pinjaman bunga rendah
07 Jun 2024

7 Tips Memilih Produk Pinjaman yang Tepat

7 Tips Menemukan Produk Pinjaman yang Tepat

  • Mengetahui Tujuan Pengajuan Pinjaman
  • Memastikan Reputasi Pihak Penyedia Pinjaman
  • Mencari Tahu Ketentuan dan Persyaratan yang Dibutuhkan
  • Membandingkan Suku Bunga
  • Mempertimbangkan Biaya Lainnya
  • Memilih Produk yang Sesuai dengan Penghasilan
  • Mempertimbangkan Tenor Pembayaran Cicilan


Saat ini ada banyak sekali produk pinjaman yang bisa dijadikan solusi pendanaan untuk segala kebutuhanmu. Meskipun demikian, kamu perlu berhati-hati agar produk pinjaman yang kamu ajukan tersebut bisa benar-benar aman dan bisa membantumu alih-alih merugikanmu.

Supaya bisa menemukan pinjaman yang tepat, terlebih produk pinjaman bunga rendah, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Demi keamananmu, artikel ini akan memberikan pembahasan terkait tips-tips yang bisa kamu perhatikan ketika hendak memilih produk pinjaman. Pembahasan lengkapnya tentang tips tersebut akan diulas pada informasi berikut.

7 Tips Menemukan Produk Pinjaman yang Tepat

Dalam rangka memilih produk pinjaman untuk dijadikan sebagai solusi atas kebutuhanmu, penting untukmu mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Apabila keadaannya mendesak dan kamu membutuhkan dana cepat, pastikan kamu tetap memilih produk pinjaman yang paling tepat untukmu.

Menemukan produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya kemampuan finansial, merupakan hal yang penting. Untuk itu, berikut akan diberikan beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dengan baik supaya kamu dapat menemukan dan mengajukan pinjaman dengan produk yang tepat.

●       Mengetahui Tujuan Pengajuan Pinjaman

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan agar bisa memilih produk pinjaman yang tepat dan terbaik untukmu, yaitu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan apa yang mengharuskanmu mengajukan pinjaman ini atau singkatnya tujuan pengajuan pinjaman.

Dengan memiliki tujuan yang pasti, maka kamu bisa menggunakan dana pinjamannya dengan lebih bijak. Pasalnya jika kamu hanya meminjam dana tanpa memiliki tujuan yang genting, cicilan yang wajib dibayarkan bisa saja kelak hanya akan menjadi beban dan membuat kondisi finansialmu menjadi lebih buruk.

Untuk itu, penting bagimu mengajukan pinjaman hanya dengan tujuan yang benar-benar mendesak agar nantinya tidak menjadi kebiasaan yang bisa saja merugikanmu di kemudian hari.

Mengetahui tujuan dari pengajuan pinjaman juga bisa menjadi pertimbangan untuk menemukan pinjaman yang paling tepat untukmu. Sebagai contoh jika kamu ingin melakukan renovasi hunian, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman KTA yang merupakan pinjaman bunga rendah.

●       Memastikan Reputasi Pihak Penyedia Pinjaman

Selain perlu memiliki tujuan yang pasti untuk menggunakan dana pinjaman, kamu juga harus memastikan nilai reputasi dari pihak penyedia pinjaman agar bisa menemukan produk pinjaman yang tepat.

Untuk bisa mengetahui reputasi yang dimiliki oleh pihak penyedia pinjaman, kamu perlu melakukan riset sederhana. Carilah informasi di internet terkait testimoni dan pastikan bahwa pihak tersebut memiliki reputasi yang baik.

Dengan memiliki reputasi baik, maka bisa dipastikan bahwa pihak penyedia pinjaman tersebut rekam jejaknya juga baik dan bisa dipercaya. Apabila kamu tertarik, kamu bisa memilih pinjaman yang memang tersedia di pihak penyedia pinjaman tersebut.

●       Mencari Tahu Ketentuan dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Setiap ingin mengajukan pinjaman, pasti ada syarat-syarat yang dibutuhkan. Untuk itu sebelum mengajukan pinjaman, kamu perlu mencari tahu persyaratan apa saja yang dibutuhkan dari produk pinjaman tersebut. Langkah ini bisa dijadikan cara untuk membantumu menemukan produk pinjaman yang paling tepat.

Dikatakan demikian karena masing-masing produk pinjaman umumnya memiliki persyaratan yang berbeda. Kamu perlu memilih produk pinjaman bunga rendah yang persyaratannya sesuai dengan kondisimu dan keadaan finansialmu.

Bacalah dengan teliti daftar persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia pinjaman. Pahami juga ketentuannya. Dengan memahami hal-hal ini, kamu jadi tidak lagi bingung menentukan pinjaman karena sudah menemukan produk pinjaman yang tepat berdasarkan syarat, cara pelunasan, dan kemungkinan risikonya.

Baca juga: 8 Tips Wujudkan Hunian Nyaman Bergaya Bohemian

●       Membandingkan Suku Bunga

Tips selanjutnya agar kamu bisa menemukan produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu, yaitu kamu perlu mempertimbangkan suku bunga yang diberikan. Bandingkan antara suku bunga dari pinjaman yang satu dengan pinjaman yang lainnya.

Untuk bisa mengetahui besaran bunga yang dibebankan, maka sebaiknya kamu memilih pihak penyedia pinjaman yang legal dan dibawah pengawasan OJK. Pasalnya para pihak penyedia pinjaman tersebut umumnya akan secara transparan memberikan rincian bunga kepada nasabahnya.

Kemudian tidak sedikit juga ada yang menyediakan fitur simulasi pinjaman. Dengan adanya fitur ini, kamu sebagai calon peminjam jadi bisa menghitung dan juga mengetahui perkiraan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

●       Mempertimbangkan Biaya Lainnya

Tidak hanya ada bunga, kamu juga perlu memperhatikan biaya lainnya yang perlu kamu bayarkan ketika hendak mengajukan pinjaman. Meski nominalnya tidak begitu besar, namun ada baiknya kamu tetap mempertimbangkan biaya-biaya tersebut layaknya biaya administrasi.

Kemudian perihal biaya ini, pastikan kamu juga mencari tahu tentang ketentuan pembayarannya. Apakah biaya lain tersebut akan dibebankan pada saat pembayaran cicilan atau opsi lain seperti memotong dari dana pinjaman.

●       Memilih Produk yang Sesuai dengan Penghasilan

Supaya bisa menemukan produk pinjaman yang tepat, maka kamu perlu memilih produk yang tentunya sesuai dengan penghasilan yang kamu miliki. Jika kamu mengajukan pinjaman, pastikan jumlah cicilan per bulannya tidak lebih besar dari 30% dari pendapatan per bulanmu.

Tidak hanya itu, sebelum berani mengajukan pinjaman, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memiliki penghasilan yang stabil. Sebab apabila pendapatanmu belum stabil dan sudah mengajukan pinjaman, meskipun pinjaman bunga rendah, dikhawatirkan nantinya kamu akan kewalahan dan sulit melunasi cicilan setiap bulannya.

●       Mempertimbangkan Tenor Pembayaran Cicilan

Tips selanjutnya yang juga tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya dalam rangka menemukan produk pinjaman yang tepat, yaitu kamu harus mempertimbangkan tenor pembayaran cicilan.

Pastikan kamu memilih tenor pembayaran cicilan pinjaman sesuai dengan kemampuan finansialmu, entah itu tenor panjang maupun tenor pendek. Kamu bisa mendiskusikan ini dengan ahlinya.

Jika kamu memilih tenor panjang, maka nominal cicilan per bulannya cenderung kecil namun bunganya besar. Kamu juga harus membayarkan cicilan dalam waktu yang lama dan membuat total hutang menjadi lebih besar.

Sementara jika kamu memilih tenor atau periode pembayaran cicilan yang pendek, maka kamu harus membayarkan cicilan per bulannya dengan nominal yang lebih besar. Meskipun demikian, nilai bunganya kecil dan keseluruhan total hutangnya juga akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan tenor panjang.

Maraknya produk pinjaman yang ada saat ini membuat banyak orang mudah terkecoh saat hendak mengajukan pinjaman yang bisa mengakibatkan kerugian. Untuk bisa menemukan pinjaman yang tepat, kamu perlu mengaplikasikan beberapa tips.

Berdasarkan pembahasan di atas, tips-tips yang dapat kamu lakukan agar bisa memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu antara lain, yaitu mengetahui tujuan pengajuan, memastikan reputasi penyedia pinjaman, mencari tahu syarat dan ketentuan, membandingkan suku bunga serta biaya lain, hingga mempertimbangkan tenor pembayaran cicilan.

Apabila kamu sedang mencari pinjaman untuk memenuhi kebutuhanmu, mulai dari renovasi, traveling, maupun pendidikan, salah satu produk pinjaman yang direkomendasikan ialah digibank KTA.

Dengan adanya digibank KTA, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan! Beberapa di antaranya yakni dana berlimit hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik, apply pinjaman dana tanpa perlu melampirkan dokumen fisik, dan cicilan kredit yang bisa dilakukan hingga 36 bulan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman digibank KTA? Jika iya, kamu bisa mencari tahu lebih detail terkait produk pinjaman bunga rendah ini di sini!

Baca juga:

Yuk, Berkunjung ke Alhambra Palace! Jejak Islam di Spanyol!

Kembangkan Hobi IT-mu menjadi Usaha Toko Komputer

Negara dengan Pemandangan Alam Terindah di Dunia