Pendidikan
13 Apr 2023

S2 Hubungan Internasional di Luar Negeri? Wujudkan pakai KTA

KTA bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki impian untuk melanjutkan kuliah magister di luar negeri, tapi terhalang oleh dana pendidikan. Salah satu jurusan potensial dan juga memiliki banyak peminat ialah jurusan Hubungan Internasional (HI).

Sesuai namanya, jurusan HI memang berkaitan dengan dunia internasional atau mancanegara. Sehingga, kurang rasanya jika ingin melanjutkan jenjang magister di dalam negeri saja.

Maka tak heran jika beberapa mahasiswa memutuskan untuk meraih gelar S2 mereka di berbagai kampus jurusan HI terbaik di dunia. 

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Hubungan Internasional

Bagi yang belum tahu, Hubungan Internasional merupakan sebuah hubungan yang dijalin antar kelompok bangsa-bangsa, negara maupun individu demi kepentingan nasional. Saat mengambil jurusan HI, kamu akan menghadapi berbagai jenis issue internasional.

Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi setiap mahasiswa Hubungan Internasional. Beberapa masalah yang paling sering dibahas dalam bidang ini di antaranya seperti ketimpangan perdagangan di dunia, masalah keamanan suatu negara, kasus lingkungan hingga issue kemiskinan yang masih tetap terjadi di berbagai belahan penjuru dunia.

Mahasiswa yang ingin mengembangkan skill komunikasi hingga ingin meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya sangat cocok dengan jurusan HI.

Prospek Jurusan Hubungan Internasional

Pada dasarnya, mengambil jurusan HI akan membuka peluang lebih luas dari segi karir maupun pendidikan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika di masa depan nanti kamu bisa berada di salah satu posisi penting di PBB.

Perlu kamu tahu bahwa lulusan Hubungan Internasional selalu menjadi prioritas oleh Kementerian Luar Negeri terutama saat mereka mencari calon Diplomat berkualitas. Tak hanya menjadi Diplomat, jurusan HI juga selalu diincar oleh banyak perusahaan terutama perusahaan-perusahaan ternama di luar negeri.

Maka tak heran, banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya pada jurusan HI karena memiliki jenjang karir yang sangat luas. Agar ilmu yang didapatkan semakin maksimal, banyak lulusan sarjana Hubungan Internasional pun memilih melanjutkan jenjang S2 mereka di luar negeri.

Selain mendapatkan pengalaman dan ilmu yang lebih luas, melanjutkan pendidikan jurusan Hubungan Internasional di luar negeri juga akan meningkatkan relasi internasional kamu selama menempuh pendidikan.

Jika ingin melanjutkan kuliah S2 Hubungan Internasional di salah satu kampus impian kamu, maka cobalah memanfaatkan KTA online bank untuk menunjang segala kebutuhan pendidikan kamu saat kuliah di luar negeri.

Bukan hal yang mustahil jika kamu bisa menjadi generasi penerus Bapak Marty Natalegawa atau Ibu Retno Marsudi di masa yang akan datang.

Kampus dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Luar Negeri

Sebelum memutuskan melanjutkan kuliah S2 di luar negeri, ada baiknya jika kamu selektif dalam memilih kampus yang menawarkan jurusan HI. Agar kamu tidak bingung, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi kampus terbaik yang bisa kamu pilih.

1.    Harvard University, Amerika

Nama Universitas Harvard tentu bukanlah nama kampus yang awam di dunia. Salah satu kampus top dunia yang satu ini juga memiliki program Magister Hubungan Internasional di bawah naungan Faculty of Arts and Sciences (FAS).

Jurusan Hubungan Internasional di kampus ini telah dikenal sebagai jurusan yang memiliki dedikasi tinggi dalam proses pengajaran dan pembelajaran hingga mendorong lahirnya berbagai penemuan-penemuan termutakhir.  

2.    The London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris

Kamu juga bisa menggunakan KTA online bank untuk memenuhi kebutuhan pendidikan kamu saat melanjutkan kuliah di The London School of Economics and Political Science. Departemen Hubungan Internasional di kampus menjadi salah satu fakultas tertua dan terbesar di dunia dengan reputasi internasional.

Tak hanya itu, kampus ini juga telah berkontribusi dalam pembuatan jurnal Millennium: Journal of International Studies. Jurnal ini merupakan salah satu jenis jurnal Hubungan Internasional yang bergengsi di dunia.

3.    University of Oxford, Inggris

University of Oxford di Inggris bisa menjadi pilihan terbaik saat kamu memutuskan untuk mengejar gelar master di Inggris. jurusan HI di kampus ini berada di bawah The Department of Politics and International Relations.

Sejak dulu, fakultas ini telah menjadi pusat pengajaran dan penelitian yang sudah dikenal secara internasional.

4.    The University of Sydney (USYD), Australia

Jika tertarik melanjutkan pendidikan di Australia maka cobalah memilih The University of Sydney. Di kampus top dunia ini, jurusan HI memiliki reputasi internasional dalam bidang pengajaran hingga penelitian.

Maka tak salah, jika banyak mahasiswa  jurusan Hubungan Internasional mancanegara tertarik untuk melanjutkan pendidikan mereka di The University of Sydney, Australia.

5.    National University Of Singapore (NUS), Singapura

Jika ingin melanjutkan kuliah di negara terdekat yang memiliki citra kampus terbaik di dunia, silahkan memilih National University of Singapore. Perlu kamu tahu, kampus ini sendiri berada di peringkat pertama tingkat Asia dan urutan 11 di dunia.

Reputasi inilah yang menjadikan NUS sebagai kampus populer dan banyak diincar oleh mahasiswa internasional.

Adapun jurusan HI di kampus ini berada di bawah naungan Faculty of Arts and Social Sciences. Jurusan ini termasuk jurusan populer di National University of Singapore.

6.    University Of Groningen, Belanda

Selain Leiden University, Belanda juga memiliki University of Groningen sebagai salah satu universitas tertuanya. Bisa dibilang bahwa kampus ini menjadi kampus favorit para mahasiswa Indonesia  yang ingin melanjutkan studi pada program Hubungan Internasional.

jurusan HI di kampus ini telah mencakup ranah politik, sejarah, ekonomi dan hukum dalam bidang Hubungan Internasional. Jika kamu sedang mencari kampus terbaik yang menyediakan jurusan HI di Belanda, silahkan menjadikan University of Groningen sebagai salah satu referensimu.

Wujudkan Gelar S2 Hubungan Internasional di Luar Negeri bersama KTA

Biaya kuliah S2 memanglah membutuhkan modal yang besar, apalagi jika kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Namun, kehadiran digibank KTA bisa menjadi solusi bagi kamu yang terkendala dana pendidikan.

  1. Online 24 jam, tanpa ribet karena apply online dimana saja dan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau website go.dbs.com/kta yang bisa diakses melalui handphone.
  2. Approval cepat dalam 60 detik.
  3. Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS hingga Rp200 juta.
  4. Bebas mengatur jumlah dana yang diajukan.
  5. Cicilan hingga 36 bulan.
  6. Tanpa dokumen fisik.
  7. Persyaratan mudah. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta.

Tak butuh waktu lama saat mengajukan kredit lewat digibank KTA. Semua proses pengajuan KTA terbilang mudah dan praktis. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan dan nikmati beragam kemudahannya.

Untuk informasi lengkap mengenai cara pengajuan dan syarat lengkapnya bisa cek pada tautan berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

 

 

Apply digibank KTA