5 Tips Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Melalui Investasi
02 Feb 2024

5 Tips Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Melalui Investasi

Daftar Isi

5 Tips Melipatgandakan Keuntungan Bisnis Melalui Investasi     1

5 Tips Melipatgandakan Keuntungan Bisnis                                   2

Strategi dan Cara Investasi Reksadana                                            3

Kesimpulan                                                                                      4

 

Reksadana termasuk salah satu instrumen investasi yang menarik untuk mengelola keuntungan bisnis. Keuntungan harus dikelola dengan baik agar bisnis dapat tumbuh dan berkembang.

Pengelolaan tersebut harus dilakukan secara terstruktur dan matang, sehingga memerlukan strategi dalam menjalankannya. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan namun tidak semua cara tersebut membuahkan hasil yang maksimal.

Sehingga diperlukan perencanaan yang mendalam agar cara tersebut dapat bekerja secara efektif. Berikut beberapa tips mengelola keuntungan untuk menambah nilai aset bisnis.

5 Tips Melipatgandakan Keuntungan Bisnis

Pertumbuhan ekonomi nasional pada 2023 lalu mengalami peningkatan 5,05% hingga bulan Oktober (triwulan ketiga 2023). Kegiatan produksi juga tergolong tinggi terbukti pada Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur yang terus tumbuh mencapai 52,2.

Data tersebut menandakan pertumbuhan bisnis di Indonesia lebih baik dibandingkan negara berkembang lain. Ini waktu yang tepat mengembangkan bisnis dengan mengelola keuntungan sebijak mungkin.

Dengan kondisi ekonomi yang relatif baik, Anda dapat mengatur keuangan perusahaan dengan lebih mudah. Berikut tips mengelola keuangan bisnis agar menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

  • Menciptakan Produk Baru

Bisnis yang tidak melakukan inovasi akan mati secara perlahan karena kalah saing dengan produk baru yang bermunculan. Apa pun bidang bisnisnya, inovasi menjadi salah satu kunci utama dalam mempertahankan perusahaan.

Itu alasannya mengapa Anda perlu menciptakan produk baru untuk menambah jenisnya. Menciptakan produk baru memang membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk melakukan riset. Namun, tidak ada salahnya menggunakan sebagian keuntungan bisnis untuk mendanai riset tersebut.

Jika produk tersebut berhasil menarik banyak konsumen, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Bahkan bisa berkali-kali lipat dari jumlah dana yang disisihkan untuk membuat produk tersebut.

  • Menginvestasikan Sebagian Keuntungan Bisnis

Selain melakukan cara tadi, Anda juga dapat melipatgandakan keuntungan bisnis dengan berinvestasi. Kumpulkan sebagian keuntungan perusahaan untuk diinvestasikan di instrumen yang aman dan legal.

Salah satu contohnya adalah Reksadana. Melalui investasi, perusahaan dapat memperoleh pendapatan pasif dari return yang didapat.

  • Memperbanyak Jumlah Lead

Cara melipatgandakan keuntungan bisnis tidak hanya melalui produk baru, tapi juga dapat dilakukan dengan memperbanyak jumlah lead (calon konsumen yang tertarik dengan produk Anda).

Ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menerapkan digital marketing untuk memasuki pasar yang lebih luas.

  • Meningkatkan Konversi

Memiliki banyak lead bukan tujuan akhir dalam meningkatkan keuntungan bisnis. Setelah berhasil memperoleh banyak lead Anda harus mengubah mereka menjadi konsumen agar penjualan meningkat.

Jika angka penjualan terus meningkat, maka keuntungan bisnis berpotensi bertambah hingga berkali-kali lipat.

  • Memberikan Penawaran Menarik

Bagaimana cara mengubah lead menjadi konsumen? Mengadakan acara, memberikan merchandise gratis, menawarkan promo (diskon atau cashback), dan penawaran menarik lainnya. Cara ini cukup efektif untuk memancing calon konsumen agar membeli produk Anda.

Baca Juga: Prospek Bisnis Properti yang Cocok dilakukan Pasca Pensiun

 

Strategi dan Cara Investasi Reksadana

Dana dari hasil keuntungan bisnis akan lebih produktif jika diinvestasikan di instrumen yang tepat. Namun, hal tersebut harus dilakukan dengan cara yang matang agar tidak salah memilih produk investasi. Berikut langkah-langkah investasi yang tepat untuk berpotensi melipatgandakan keuntungan bisnis.

  • Pahami Cara Kerja Investasi

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mempelajari dan memahami cara kerja instrumen investasi Reksadana. Jenis investasi ini tergolong baru namun sudah terjamin legalitasnya, sehingga relatif aman dan minim risiko.

Cara kerja instrumen investasi ini cukup sederhana. Dana investor yang terkumpul akan dikelola oleh Manajer Investasi dengan cara diinvestasikan ke produk investasi yang memiliki potensial menghasilkan keuntungan.

  • Tentukan Jangka Waktu yang Tepat

Menentukan jangka waktu harus dilakukan secara matang agar investasi tersebut menghasilkan return yang maksimal. Namun, pada intinya semakin lama jangka waktu yang dipilih maka potensi keuntungan semakin besar.

Jika perusahaan Anda ingin memperoleh pendapatan pasif, sebaiknya lakukan investasi jangka panjang (lebih dari 5 (lima) tahun). Namun, pastikan Manajer Investasi tersebut memiliki kredibilitas yang baik dan sudah berpengalaman dalam mengelola instrumen terkait.

  • Cari Tahu Profil Risiko Anda

Setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda-beda, sehingga Anda tidak disarankan meniru orang lain saat menentukan langkah investasi. Melalui profil risiko, seseorang dapat mengetahui kemampuan mereka dalam menghadapi hal terburuk saat melakukan investasi.

Ada 3 (tiga) kategori profil risiko, dimulai dari tingkat yang paling rendah yaitu konservatif, moderat, dan agresif. Orang yang sangat hati-hati dan belum mampu menghadapi risiko yang terlalu tinggi termasuk tipe investor konservatif.

Sedangkan tipe investor moderat cenderung ingin memperoleh keuntungan besar namun belum mampu menghadapi risiko yang terlalu berat. Untuk tipe investor agresif, mereka lebih berani dalam menghadapi segala kemungkinan terburuk selama melakukan investasi.

  • Lakukan Diversifikasi

Agar terhindar dari kerugian besar, sebaiknya hindari mengandalkan satu produk investasi. Lakukan penyebaran dana ke beberapa produk yang memiliki kinerja bagus. Saat salah satu produk tersebut mengalami penurunan harga, Anda tidak akan mengalami kerugian yang terlalu besar.

Hal ini karena Anda masih memperoleh keuntungan dari investasi lain yang kinerjanya stabil, sehingga kerugian tersebut dapat tertutupi. Ketika melakukan diversifikasi, Anda harus melakukan riset untuk menemukan investasi apa saja yang potensial.

  • Membangun Rasa Percaya

Investasi tanpa didasari rasa percaya akan terasa berat karena setiap waktu Anda akan merasa cemas dan khawatir. Itulah mengapa diperlukan rasa percaya pada Manajer Investasi yang mengelola dana Anda.

Memang tidak semua Manajer Investasi dapat diandalkan karena ada beberapa yang belum berpengalaman. Untuk mencegah hal-hal yang merugikan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai rekam jejak perusahaan tersebut.

Jika dirasa kurang meyakinkan dan belum cukup pengalaman, sebaiknya cari Manajer Investasi lain yang memiliki portofolio lebih bagus.

Keuntungan bisnis yang tidak dikelola dengan baik akan membuat keuangan perusahaan menjadi berantakan. Melalui perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa memperoleh pendapatan pasif untuk perusahaan dengan menginvestasikan keuntungan bisnis di berbagai instrumen investasi.

Tersedia beragam pilihan investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional untuk mengoptimalkan produk. Anda akan mendapatkan wawasan guna memandu dalam berinvestasi. Ada pula upaya pengurangan risiko melalui diversifikasi ke berbagai jenis aset.

Tidak hanya itu, Anda dapat melakukan pembelian atau penjualan produk Reksadana secara online melalui Aplikasi digibank by DBS. Di aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan switching ke produk investasi lain yang lebih potensial dengan mudah dan praktis. 

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

DBS Treasures akan mendukung Anda meraih tujuan finansial. Segera gandakan keuntungan bisnis dengan menginvestasikan aset perusahaan Anda di Reksadana sekarang juga! Untuk mengakses informasi selengkapnya, Anda bisa klik di sini!

 

Baca Juga:

Apakah Bisa Bangun Bisnis Kontrakan dengan Reksadana?

Siapkan Dana Darurat untuk Bisnis Pakai RDPU, Bisa?

Persiapkan Dana Darurat Bisnis dengan Investasi Reksadana



Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.