Cerdik Berinvestasi Saat Suku Bunga Berubah
27 Jun 2024

Cerdik Berinvestasi Saat Suku Bunga Berubah

Poin Penting:

  • Suku bunga ditentukan oleh Bank Indonesia.
  • Bank Indonesia diperkirakan akan lebih menurunkan suku bunga pada paruh kedua tahun 2024.
  • Ketika suku bunga turun, tabungan jadi kurang menarik karena bunga deposito yang lebih rendah.
  • Peluang investasi bisa ditemukan di sektor yang tumbuh atau aset dengan hasil lebih tinggi seperti obligasi, saham, atau reksadana.

Siap meraih peluang dan memulai perjalanan investasimu dengan lebih percaya diri?

 

Suku bunga dapat disesuaikan untuk merangsang atau menahan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Di Indonesia, peran ini dijalankan oleh Bank Indonesia (BI), yang berfokus mengelola inflasi dan menjaga stabilitas Rupiah.

Dalam beberapa tahun terakhir, BI menaikkan suku bunga mengikuti kenaikan suku bunga Federal Reserve AS. Namun, hal ini mungkin berubah di paruh kedua tahun 2024. Ekonom DBS memperkirakan BI mungkin mulai menurunkan suku bunga akhir tahun ini.

Hal ini dapat mempengaruhi bisnis, individu, termasuk investasi kamu. Tapi, dengan memahami dampaknya dan memiliki strategi investasi, kamu bisa menghadapi perubahan dengan lebih tenang. Yuk kita bahas lebih rinci!

Apa yang terjadi ketika suku bunga turun?

Secara umum, suku bunga rendah merangsang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan inflasi karena biaya pinjaman bagi bisnis menjadi lebih murah.

Dengan biaya pinjaman yang lebih rendah, bisnis cenderung memulai proyek pertumbuhan seperti akuisisi bisnis, ekspansi, dan pengembangan produk.

Berinvestasi untuk hasil yang lebih baik

Tabungan jadi kurang menarik karena bunga deposito cenderung lebih rendah; orang akan lebih cenderung menginvestasikan uang mereka untuk imbal hasil yang lebih baik.



Sektor-sektor apa saja yang diuntungkan oleh suku bunga yang turun?

  • Carilah Reksadana yang fokus pada saham pertumbuhan atau sektor seperti konsumen, teknologi, jasa keuangan, infrastruktur, dan lainnya.
  • Pilih Obligasi dengan kupon yang menarik atau saham dengan dividen yang lebih tinggi. Jika kamu memegang aset ini, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk memanfaatkan asetmu.

Apa yang terjadi ketika suku bunga tetap tinggi?

Secara umum, suku bunga tinggi ‘mendinginkan’ ekonomi yang terlalu ‘panas’ dan mengurangi inflasi karena biaya pinjaman yang lebih tinggi menghambat rencana bisnis. Tabungan jadi lebih menarik karena suku bunga deposito yang lebih tinggi; orang mungkin mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam aset atau sektor yang akan diuntungkan oleh kenaikan suku bunga.


Sektor-sektor dan aset apa saja yang diuntungkan oleh suku bunga tinggi?

  • Sektor keuangan seperti bank, hipotek, dan perusahaan asuransi akan diuntungkan oleh kenaikan suku bunga.
  • Suku bunga deposito yang menarik bisa menarik para penabung. Investor mungkin bisa mengambil obligasi berkualitas dengan harga yang bagus.

Bareng digibank by DBS, kamu bisa mengakses prakiraan makro ekonomi dari para ahlinya dan rekomendasi investasi dari tim kelas dunia kami. Ada lebih dari 120 produk investasi mulai dari Obligasi hingga Reksadana yang dikurasi untuk menavigasi masa depan kamu, yang memungkinkanmu untuk berinvestasi seacara strategis, bahkan di tengah fluktuasi suku bunga. Hubungi kami sekarang!