kurs mata uang
29 Jun 2023

3 cara untuk menguasai kurs mata uang

Selain bepergian dan bertransaksi di platform pembayaran global, investor berpengalaman yang mengelola keuangan dalam berbagai mata uang memahami bahwa ketidakpastian dari fluktuasi kurs dapat berdampak signifikan pada portofolio investasi atau kekayaan mereka.

Meski ada beberapa mata uang yang dianggap sebagai mata uang yang relatif stabil, ekonomi yang terbuka membuat nilainya masih dapat dipengaruhi oleh perubahan di pasar global.
Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi mata uang suatu negara/wilayah. Baik karena pengumuman suku bunga yang lebih tinggi atau lingkungan politik yang tidak stabil, kekuatan suatu mata uang bisa berubah dalam waktu semalam.

Dengan memahami faktor-faktor tersebut, Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk melindungi nilai investasi Anda dari depresiasi mata uang.

Ada berbagai cara untuk mengelola uang yang tersebar secara internasional, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari perubahan signifikan di pasar mata uang. Berikut adalah 3 cara yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan perubahan kurs mata uang.




Jika Anda ingin berinvestasi di pasar tertentu, mulailah mengincar kurs yang menguntungkan untuk membangun portofolio dalam mata uang pasar tersebut.

Misalnya, investor yang masuk ke pasar Amerika Serikat seharusnya memanfaatkan kurs yang menguntungkan ketika nilai IDR menguat (relatif terhadap USD) pada awal tahun 2020. Dengan mengumpulkan dana USD, mereka dapat membangun dana dan melindungi diri dari posisi yang tidak menguntungkan ketika USD kembali menguat.


Jika memiliki mata uang tertentu yang sering Anda gunakan, Anda dapat memanfaatkan kurs mata uang asing yang bagus untuk memaksimalkan nilai uang Anda.

Guna mengidentifikasi dan menemukan mata uang yang tepat, Anda dapat menilik kembali tempat Anda sering bepergian untuk keperluan bisnis atau liburan, serta tempat belanja online dimana Anda sering bertransaksi.



Dengan mengakumulasi dana dalam mata uang untuk pasar asing yang Anda akan investasikan ketika kurs sedang bagus, Anda dapat menghemat biaya transaksi.

Misalnya, Anda memiliki properti di luar negeri dan harus melunasi pinjaman tetap setiap bulan. Dalam skenario tersebut, Anda dapat memanfaatkan kurs yang bagus agar terhindar dari keharusan untuk membayar lebih saat kurs berfluktuasi.



Cara sederhana untuk memanfaatkan kurs mata uang asing yang menguntungkan adalah melalui investasi Reksa Dana dengan mata uang asing atau sekadar membeli dan memiliki mata uang asing.

Dengan memiliki Rekening Multi Currency Account ( Rekening Valas ), Anda dapat menyimpan berbagai mata uang asing dalam satu rekening.

Jangan lupa, mendapatkan kurs yang bagus adalah soal momentum. Perhatikan momen yang tepat untuk meningkatkan nilai riil dana Anda.

dengan kami untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures

untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun mata uang asing lainnya

PENAFIAN

Publikasi ini didistribusikan oleh PT Bank DBS Indonesia (DBSI). DBSI berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Publikasi ini tidak dan bukan merupakan atau menjadi bagian dari suatu penawaran, rekomendasi, undangan, atau ajakan untuk berlangganan atau melakukan transaksi, juga tidak diperhitungkan untuk mengundang, juga tidak sebagai izin untuk membuat penawaran kepada masyarakat untuk berlangganan atau melakukan transaksi untuk kas/uang tunai atau pertimbangan lain, dan publikasi ini tidak seharusnya dilihat dari sudut pandang tersebut.