Reksadana
05 Sep 2023

Bangun Vila Atau Mansion dari Profit Reksadana?

Apabila bicara mengenai hunian, semua orang pasti menginginkan yang terbaik. Selain dalam bentuk rumah, ternyata ada beberapa tipe hunian lain yang bisa dijadikan sebagai opsi untuk ditinggali.

Opsi hunian yang dimaksud dan akan dibahas pada artikel ini yaitu vila dan mansion. Memiliki vila atau mansion tentunya menghadirkan kenyamanan dari penghuninya.

Pasalnya, kedua tipe hunian tersebut biasanya diisi fasilitas yang lengkap dan juga kemewahan yang bisa dinikmati.

Untuk bisa membangun vila maupun mansion yang nyaman, tentunya diperlukan modal yang besar. Namun jangan khawatir, sebab sekarang ini Anda bisa memanfaatkan keuntungan dari investasi seperti Reksadana sebagai dana tambahan untuk mewujudkan hunian impian.

Meskipun keduanya sama-sama bisa menjadi hunian impian, namun vila dan mansion ini ternyata memiliki beberapa perbedaan. Selengkapnya, dapat Anda simak pada poin-poin di bawah ini.

Mansion dan Vila, Apa Bedanya?

Mendengar kata mansion dan juga vila, pasti sedikit banyak dari Anda sudah dapat membayangkan tempat seperti apa masing-masing dari kedua hunian tersebut.

Seperti yang kita ketahui, vila merupakan salah satu tipe hunian yang umumnya digunakan sebagai tempat untuk menginap dengan menawarkan kelebihan dalam bentuk pemandangan alam yang indah dan juga rasa tenang untuk siapa saja yang menghuninya.

Sementara mansion sendiri diartikan sebagai tipe hunian yang menawarkan kemewahan fasilitas serta ukuran yang begitu luas.

Namun patut diingat bahwa hunian yang mewah dan juga besar tidak semata-mata dapat disematkan dengan sebutan mansion. Pasalnya, ada beberapa ciri penting yang biasanya harus dimiliki oleh sebuah hunian untuk bisa dikategorikan sebagai mansion.

Sebuah rumah atau hunian baru bisa dikategorikan sebagai sebuah mansion apabila memiliki ciri-ciri seperti memiliki luas lebih dari lima ratus meter persegi (500 m2) dan juga memiliki fasilitas lengkap dan mewah.

Untuk bisa lebih mengenal apa itu sebuah mansion, berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan antara mansion dan juga vila.

●       Dilihat dari Faktor Ukuran

Salah satu faktor yang membedakan mansion dengan vila, yaitu dapat dilihat dari ukurannya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, luas minimal sebuah hunian dapat disebut sebagai mansion ialah berukuran lebih dari 500 m2.

Keseluruhan luas mansion apabila digabungkan dengan luas tanahnya bisa saja mencapai 2000 m2 atau bahkan lebih.

Sementara untuk vila, tidak ada patokan ukuran luasnya. Artinya yaitu luas dari sebuah vila lebih bervariasi. Anda dapat membangun vila menyesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.

●       Dilihat dari Faktor Lokasi

Selain dapat dilihat dari ukurannya, perbedaan mansion dengan vila juga dapat dinilai dari lokasi pembangunan dari kedua hunian tersebut.

Pada umumnya, mansion dibangun di lokasi perkotaan. Dengan lokasi ini, maka tidak heran apabila sebuah mansion memiliki jangkauan yang dekat dengan berbagai fasilitas umum.

Hal ini tentunya berbeda dengan vila. Biasanya vila dibangun dengan lokasi di luar kawasan perkotaan.

Dengan lokasi ini, keuntungan yang ditawarkan apabila menempati sebuah vila, yaitu Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan juga ketenangan karena jauh dari pusat kota.

●       Dilihat dari Faktor Fasilitas

Satu lagi perbedaan antara vila dan mansion, yaitu dapat dilihat dari faktor fasilitasnya. Umumnya, fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah mansion akan lebih lengkap apabila dibandingkan dengan sebuah vila.

Beberapa fasilitas yang biasanya disediakan pada sebuah mansion antara lain, yaitu ruangan hiburan, ruangan spa, hingga kualitas interior dan furnitur yang umumnya menggunakan kelas mewah.

Nah, itu dia beberapa faktor yang menjadikan tipe hunian mansion dengan vila itu berbeda. Dari pembahasan di atas, tipe hunian mana yang membuat Anda lebih tertarik?

Tips Memilih dan Mendesain Mansion

Setelah mengetahui perbedaan dari mansion dan vila, apakah Anda sudah menentukan tipe hunian seperti apa yang ingin dimiliki?

Poin ini akan mencoba membahas mengenai tips-tips yang dapat diaplikasikan apabila Anda tertarik untuk membangun sebuah mansion. Beberapa tips untuk memilih dan juga mendesain sebuah mansion yaitu sebagai berikut:

●       Menyesuaikan dengan Budget

Tips penting ketika sedang berpikiran untuk membeli atau membangun sebuah mansion, yaitu Anda perlu menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki terlebih dahulu.

Dengan mengetahui besaran budget yang dimiliki, maka nantinya Anda jadi bisa lebih mudah untuk menyortir desain mansion seperti apa yang paling tepat.

Apabila Anda membutuhkan dana untuk menambahkan budget pembangunan mansion, maka Anda bisa mewujudkannya dengan melakukan investasi seperti Reksadana sebagai salah satu solusi yang bisa dicoba.

●       Menentukan Karakter Bangunan

Tips tak kalah penting lainnya untuk bisa mewujudkan pembangunan mansion mewah, yaitu Anda perlu menentukan karakter bangunan yang ingin diaplikasikan ke mansion tersebut.

Supaya bisa menemukan karakter bangunan yang tepat, Anda bisa melihat beberapa referensi mansion yang akan dijelaskan pada poin pembahasan selanjutnya.

●       Menyesuaikan dengan Selera

Selain perlu menentukan karakter bangunan, agar bisa mewujudkan hunian impian, Anda perlu juga untuk menyesuaikan dengan selera yang dimiliki.

Selera tersebut dapat diaplikasikan pada banyak komponen mulai dari pemilihan desain, pemilihan interior, maupun pemilihan furnitur yang nantinya akan digunakan.

●       Wujudkan Fasilitas yang Diinginkan

Satu lagi tips agar berhasil mewujudkan hunian mewah dalam bentuk sebuah mansion, yaitu Anda bisa memilih jenis fasilitas apa saja yang sekiranya diinginkan untuk disediakan di mansion tersebut.

Dengan begitu, Anda jadi akan lebih nyaman untuk menghuni mansion tersebut karena sudah sesuai dengan setiap fasilitas yang dibutuhkan.

Inspirasi Desain Mansion Mewah

Untuk Anda yang tertarik memiliki sebuah mansion, tentunya ingin mewujudkan sebuah mansion dengan desain yang sesuai dengan selera. Oleh karena itu, pada poin ini akan diberikan beberapa inspirasi desain yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk mansion mewah Anda.

Beberapa desain mansion mewah di dunia yang dapat Anda lirik tersebut antara lain:

●       Mansion di Amerika

Referensi desain mansion pertama yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi, yaitu sebuah mansion di Amerika. Mansion ini diketahui berlokasi di California, Amerika Serikat.

Bicara soal mansion, tentunya fasilitas yang ditawarkan sudah tidak diragukan lagi. Pada mansion ini, Anda dapat menemukan fasilitas berupa 20 kamar tidur, 5 kolam renang, ruang untuk bermain bowling, dan sebagainya.

Dengan fasilitas tersebut, mansion ini diketahui bernilai mencapai 500 juta USD atau sekitar Rp7 triliun.

●       Mansion di Korea Selatan

Jika Anda menyukai suasana di negara Korea Selatan, Anda juga dapat menemukan banyak mansion di beberapa kawasan elit di sana.

Salah satu yang menarik, yaitu mansion yang diketahui sudah dibangun sejak tahun 2008 dan berlokasi di area Gyeonggi-do.

Dengan mengusung konsep modern kontemporer, mansion ini sangat memanjakan mata karena desainnya yang cantik untuk dipandang.

Tidak hanya itu, lokasi dari mansion ini yang terletak di sebuah pulau juga membuat pemandangan yang disaksikan sangat menakjubkan.

●       Mansion di Australia

Mansion mewah dengan desain menarik berikutnya dapat Anda temukan di Sydney, Australia. Mansion ini diketahui merupakan milik dari keluarga Fairfax yang sudah diwariskan ke beberapa keturunannya hingga saat ini.

Dikenal dengan nama Fairwater, desain yang digunakan oleh mansion mewah satu ini merupakan desain klasik. Meskipun demikian, Anda tetap dapat melihat kemewahan yang dipancarkan dari salah satu hunian termahal di Australia ini.

●       Mansion di Italia

Mansion mewah di Eropa salah satunya terdapat di Italia. Selain fasilitas mewah yang ditawarkannya, mansion ini juga terkenal memiliki pemandangan cantik yang begitu luas seperti tidak terbatas.

Lokasi tepat dari mansion ini berada di Amalfi Coast. Bangunannya yang sangat megah ini didukung juga dengan ketersediaan taman yang asri yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai.

●       Mansion di Prancis

Satu lagi mansion mewah yang terdapat di Benua Eropa, yaitu berlokasi di French Riviera, sebelah tenggara Prancis. Dibangun sejak tahun 1931, maka wajar saja jika mansion ini sudah mengalami pergantian beberapa pemilik.

Dengan luas mencapai 7,3 hektar, Vila Leopolda ini diketahui sebagai hunian dengan harga selangit yang menjadikannya masuk dalam kategori sebagai salah satu hunian termahal di dunia.

Wujudkan Pembangunan Vila atau Mansion dengan Berinvestasi

Mewujudkan pembangunan vila atau mansion tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Bagi Anda yang tertarik memiliki vila maupun mansion, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengumpulkan modal pembangunan dari dua tipe hunian tersebut yaitu dengan mencoba melakukan investasi.

Agar nantinya profit investasi yang dihasilkan dapat maksimal, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu dengan maksud bisa menemukan jenis instrumen yang paling tepat untuk dipilih.

Bicara mengenai instrumen yang keuntungannya akan digunakan sebagai modal pembangunan vila atau mansion, salah satu yang patut dicoba adalah investasi Reksadana.

Bersama mitra yang tepat, seperti perbankan prioritas DBS Treasures, Anda akan dibimbing selama melakukan investasi tersebut. Dengan berinvestasi bersama DBS Treasures, Anda juga akan merasakan beberapa keunggulan.

Keunggulan-keunggulan yang dapat dirasakan dengan berinvestasi bersama DBS Treasures, yaitu investasi yang dilakukan akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan wawasan terkurasi untuk memandu Anda berinvestasi. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisis pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Tidak hanya itu, DBS Treasures juga menawarkan kemudahan yaitu dapat dilakukan berbagai transaksi melalui satu Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses melalui perangkat yang terkoneksi ke internet.

Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi melalui instrumen Reksadana bersama DBS Treasures, Anda bisa lihat detailnya dengan mengunjungi tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham.