jenis Reksadana
04 Sep 2023

Buat Rencana Finansial Sekarang! 5 Hal Ini Wajib Masuk

Sudah memasuki kuartal ketiga tahun 2023, itu artinya untuk Anda yang belum membuat perencanaan keuangan, Anda perlu segera membuatnya. Hal ini perlu dilakukan agar nantinya Anda bisa melakukan evaluasi ulang terhadap perencanaan tersebut dan juga kondisi finansial yang Anda miliki.

Tidak hanya itu, melakukan perencanaan keuangan juga dapat membuat Anda mengetahui seberapa besar kemampuan untuk berinvestasi, seperti misalnya investasi Reksadana. Dengan fungsinya yang sangat bermanfaat tersebut, artikel ini akan mencoba membahas terkait cara yang bisa dilakukan dan hal yang wajib dimasukkan ketika hendak merencanakan keuangan.

Selengkapnya mengenai pembahasan tersebut dapat Anda simak pada poin-poin penjelasan di bawah ini.

Hal yang Harus Dilakukan dalam Merencanakan Keuangan

Untuk bisa melakukan perencanaan keuangan, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar hasilnya tepat dan sesuai dengan target tujuan. Hal yang dimaksud antara lain:

●       Memahami Kondisi Keuangan Setiap Bulannya

Pertama-tama ketika hendak menyusun perencanaan keuangan, yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu yaitu harus memahami kondisi keuangan setiap bulannya.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu untuk melakukan analisis untuk mengevaluasi kondisi keuangan tersebut dengan menggunakan kondisi yang melingkupi Anda sekarang, mulai dari kondisi keluarga, kondisi pekerjaan, kondisi kesehatan dan sebagainya.

●       Menentukan Tujuan Keuangan

Tentunya untuk bisa membuat perencanaan keuangan, Anda perlu untuk menentukan berbagai tujuan keuangan yang ingin Anda capai. Tujuan keuangan ini bisa dalam bentuk apa saja.

Contohnya mulai dari dana kesehatan, dana pernikahan, dana pendidikan, dana untuk membeli rumah, dana darurat dan sebagainya.

●       Menyusun Rencana Keuangan dan Cara untuk Mencapainya

Setelah mengetahui kondisi keuangan dan macam-macam tujuan keuangan, berikutnya Anda perlu menyusun rencana keuangan tersebut serta cara untuk mencapainya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mencapai tujuan keuangan tersebut, misalnya dengan melakukan investasi Reksadana. Tentunya sebelum berinvestasi, Anda perlu menyesuaikannya dengan kondisi keuangan terlebih dahulu.

●       Menentukan Prioritas Keuangan dan Menjalankan Rencana Keuangan

Apabila rencana keuangan sudah disusun, maka Anda hanya perlu menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Kemudian agar tujuan keuangan bisa tercapai dalam waktu yang tepat, maka Anda perlu memilah prioritas keuangan dengan baik.

Tentunya rencana keuangan ini akan semakin baik apabila Anda memiliki dana darurat untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

●       Mengevaluasi Rencana Keuangan

Kemudian cara terakhir dalam proses pembuatan rencana keuangan yaitu Anda perlu mengevaluasinya agar rencana tersebut pada akhirnya bisa tepat dan sesuai untuk semua aspirasi Anda.

Hal yang Harus Masuk dalam Rencana Keuangan

Setelah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam merencanakan keuangan, berikutnya Anda juga perlu tahu terkait hal-hal yang seharusnya masuk dalam rencana keuangan tersebut. Apa saja hal yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

●       Rencana Dana Kesehatan

Rencana dana kesehatan penting sekali untuk dimasukkan dalam rencana keuangan Anda. Meskipun Anda sudah memiliki asuransi, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga apabila ada biaya pengobatan yang sekiranya tidak ditanggung oleh asuransi Anda tersebut.

●       Rencana Dana Pendidikan

Hal penting lainnya yang juga perlu Anda masukkan ke dalam rencana keuangan yaitu berkaitan dengan dana pendidikan. Dana pendidikan ini terutama perlu dimasukkan apabila status Anda saat ini telah berkeluarga dan memiliki anak.

●       Rendana Dana Pernikahan

Apabila status Anda masih lajang, maka Anda dapat memasukkan dana pernikahan ke dalam rencana keuangan. Dengan begitu, Anda jadi bisa mewujudkan pernikahan impian dengan dana pribadi.

●       Rencana Dana Darurat

Tidak kalah penting dengan dana-dana sebelumnya, dalam rencana keuangan yang hendak dibuat, Anda perlu memasukkan dana darurat apabila terjadi risiko yang tidak terduga.

●       Rencana Dana untuk Hunian

Semua orang pasti ingin memiliki hunian pribadi. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan memasukkan dana untuk kebutuhan hunian, seperti membeli rumah beserta interiornya ke dalam rencana keuangan yang dibuat.

Meski beberapa poin di atas dinilai sebagai hal yang perlu untuk dimasukkan ke dalam darurat, namun sebaiknya Anda tidak berfokus pada hal-hal tersebut saja. Anda bisa memasukan rencana pengeluaran yang lain seperti dana untuk rekreasi, dana membeli kendaraan, dan lain sebagainya.

Manfaat Membuat Rencana Keuangan

Pada poin ini akan dijelaskan tentang manfaat dari membuat rencana keuangan. Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan membuat rencana keuangan antara lain:

●       Dapat Mengetahui Kondisi Keuangan

Dengan membuat rencana keuangan, Anda jadi bisa mengetahui kemampuan finansial yang dimiliki serta apakah kondisi keuangan Anda saat ini dalam keadaan sehat atau tidak. Selain itu, menyusun rencana keuangan juga membuat Anda jadi bisa tahu alokasi dana kebutuhan secara lebih jelas.

●       Dapat Membantu Menentukan Prioritas

Manfaat lainnya yang juga bisa dirasakan dengan membuat rencana keuangan, yaitu jadi bisa membantu Anda dalam menentukan prioritas. Rencana keuangan yang disusun dengan detail beserta jangka waktunya membuat Anda lebih mudah menentukan alokasi dana yang dibutuhkan.

●       Dapat Mengetahui Kebutuhan Finansial Masa Depan

Anda jadi bisa merencanakan kebutuhan finansial di masa depan dengan membuat rencana keuangan dari sekarang, sebagai contoh untuk kebutuhan membeli rumah maupun untuk dana pensiun.

●       Dapat Menjadi Motivasi

Anda juga bisa menjadikan rencana keuangan yang sudah disusun sebagai motivasi demi mencapai tujuan-tujuan keuangan yang Anda miliki.

Capai Tujuan Keuangan dengan Berinvestasi Reksadana

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mencapai tujuan keuangan yaitu dengan berinvestasi. Apabila Anda tertarik, Anda dapat mencoba investasi dengan mempertimbangkan beberapa instrumen jenis Reksadana.

Bersama mitra yang tepat seperti perbankan prioritas DBS Treasures, Anda akan didukung untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda akan mendapatkan wawasan yang bisa digunakan untuk memandu Anda selama berinvestasi dari tim finansial yang sudah ahli dalam menyampaikan analisis pasar dan peluang terbaru. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati kemudahan transaksi melalui satu Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses melalui perangkat yang terkoneksi ke internet.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana bersama DBS Treasures, Anda dapat mempelajari syarat dan prosedurnya di sini.