karaoke di rumah
13 Jan 2024

Bikin Rumah Makin Nyaman dengan Perlengkapan Karaoke Ini!

Karaoke di rumah bersama keluarga atau teman memang menyenangkan, apalagi didukung oleh perangkat yang memadai. Namun, tidak bisa dipungkiri jika harga dari setiap alat karaoke memanglah cukup mahal. Agar bisa mendapatkan perlengkapan karaoke dengan potongan harga fantastis, tak ada salahnya untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit online.

Rekomendasi Perlengkapan Karaoke Rumahan yang Wajib Ada

Berikut adalah beberapa rekomendasi peralatan karaoke yang wajib kamu miliki agar suasana karaoke semakin maksimal meskipun dari rumah:

●       Peralatan Karaoke Player Machines

Karaoke player machines berada di urutan pertama alat karaoke yang wajib ada di dalam rumah. Mesin musik ini telah dilengkapi oleh hard drive yang mampu menyimpan hingga jutaan lagu. Bahkan, kamu bisa menggunakan port USB ataupun internet saat ingin memperbaharui lagu.

Agar gema suara musik dan suaramu semakin maksimal, sebaiknya gunakan mixer audio terpisah untuk memproses dan mencampur suara dari musik maupun mikrofon yang digunakan.

Harga mixer audio di pasaran umumnya dijual dengan harga sekitar 5 juta rupiah. Lakukan cara cepat pengajuan kartu kredit untuk mendapatkan harga yang lebih miring saat bertransaksi.

●       Music Player Source

Saat ini sudah banyak jenis music player source atau pemutar DVD berkualitas tinggi. Pastikan untuk membeli pemutar DVD orisinal, bukan bajakan. Pasalnya, hal ini dapat mempengaruhi kualitas musik dan audio yang dihasilkan.

●       Peralatan Display Video

Kemudian, untuk bisa menampilkan video karaoke, kamu bisa menggunakan TV dengan konektor input seperti input AV (Audio-Video Input), input VGA atau HDMI yang sudah semakin populer saat ini.

Kebanyakan orang cenderung menggunakan konektor input AV untuk layanan video gambar. Untuk tampilan gambar yang lebih jernih, kamu bisa membeli proyektor layar.

●       Peralatan Microphone

Pastikan untuk memilih jenis mikrofon dari brand dengan reputasi yang bagus. Karena harga umumnya berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan.

Jika ingin bergerak lebih bebas maka kamu bisa membeli mikrofon nirkabel. Mikrofon jenis ini sudah banyak dijual di mana-mana baik di toko fisik ataupun toko online. Kamu juga bisa melakukan cara cepat pengajuan kartu kredit untuk bisa membeli peralatan mikrofon dengan harga yang bersahabat.

●       Komputer PC/Laptop

PC ataupun laptop akan sangat berguna untuk kamu yang menginginkan suasana karaoke yang lebih maksimal. Bahkan, kamu juga bisa memutar sumber audio dari YouTube serta menampilkan lirik lagu sekaligus.

Jika ingin mendapatkan visual yang lebih jelas, kamu bisa menghubungkan komputer ke TV dengan memanfaatkan kabel HDMI atau melalui wireless casting TV.  

Tips Memilih Sound System untuk Karaoke Rumahan

Sebelum membeli peralatan karaoke lewat kartu kredit online, pastikan untuk menerapkan beberapa tips penting berikut ini:

●       Instalasi Perangkat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah melakukan instalasi perangkat. Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, instalasi sound system karaoke juga melalui beberapa tahapan.

Agar tak salah langkah, kamu bisa meminta bantuan teknisi untuk memasang perangkat karaoke. Namun, inovasi teknologi yang ada saat ini juga semakin memudahkan banyak orang untuk memasang peralatan sendiri.

Instruksi dari buku manual serta hadirnya tools otomatis tentu akan semakin memudahkan kamu saat melakukan instalasi secara mandiri.

●       Daya Listrik

Berhubung perangkat elektronik akan selalu membutuhkan aliran listrik, maka sudah jelas kamu harus mempertimbangkan daya listrik yang akan digunakan pada perlengkapan karaoke. Seperti yang diketahui bahwa beberapa jenis elektronik membutuhkan daya listrik yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu, saat ingin membeli perlengkapan karaoke, pilihlah alat yang memiliki daya listrik yang tak terlalu besar. Dengan begitu, kamu tidak akan terbebani oleh tagihan listrik yang berpotensi membengkak.

●       Cek Bagian Mikrofon

Mikrofon atau mic sudah menjadi bagian penting dalam sound system karaoke. Jadi, sebelum membeli mikrofon, pastikan untuk benar-benar sudah memahami persoalan audio dan bagian-bagian dalam mikrofon itu sendiri. Bagaimanapun juga, mikrofon menjadi benda utama saat unjuk suara dalam karaoke.

Untuk penggunaan pribadi di rumah, perangkat umumnya hanya menyediakan satu mikrofon saja. Pada dasarnya, satu buah mikrofon bukanlah masalah, terlebih jika kamu memang lebih sering melakukan karaoke seorang diri. Namun, satu hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah saat menambahkan mikrofon lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa mengajak sahabat, kolega, ataupun keluarga untuk berkaraoke bersama. Tentu karaoke bersama-sama akan jauh lebih seru dibandingkan melakukan solo karaoke saja. Jadi, saat membeli perangkat karaoke, selain mengecek audio yang dihasilkan, akan lebih baik untuk menginstal satu atau dua tools mikrofon lainnya.

●       Screen Compatibility

Karaoke rasanya kurang lengkap tanpa adanya deretan lirik yang membantu kamu untuk bernyanyi. Deretan lirik ini umumnya akan ditampilkan pada layar yang sudah dihubungkan pada perangkat atau sound system karaoke. Kamu bisa menggunakan screen compatibility yang bisa dihubungkan langsung pada layar TV ataupun komputer.

Beberapa jenis sound system karaoke keluaran terbaru umumnya tidak menggunakan sistem screen compatibility. Oleh sebab itu, kamu perlu membelinya secara terpisah. Harga di pasaran juga cukup mahal, sehingga kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk membelinya.

Beberapa orang juga memilih opsi lain yaitu membeli perangkat screen yang mudah disambungkan pada layar TV. Namun, sebelum itu, pastikan untuk membeli sound system yang kompatibel dengan layar TV yang kamu gunakan di rumah.

●       Teknologi yang Digunakan

Kehadiran teknologi tentu akan membuat segala hal dan rutinitas manusia menjadi lebih mudah. Begitu halnya pada teknologi yang diusung pada sound system karaoke saat ini. Jika dulunya kamu perlu membeli beberapa perangkat secara terpisah, kini kamu pun sudah bisa membeli perangkat karaoke dalam satu paket.

Teknologi terbaru yang ada di dalam badan sound system tentu akan lebih memudahkan kamu untuk melakukan instalasi hingga berkaraoke dengan nyaman walau dari rumah.

Teknologi digital ini tidak akan merepotkan kamu untuk membeli tools terpisah lainnya seperti amplifier, mixer, equalizer, limiter, anti feedback, LPF, AGC, HPF, ataupun effector. Pasalnya, keseluruhan teknologi tersebut sudah tersedia dalam satu perangkat saja.

Tak hanya praktis, inovasi teknologi audio terbaru juga menghasilkan suara yang lebih jernih. Teknologi digital juga memungkinkan kamu untuk memasang setting personal yang memiliki password sehingga tidak akan berubah.

Tentu, kamu akan makin nyaman berkaraoke dengan teknologi terbaru di dalam perangkat. Oleh sebab itu, pertimbangkanlah teknologi yang dihadirkan oleh sound system karaoke sebelum membelinya.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui lebih jauh tentang seluk-beluk memilih alat karaoke di rumah. Untuk mewujudkannya, kamu bisa manfaatkan Kartu Kredit Digital digibank untuk membeli perlengkapan karaoke yang kamu butuhkan. Ini adalah kartu kredit digital pertama di Indonesia. Kamu bisa apply dan mendapatkan approval dalam 60 detik dan kamu bisa gunakan fitur digibank Pay Later hingga 60 bulan.

Jika kamu tertarik untuk memiliki kartu kredit online digibank by DBS, yuk langsung lakukan pengajuan sekarang juga! Informasi selengkapnya bisa kamu cek di sini!