deposito valas
30 Jul 2024

Deposito Valas: Kenali Pengertian, Manfaat & Suku Bunganya

Deposito Valas: Kenali Pengertian, Manfaat & Suku Bunganya

       Apa itu Deposito Valas?

Manfaat Deposito Valas

  1. Terlindungi dari fluktuasi nilai tukar rupiah
  2. Suku bunga valuta asing stabiL
  3. Selisih nilai tukar
  4. Jangka Waktu Fleksibel
  5. Tabungan menguntungkan
  6. Aman

Syarat Pembuatan Deposito Valas

  1. Mempunyai rekening tabungan atau giro
  2. Mengisi data yang diperlukan
  3. Menyertakan dokumen yang dibutuhkan
  4. Membayar setoran awal

 

 

Poin Penting:

  • Apa itu deposito valas?
  • Manfaat deposito valas, diantaranya: melindungi dari inflasi, suku bunga stabil, mendapat selisih nilai tukar dan lainnya
  • Syarat pembuatan deposito valas: mempunyai rekening, mengisi formulir, melampirkan dokumen yang diperlukan dan menyerahkan setoran awal

 

Mau memulai perjalanan investasimu dengan lebih percaya diri?

 

Tepat dalam memilih investasi dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan sehingga bisa mencapai kebebasan finansial. Dengan semakin banyaknya instrumen, Sahabat digibank bisa lebih bebas memilih produk yang sesuai karakter dalam berinvestasi.

Jika kamu tidak mau ribet tapi ingin cuan, bisa memilih investasi deposito sebab cukup mempercayakan modal pada manajer investasi saja. Selanjutnya manajer investasi yang akan mengelolanya agar cuan dan terhindar dari resiko yang menyebabkan kerugian. Jenis deposito sendiri juga cukup banyak, diantaranya deposito valas.

Apa itu Deposito Valas?

Kata Valas kependekan dari valuta asing. Dari namanya Sahabat digibank tentu sudah bisa menebak seperti apa deposito valas tersebut. Valas merupakan salah satu investasi terbaik. Banyak yang memilih instrument ini sebagai investasi utama maupun fitur untuk melakukan diversifikasi dalam menanamkan modal.

Deposito valas berbentuk mata uang asing seperti Dolar AS, Dolar Singapura, Euro, Dolar Australia, Pound sterling, Yen Jepang, Dolar Hong Kong, dan Yuan. Biasanya penyelenggara menawarkan suku bunga lebih tinggi sehingga banyak yang memilihnya. Pemilik valas mempunyai kewajiban untuk membayar biaya:

  • Biaya administrasi: yaitu biaya yang dibebankan oleh penyelenggara kepada investor.
  • Biaya di bawah saldo minimum: biaya ini harus dibayar investor jika saldonya kurang dari ketentuan penyelenggara.
  • Biaya penutupan rekening: saat investor menutup rekening atau mengambil semua investasinya, penyelenggara akan meminta sejumlah biaya yang sudah ditentukan, namun beberapa penyelenggara membebaskan biaya ini sehingga investor tidak perlu membayarnya.
  • Biaya penarikan sebelum jatuh tempo: biaya ini biasa dikenal dengan istilah penalti yang merupakan komitmen dari investor karena mencairkan modal sebelum waktunya.

Manfaat Deposito Valas

Secara umum deposito valas hampir sama dengan jenis investasi deposito lain, namun mempunyai beberapa kelebihan sehingga banyak manajer investasi yang merekomendasikannya. Beberapa manfaat deposito valas yang tidak ada pada deposito lainnya:

1.      Terlindungi dari fluktuasi nilai tukar rupiah

Masalah ketidakstabilan ekonomi dunia berdampak pada pemilik aset dimana nilai tukar rupiah yang melemah menjadikan secara umum nilai asetnya turun. Ini juga berlaku bagi investor dalam mata uang rupiah. Namun hal ini tidak terjadi jika kamu memilih valuta asing. Kamu bisa mendapatkan keuntungan:

  • Nilai tukar uang tetap terjaga
  • Tidak perlu khawatir jika bertransaksi di luar negeri karena tidak harus menukar mata uang yang berpotensi menurunkan nilai atau daya beli di luar negeri

Meski demikian, saat membeli valas, Sahabat digibank perlu mempertimbangkan jenis mata uang apa yang paling tahan terhadap inflasi. Sebagai alternatif, kamu bisa membeli valas dalam bentuk mata uang:

  • Dolar Amerika (USD)
  • YEN
  • EUR

Sampai saat ini, ketika terjadi perubahan kondisi ekonomi, perdagangan internasional dan nilai tukar mengacu pada nilai dolar Amerika (USD). Dengan membuka deposito Valas dalam mata uang dolar kamu sudah melakukan antisipasi agar tidak mengalami fluktuasi.

Baca Juga: Kesalahan Umum saat Berinvestasi yang Wajib Dihindari

2.      Suku bunga valuta asing stabiL

Jika dilihat dari besarnya suku bunga, valas mempunyai nilai yang lebih rendah, namun sebenarnya tetap sangat menguntungkan sebab nilai tukarnya relatif stabil dibanding nilai tukar rupiah. Nilai aset kamu tidak akan turun, bahkan bunga yang diterima masih lebih tinggi dibanding perubahan nilai tukar rupiah yang biasa terjadi.

Besar suku bunga deposito valas tergantung dari jenis valuta asing, jumlah modal dan tenor. Sedangkan untuk rate-nya bisa mencapai 1,5% sampai dengan 2,75%.

3.      Selisih nilai tukar

Untuk kamu yang sering mendapat income dalam bentuk mata uang asing atau melakukan transaksi ke luar negeri, memiliki investasi dalam bentuk valas sangat menguntungkan. Kamu bisa langsung berinvestasi dari penghasilanmu tanpa harus menukar ke dalam bentuk rupiah sehingga lebih untung karena:

  • Tidak mengalami penurunan nilai tukar
  • Mendapat selisih nilai tukar dari mata uang asing ke rupiah saat kamu mencairkan deposito
  • Trend mata uang asing utama, termasuk dolar naik setiap tahun, investor potensi mendapat cuan tambahan dari selisih nilai tukar

4.      Jangka Waktu Fleksibel

Penyelenggara investasi dalam bentuk valas telah menyiapkan produk dengan berbagai jangka waktu, mulai dari 1 bulan, 3, 6, 12 dan lainnya sehingga investor bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan finansial.

Dengan demikian kamu tidak perlu khawatir karena harus mencairkan deposito sebelum jatuh tempo yang menyebabkan harus membayar penalti. Dana investasi kam tetap aman dan berkembang sampai jatuh tempo sehingga semakin menguntungkan.

5.      Tabungan menguntungkan

Masalah inflasi merupakan penyebab menurunkan nilai aset. Sebagai alternatif kamu bisa menyimpan dana dalam bentuk valas karena tidak tergerus oleh nilai tukar rupiah yang melemah. Selanjutnya kamu bisa membeli deposito valas tanpa mengalami penurunan nilai tukar dari rupiah ke mata uang asing yang menjadi pilihan.

6.      Aman

Deposito valas merupakan produk yang aman karena dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Artinya jika bank pengelola investasi mengalami kerugian dan tidak mampu membayar saat kamu mencairkan deposito, pihak LPS yang akan membayar ke investor.

Syarat Pembuatan Deposito Valas

Manfaat dan keuntungan dari deposito valas sangat menguntungkan. Apabila kamu tertarik untuk mengembangkan modal dengan cara yang aman dan mudah, bisa segera membeli produk investasi dalam bentuk deposito valas, syaratnya:

1.      Mempunyai rekening tabungan atau giro

Rekening tabungan atau giro merupakan persyaratan pertama yang diperlukan jika kamu ingin membeli deposito valas. Jika belum punya, kamu bisa segera membuatnya. Fungsi rekening tersebut untuk menampung profit maupun dana saat kamu mencairkan.

2.      Mengisi data yang diperlukan

Setelah mempunyai rekening, selanjutnya kamu perlu mengisi data formulir permohonan pembukaan deposito valuta asing. Biasanya data yang diisikan berupa data pribadi dan pilihan jenis deposito valas. Kamu perlu memberi pernyataan persetujuan atau pernyataan bahwa data yang dimasukkan semua benar.

3.      Menyertakan dokumen yang dibutuhkan

Sebagai pelengkap, kamu akan diminta untuk menyertakan identitas. Bagi WNI melampirkan KTP atau SIM, KK, dan NPWP. Sementara untuk WNA harus melampirkan KITAS dan paspor.

4.      Membayar setoran awal

Untuk membuka rekening, pihak bank akan meminta kamu untuk melakukan setoran awal. Besarnya setoran awal pada masing-masing bank berbeda. Jumlah yang disetorkan akan menjadi saldo awal.

Kini saatnya kamu mengembangkan modal dengan deposito valas yang agar cuan. Kamu bisa mulai dengan membeli investasi deposito di 11 mata uang asing melalui Aplikasi digibank by DBS, keuntungan kamu semakin meningkat karena bebas biaya admin.

Aplikasi digibank by DBS menyediakan lebih dari 150 pilihan investasi terbaik yang aman dan mudah diakses selama 24 jam dan akan membantu kamu mengelola serta mengembangkan modal tanpa khawatir tergerus oleh inflasi.

Sahabat digibank juga bisa mendapatkan akses langsung perkiraan ekonomi makro dari para ahli agar semakin cuan. selain itu bisa juga mendapat rekomendasi investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dari pakar kelas dunia. Yuk, mulai kembangkan aset dengan membeli investasi deposito di Aplikasi digibank by DBS, cek di sini untuk informasi lebih detailnya!

Baca Juga:

Mengenal Investasi Deposito, Jenis-Jenis, dan Keuntungannya

Strategi Investasi Deposito agar Cuan Maksimal

Alasan Mengapa Lebih Baik Investasi Sejak Muda