bank investasi deposito
30 Jul 2024

Tips Memilih Bank untuk Investasi Deposito yang Aman

Tips Memilih Bank untuk Investasi Deposito yang Aman

Memilih Deposito yang Tepat

  1. Pertimbangkan jumlah modal
  2. Pastikan jangka waktunya
  3. Bandingkan ketentuan yang berlaku
  4. Pilih bank yang terpercaya

Tips Memilih Bank Untuk Deposito

  1. Cek reputasi
  2. Jenis investasi lengkap
  3. Proses cepat dan aman
  4. Mudah diakses

Suku Bunga dan Biaya

Fasilitas dan Layanan Bank

 

Poin Penting:

  • Memilih deposito yang tepat bisa dengan mempertimbangkan jumlah modal, jangka waktu, ketentuan yang berlaku dan bank yang menjadi tempat untuk berinvestasi
  • Tips memilih bank untuk berinvestasi deposito diantaranya dengan mengecek reputasi, jenis deposito yang ditawarkan, proses dan kemudahan akses
  • Suku bunga deposito berbeda-beda, begitu juga dengan biaya yang harus dibayar, diantara biaya tersebut adalah administrasi, penalti dan pajak
  • Bank memberikan berbagai fasilitas, diantaranya dalam bentuk aplikasi online untuk berinvestasi deposito, sedangkan jenis deposito biasanya dalam bentuk rupiah dan valas

Mau memulai perjalanan investasimu dengan lebih percaya diri?

 

Investasi deposito merupakan salah satu jenis instrumen yang cuan dan mudah dijalankan. Sahabat digibank bisa memilih deposito agar lebih mudah mencapai tujuan finansial. Bagaimana agar jenis investasi ini dapat memberikan keuntungan untuk jangka panjang?

Sebelum memilih dan memutuskan untuk berinvestasi, kamu perlu mengetahui keunggulan dan jenis deposito. Pasalnya setiap produk mempunyai ketentuan dan tujuan tersendiri. Dengan memilih jenis yang tepat akan memberikan keuntungan di masa depan.

Memilih Deposito yang Tepat

Diantara penyebab seorang investor tidak dapat menikmati hasil dari modal yang diinvestasikan adalah karena salah dalam memilih produk. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa saja poin yang sebaiknya dipertimbangkan sehingga bisa berinvestasi dengan potensi keuntungan yang maksimal.

Deposito merupakan produk yang relatif aman dan menguntungkan. Pasalnya investasi ini memiliki resiko yang rendah dan bisa dengan mudah dikondisikan. Jika kamu ingin cuan dari berinvestasi dalam bentuk deposito, perhatikan beberapa poin berikut ini:

1.      Pertimbangkan jumlah modal

Setelah Sahabat digibank yakin untuk memilih investasi deposito, selanjutnya perlu mempertimbangkan modal yang akan diinvestasikan. Untuk mengetahui berapa jumlah deposito minimal yang dapat diinvestasikan bisa mengecek dari aplikasi investasi online yang disediakan oleh bank atau datang langsung agar mendapat info detail.

Semakin banyak jumlah investasi, tentu potensi keuntungannya semakin banyak. Namun kamu perlu mempertimbangkan apakah dengan menginvestasikan sejumlah uang tersebut, secara finansial kamu tetap aman.

2.      Pastikan jangka waktunya

Jangka waktu investasi juga menentukan jumlah passive income yang bisa kamu kumpulkan. Untuk jangka waktu yang berbeda, Sahabat digibank akan mendapat bunga yang besarnya berbeda pula.

Biasanya bank menawarkan deposito untuk jangka waktu 1 bulan, 3, 6, 4 hingga 12.

bulan dimana jika kamu ingin mendapat tawaran bunga paling tinggi, sebaiknya memilih jangka waktu 12 bulan.

Akan tetapi waktu tersebut mungkin bagi sebagian investor terlalu lama karena akan menggunakan modal sekaligus passive income untuk suatu kebutuhan. Jika demikian tentu kamu perlu mempertimbangkan jangka waktu lain yang sesuai dengan waktu penggunaan uang.

Kamu bisa melihat dan membandingkan bunga dari masing-masing jumlah modal dan jangka waktu melalui aplikasi untuk investasi online. Sahabat digibank dapat melihat simulasi kemudian menentukan kira-kira berapa modal dan jangka waktu yang menjadi pilihan.

3.      Bandingkan ketentuan yang berlaku

Masing-masing bank mempunyai ketentuan yang berbeda-beda untuk investasi deposito. Beberapa bank menarik biaya administrasi, ada juga yang free. Administrasi tersebut tentu mengurangi jumlah profit yang kamu terima. Agar keuntungan semakin besar, kamu bisa memilih berinvestasi di bank yang tidak menarik biaya administrasi.

4.      Pilih bank yang terpercaya

Tidak sedikit orang yang kurang yakin untuk berinvestasi karena takut tertipu. Hal ini wajar namun jangan sampai membatalkan rencana untuk memiliki investasi. Sahabat digibank dapat meminimalkan resiko dengan melihat performa bank tersebut.

Baca Juga: Alasan Mengapa Lebih Baik Investasi Sejak Muda

Tips Memilih Bank Untuk Deposito

Memilih bank terpercaya untuk berinvestasi bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa poin. Kamu dapat mengumpulkan banyak informasi untuk dipertimbangkan agar bisa berinvestasi dengan tenang. Poin tersebut antara lain

1.      Cek reputasi

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek reputasi dari bank tersebut. Pastikan bank tidak pernah mengalami kasus yang merugikan nasabah, aman dan memberikan pelayanan terbaik.

2.      Jenis investasi lengkap

Berikutnya, kamu perlu mencari informasi mengenai jenis investasi deposito apa saja yang disediakan oleh bank tersebut. Kelengkapan jenis deposito akan memudahkan kamu untuk mendapatkan produk sesuai keinginan.

3.      Proses cepat dan aman

Kamu tentu tidak mau ribet ketika akan berinvestasi dalam bentuk deposito. Karena itu pastikan kamu memilih bank yang memberikan layanan cepat sehingga jika kamu membutuhkan informasi mudah untuk mendapatkannya.

Faktor keamanan juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Dengan memilih bank yang menjamin keamanan, kamu bisa tenang berinvestasi, bahkan mendapatkan banyak keuntungan.

4.      Mudah diakses

Pertimbangan lain sebelum kamu memutuskan untuk memiliki deposito adalah kemudahan akses. Dengan demikian Sahabat digibank bisa lebih mudah memastikan aset yang diinvestasikan dan mudah menambah jumlah modal yang diinvestasikan.

Suku Bunga dan Biaya

Tujuan berinvestasi memang untuk mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan. Namun jangan sampai kamu langsung menerima tawaran untuk menyimpan modal dalam bentuk investasi di bank yang menjanjikan bunga tinggi.  Jika ada yang menawarkan bunga tinggi, justru harus curiga.

Pastikan kamu hanya berinvestasi di bank yang memberikan bunga dengan persentase batas yang dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Besar bunga yang dijamin LPS adalah 3,5% sampai 4,25%. Namun penting juga untuk dipahami, bunga deposito ini juga tergantung dari besarnya dan waktu pembayarannya sesuai dengan yang berlaku di masing-masing bank.

Nah, berkaitan dengan biaya deposito, ada beberapa jenis biaya yang akan dibebankan kepada investor pada kondisi tertentu. Ini yang berpotensi mengurangi profit yang bisa kamu terima:

  • Administrasi:

Biaya yang dibayar setiap bulan atas kepemilikan rekening deposito, namun banyak bank yang tidak memungut biaya administrasi

  • Penalti:

Biaya yang harus dibayar investor apabila mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo

  • Pajak:

Biaya yang merupakan kewajiban pemilik deposito yang harus dibayar investor pada saat menerima bunga deposito

Fasilitas dan Layanan Bank

Pelayanan yang baik dari bank penyedia investasi deposito merupakan hal yang penting bagi investor. Sebagai pemilik investasi kamu berhak mendapatkan informasi mengenai progres investasi dan informasi lainnya.

Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih bank yang menyediakan fasilitas berupa aplikasi yang mudah diakses. Dengan demikian kamu bisa memiliki deposito tanpa harus datang ke kantor bank karena bisa berinvestasi dari mana saja.

Kamu perlu juga mempertimbangkan deposito apa saja yang tersedia di bank tersebut sehingga dapat memilih yang terbaik. Berdasarkan jenis uang yang didepositokan ada dua jenis, yaitu:

  • Deposito rupiah: yaitu deposito dalam bentuk rupiah, kamu bisa dengan mudah mengetahui jumlah passive income dan total aset yang kamu miliki dalam bentuk investasi ini
  • Deposito valuta asing: yaitu deposito dalam bentuk mata uang atau valuta asing, seperti USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY, NZD dan CNH

Kini saatnya kamu mulai mengembangkan modal dengan memilih deposito agar semakin untung. Pastikan Sahabat digibank membeli deposito melalui Aplikasi digibank by DBS karena kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Menariknya, investasi di sini tidak dikenai biaya administrasi.

Aplikasi digibank by DBS sendiri menyediakan lebih dari 150 pilihan investasi online, semua aman dan mudah diakses selama 24 jam setiap hari nya, kamu pun dapat dibantu mengelola serta mengembangkan modal tanpa khawatir tergerus oleh inflasi.

Tidak itu aja, Sahabat digibank juga bisa mendapatkan akses langsung perkiraan ekonomi makro dari para ahli agar semakin untung. Konsultasi gratis dengan tim digibank Advisor dan  Kamu pun bisa mendapat rekomendasi investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dari pakar kelas dunia.

Tunggu apa lagi, yuk mulai kembangkan aset dengan membeli investasi deposito di Aplikasi digibank by DBS! Kamu bisa cek di sini untuk informasi lebih detailnya!

Baca Juga:

Mengenal Investasi Deposito, Jenis-Jenis, dan Keuntungannya

Kesalahan Umum saat Berinvestasi yang Wajib Dihindari

Strategi Investasi Deposito agar Cuan Maksimal