keuntungan Obligasi
10 Jul 2023

Investasi 101: Apa Itu Obligasi tanpa Kupon?

Jenis Obligasi adalah investasi yang populer karena risiko rendah dan kestabilan yang tinggi. Instrumen ini banyak dipilih untuk tujuan finansial jangka panjang hingga opsi diversifikasi. Di Indonesia, Obligasi memiliki masa berlaku mulai 1 hingga 10 tahun dengan jatuh tempo minimal 5 tahun.

Jenis investasi ini ternyata memiliki beberapa jenis, salah satunya Obligasi tanpa kupon atau zero coupon bond. Jenis ini memiliki karakteristik yang membedakannya dengan Obligasi pada umumnya. Oleh karena itu, mari simak cara kerja hingga keuntungan dan kekurangannya di sini!

Apa Itu Jenis Obligasi tanpa Kupon?

Zero coupon bond mungkin cukup familiar di kalangan investor. Jika pada Obligasi secara umum kupon atau bunga dibayarkan dalam periode tertentu, maka pada jenis ini investor tidak akan menerima kupon.

Obligasi tanpa kupon adalah salah satu instrumen untuk pembiayaan APBN. Pemerintah akan menerbitkan surat berharga negara untuk mendanai APBN. Dalam jenis investasi ini, dana investor akan mengendap dalam waktu yang lama selama masa investasi.

Sesuai namanya, Obligasi tanpa kupon merupakan surat utang dimana bunga tidak akan dibayarkan hingga waktu jatuh tempo tiba. Jenis instrumen ini lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang. Investor akan menerima dana investasi dan keuntungannya saat jatuh tempo.

Untuk menerbitkan Obligasi ini, terdapat beberapa ketentuan dan faktor yang harus terpenuhi. Diantaranya yaitu keadaan pasar yang cukup stabil, tingkat permintaan yang tinggi dari instrumen ini, hingga kinerja penerbit Obligasi.

Bagaimana Cara Kerja Obligasi tanpa Kupon?

Perlu diketahui, zero coupon bond ini biasanya diperjual belikan dengan harga diskon yang tinggi. Namun, investor akan tetap mendapatkan dana sesuai harga asli Obligasi ketika jatuh tempo. Jadi, keuntungan Obligasi diperoleh dari nilai diskon di awal pembelian.

Contohnya, suatu Obligasi tanpa kupon memiliki nilai sebesar Rp100 juta. Lalu, Obligasi ini dijual dengan harga 80%. Dalam kasus ini, investor hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp80 juta untuk berinvestasi.

Lantas dari mana keuntungannya? Seperti yang telah dijelaskan, ketika jatuh tempo tiba dana akan dikembalikan sesuai dengan harga asli instrumen Obligasi tersebut. Jadi, investor akan menerima pengembalian sebesar Rp100 juta. Dengan begitu, selisih harga beli dan nilai pengembalian akan menjadi keuntungan, yaitu sebesar Rp20 juta.

Oleh karena itu, jenis investasi tersebut sangat menguntungkan bagi Anda yang menginginkan tujuan jangka panjang. Investasi ini juga memiliki return yang cukup jelas. Jenis investasi ini juga dapat menjadi opsi untuk persiapan pendidikan dan dana hari tua.

Keuntungan dari Obligasi tanpa Kupon

Setelah mengetahui cara kerja dan penjelasannya, kini Anda perlu mengetahui keuntungan Obligasi tanpa kupon ini. Dibandingkan instrumen lain, Obligasi ini memiliki keuntungan yaitu:

●       Prediksi Return Cukup Jelas

Jenis investasi ini memiliki prediksi return yang cukup jelas. Sesuai dengan penjelasan di atas, keuntungan akan diperoleh dari jumlah diskon pada awal pembelian. Kepastian nilai return membuat Anda dapat merencanakan finansial dengan pasti.

●       Bunga yang Lebih Tinggi

Obligasi ini memang tidak membayarkan kupon secara periodik seperti pada umumnya. Namun, bukan berarti keuntungan yang diperoleh akan berkurang. Hal yang menarik yaitu Obligasi ini menawarkan bunga yang lebih tinggi.

Biasanya, terdapat selisih dari bunga Obligasi tanpa kupon dengan instrumen lainnya. Meski nilai selisihnya tidak menentu, nilai tersebut akan memberikan keuntungan.

●       Likuiditas yang Tinggi

Obligasi tanpa kupon memiliki nilai yang cukup likuid. Artinya, banyak investor yang melakukan jual beli Obligasi ini dengan kontinu. Hal ini menunjukan bahwa Anda tidak akan kesulitan ketika memutuskan untuk menjualnya.

●       Opsi Investasi Jangka Panjang

Obligasi tanpa kupon merupakan investasi bagi Anda yang menginginkan nilai tetap di masa depan. Contohnya digunakan untuk tujuan tertentu seperti pernikahan, pendidikan, ataupun dana pensiun. Dengan nilai yang tetap dan stabil, instrumen ini banyak diminati di kalangan investor.

Demikianlah keuntungan yang dapat Anda peroleh dari investasi Obligasi tanpa kupon. Bagaimana? Apakah Anda tertarik berinvestasi. Meskipun keuntungannya menjanjikan dan memiliki risiko yang stabil, terdapat kekurangan yang perlu diperhatikan. Jangan khawatir, mari ketahui selengkapnya berikut ini!

Kekurangan Investasi Obligasi tanpa Kupon

Meskipun memiliki banyak keuntungan, selalu terdapat risiko dalam suatu investasi. Agar terhindar dari risiko tersebut, mari ketahui penjelasannya agar investasi Anda dapat berjalan maksimal.

●       Nilai Pasar Bergantung dari Bunga

Perlu diketahui, Obligasi memiliki hubungan yang terbalik terhadap bunga. Jika suku bunga mengalami kenaikan, maka harga Obligasi akan turun. Hal ini dapat menjadi perhatian penting untuk Anda yang memiliki niat menjual aset.

●       Risiko Perubahan Aturan dan Gagal Bayar

Peraturan mengenai Obligasi dapat berubah kapanpun terutama Obligasi negara. Hal ini tentu berpengaruh pada investasi yang Anda lakukan. Contoh peraturan yang dapat berubah yaitu tarif pajak yang berlaku.

Di samping itu, terdapat juga risiko gagal bayar yang dapat menghampiri. Hal ini disebabkan negara atau perusahaan penerbit tidak mampu membayar pengembalian dana dan bunga yang disepakati. Namun, risiko ini sangat jarang terjadi pada Obligasi tanpa kupon.

Demikian kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan ketika berinvestasi. Kekurangan yang ada bukan menjadi halangan dalam berinvestasi, tetapi membantu Anda menyusun strategi yang tepat dalam mengalokasikan aset. Bagaimana? Siap untuk berinvestasi?

Investasi Obligasi DBS Treasures Memiliki Banyak Keunggulan

Berinvestasi harus dilakukan dengan strategi terbaik. Anda dapat mempercayakan DBS Treasures untuk hal ini, karena terdapat berbagai keunggulan yang ditawarkan. Adapun keunggulan berinvestasi Obligasi di DBS Treasures yaitu:

  • Kupon Reguler

DBS Treasures memberikan penawaran berupa kupon reguler yang akan dibayarkan secara berkala selama melakukan investasi pada penerbit Obligasi yang dipilih.

  • Terdapat Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi bisa Anda jual kapanpun bahkan sebelum jadwal waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Selain itu, investor juga akan diberikan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

DBS Treasures juga akan memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito Berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Para investor tidak dikenai biaya tambahan apapun. Hanya terdapat spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

  • Transaksi 24/7

Anda bisa menikmati beragam jenis produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan lewat Aplikasi digibank by DBS. Menarik, bukan?

Selain itu, Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Dapatkan pula peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Itulah keunggulan yang ditawarkan ketika berinvestasi Obligasi di DBS Treasures. Mari investasikan aset Anda untuk tujuan finansial yang lebih terencana.

Investasi Obligasi memang menguntungkan dan cukup stabil. Agar investasi berjalan lancar dan memiliki banyak keunggulan, mari jadikan DBS Treasures sebagai perbankan prioritas Anda. Informasi selengkapnya mengenai investasi jenis Obligasi dapat diakses di sini. Pastikan investasi Anda berjalan lancar dan praktis bersama DBS Treasures!