Obligasi Pemerintah
22 Aug 2023

Obligasi 101: Apa Itu Bonds Laddering?

Bond laddering merupakan suatu strategi dalam investasi. Ini merupakan upaya pembelian Obligasi dengan jatuh tempo yang berbeda. Bonds laddering juga dapat dilakukan dengan investasi Obligasi Pemerintah. Dengan strategi ini, investor dapat dengan mudah merespon perubahan suku bunga yang cepat.

Sebelum melakukan strategi ini, Anda perlu mengetahui beberapa informasi penting yang terkait. Hal ini agar bonds laddering dapat diterapkan dengan benar. Mulai pengertian umum hingga tujuannya, mari simak penjelasan kali ini.

Apa itu Bonds Laddering?

Seperti yang telah disinggung, bonds laddering merupakan pendekatan investasi yang dilakukan dengan pembelian Obligasi yang memiliki tanggal jatuh tempo berbeda. Hal ini membuat perubahan suku bunga dapat direspon secara cepat.

Strategi ini dapat mengurangi risiko dalam berinvestasi. Selain itu, bonds laddering membuat investor memiliki aliran arus kas atau aliran uang yang stabil sepanjang tahun. Pembelian Obligasi dengan jatuh tempo yang berbeda ini masih termasuk dalam portofolio yang sama.

Waktu jatuh tempo yang berbeda juga membuat investor tidak terikat pada suatu Obligasi dalam waktu yang lama. Selain itu, hal ini memungkinkan Anda untuk menginvestasikan aset kembali dengan memperhatikan peluang yang ada.

Jika aset diinvestasikan dalam Obligasi dengan jatuh tempo yang sama, terdapat kemungkinan bahwa investasi akan jatuh tempo saat suku bunga mulai turun atau sebelum suku bunga naik. Hal ini membatasi investasi dan keuntungan Anda.

Bond laddering juga menjadi opsi diversifikasi investasi. Setiap Obligasi jatuh tempo, Anda dapat mengalokasikan aset untuk investasi baru yang lebih menguntungkan. Strategi ini harus diketahui secara mendalam agar investasi berjalan lancar.

Bagaimana Bonds Laddering Bekerja?

Untuk melakukan strategi bonds laddering dengan baik, Anda perlu mengetahui cara kerjanya. Hal ini juga penting untuk menentukan langkah yang tepat untuk membangun tangga Obligasi tersebut.

Investor Obligasi dapat melakukan bonds laddering dengan membeli investasi jangka panjang dan pendek. Ini adalah hal yang penting untuk menyebarkan risiko di sepanjang kurva suku bunga.

Dengan kata lain, jika Obligasi berjangka pendek jatuh tempo ketika suku bunga naik, Anda dapat menginvestasikannya kembali pada Obligasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi. Umumnya, Obligasi dengan jangka pendek memiliki waktu jatuh tempo kurang dari tiga tahun.

Ketika suku bunga berada di titik yang rendah, maka investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih rendah dari reinvestasi. Walaupun begitu, Anda masih memiliki Obligasi jangka panjang untuk menghasilkan keuntungan lebih.

Bond laddering juga bisa dikaitkan dengan anak tangga dalam investasi Obligasi. Jumlah investasi dengan waktu jatuh tempo yang berbeda dapat menggambarkan anak tangga. Semakin banyak jumlahnya, maka investasi Anda semakin terdiversifikasi. Dengan begitu, portofolio investasi akan terlindungi dari risiko, salah satunya gagal bayar.

Durasi yang berbeda dari setiap investasi mewakili ketinggian anak tangga. Hal ini dapat berkisar dari beberapa bulan atau beberapa tahun. Semakin tinggi anak tangga ini, maka pengembalian rata-rata juga semakin meningkat. Hal ini karena imbal hasil pada Obligasi umumnya meningkat berdasarkan lama waktu investasi.

Selain jangka waktu yang berbeda, bonds laddering juga terkait pemilihan investasi. Semakin bervariasi, maka risiko semakin minim. Contohnya Anda dapat berinvestasi pada perusahaan yang berbeda atau Obligasi milik pemerintah. Dengan begitu, potensi keuntungan investasi Obligasi yang diperoleh juga semakin tinggi.

Dengan bonds laddering, investor memiliki kontrol dan fleksibilitas dalam memilih Obligasi terbaik yang sesuai dengan kriteria serta tujuan. Namun, dibutuhkan kejelian dan strategi yang matang untuk melakukan hal ini.

Itulah cara kerja bonds laddering yang bisa Anda ketahui. Adanya tingkatan waktu dan beberapa investasi Obligasi ini akan menghadirkan keuntungan jika dilakukan dengan tepat.

Apa Saja Tujuan dari Bonds Laddering?

Bonds laddering adalah opsi investor untuk memperoleh keuntungan maksimal dan diversifikasi investasi. Strategi investasi ini pada umumnya memiliki beberapa tujuan mendasar, antara lain:

●       Mengelola Risiko Suku Bunga

Risiko dari suku bunga terjadi jika arus kas tertunda saat suku bunga naik atau turun. Hal ini membuat investasi kurang menarik. Oleh karena itu, diversifikasi dengan bonds laddering dapat menjadi opsi yang efektif.

Dengan waktu jatuh tempo yang berbeda, investor dapat terhindari dari suku bunga tunggal. Hal ini dapat dilakukan dengan Obligasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Setiap Obligasi yang jatuh tempo dapat diinvestasikan kembali untuk memperoleh keuntungan dan tujuan investasi yang dimiliki.

●       Mengelola Arus Kas

Strategi ini juga memungkinkan investor untuk memprediksi pendapatan. Hal ini karena beberapa Obligasi membayar bunga dua kali dalam setahun. Pada umumnya, pembayaran dilakukan pada tanggal tertentu.

Setiap Obligasi memiliki pembayaran kupon dengan jangka waktu bulan atau tahun. Hal inilah yang membuat Anda dapat mengelola arus kas dengan lebih terencana.

●       Mengelola Likuiditas

Bonds laddering juga membantu Anda untuk mengelola likuiditas. Terkadang, investor memerlukan tingkat likuiditas tertentu untuk beberapa tujuan di masa mendatang. Contohnya berkaitan dengan dana pendidikan, pensiun dan kebutuhan lainnya.

Dalam tujuan tersebut, investor tentu menginginkan agar Obligasi jangka pendek dilikuidasi tanpa membayar denda. Karena itu, bonds laddering adalah pendekatan yang tepat.

●       Diversifikasi

Seperti yang telah disebutkan, bonds laddering adalah opsi diversifikasi yang efektif. Untuk memperoleh tujuan ini, Anda perlu berinvestasi pada berbagai institusi. Tentunya, setiap lembaga keuangan memiliki ketentuan yang berbeda.

Diversifikasi yang tepat membuat investasi berjalan lancar. Anda terhindar dari banyak risiko dengan cara ini. Selain itu, potensi kerugian dapat diminimalisir.

Itulah beberapa tujuan dari strategi bonds laddering. Bagaimana? Apakah Anda siap menerapkan hal ini? Mari lakukan investasi dengan strategi yang cermat. Keuntungan investasi yang lebih besar juga dapat diterima dengan langkah yang tepat.

Bagaimana Cara Membangun Bonds Ladder?

Membangun bonds laddering dapat dilakukan dengan beberapa cara dan tips yang tepat. Umumnya, Anda perlu membeli Obligasi dengan variasi jatuh tempo. Namun, terdapat beberapa hal lain yang dapat membantu Anda dalam membangun strategi ini. Simak selengkapnya berikut ini

●       Memilih Obligasi yang Stabil

Investor harus memilih Obligasi dengan peringkat yang baik untuk masuk ke dalam portofolio. Anda harus memastikan suatu Obligasi layak untuk diinvestasikan. Selain itu, pilih juga Obligasi yang cocok dengan tingkat toleransi kerugian.

Obligasi dengan kupon yang tinggi memiliki risiko yang lebih besar. Toleransi setiap investor berbeda-beda. Jadi, Anda dapat memutuskan Obligasi paling stabil dan sesuai dengan tujuan finansial.

●       Investasi Obligasi Hingga Jatuh Tempo

Anda harus memiliki pertimbangan dan ketahanan yang baik dalam melewati kondisi pasar yang pasang surut. Hal ini karena Anda perlu memegang setiap Obligasi hingga jatuh tempo. Dengan begitu, strategi bonds laddering yang dilakukan berhasil dan memaksimalkan keuntungan.

Jika Anda melepaskan Obligasi sebelum jatuh tempo, risiko kerugian dapat terjadi karena biaya transaksi. Oleh karena itu, menjaga setiap Obligasi dengan jatuh tempo yang berbeda tersebut lebih disarankan.

●       Mengetahui Keterbatasan Anda

Untuk melakukan diversifikasi dengan bonds laddering, Anda perlu memiliki aset yang cukup. Hal ini agar penyebaran aset di berbagai Obligasi dapat tercapai dan mempertahankan portofolio.

Anda tentu tidak menginginkan aset terkumpul pada satu Obligasi, bukan? Jadi, aset yang memadai adalah hal penting untuk mencapai diversifikasi. Mengetahui jumlah aset juga membantu Anda dalam merencanakan investasi.

●     Hindari Obligasi dengan Imbal Hasil yang Tinggi

Seperti yang telah disebutkan, imbal hasil tinggi memiliki risiko dan dapat mengindikasikan penurunan peringkat. Banyak investor yang menganggap Obligasi tersebut lebih beresiko daripada yang lain.

●       Melakukan Investasi dalam Waktu yang Panjang

Keberhasilan bonds laddering dipengaruhi oleh waktu yang panjang. Ini merupakan strategi yang mendorong Anda menginvestasikannya kembali secara kontinu dalam jangka waktu yang panjang. Dengan kata lain, Anda harus melakukan strategi ini secara berkelanjutan. Untuk melakukannya, Anda juga perlu memiliki tujuan investasi yang jelas.

Itulah beberapa upaya untuk membangun bonds laddering pada investasi Anda. Bonds laddering adalah strategi yang dapat membantu Anda berinvestasi dengan nyaman, tentunya dengan memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir risiko.

Bagaimana? Apakah Anda akan menerapkan strategi ini dalam berinvestasi? Keuntungan investasi Obligasi berpotensi semakin tinggi jika Anda melakukannya dengan tepat. Tenang saja, sekarang ada DBS Treasures yang dapat mendukung Anda dalam melakukan bonds laddering.

Lakukan Bonds Laddering dengan Investasi Obligasi

DBS Treasures adalah perbankan prioritas yang dapat mendukung Anda dalam berinvestasi. Diversifikasi akan tercipta dengan investasi Obligasi di sini. Selain mendukung Anda dalam menerapkan bonds laddering, investasi di sini menawarkan sejumlah keunggulan.

DBS Treasures menyediakan Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam undang-undang. Beberapa jenis Obligasi bisa Anda jual kapan pun bahkan sebelum jadwal waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Selain itu, investor juga akan diberikan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Keunggulan di atas dapat Anda rasakan ketika berinvestasi di sini. Tunggu apalagi? Mari mulai strategi bonds laddering dengan berinvestasi sekarang. Informasi selengkapnya juga dapat Anda akses dengan klik di sini.

Bonds laddering atau tangga Obligasi dapat menjadi strategi tepat dalam berinvestasi. Untuk itu, mari berinvestasi dengan Obligasi Pemerintah DBS Treasures yang memiliki beragam keunggulan di atas.