Pengajuan KTA Mudah! Manfaatkan untuk Memulai Bisnis Ekspor
20 Mar 2022

Pengajuan KTA Mudah! Manfaatkan untuk Memulai Bisnis Ekspor

Membuka bisnis di bidang ekspor patut dicoba karena berpeluang besar mendatangkan keuntungan yang terbilang lumayan. Untuk memulainya kamu bisa melakukan pengajuan KTA sebagai modal awal membuka bisnis ekspor.

Bisnis ekspor termasuk salah satu bisnis yang memiliki banyak keuntungan, terutama dalam memasarkan produk dalam negeri ke pasar global. Tidak hanya itu dengan menjalankan bisnis ini kamu juga dapat menambah lapangan kerja.

Dalam memulai bisnis di bidang ekspor niat dan tekad menjadi hal utama yang harus dimiliki. Selanjutnya barulah persiapkan modal yang cukup dengan cara melakukan pengajuan KTA di digibank by DBS. Kamu bisa mengajukan pinjaman digibank KTA dengan mudah untuk mendapatkan modal bisnis.

Tips Memulai Bisnis Ekspor Agar Tidak Salah Langkah

Dalam menjalankan bisnis ekspor kamu harus memperhatikan setiap langkah yang diambil terutama di awal membangun bisnis. Di fase tersebut menjadi tahapan yang penuh dengan tantangan sehingga kamu harus benar-benar mempersiapkannya dengan matang dan terstruktur.

Tantangan pertama yang akan dihadapi yaitu mengenai modal awal untuk menjalankan bisnis ekspor. Kamu bisa menggunakan pinjaman modal dengan melakukan pengajuan KTA online di digibank by DBS untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Supaya bisnis ekspor yang kamu bangun berhasil mencapai kesuksesan sebaiknya terapkan tips berikut:

  1. Lakukan Riset dan Identifikasi
    Pertama kamu harus mengidentifikasi  pasar dan melakukan riset untuk mengetahui angka konsumsi atau impor produk dari beberapa negara. Carilah target negara tujuan berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi, potensi persaingan, dan demografi.
  2. Persiapkan Rencana dengan Matang
    Supaya bisnis ekspor dapat berjalan dengan baik tentunya semuanya harus direncanakan secara matang. Jadi buatlah perencanaan yang matang, meliputi tim kerja, kapasitas dan kemampuan diri, produk yang akan dipasarkan, dan hal-hal lainnya.
  3. Persiapkan Modal yang Cukup
    Setelah mempersiapkan rencana yang matang selanjutnya kamu harus mencari modal untuk menjalankan bisnis ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan pinjaman untuk mendapatkan modal yang cukup.
    Caranya dengan melakukan pengajuan KTA online yang mudah dilakukan dan tanpa proses dan yang rumit. Menggunakan uang pinjaman untuk membangun bisnis baru merupakan keputusan yang tepat. Apalagi jika dana yang dimiliki terbatas dan tidak cukup untuk memulai bisnis ekspor.
  4. Pahami Proses Administrasi Melakukan Ekspor
    Setiap pihak yang melakukan ekspor diwajibkan mengikuti kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah. Hal ini meliputi persyaratan pendaftaran bea cukai hingga sistem pembayaran. Kamu harus mempelajari dan menerapkannya pada bisnis ekspor yang dijalankan.
  5. Persiapkan Rute untuk Menuju Pasar yang Ditargetkan
    Ada beberapa opsi pilihan yang bisa digunakan di antaranya yaitu mengekspor produk menggunakan jasa distributor. Menggunakan agen penjualan, atau mengekspornya secara langsung.
    Jika kamu ingin membuat perusahaan ekspor sendiri tentunya harus mempersiapkan dana yang lebih besar. Sebagai alternatifnya kamu bisa melakukan pengajuan KTA di digibank by DBS untuk mendapatkan tambahan modal.
  6. Carilah Peluang
    Cara menemukan peluang yang terbaik dan cukup mudah yaitu dengan mengikuti pameran. Melalui pameran kamu dapat menemukan peluang yang lebih luas terutama di pasar global. Dengan mengikuti pameran kamu juga dapat menemukan pembeli dan memperkenalkan produk dalam negeri.
  7. Pahami Hukum dan Aturan yang Berlaku
    Tidak hanya memperhatikan aturan dan kebijakan dari dalam negeri kamu juga harus memahami hukum dan aturan yang berlaku di setiap negara tujuan ekspor. Ini penting sekali dilakukan supaya proses ekspor yang dilakukan dapat berjalan lancar.
  8. Pemilihan Transportasi Logistik
    Hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu transportasi logistik yang akan digunakan untuk melakukan ekspor. Apakah melalui jalur udara atau laut? Umumnya eksportir menggunakan kargo laut untuk mengirim produknya.

Tata Cara Melakukan Ekspor Bagi Pemula

Saat memutuskan untuk membuka bisnis ekspor tentunya kamu harus siap mempelajari banyak hal dan menghadapi berbagai tantangan. Permasalahan-permasalahan yang pasti akan kamu hadapi yaitu persaingan antar kompetitor.

Saat memasarkan produk ke pasar global kamu akan bersaing dengan banyak eksportir dari berbagai negara. Tentunya kamu perlu membuat produk yang lebih unggul dari mereka untuk menarik konsumen. Nah, berikut ini langkah-langkah melakukan ekspor yang dapat menambah wawasanmu.

  1. Persiapkan Produk yang Bermutu Tinggi
    Dalam meningkatkan kualitas dan mutu produk kamu memerlukan modal yang cukup untuk meningkatkan berbagai aspek. Mulai dari meningkatkan kinerja dan kualitas produksi hingga sumber daya manusia pada bisnis yang kamu jalankan.
    Untuk melakukan itu semua tentunya membutuhkan anggaran yang lumayan besar, salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan pengajuan KTA. Kamu bisa membeli peralatan produksi dan bahan baku yang lebih baik menggunakan dana pinjaman.
  2. Buatlah Katalog Atau Etalase Digital
    Untuk mempermudah mendapatkan konsumen sebaiknya buatlah katalog atau etalase digital menggunakan website. Di website tersebut cantumkan informasi tentang produk yang kamu tawarkan, contohnya seperti foto produk, harga, keunggulan, alamat perusahaan, dan kontak yang bisa dihubungi.
    Dengan mencantumkan informasi yang valid dan jelas, kredibilitas bisnismu akan meningkat sehingga mampu menarik perhatian calon konsumen. Jangan lupa untuk mendaftar website tersebut ke portal bisnis internasional, berikut ini beberapa portal bisnis yang bisa dikunjungi untuk mempromosikan website bisnismu:
    • Portal.co.id
    • Alibaba.com
    • Fitt.ca
    • Itintl.com
  3. Lakukan Pemasaran Melalui Instansi Pemerintah dan Swasta
    Pemasaran menjadi kegiatan utama yang akan mengantarkanmu menuju kesuksesan. Jika kamu memiliki sistem pemasaran yang efektif maka kemungkinan besar bisnis akan berjalan dengan lancar sesuai harapan.
    Kamu bisa memanfaatkan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta untuk memaksimalkan kegiatan pemesanan. Beberapa lembaga yang bisa kamu hubungi untuk mendaftar bisnismu ke dalam event-event pemasaran di luar negeri di antaranya adalah:
    • Dinas KUKM
    • Kementerian KUKM
    • Kementerian Perdagangan
    • ITPC
    • Dan lain sebagainya
  4. Persiapkan Dokumen Legalitas Bisnis
    Langkah selanjutnya kamu perlu mempersiapkan dokumen legalitas pada bisnis yang dijalankan. Ada empat syarat dokumen legalitas bagi para eksportir di antaranya adalah:
    • Surat Izin Perdagangannya (SIUP) dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di kota atau kabupaten setempat
    • Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dari DPMPTSP di kota atau kabupaten setempat
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dari Kantor Pelayanan Pajak
    • Nomor Identitas Kepabeanan (NIK) dari Ditjen Bea Cukai

      Supaya proses ekspor bisa berjalan lancar sebaiknya selaraskan semua data-data pada bisnis yang kamu jalankan. Jadi cantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, dan informasi lainnya yang sesuai dan valid. Karena umumnya proses ekspor terkendala karena data-data antar dokumen tidak sesuai.
      Jika belum memiliki badan hukum yang menaungi bisnismu sebaiknya segera mengurusnya. Kamu bisa melakukan pengajuan KTA untuk mendapatkan biaya mengurus legalitas bisnismu. Legalitas bisnis menjadi hal utama yang harus diperhatikan agar bisnis ekspor bisa berjalan lancar.

  5. Siapkan Dokumen Ekspor
    Kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen sebelum melakukan ekspor ke luar negeri, berikut ini beberapa dokumen tersebut:
  • Dokumen Ekspor yang Utama
  1. Buatlah invoice terkait transaksi ekspor tersebut.
  2. Buatlah packing list.
  3. Mintalah bill of landing, jika menggunakan transportasi laut biasanya dibuat shipping company tapi jika menggunakan transportasi udara dibuat airway bill.

 

  • Dokumen Ekspor Tambahan
  1. Certificate of origin dari Dinas Perdagangan dan Industri di kota atau kabupaten setempat.
  2. Certificate of analysis dari laboratorium.
  3. Certificate of phytosanitary dari Badan Karantina pada produk berupa tumbuhan.
  4. Dan dokumen tambahan lain sesuai dengan permintaan konsumen.

 

  • Dokumen yang Diperlukan Sebelum Mengekspor
  1. Shipping Instructions dari eksportir ke pihak shipping line.
  2. Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)

Proses ekspor dapat berjalan lancar jika kamu mempersiapkan legalitas dan dokumen yang lengkap sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Jumlah dokumen ekspor yang dibutuhkan sebenarnya tergantung dengan produk atau komoditas yang akan dikirim, permintaan konsumen, dan prosedur dari negara tujuan.

digibank by DBS Menawarkan Proses Pengajuan KTA  yang Mudah

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Dengan memberikan beragam layanan yang mempermudah berbagai urusan perbankan. Jika memiliki rencana membuka bisnis ekspor sebaiknya persiapkan perencanaan yang matang dan modal yang cukup.

Kamu bisa melakukan pengajuan KTA online di digibank KTA untuk mendapatkan modal membuka bisnis ekspor. Jika belum tergabung menjadi nasabah digibank by DBS kamu bisa mengajukan pinjaman dengan langkah-langkah berikut:

  • Ajukan pinjaman di website go.dbs.com/kta melalui handphone
  • Dapatkan persetujuan dalam waktu singkat yaitu sekitar 60 detik
  • Setelah itu download Aplikasi digibank by DBS di Google Play Store atau App Store
  • Tahapan selanjutnya kamu perlu melakukan verifikasi biometrik dengan agen digibank by DBS
  • Terakhir kamu akan mendapatkan pinjaman hingga Rp80 juta dan akan dicairkan ke rekeningmu

Jika sudah memiliki akun rekening di digibank by DBS, kamu bisa melakukan pengajuan KTA dengan langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama buka Aplikasi digibank by DBS lalu klik Personal Loan di menu utama
  • Tahapan selanjutnya isi data diri secara lengkap
  • Tunggu dalam waktu 60 detik untuk menerima persetujuan
  • Kemudian kamu bisa memilih jumlah pinjaman dan waktu tenor yang diinginkan
  • Proses terakhir kamu akan mendapatkan pinjaman hingga Rp80 juta dan akan langsung dicairkan secara real-time ke rekening digibank by DBS

digibank KTA tidak hanya menawarkan proses pengajuan KTA yang mudah dan praktis tapi juga memiliki keunggulan lainnya di antaranya adalah:

  1. Online Selama 24 Jam
    Mudah dan tanpa ribet karena bisa apply melalui Aplikasi digibank by DBS atau di website go.dbs.com/kta secara online kapan saja dan di mana saja selama 24 jam lewat handphone.
  2. Proses Persetujuan yang Cepat
    Dapatkan proses persetujuan yang cepat cukup 60 detik.
  3. Dapatkan Pinjaman Hingga Rp80 Juta
    Dapatkan dana pinjaman hingga Rp80 juta dan akan langsung dikirim ke rekening digibank by DBS.
  4. Atur Jumlah Pinjaman
    Atur jumlah pinjaman yang kamu inginkan dengan mudah.
  5. Pilihlah Waktu Tenor Hingga 36 Bulan
    Pinjaman dapat kamu cicil hingga 36 bulan.
  6. Tidak Perlu Dokumen Fisik
    Proses pengajuan tanpa memerlukan dokumen fisik.
  7. Persyaratan yang Mudah
    Beberapa persyaratan utama diantaranya yaitu telah memiliki kartu kredit dari bank lain dengan limit minimal Rp10 juta,  e-KTP, dan NPWP. Serta berdomisili di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Semarang, atau Bandung dengan pendapatan minimal Rp5 juta per bulannya.

Tunggu apalagi lakukan pengajuan KTA di digibank by DBS dengan mudah dan tanpa ribet. Dapatkan dana pinjaman hingga Rp80 juta untuk mendapatkan tambahan modal bisnis ekspor yang kamu impikan.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS