Apply kartu kredit
15 Aug 2024

Simak Aturan Makan Fine Dining Agar Terlihat Elegan

Inilah Panduan Makan di Restoran Fine Dining

Urutan Menu Fine Dining, Pelajari!

Makan di restoran fine dining bukan lagi mimpi untuk bisa kamu wujudkan! Makan di restoran fine dining beda dengan restoran biasa karena ada aturan formal yang wajib kamu ikuti.

Itulah keunikan makan di restoran fine dining. Kamu wajib mengetahui aturan-aturan selama makan dan daftar hidangannya. Tujuannya, biar kamu tidak bingung dan tetap elegan saat mungkin tiba-tiba kamu diundang ke acara yang mengharuskan makan ala fine dining. Yuk, disimak artikel ini sampai tuntas!

Inilah Panduan Makan di Restoran Fine Dining

Kamu bisa sesekali coba untuk makan di restoran fine dining, karena hal ini bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Sekaligus etika-etika bersantap di restoran fine dining jadi pelajaran baru dan seru untuk kamu. Apa saja deretan etika makan di restoran fine dining? Simak di bawah ini.

●       Berpakaian Formal dan Rapi

Panduan etika saat makan di restoran fine dining yang pertama adalah berpakaian formal dan rapi. Kewajiban dress up dengan tema formal ini sudah menjadi aturan default saat berkunjung ke restoran fine dining.

Pakaian yang bisa digunakan adalah smart blazer atau suit yang elegan untuk pria. Hindari memakai celana pendek, kaos, dan sandal, ya! Sedangkan untuk dress up perempuan, bisa pilih menggunakan long dress atu cocktail dress biar jadi pilihan teraman.

●       Ketahui Kegunaaan Perangkat Makan

Nah, bagian paling tricky dari makan di restoran fine dining adalah menggunakan perangkat makan yang biasanya bermacam-macam. Hal ini juga yang biasanya bikin banyak orang bingung bagaimana menggunakannya.

Bayangkan saja, mulai dari gelas, piring, garpu dan sendok tidak hanya satu macam! Maka, kamu wajib mengetahui fungsi dan cara menggunakan cutlery yang beragam ini.

Sederhananya, kamu selalu mulai gunakan alat makan yang terjauh dari piring. Jadi, table manner ketika menggunakan perangkat makan pada restoran fine dining adalah menggunakan alat makan yang paling luar hingga ke bagian dalam.

●       Letakkan Serbet pada Tempatnya

Etika makan fine dining berikutnya adalah tata cara menaruh serbet atau napkins yang tidak boleh sembarangan. Saat kamu duduk, kamu bisa langsung siapkan serbet di atas pangkuanmu. Cara lainnya, kamu bisa menunggu waiter untuk meletakkannya di atas pangkuan.

Serbet ini wajib dilipat dua dengan lipatan yang menghadap luar atau menghadap ke arah kamu. Cara pengguanaan serbet bukan untuk mengelap hidung atau membersihkan cutlery. Kamu juga menghapus noda sisa makanan di mulut dengan cara ditepuk-tepuk sampai hilang.

Hindari menyeret serbet ke area mulut karena ini bukan etika yang benar. Saat selesai makan, letakkan serbet yang sudah dilipat kembali di sisi kiri piring makanmu.

●       Perhatikan Cara Makan dan Posisi Duduk

Etika makan di restoran fine dining cukup banyak dan beberapa harus kamu ketahui. Misalnya, cara makan yang wajib kamu pahami adalah jangan meniup makanan yang masih panas. Sebaiknya, kamu tunggu 1-2 menit hingga makanan tersebut bisa disantap tanpa harus ditiup.

Selain itu, kamu bisa usahakan tidak menyeruput makanan yang berbentuk sup. Apalagi jika sampai keluar suara mengecap saat makan. Cara tersebut dianggap tidak sopan dan tidak elegan.

Mendentingkan gelas saat makan di restoran fine dining ternyata juga wajib dihindari, lho! Karena kata beberapa pakar table manner, etika makan di restoran fine dining adalah semakin sedikit suara yang kamu buat, justru semakin baik.

Sedangkan untuk posisi duduk, tentu kamu wajib duduk secara tegak dan formal. Tidak bersandar di kursi yang menunjukkan kamu sedang bersantai. Bagaimana? Kamu sudah siap makan di restoran fine dining?

Baca juga: 5 Destinasi Indah di Kenya, Wajib Dikunjungi

Urutan Menu Fine Dining, Pelajari!

Kalau kamu sudah tahu etika makan di restoran fine dining dan berencana untuk berkunjung ke sana, sekarang bisa jadi saat yang tepat! Apalagi kamu baru saja Apply Kartu Kredit dan bisa memanfaatkannya untuk menikmati hidangan menu fine dining. Apa saja urutan menu fine dining yang perlu kamu ketahui? Simak daftarnya di bawah ini!

●       Hors d’oeuvres

Hors d’oeuvres masuk ke dalam menu yang disajikan pertama kali saat kamu makan di restoran fine dining. Berasal dari bahasa Perancis yang artinya makanan yang disajikan di luar makanan pokok.

Contoh menu hors d’oeuvres ini adalah roti panggang ukurang kecil, gorengan, atau keripik. Hal yang terpenting, menu makanan ringan ini bisa disantap dengan tangan kosong.

●       Amuse-bouche

Sajikan kedua setelah hors d’oeuvres adalah amuse-bouche yang artinya kudapan. Masih termasuk jenis makanan ringan, namun fungsinya untuk merangsang nafsu makan kamu sebelum disajikan main course.

Menu amuse-bouche ini kudapan keripik ubi dan sup kacang hijau dengan tambahan keju. Yang membedakan dengan hors d’oeuvres adalah biasanya menu amuse-bouche disajikan bersamaan dengan anggur.

●       Sup

Menu sup pada restoran fine dining bukan sup yang hangat, seperti sup ayam, ya! Sup yang disajikan adalah sup suhu dingin, yang tujuan penyajiannya adalah mencegah tamu merasa kenyang. Disajikan di mangkuk kecil, biasanya sup yang disajikan adalah sup kacang, sup labu, dan sejenisnya.

●       Appetizer

Di beberapa tempat, appetizer disajikan serupa dengan makanan utama tapi dengan porsi yang lebih kecil. Appetizer disajikan setelah menu sup, yang mana isi di dalamnya adalah menu makanan berat dengan porsi kecil beserta potongan sayur dan saus.

●       Ikan

Menu ikan ternyata bukan termasuk appetizer atau main course. Karena di beberapa restoran fine dining di Indonesia, ikan termasuk menu tersendiri. Tujuannya menu ini dihidangkan adalah untuk memenuhi kadar protein tamu restoran.

●       Main Course

Nah, tibalah pada penyajian menu main course yang mana kamu sudah bisa menyantap hidangan utama restoran fine dining ini. Menu-menu main course biasanya memiliki porsi yang lebih besar.

Menu main course yang paling umum kamu temui adalah olahan daging merah dan daging putih. Contohnya daging unggas, daging domba, daging sapi, dan sejenisnya.

●       Dessert

Setelah kamu menyantap berbagai olahan daging, ada saatnya kamu menyantap makanan ringan dan manis untuk menghilangkan rasa yang tertinggal di mulut. Menu yang menjadi bagian dari dessert adalah aneka kue manis atau salad buah.

Itulah berbagai panduan makan dengan etika restoran fine dining beserta deretan menu yang bisa kamu dapatkan. Mencoba makan ala fine dining pasti seru banget! Kamu bisa mewujudkannya sekarang dengan memanfaatkan kartu kredit milikmu.

Salah satu produk kartu kredit terbaik saat ini adalah Kartu Kredit Digital digibank. Dengan berbagai keunggulan dan pengajuan kartu kredit online yang mudah, semakin memudahkan kebutuhan dan lifestyle kamu.

Keuntungan Kartu Kredit Digital digibank adalah proses approval singkat yaitu 60 detik dan kartu sudah bisa digunakan. Adanya Aplikasi digibank by DBS memungkinkan kamu selalu stay in control terhadap pengeluaran. Lalu, dengan belanja minimum Rp1 juta di 60 hari pertama, kamu langsung bisa mendapatkan gratis iuran tahun pertama!

Yuk, Apply Kartu Kredit Gampang dengan Kartu Kredit Digital digibank yang merupakan online credit card pertama di Indonesia! Wujudkan kebutuhan kamu untuk merasakan makan di restoran fine dining dengan menu-menu yang lezat. Klik di sini untuk cara dan informasi pengajuan.

Baca juga:

Jangan Lewatkan! Perlengkapan Wajib saat Berlibur ke Pantai

6 Perbedaan Kartu Kredit vs Kartu Debit, Jangan Salah Pilih

Perbedaan Kartu Kredit Digital dan Kartu Kredit Biasa