Beli Obligasi Pemerintah
20 Oct 2023

9 Ide Peluang Usaha di Bidang Pertanian, Apa Saja?

Dahulu pertanian identik sebagai bisnis pedesaan. Namun saat ini banyak orang di kota juga ikut memiliki bisnis ini menggunakan keuntungan dari Obligasi Pemerintah. Terlebih lagi saat ini ada bisnis pertanian premium yang modern.

Lantas seperti apa ide peluang usaha di bidang ini? Temukan jawabannya dalam pembahasan informatif berikut sebagai pertimbangan sebelum memulai bisnis di bidang pertanian.

 

Ide Usaha Bidang Pertanian

Menurut buku Pengantar Ilmu Pertanian, Yunus Arifien, dkk (2022: 3), pertanian merupakan kegiatan manusia untuk memanfaatkan sumber daya hayati sehingga dapat menghasilkan sumber energi, bahan pangan, maupun bahan baku industri.

Dewasa ini, bisnis di bidang pertanian semakin marak dilakukan oleh masyarakat untuk memperoleh passive income. Anda pun bisa melakukannya dengan memilih salah satu ide peluang usaha berikut:

●     Hidroponik

Seperti yang Anda ketahui, lahan terbuka di perkotaan semakin menyusut. Hal ini membuat masyarakat memutar otak agar tetap bisa menyajikan ruang terbuka hijau. Salah satunya adalah dengan metode penanaman hidroponik.

Namun, tidak semua orang memahami cara penanaman yang satu ini. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjual berbagai peralatan yang berkaitan dengan hidroponik ini.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa untuk pemasangan hidroponik ini. Jadi, Anda bisa membantu konsumen sekaligus meningkatkan keuntungan bisnis.

●     Tanaman Obat

Saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan-bahan herbal semakin meningkat. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai budidaya tanaman obat dari keuntungan Obligasi Pemerintah.

Ada banyak tanaman obat yang bisa Anda pilih untuk dibudidaya. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar maupun keinginan Anda sendiri.

Tentu Anda perlu mempelajari manfaat dari tanaman obat tersebut. Jadi, Anda bisa menjelaskan kepada konsumen saat menjualnya.

●     Rempah-Rempah

Serupa dengan alasan sebelumnya, kesadaran masyarakat untuk menggunakan bahan alami untuk menyedapkan masakan juga semakin meningkat. Di sisi lain, rempah menjadi salah satu komoditi utama bangsa Indonesia sejak dulu.

Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk budidaya rempah-rempah. Anda bisa memadukan budidaya ini dengan teknologi terkini agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Rempah-rempah yang dibudidayakan bisa dijual tak hanya ke pasar tradisional saja, namun juga supermarket yang menjual bahan makanan. Bahkan, Anda bisa mengekspor rempah-rempah tersebut ke luar negeri.

●     Tanaman Hias

Tanaman hias masih menjadi salah satu produk pertanian yang paling dicari. Hal ini disebabkan oleh tingginya keinginan masyarakat untuk menghijaukan area rumah dengan sesuatu yang cantik.

Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi peluang bisnis. Ada banyak tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk usaha. Jika menginginkannya, maka Anda bisa berbisnis beberapa jenis tanaman hias.

Namun Anda perlu memperhatikan kondisi lingkungan maupun target pasar. Hal ini disebabkan tidak semua tanaman hias bisa bertahan hidup di lingkungan yang sama.

●     Sayur Organik

Saat ini, banyak orang yang mulai beralih ke konsumsi sayuran organik karena dibudidayakan dengan cara yang sealami mungkin. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membudidayakan sayuran organik tersebut. Anda pun tak memerlukan lahan yang terlalu luas karena saat ini ada berbagai cara untuk menanamnya, seperti hidroponik.

Namun sebelum memulai bisnis ini, pastikan Anda memahami apa itu sayur organik dan cara membudidayakannya. Jadi, Anda bisa menyajikan kualitas sayur sesuai ekspektasi konsumen.

Tak hanya sayur saja, Anda juga bisa mengembangkan bisnis buah organik. Hal-hal yang perlu diperhatikan juga serupa dengan penjelasan di atas.

●     Agro Wisata

Seiring perkembangan zaman, keinginan masyarakat untuk kembali ke alam juga semakin tinggi. Hal ini disebabkan oleh tingginya polusi dan padatnya perkotaan sehingga masyarakat ingin melepas penat di ruang terbuka.

Maka dari itu, Anda bisa mulai bisnis agro wisata. Umumnya, kegiatan utama dari usaha ini adalah petik buah, menanam tanaman, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah kegiatan lain seperti area permainan.

Bagaimanapun juga, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap bisnis serupa. Dengan demikian, Anda bisa membuat bisnis agro wisata yang unik dan berbeda dari lainnya sehingga mampu menarik lebih banyak turis.

●     Alat Teknologi Pertanian

Jalannya industri pertanian tak luput dari adanya teknologi. Terlebih lagi, teknologi bisa membuat kualitas produk pertanian semakin meningkat dan pekerjaan menjadi lebih efisien.

Jika berminat untuk mengembangkan bisnis ini dengan keuntungan dari Obligasi Pemerintah, maka Anda perlu menentukan target pasar dulu. Anda tak hanya bisa menyasar petani namun juga industri pengolahan produk pertanian.

Tentu alat yang dijual kepada industri pengolahan tersebut berbeda dengan petani. Hal ini bisa disesuaikan dengan industri apa yang Anda pilih sebagai target pasar. Namun umumnya, industri tersebut perlu mesin-mesin besar.

●     Bibit Tanaman

Minat masyarakat untuk menanam tanaman semakin meningkat semenjak pandemi. Hal ini pun terus berlangsung hingga sekarang karena banyak orang yang menjadikannya sebagai hobi.

Dalam melakukan aktivitasnya tersebut, masyarakat kerap memerlukan bibit tanaman yang berkualitas. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis.

●     Pembuatan Green House

Green house kerap dibangun oleh masyarakat yang memiliki hobi di bidang tanaman. Terlebih lagi, saat ini green house bisa dimanfaatkan untuk mempercantik desain rumah maupun melakukan kegiatan lain seperti bersantai.

Peluang seperti inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun bisnis pembuatan green house. Tentu Anda perlu mengetahui desain-desain green house modern serta tanaman apa saja yang cocok untuk desain tertentu.

Jika kesulitan dalam menjalani bisnis ini, Anda bisa meminta bantuan para profesional. Misalnya para arsitek dan insinyur pertanian yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Jika Anda sudah memilih usaha mana yang ingin dikembangkan, maka DBS Treasures akan mendukung Anda untuk mewujudkannya. Caranya dengan menjadi Nasabah perbankan prioritas untuk beli Obligasi Pemerintah.

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjadikan DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan. Contohnya adalah pembelian Obligasi dengan jangka waktu sesuai preferensi dan berbagai mata uang, yaitu IDR, USD, dan EUR. Selain itu, transaksi mudah dilakukan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Raih peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jika Anda tertarik menjadikan DBS Treasures sebagai mitra investasi Obligasi Pemerintah demi mewujudkan bisnis pertanian, klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.