai perabot untuk menghias area kolam renang. Misalnya adalah kursi santai, meja, dan payungnya.

Selain itu, Anda juga bisa membangun jalan dari area kolam renang menuju bangunan utama. Di sekitarnya, Anda bisa menanam berbagai bunga.

Berbagai tahapan di atas perlu dipahami dengan baik agar pembangunan kolam renang berjalan dengan lancar. Diskusikan tahapan-tahapan tersebut dengan jasa kontraktor tepercaya. Selain itu, untuk mempermudah pembangunannya, Anda bisa memanfaatkan hasil investasi Reksadana berjenis Pendapatan Tetap. Apakah itu?

Reksadana Pendapatan Tetap adalah instrumen yang sebagian besar portofolionya diinvestasikan ke instrumen pendapatan tetap. Contohnya adalah Surat Berharga dan Obligasi. Jika Anda tertarik, cobalah berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Mitra satu ini menawarkan kemudahan dan keuntungan dalam berinvestasi.

Pengelolaan investasi dari pihak profesional, yaitu Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk semakin optimal. Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan, mulai dari cara kerja Reksadana, analisis pasar, hingga peluang terkini. Selain itu, Anda bisa mengurangi risiko melalui diversifikasi dana ke berbagai jenis aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Kemudahan berinvestasi dalam genggaman. Anda bisa mengandalkan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Segera lakukan investasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures dan manfaatkan hasilnya untuk bangun kolam renang impian. Informasi lebih lanjut, klik di sini!

Baca juga:

Jenis-Jenis Investasi yang Tepat untuk Pengusaha

Kunjungi 11 Pulau di Indonesia untuk Pengalaman Luar Biasa

6 Pantai Terbaik di Australia, Liburan Eksotis dan Indah!


Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.